Panduan Tips Pergi Liburan Ke Waingapu

Pesona wisata yang dimiliki pulau Sumba merata di setiap kabupaten Pulau Sumba. Begitu pun Waingapu, kota terbesar di Sumba yang juga ibu kota Kabupaten Sumba Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kabupaten ini dianugerahi kekayaan alam yang eksotis, berpadu dengan kebudayaan masyarakat lokal yang masih kental nilai adatnya.

Bandar udara Waingapu di Sumba Timur alias Umbu Mehang Kunda berlokasi di Waingapu. Kota ini juga melayani berbagai pelayaran kapal feri dari pulau-pulau di sekitarnya. Adanya fasilitas transportasi laut dan udara ini menjadikan Waingapu sebagai pintu masuk utama para wisatawan ke Pulau Sumba. Anda bisa berangkat dari Bandara Ngurah Rai Bali menuju Waingapu selama satu setengah jam penerbangan.

Lanskap Sumba Timur umumnya datar, landai, hingga bergelombang. Rangkaian pegunungan, bukit-bukit kapur, sabana, tebing curam, dan pantai, indah menghiasi alam Sumba Timur. Keunikan lainnya adalah tanahnya yang mengandung pasir, kapur, dan batu karang, menjadikan alam Waingapu kaya akan pantai, air terjun, danau, sungai, dan pesona wisata alam lainnya.

Wilayah Utama Waingapu

Kabupaten Waingapu memiliki batas-batas wilayah berikut ini,

  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Nggoa
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Nggoa dan Kanatang
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Selat Sumba
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Kambera

Selain itu kabupaten Sumba Timur juga meliputi empat pulau kecil di selatan, yakni Pulau Salura, Pulau Mengkudu, Pulau Kotak, dan Pulau Nusa.

Sejarah Waingapu

Dulu, Waingapu adalah salah satu kota utama di Pulau Sumba, sebelum akhirnya diserang dan dibom oleh tentara Jepang. Kerajaan Majapahit juga pernah berkuasa di Pulau Sumba sebelum Pulau Sumba dikuasai oleh negara-negara Eropa seperti Belanda. Tahun 1756, Belanda sempat menandatangani perjanjian dengan penguasa Sumba, lantas mereka membentuk kekuasaan militer dan menyebarkan pengaruhnya di Pulau Sumba. Seorang penduduk lokal ditugaskan oleh pemerintah Hindia Belanda pada masa itu untuk memperlancar perdagangan.

Cara Pergi ke Waingapu

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Waingapu

Pergi ke Waingapu Naik Pesawat

Pengunjung dapat terbang menggunakan pesawat udara ke Pulau Sumba dan turun di Bandara Umbu Mehang Kunda, Waingapu, Kabupaten Sumba Timur. Lama penerbangan dari Denpasar atau Kupang sekitar 1.5 jam, dengan tarif tiket berkisar Rp. 1 Juta. Untuk mencapai Kota Waingapu dari Jakarta terdapat 2 pilihan. Melalui Kota Denpasar, dengan rute Jakarta – Denpasar – Waingapu, atau melalui Kota Kupang, dengan rute Jakarta – Kupang – Waingapu. Bandara lainnya di Sumba Timur adalah Bandara Mau Hau, dan Bandara Tambolaka di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Pergi ke Waingapu Naik Kapal Laut

Untuk mencapai Pelabuhan Waingapu dari Jakarta, pelayaran melintasi Surabaya, Pulau Bali, Lombok, Sumbawa, dan Sumba, selama 5 hari dan 4 malam. Kapal menggunakan angkutan laut layanan ASDP Pelni, salah satunya KMP Awu dengan rute pelayaran Pelabuhan Tenau (Kupang), Pulau Sabu, Waingapu, Bima, Surabaya. Kapal lainnya antara lain KMP Ile Mandiri, KMP Umakalada, dan KMP Cucut.

