Panduan Tips Pergi Liburan Ke Canggu, Bali

Canggu adalah sebuah desa yang ada di Bali. Secara administratif, Canggu berada di bawah kecamatan Kuta Utara, kabupaten Badung. Canggu berada di antara Seminyak dan Tanah Lot. Dulu, Canggu masih tergolong desa kecil yang belum berkembang. Masih banyak sawah dan sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan.

Kini Canggu berkembang pesat. Sawah-sawah mulai digantikan dengan villa-villa baru yang dihuni oleh warga negara asing (WNA). Suasana Canggu yang tenang, dekat dengan pantai dan lokasi yang strategis membuat banyak warga negara asing (WNA) memilih tinggal di daerah Canggu.
Canggu memiliki sejumlah pantai seperti pantai Berawa, Nelayan dan Batu Bolong.

Namun pantai di Canggu memiliki pasir berwarna hitam dan ombaknya cukup tinggi. Jadi pantai di Canggu tidak cocok untuk berenang. Untuk surfing, ada beberapa titik yang cukup menantang untuk dijajal oleh peselancar berpengalaman. Liburan ke Bali, bakalan kurang rasanya kalau tidak mampir ke wilayah Canggu. Mau liburan ke Canggu?

Wilayah Canggu

Sebagian besar orang yang akan liburan ke Canggu mungkin akan bingung ketika mereferensikan daerah mana yang termasuk wilayah desa Canggu. Patut diketahui, daerah yang termasuk ke dalam wilayah desa Canggu adalah Jalan Padang Linjong, Jalan Batu Mejan, Jalan Pantai Batu Bolong, Jalan Raya Babakan Canggu dan sebagian Jalan Raya Canggu.

Banyak wisatawan liburan ke Canggu untuk surfing seperti ini via @girl_with_the_pink_fish
Banyak wisatawan liburan ke Canggu untuk surfing seperti ini via @girl_with_the_pink_fish

Sejarah Canggu

Desa Canggu dimulai saat Kerajaan Majapahit, tepatnya masa pemerintahan Hayam Wuruk, di mana terdapat tokoh Trunojoyo yang memiliki empat orang anak buah yang handal, yaitu Iromenggolo, Iropati, Gantarpati dan Irobuwono. Mereka dikejar oleh prajurit Majapahit karena menyatroni kaputren yang terletak di pemandian. Sejak saat itu, para prajurit kehilangan jejak karena mereka sakti dan bisa menghilang melalui terowongan bawah tanah yang saling berhubungan di Desa Canggu.

Iromenggolo lari ke utara dan dikepung oleh tentara Majapahit dan tertangkap, sehingga desa tersebut bernama Kepung yang berbatasan dengan Dusun Sidodadi, Canggu. Iropati melawan tentara Majapahit dengan melemparkan batu bara. Kala itu, batu bara berwarna putih dan tempat tersebut bernama Boto Putih yang masih di wilayah Canggu. Sementara, Gantarpati lari ke selatan mengendarai kuda kecil (belo atau anak kuda), di mana daerah tersebut sekarang disebut Bloran (belo anak jaran).

Sedangkan Irobuwono mendirikan Kerajaan Surabuwana (Surowono saat ini).
Sementara, asal nama Canggu berasal dari tokoh pengajar ajaran Islam bernama mbah Surat yang penasaran ingin memohon petunjuk akan tempat pemujaan di Surabuwana. Beliau bersemedi dan kakinya tidak dapat berjalan setelah itu alias pincang karena diganggu oleh penunggu Candi Surabuwana. Oleh karena itu, diperkirakan Desa Canggu berasal dari kata “pincang amergo diganggu” yang disingkat menjadi Canggu.

Sekarang mulai banyak wisatawan pergi liburan ke Canggu via @brono88
Sekarang mulai banyak wisatawan pergi liburan ke Canggu via @brono88

Cara Pergi ke Canggu

Jika Anda menggunakan pesawat ke Bali, dari bandara internasional Ngurah Rai yang ada di daerah Tuban, Anda dapat melanjutkan perjalananan ke Canggu menggunakan taksi bandara, mobil sewaan atau jasa jemputan dari hotel Anda menginap. Tarif taksi dari bandara sekitar Rp 80.000,- sementara harga sewa mobil lepas kunci (tanpa supir) sekitar Rp 150.000 – Rp 200.000,-. Lama perjalanan kurang lebih 1 jam, tergantung kepadatan lalu lintas.

