Panduan Tips Pergi Liburan Ke Kuta, Bali

Kecamatan Kuta adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Badung, Bali, Indonesia yang memiliki luas 17,52 km². Wilayah ini memiliki salah satu tempat tujuan pariwisata di Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara, yaitu Pantai Kuta.

Kuta merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan di Pulau Bali sejak awal tahun 1970-an. Pantainya bernama Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur.

Di wilayah Kuta ini terdapat daerah yang bernama Legian yang merupakan kelurahan di kecamatan Kuta, Badung, Bali, Indonesia.  Jalan Legian sangat terkenal dengan adanya beberapa bar dan beberapa cafe terkenal. Tempat wisata satu satunya di Legian hanyalah Pantai Legian dengan ombak yang bisa mencapai ketinggian 3 meter sehingga bagus berselancar. Legian punya peeselancar yang sudah mendunia, yaitu Nengah Kasim yang sekarang menjadi Pemangku atau pemimpin Sembahyang di Pura Puseh.

Wilayah Utama di Kuta

Kuta adalah Ibu Kota Kecamatan Kuta, Badung, Bali, Indonesia. Kantor Kelurahan Kuta terletak di Jalan Raya Kuta. Kelurahan Kuta terdiri dari 14 Banjar. Kecamatan Kuta Selatan adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Luasnya adalah 101,13 km². Kecamatan ini mempunyai 6 kelurahan/desa:

  • Seminyak adalah kelurahan di kecamatan Kuta, Badung, Bali, Indonesia. Daerah ini terkenal pula sebagai tempat wisata pantai, lengkap dengan berbagai fasilitas seperti hotel, spa, restoran, bar, kafe dan toko. Jalan utama yang melintasi Seminyak adalah Jl. Raya Seminyak.
  • Tuban adalah kelurahan di kecamatan Kuta, Badung, Bali, Indonesia. Di desa ini memiliki tradisi unik, yaitu siat api atau perang menggunakan sabut kelapa yang dibakar sehingga membara.
  • Legian adalah kelurahan di kecamatan Kuta, Badung, Bali, Indonesia. Jalan Legian sangat terkenal dengan adanya beberapa bar dan beberapa cafe terkenal. Beberapa Bar atau pun Cafe yang terkenal di Jalan Legian adalah, Skygarden Bali (61 Legian), Engine Room, Bounty Discotique, Apache Bar. Di Legian juga terdapat banyak bar dan penjual seperti penjual sandal , tas , dan aksesoris lainnya

Sejarah Kuta

Kuta mulai dikenal ketika pada 1336 M, Gajahmada dan pasukannya dari Majapahit mendarat di bagian selatan pantai ini. Patih Gajahmada dan pasukannya dari kerajaan Majapahit pada sekitar abad-14 berlabuh di bagian selatan pantai kuta yang kini lebih di kenal dengan nama Tuban Karena tempatnya bagus untuk pendaratan kapal, pelan-pelan daerah ini pun jadi pelabuhan kecil. Warga pun menyebut kawasan di Banjar Segara Kuta ini dengan nama Pasih Perahu yang berarti pantai perahu.

Lantaran daerah ini cocok untuk tempat pelabuhan kapal, maka pelan-pelan kawasan ini berubah menjadi kota pelabuhan kecil, dimana para warga pun menyebut kawasan ini dengan nama Pantai Perahu. Abad ke-19, Mads Lange, seorang pedagang asal Denmark, menetap dan mendirikan markas dagang di Pantai Kuta.

Menurut Horst Henry Geerken, dalam buku: Kesaksian Seorang Jerman di Indonesia 1963-1981, dari sini dia menjalankan perdagangan yang sukses dengan pulau-pulau tetangga dan kapten –kapten kapal nelayan Eropa. Melalui keterampilannya bernegosiasi, Mads Lange menjadi perantara perdagangan antara raja-raja di Bali dengan Belanda. Selain urusan perdagangan, Mads Lange juga melakukan upaya arbitrase antara Belanda dan kerajaan-kerajaan Bali untuk menghindari konflik militer. Mads Lange menikah dengan perempuan keturunan Tionghoa dan dimakamkam di kuburan Tionghoa.  Makam Mads Lange berada di bagian timur Kuta, di samping Tukad Mati, berjarak sekitar 100 meter dari jalan By Pass Ngurah Rai Kuta.

Pada perkembangannya, Pantai Kuta Bali mulai kondang setelah Hugh Mahbett menerbitkan buku berjudul Pujian untuk Kuta. Buku tersebut berisi ajakan kepada masyarakat setempat untuk menyiapkan fasilitas pariwisata demi menunjang perkembangan kunjungan wisata ke Pantai Kuta. Melalui buku itu, wacana tentang pengembangan fasilitas pariwisata kian marak, sehingga pembangunan penginapan, restoran, maupun tempat-tempat hiburan makin meningkat.