Jika Anda dari Surabaya, silahkan langsung ke Pelabuhan Tanjung Perak, lalu berlayar dan singgah di Pelabuhan Benoa, Bali, lanjutkan berlayar ke Pelabuhan Lembar atau Ampenan di Lombok menuju Bima, baru kemudian berlabuh di Waingapu, Sumba Timur. Ongkos sekali pelayaran kira-kira Rp. 300.000 – Rp. 500.000, dengan waktu tempuh sekitar 3 hari. Dari Pelabuhan Lembar sendiri menuju Waingapu memakan waktu 26 jam.

Pergi ke Waingapu Lewat Darat

Perjalanan darat ditempuh dengan melewati 4 kali penyeberangan 3 pulau, yaitu Bali – Lombok – Sumbawa, sebelum akhirnya ke Pulau Sumba. Kalau Anda dari Jawa Timur, bisa berkendara ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, lalu menyeberang kapal feri ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali, selama setengah jam.

Lalu lanjutkan perjalanan Anda masuk Kota Denpasar dan teruskan hingga ke Pelabuhan Padang Bay, Bali, dengan waktu tempuh 3 – 4 jam berkendara. Dari Padang Bay Anda perlu menyeberang feri lagi ke Pelabuhan Lembar di Lombok Barat, selama 6 jam. Sesampainya di Lombok Barat, teruskan menuju Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur, perjalanannya paling 2 jam. Baru dari Lombok Timur Anda menyeberang ke Pulau Sumbawa menuju Pelabuhan Poto Tano. Penyeberangan ke Pulau Sumbawa menempuh waktu antara 2 – 3 jam.

Anda perlu menyusuri perjalanan darat selama 3 – 4 jam dari Pelabuhan Putu Tano menuju Pelabuhan Sape Bima di sisi lain Pulau Sumbawa. Tersedia angkutan bus umum. Dari Sape, Anda menyeberang lagi untuk terakhir kalinya ke Pelabuhan Waingapu, Sumba Timur.

Transportasi Umum di Waingapu

Untuk dapat ke kota Waingapu, Anda bisa menggunakan taksi dengan tarif sekitar Rp. 40.000 atau Anda tidak perlu menggunakan taksi karena banyak hotel yang menawarkan layanan antar jemput gratis dari bandara.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Waingapu

Sarana angkutan umum di Waingapu terdiri dari,

  • Bemo, Anda bisa bertanya dan melihat rute tujuan yang tertulis pada mobil bemo. Kadang-kadang Anda perlu membayar lebih untuk extra barang bawaan Anda.
  • Bus, ada dua terminal bus di Waingapu, satu di selatan dan satunya lagi di barat, masing-masing berjarak 5 kilometer dari tengah kota.
  • Bus Kayu (Truk) atau Biskaju, biasa ditemukan di semua daerah dengan kondisi jalanan yang buruk. Rute yang dituju tertulis pada kayu truk dengan huruf berwarna-warni.
  • Ojek, taksi motor. Namun, bila Anda tidak tahu tarif tujuan yang biasanya, sebaiknya menawar harganya lebih dulu sebelum naik ke motor.
  • Mobil Sewa, khususnya bagi Anda yang berpergian membawa peralatan selancar dan banyak koper, tidak ada pilihan lain selain menyewa mobil. Biaya sewa mobil bisa sangat mahal karena kondisi jalan yang berat. Tarif umumnya adalah antara Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000 per hari, sudah termasuk pengemudi dan bensin.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Waingapu