Transportasi Umum di Canggu

Taksi biasanya cukup sulit ditemukan di daerah ini dan kebanyakan wisatawan cenderung menggunakan mobil pribadi atau sepeda motor. Pertimbangkan untuk memesan akomodasi dengan fasilitas penjemputan bandara gratis karena ini adalah cara termudah untuk menuju Canggu.

Grab Car atau Gocar berharga sekitar 80K dari Kuta. Taksi atau bus pribadi atau mobil van akan jauh lebih mahal. Perlu anda ketahui bahwa mafia taksi lokal di Canggu tidak akan mengizinkan Grab, Uber atau bahkan Bluebird Taxi untuk menjemput pelanggan di sebagian besar wilayah Canggu, hanya menurunkan penumpang saja yang diperbolehkan.

Sulit untuk mendapatkan taksi dengan harga terjangkau dari Canggu. Harga yang sangat tinggi diminta dan tidak ada meter yang akan digunakan. Triknya, pergi ke lokasi keluar dari jalan dan mencoba menggunakan aplikasi Bluebird untuk memesan taksi berargi.

Hotel di Canggu

Ada beberapa hotel di canggu yang bisa anda gunakan untuk menginap. Beberapa hotel di Canggu yang direkomendasikan untuk menginap adalah sebagai berikut.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Canggu, Bali.
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Canggu, Bali.
  • Lv8 Resort Hotel, Jln. Pantai Berawa No. 100xx, Tibubeneng, Canggu, North Kuta – Badung, Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80361
  • Scala Bed and Beyond, Jalan Bimasena No 8 Br Anyar, Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80361
  • Simona Hotel Canggu, Jalan Raya Canggu no.69x Kuta Utara, Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80361
  • White Dove Villa, Jalan Beringin No. 70, Canggu, Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80361
  • Bali Corail Villa, Jl. Muding Indah XIII No.4, Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80361
  • The Edelweiss Ultimo Cemagi, Jalan Pantai Mengening, Banjar Mengening, Desa Cemagi , Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia
  • Ardha Chandra Villa Canggu Bali, Jalan Tumbak Bayuh No 77 , Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80361
  • Airy Dalung Mudu Taki 27 Bali, Jl. Mudu Taki Dalung – Kubu Gunung No.27, Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80117
  • Kaen Apartments, Jl. Pantai Seseh, Banjar Batan Tanjung Cemagi, Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80351
  • KOA D Surfer Hotel, Jalan Sri Kahyangan, Berawa – Canggu, Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80361
  • Nagisa Bali Easy Living Canggu, Jalan raya Canggu, gang Lely No 8, 80361 Canggu, Indonesia, Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80361
  • Astamana Villa Canggu, Jl. Veteran No. 84 Tiying Tutul, Pererenan, Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80351
  • Pande Villas Spa & Restaurant, Jl. Pantai Mengening, Mengwi Badung , Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80351
  • V Canggu Dormitory, Jl. Bantan Kangin, Tibubeneng, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361, Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80361
  • Manca Villa, Jalan Pantai Berawa Gang Kresna No.8 Canggu, Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80361
  • Amelle Villas & Residences Canggu, Jalan Pantai Batu Bolong No 56, Banjar Pipitan, Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80361
  • FRii Bali Echo Beach, Jl. Munduk Catu No. 32, Batu Bolong, Canggu, Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80361
  • Bali Tulip Hotel, Jalan Mudutaki – Kubugunung No 27 xx, Tegaljaya, Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80361
  • D’Wina Villa Canggu, Jalan Tegal Asri No.07, Br. Tegal Gundul, Pantai Berawa, Canggu , Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80361
  • Nudel Room & Cafe, Jalan Pantai Batu Belong, Banjar Kayu Tulang No. 4A, Canggu, Kuta Utara, Bali, Indonesia, 80361

Iklim di Canggu

Canggu memiliki iklim tropis dengan suhu udara rata-rata tahunan 26,8 0C dan curah hujan rata-rata sebesar 1775 mm. Suhu terhangat sepanjang adalah November dan suhu terendah dalam setahun pada Juli.