Lambat laut ketika modernisasi mulai melanda Pulau Dewata, dan atas saran dari beberapa pelaku pariwisata di Bali. Mereka me-refrensikan Pantai Kuta sebagai pusat pariwisata dari Bali. Hal ditandai dengan banyaknya bangunan hotel dan lokasinya dekat dengan Bandara yang telah di pindah dari Kabupaten Singaraja menuju Bali Selatan. Bangunan hotel di sana memiliki harga murah dan menyebabkan banyak wisatawan memilih untuk tinggal di Pantai Kuta.

Cara ke  Kuta

Sangat mudah memilih moda transportasi menuju Bali dan ada banyak cara menuju Bali. Jika ingin menggunakan pesawat.  Tersedia banyak maskapai penerbangan dengan tujuan ke Bali, dari AirAsia, Garuda Indonesia, Lion Air dan maskapai lainnya.  Dan untuk mencapai wilayah Kuta dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai dalam kondisi jalanan lancar.

Ke Bali Anda juga dapat menggunakan Jalur darat, Anda bisa naik bus menuju Bali, terutama jika Anda tinggal di Pulau Jawa, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Dari Jakarta tersedia Bus Pahala Kencana, Kramat Jati, Lorena dan Safari Dharma Raya. Harganya variatif tergantung jarak dan waktu. Disaat hari perayaan harganya akan naik dibanding pada hari biasa.  Armada bus dari Pulau Jawa akan berhenti di jalur Mengwi, dari Terminal ini Anda dapat menggunakan taksi atau bus menuju daerah Kuta.

Transportasi di Kuta

Transportasi Bali umumnya dibangun di Bali bagian selatan sekitar Denpasar, Kuta, Nusa Dua, dan Sanur, Moda transpostasi umum Bali semakin mudah dijumpai di lokasi objek-objek wisata. Seperti Bus Komotra yang melayani angkutan wisata dari sentral parkir Kuta menuju Kuta, Legian, dan Seminyak. Mini bus komotra ini muat sampai 20 orang penumpang. Ciri khasnya, fisik komotra dicat berwarna-warni, dengan badan bus semi terbuka.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan trasnportasi Dokar Balebengong.  Dokar atau kereta kuda ini biasanya dinikmati oleh wisatawan. Bali juga memiliki transportasi Ojek. Naik ojek bisa membuat Anda terbebas dari kemacetan di Bali, khususnya wilayah Denpasar, Sanur, Kuta, Legian dan sekitarnya. Ojek memang menjadi solusi terbaik selain bahwa jalan kaki mungkin dapat memberikan sensasi ketenangan yang lain. Ojek di Bali, dapat Anda sewa untuk menjangkau daerah wisata mana pun seperti Denpasar, Badung, Tabanan, Sanur, Kuta, Tuban, Nusa Dua, Jimbaran, Seminyak, Canggu, Dalung, dan lain-lain.

Bali juga memiliki Bus Trans Sarbagita yang khusus melayani trayek di sekitar Bali saja. Bus Trans Sarbagita berkapasitas 35 orang. Trayek koridor 1 meliputi dari Gor Ngurah Rai-Angsoka-Melati-Surapati-Kapten Agung-PB Sudirman-Waturenggong-Sesetan-Diponegoro-Serma Durna-Serma Made Pil-Serma Mendra-Sudirman-DewiSartika-Diponegoro-Hasannudin-Jl. Udayana-Surapati-Kamboja-Angsoka-Melati-Patimura-Kamboja (Halte SMA-7).

Trayek koridor 2 dari Terminal Batubulan–-WR.Supratman—By pass Ngurah Rai—Prof.I.B.Mantra—By pass Ngurah Rai—Simpang Dewa Ruci—Setiabudi Kuta—Raya Kuta–-Sentral Parkir Kuta—Imam Bonjol—Sunset Road Timur—Simpang Dewa Ruci—Bypass Nusa Dua—Nusa Dua (BTDC). Jam operasional setiap hari buka mulai Pukul 05.00-21.00 WIB. Tarif penumpang, Umum Rp 3.500 dan pelajar atau mahasiswa Rp 2.500,-.

Di Bali, taksi sangat mudah di dapatkan, Anda bisa menelpon jasa taksi kapan saja. Agar aman saat naik taksi, pertama pastikan Anda naik taksi yang berargo, Kedua, apabila Anda baru boarding di Bandara, lebih murah beli tiket taksi dari loket pemesanan biasanya mereka mematok harga fix sesuai tujuan.