Hotel di Waingapu

Berikut adalah informasi hotel dan penginapan di Kota Waingapu,

  • Hotel Merlin, Jl. DI. Panjaitan No. 25, Waingapu, Sumba Timur, Telepon 0387 61300, Tarif kamar Rp. 132.000 – Rp. 275.000 per malam, Menyediakan jasa sewa mobil.
  • Hotel Sandlewood, Jl. DI. Panjaitan No. 23, Waingapu, Sumba Timur, Telepon 0387 61887, Tarif kamar VIP Rp. 187.000 – Rp. 231.000 per malam,  Tarif kamar Standar Rp. 99.000 – Rp. 165.000 per malam, Tarif kamar Ekonomi Rp. 66.000 – Rp. 110.000 per malam, Menyediakan jasa sewa mobil, Ada Restoran Chinese Food di belakang hotel.
  • Hotel Elvin, Jl. A. Yani No. 73, Waingapu, Sumba Timur, Telepon 0387 61642, Tarif kamar Rp. 450.000 – Rp. 500.000 per malam, Menyediakan jasa sewa mobil.
  • Hotel Kaliuda, Jl. WJ. Lalamentik No. 3, Waingapu, Sumba Timur, Telepon 0387 61264/62806, Tarif kamar Rp. 150.000 per malam.
  • Hotel Surabaya, Jl. Eltari No. 2, Waingapu, Sumba Timur, Telepon 0387 61125, Tarif kamar Rp. 50.000 – Rp. 100.000 per malam.
  • Hotel Lima Saudara, Jl. Wanggameti No. 2, Waingapu, Sumba Timur, Telepon 0387 61083, Tarif kamar sekitar Rp. 100.000 per malam.
  • Hotel Jemmi, Jl. Umbu Marahongu, Waingapu, Sumba Timur, Telepon 0387 62747, Tarif kamar Rp. 120.000 – Rp. 200.000 per malam.
  • Hotel Tanto, Jl. Prof. Dr. WZ. Yohanes No. 14, Waingapu, Sumba Timur, Telepon 0387 62500/61048, Hp. 081283255500, Tarif kamar Rp. 490.000 – Rp. 640.000 per malam.
  • Sacca Residence dan Restoran, Jl. S. Parman No. 88, Tandairotu, Waingapu, Sumba Timur, Harga kamar Rp. 350.000 – Rp. 400.000 per malam.
  • Wisma Eldorado, Jl. Matawai Amahu No. 23, Waingapu, Sumba Timur 87112, Tarif kamar Rp. 100.000 – Rp. 140.000.
  • Wisma Cendana, Jl. Pulau Sabu, Kelurahan Kambajawa, Tarif kamar Rp. 200.000 per malam.
  • Melati, JL. UT. Marisi No. 36, Waingapu, Sumba Timur, Telepon 0387 62030, Tarif kamar Rp. 150.000 per malam.
  • Peter Magic’s Paradise, Jl. Tarimbang, Desa Tarimbang, Kecamatan Tabundung, Tarif kamar Rp. 400.000 per malam.
  • Tarimbang Beach Homestay, Jl. Tarimbang, Desa Tarimbang, Kecamatan Tabundung, Tarif kamar Rp. 400.000 per malam.
  • Pondok Wisata Pantai Cemara, Pantai Cemara, Purukambera, Waingapu, Sumba Timur 87153, Telepon 08123842178.
  • Mr. David’s Kalala Beach Surfer’s Resort, Jl. Pelabuhan Baru, Waingapu, Sumba Timur.

Iklim di Waingapu

Waingapu beriklim tropis, dengan curah hujan lebih banyak meski di musim panas. Suhu udara rata-rata berkisar 25.7 °C. Bulan November adalah bulan terpanas dengan suhu rata-rata 27.2 °C, sedangkan suhu terendah dalam setahun tercatat di Bulan Juli, dengan suhu berkisar 24.1 °C.

Bahasa Daerah di Waingapu

Bahasa daerah yang digunakan di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, adalah Bahasa Sumba Kambera.

Tempat Wisata di Waingapu

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Waingapu

1. Air Terjun Laputi

Obyek wisata ini terletak di Desa Praingkareha, Kecamatan Tabundung berjarak sekitar 115 Km dari Waingapu. Laputi airnya mengalir sepanjang tahun melalui hamparan bebatuan yang bertingkat-tingkat. Di puncaknya terdapat sebuah danau keramat yang dihuni belut, dan belut di danau ini tidak boleh ditangkap dan dimakan.

2. Air Terjun Kanabu Wai

Obyek wisata ini terletak di Desa Waikanabu, Kecamatan Tabundung berjarak sekitar 130 Km dari Waingapu. Anda bisa menikmati flora dan fauna di kawasan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti.

3. Air Terjun Hirumanu

Obyek wisata ini terletak di Desa Kananggar, Kecamatan Paberiwai berjarak sekitar 121 Km dari Waingapu.

4. Air Terjun Gunung Meja

Obyek wisata ini terletak di Desa Kuta, Kecamatan Kanatang berjarak sekitar 15 Km dari Waingapu. Air terjun ini terdiri dari tiga bagian dengan keunikan tersendiri.

5. Air Terjun Koalat

Obyek wisata ini terletak di Desa Maidang, Kecamatan Kambatta Mapambuhangu berjarak sekitar 70 Km dari Waingapu.

6. Air terjun Kamanggih

Obyek wisata ini terletak di Desa Kamanggih, Kecamatan Kahaungu Eti berjarak sekitar 42 Km dari Waingapu. Obyek wisata ini juga dikenal dengan nama air terjun Mbakuhau.

7. Air Terjun Laindamuki

Obyek wisata ini terletak di Desa Pindu Hurani, Kecamatan Tabundung berjarak sekitar 110 Km dari Waingapu. Di obyek ini terdapat sekawanan buaya namun tidak pernah mengganggu/memangsa manusia.

8. Goa Sarang Burung Umamanu

Obyek wisata ini terletak di pinggir pantai kiriwei Desa Umamanu, Kecamatan Lewa Tidahu berjarak sekitar 30 Km dari Waingapu dan merupakan habitat burung walet.

9. Taman Wisata Matawai

Terletak di tengah Kota Waingapu, terdapat kolam renang dan dua mata air.

10. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

Terletak di bagian selatan pulau dan berjarak sekitar 100 Km dari Waingapu. Memiliki keanekaragaman hayati, flora, fauna, dan ekosistem yang unik dan menarik.

11. Pantai Londa Lima

Pantai Londa Lima juga sering disebut Pantai Kuta karena terletak di Desa Kuta, sekitar 12 Km dari Kota Waingapu.

12. Pantai Purukambera

Obyek ini terletak di Desa Mondu, Kecamatan Haharu yang jaraknya sekitar 26 Km dari Waingapu.

13. Pantai Tarimbang

Pantai pasir putih setengah lingkaran dengan lautnya yang indah terletak di Desa Tarimbang, Kecamatan Tabundung dengan jarak sekitar 120 Km dari Waingapu. Pantai ini popular di kalangan wisatawan, berbagai aktivitas olahraga pantai dapat Anda lakukan dan di sini Anda dapat menikmati gulungan ombak sembilan tingkat.

14. Pantai Walakiri

Terletak di Kelurahan Watumbaka, kecamatan Pandawai, sekitar 24 Km dari Kota Waingapu. Sangat bagus dijadikan tempat rekreasi maupun bersantai serta menikmati matahari terbit (Sunrise).

15. Pantai Mambang

Terletak di desa praibakul kecamatan Katala Hamu Lingu sekitar 60 km dari kota waingapu. Tempat ini merupakan tempat penyu bertelur.

16. Pantai Kakadu dan Kambaru

Terletak di desa praibakul kecamatan Katala Hamu Lingu sekitar 60 km dari kota waingapu. Tempat ini juga merupakan tempat penyu bertelur.

17. Pantai Kalala

Jarak 124 Km dari Kota Waingapu. Pantai berpasir putih dengan ombak yang berkejaran menjadikan pantai Kalala sebagai tempat yang menyenangkan bagi wisatawan. Di obyek ini terdapat enam home stay.