 

Hotel di Kuta

  • The Kuta Beach Heritage Hotel

Alamat: Jl. Pantai Kuta, Br. Pande Mas, Kuta / Tuban, Bali

  • Sheraton Bali Kuta Resort

Alamat: Jalan Pantai Kuta, Kuta / Tuban, Bali

  • The Sandi Phala Resort

Alamat: Jalan Wana Segara Tuban, Kuta / Tuban, Bali

  • Discovery Kartika Plaza Hotel

Alamat: Jl. Kartika Plaza, Po Box 1012, Kuta / Tuban, Bali

  • Patra Jasa Bali Resort & Villas

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda, South Kuta Beach, Kuta / Tuban, Bali

  • Ramada Bintang Bali Resort

Alamat: Jalan Kartika Plaza PO Box 1068, Kuta / Tuban, Bali

 

Iklim di Kuta

Kota ini memiliki iklim tropis. Kuta Alam adalah kota dengan curah hujan yang signifikan. Bahkan di bulan terkering terdapat banyak hujan. Menurut Köppen dan Geiger, iklim ini diklasifikasikan sebagai Af. Suhu di sini rata-rata 27.3 °C. Curah hujan di sini rata-rata 1724 mm. Curah hujan paling sedikitl terlihat pada Juni. Rata-rata dalam bulan ini adalah 89 mm. Hampir semua presipitasi di sini jatuh pada Desember, rata-rata 235 m

Bahasa Daerah di Kuta

Bahasa yang digunakan di Kuta ini adalah Bahasa Bali.

Objek Wisata di Kuta

  • Discovery Mall
  • Toko Baju Joger
  • Jalan Legian dan monumen Ground Zero
  • Kuta Square
  • Pantai Kuta
  • Pantai Legian
  • Museum Kerang atau Bali Shell Museum
  • Museum Pasifika

Mal di Kuta

  • Lippo Mall Kuta

Alamat: Jl. Kartika Plaza, Lingkungan Segara,, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

  • Mal Bali Galeria

Alamat: Jl. By Pass I Gusti Ngurah Rai, Simpang Dewa Ruci, Kuta, Badung, Bali

  • Discovery Shopping Mall

Alamat: Jl. Kartika Plaza, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

  • Lippo Plaza Sunset

Alamat: Jl. Sunset Road, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

  • Beachwalk Shopping Center

Alamat: Jl. Pantai Kuta, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

Museum di Kuta

  • Museum Kerang atau Bali Shell Museum

Alamat: Jl Sunset Boulevard, Kuta

Di museum seluas 1.500 m2 ini, Anda bisa melihat ribuan jenis kerang. Museum ini pun menjadi satu-satunya museum kerang yang terdapat di Indonesia. Museum ini dibagi menjadi tiga lantai. Di lantai pertama terdapat lampu, pajangan dinding, sampai pernak-pernik yang ditata apik dari bahan dasar kerang. Di lantai dua, ada koleksi kerang dalam berbagai ukuran dan umur. Eits, kerang-kerang ini tak hanya diambil dari perairan Indonesia saja, tapi juga seluruh dunia. Yang paling terkenal, adalah fosil Orthoceras, kerang panjang berbentuk pipih yang diperkirakan berumur 395 juta tahun. Wow! Di lantai tiga, ada museum biota laut yang berisi fosil aneka jenis bulu babi, hiu, bintang laut, dan lain-lain.

Hiburan Malam di Kuta

  • VH (Velvet Restaurant & Hypnotized Club) Bali

Alamat: Jalan Pantai Kuta, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

  • Eikon Bar & Club

Alamat: Jl. Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

  • Alleycats Restaurant

Alamat: Poppies 2, Kuta, Badung Regency, Bali

  • Bounty Discotheque

Alamat: Jl. Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

  • Sky Garden Bali

Alamat: Jalan Legian No. 61, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

  • Bar Yolo

Alamat: Gg sorga, Poppies 1, Kuta, Bali

  • Engine Room – Super Club

Alamat: Jl. Legian no 89, Kuta, Bali

  • Pub Rick’s

Alamat:  Jalan Raya Legian No 178, Kuta, Bali, Indonesia, Kuta, Bali

Tempat Makan Rekomendasi di Kuta

  • Espress Coffee House

Alamat:  Jl. Dewi Sri No.101, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