18. Pantai Watu Parunu

Terletak di Desa Lainjanji, Kecamatan Wulla Waijelu, sekitar 162 Km dari Kota Waingapu.

Ada tebing-tebing tinggi yang terbentuk dari susunan beberapa jenis batu, dan pada saat air laut surut, Anda dapat mendekati area tebing melalui celah batu alam yang dijuluki Watu Parunu.

19. Pantai Waihungu

Terletak di Desa Praimadita, Kecamatan Karera, sekitar 162 Km dari Kota Waingapu dan dapat dijangkau dengan kendaraan bermotor.

20. Pantai Katundu

Terletak di Desa Praimadita, Kecamatan Karera, sekitar 162 Km dari Kota Waingapu. Berada pada posisi sejajar dengan pantai Waihungu namum terpisah oleh barisan pegunungan.

21. Pantai Tawui

Terletak di Desa Tawui, Kecamatan Pinu Pahar, sekitar 124 Km dari Kota Waingapu.

Tempat wisata di Waingapu lainnya adalah:

  • Pantai Kiriwai
  • Pantai Pindu Harani
  • Tanjung Sasar
  • Kampung Adat Pray Liu
  • Kampung Adat Kelu
  • Kampung Adat Kawangu
  • Pulau Salura
  • Pulau Manggudu

Mal di Waingapu

Kampung Kallu

Produksi dan Penjualan Tenun Ikat

Berjarak 2 kilometer dari pusat kota

Telepon 0387 62414

Museum di Waingapu

Museum dan Taman Bacaan Dr. Oemboe Hina Kapita

Kota Waingapu, Sumba Timur

Hiburan Malam di Waingapu

  • Deddy’s Karaoke Family, Kampoeng Barat, Karaoke
  • Pasar Malam, Seafood Night Market, Di Dermaga Lama Waingapu, Mulai jam 6 sore hingga larut malam
  • Fenomena kehidupan selepas senja di Pantai Kuta Londa Lima dan Londa Empat

Rekomendasi Tempat Makan di Waingapu

  • Pasar Malam, Seafood Night Market, Di Dermaga Lama Waingapu, Mulai jam 6 sore hingga larut malam
  • YHS Café, Jl. A. Yani 83
  • Rumah Makan Primadona, Jl. Ir. Juanda 1
  • Mr. Café, Jl. Umbru Tipuk Marisi 1, Telepon 0387 61605
  • El Cafe Sumba, Jl. Pemuda 10, Telepon 0387 62972
  • Rumah Makan Adelia, Telepon 0813 9303 5084, Buka setiap hari jam 7.00 hingga jam 22.00

Tips Wisata di Waingapu

  • Bekali bawaan Anda dengan obat-obatan darurat yang mungkin tidak Anda temukan di Pulau Sumba, seperti antibiotik untuk kasus akut, krim antibiotik untuk luka, obat luka, obat pencernaan, pil anti malaria, obat iritasi mata, obat nyamuk dan anti serangga, obat pereda rasa sakit, plester luka tahan air, dan selotip.
  • Mungkin Anda akan bertemu dengan anjing liar di area tertentu yang tidak terduga, kuatir mereka bisa menyerang maka sebaiknya persenjatai diri Anda dengan tongkat seadanya.
  • Daerah perairan di Sumba khususnya di beberapa sungai masih terdapat buaya. Jadi, jangan berenang atau mandi di muara sungai, dan hindarkan menyeberangi muara sungai atau hutan bakau kecuali dengan seorang pemandu.

Perlu Kamu Tahu di Waingapu

  • RSUD Waingapu, Telepon: 38761302, Alamat: Jalan Adam Malik No.54 Hambala Waingapu, Lokasi: Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
  • Warung Internet di Waingapu, Jl. Ahmad Yani (Humba Hamu), Taman Kota

 

 

 

Leave a Reply