  • Bemo Corner Coffee Shop

Alamat: Jalan Pantai Kuta 10A

  • Sacred Ground

Alamat: Jalan Arjuna/Double Six 99X, Legian

  • Feyloon Restaurant

Alamat: Jalan Raya Kuta No.98, Kuta, Bali 80361

  • Dulang Kafe Kuta Square

Alamat: Jalan Kartika Raya Kuta Blok C 20-22, Kuta, Bali

  • Warung Laota

Alamat: Jalan Raya Kediri, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

  • Feast

Alamat: Sheraton Bali Kuta Resort, Jalan Pantai Kuta

  • Swich

Alamat: Jalan Werkudara 538, Legian

  • Mozzarella Restaurant

Alamat: The Magani Lantai 2, Jalan Melasti, Legian Kelod, Kabupaten Badung, Bali

  • Nebula Room

Alamat: Jl. Poppies Lane 2 No. 8

  • Bluefin Japanese Fusion & Lounge

Alamat: Jl. Kartika Plaza, Kabupaten Badung, Bali

  • L’ Assiette Restaurant

Alamat: Jalan Merthanadi No. 29, Kerobokan, Kabupaten Badung, Bali

  • Gabah Restaurant & Bar

Alamat: (Jl. Bakung Sari, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

  • Kori Restaurant & Bar

Alamat: Jalan Legian, Gg Poppies II, Kuta, Kabupaten Badung,

  • Ketupat Restaurant

Alamat: (Jalan Dewi Sri 9)

  • Bubba Gump Restaurant & Market

Alamat: (Jalan Kartika Plaza 8X, Komplek Pertokoan Kuta Centre, Blok A1 No. 1)

  • Ma Joly

Alamat: The Sandi Phala Beach Resort, Jalan Wana Segara, Tuban

  • Rosso Vivo

Alamat: Kuta Seaview Boutique Resort & Spa Bali, Jalan Pantai Kuta

  • Ocean 27, Kuta

Alamat: Discovery Shopping Mall, Kuta.

  • Plengkung Restoran

Jalan Raya Kuta No. 90, Kuta, Bali

  • Poppies Restaurant

Alamat: Jalan Legian, Gang Popies I, Kuta, Bali

  • Sky Room Restaurant

Alamat: JL. Raya Kuta, Komplek Sentral Parkir Kuta Galeria 2nd Floor, Kuta, Bali

  • Kopi Pot

Alamat: Jl. Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

Tips Wisata

Melakukan perjalanan wisata ke Kuta, Bali merupakan hal yang menyenangkan. Bagaimana tidak, Bali merupakan salah satu destinasi wisata di dunia yang wajib dikunjungi. Namun sebelum melakukan perjalanan wisata ke Kuta, Bali ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, Anda perlu memperhatikan musim padat kunjungan atau high season maupun peak season. Di masa-masa ini, harga-harga akan naik, terutama untuk tiket pesawat, rental mobil, dan akomodasi. Musim padat kunjungan adalah pada bulan Juni-Agustus dan November-Januari.  Tak hanya harga yang naik, saat ini pun Bali akan ramai dipadati turis.

Kedua, tentukan dimana hotel atau tempat menginap Anda di Kuta. Kawasan Kuta banyak tempat penginapan. Sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki.  Mencari hotel bisa sebaiknya berdasarkan rekomendasi kenalan yang pernah menginap di hotel tersebut sebelumnya arau riset via internet.

Ketiga, tentukanlah jenis transportasi Anda apakah akan sewa mobil atau motor. Pilihan mobil untuk disewa beragam. Harga tergantung jenis mobil yang disewa. Ada baiknya Anda menyewa mobil sekaligus jasa supir, selain menghemat waktu tidak tersesat di jalan, Anda bisa mendapatkan rekomendasi pilihan-pilihan tempat wisata dan rumah makan. Cara lain adalah mencari sewa mobil di bandara ataupun sekitar tempat menginap. Setiap rental mobil biasanya mematok harga tidak jauh berbeda. Namun ada baiknya Anda melalukan sedikit survey untuk mendapatkan harga terbaik.

Anda juga dapat menyewa sepeda motor atau naik ojek. Negosiasikan harganya untuk mengantar Anda berkeliling seharian. Pilihan ojek cocok jika Anda berwisata sendirian. Naik taksi bisa menjadi pilihan untuk mengantar Anda dari bandara ke hotel atau sebaliknya. Taksi di Bali relatif aman, termasuk taksi-taksi lokal Bali. Pilih taksi dengan argometer. Anda bisa juga manfaatkan fasilitas mobil antar jemput yang ada di hotel.

Perlu Kamu Tahu

  • Polsek Kuta

Alamat: Jl. Raya Tuban, Kuta, Bali

  • Polsek Kuta Utara

Alamat: Jl. Pantai Batu Bolong, Kuta, Bali

 

Leave a Reply