Bahasa Daerah di Canggu

Secara umum, bahasa daerah yang digunakan di Canggu adalah Bahasa Bali. Namun penduduk setempat juga bisa berbicara dalam bahasa Indonesia. Bagi yang pekerjaannya di bidang pariwisata, mereka biasanya juga bisa bahasa Inggris dasar untuk berkomunikasi dengan turis asing.

Tempat Wisata di Canggu

Ada beberapa tempat wisata di Canggu yang bisa anda kunjungi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Selain untuk surfing, biasanya orang pergi liburan ke Canggu untuk menikmati Sunset yang indah! via @rivierahouse
Selain untuk surfing, biasanya orang pergi liburan ke Canggu untuk menikmati Sunset yang indah! via @rivierahouse

1. Pantai Batu Mejan / Echo Beach

Inilah salah satu pantai terpopuler yang ada di Canggu, ramainya hampir sama dengan Pantai Canggu. Banyak peselancar memadati Echo Beach untuk menjajal ombak yang besar. Maka tidak disarankan untuk berenang di sini dan hanya surfer berpengalaman saja yang bermain di sini. Kelebihan lain Echo Beach adalah banyaknya warung, restoran dan kafe yang bisa Anda jadikan tempat bersantai sambil menunggu indahnya matahari terbenam.

2. Pantai Canggu

Terletak bersebelahan dengan Echo Beach, Pantai Canggu menawarkan suasana yang hampir sama. Pasir hitam dan ombak yang cocok untuk surfing. Jika Anda ingin belajar surfing, ombak di sini cukup bersahabat bagi level pemula dibandingkan Echo Beach. Namun bagi yang tidak suka anjing dan keramaian, mungkin Pantai Canggu bukan tempat yang cocok untuk Anda.

3. Pantai Batu Bolong

Satu lagi pantai alternatif di Canggu untuk Anda yang ingin menikmati waktu santai menjelang matahari terbenam. Pantai Batu Bolong tidak seramai Pantai Canggu maupun Echo Beach.

4. Pantai Berawa

Beda dengan pantai lainnya yang ada di Canggu, Pantai Berawa memiliki pasir berwarna keemasan. Pemandangan matahari terbenamnya pun sangat cantik. Maka tak heran jika di sini ada dua beach club ternama yang ramai dikunjungi wisatawan yaitu Finns Beach Club dan Vue Beach Club. Di Pantai Berawa juga ada banyak warga setempat yang membawa anjingnya berjalan-jalan di pantai.

Hiburan Malam di Canggu

  • Oazia Spavodka Bar & Kitchen
  • BJ’S burger joint63 Batu Bolong Echo Beach Canggu

Rekomendasi Tempat Makan Kuliner di Canggu

Berikut ini adalah beberapa tempat makan kuliner di Canggu yang direkomendasikan untuk dicoba.

  • Alkaline Restaurant di Serenity Eco Guesthouse, Jalan Nelayan, Canggu
  • Betelnut, Jalan Batu Bolong No.60, Canggu
  • Canteen, Jalan Batu Bolong 34, Canggu
  • Ithaka Warung, Jalan Batu Bolong 96A, Canggu
  • Warung Dukuh, Jalan Canggu Club 31, Berawa
  • Warung Sika, Jalan Canggu Club 31, Berawa
  • The Beach House, Jalan Pura Batu Mejan
  • Deus Café, Temple of Enthusiasm, Jalan Batu Mejan No.8, Canggu
  • Echo Beach House, Jalan Pura Batu Mejan, Echo Beach, Canggu
  • Kakilima by the Sea, sebelah kanan Pantai Old Man
  • People’s, Jalan Batu Bolong No.56c
  • Red Salt Café, Jalan Munduk Kedungu
  • OM Beach Lounge Restaurant, berseberangan dengan Hotel Tugu
  • BJ’s Burger Joint, Jalan Batu Bolong 63, Echo Beach, Canggu

Tips Wisata di Canggu

  • Siapkan perlengkapan berselancar Anda karena beberapa pantai di Canggu menjadi tempat favorit peselancar dari mancanegara.
  • Jika Anda memiliki cukup waktu, berkunjunglah ke Tanah Lot yang berdekatan dengan daerah Canggu.

Perlu Kamu Tahu di Canggu

  • Puskesmas Pembantu Desa Pererenan, Jalan Raya Canggu, Mengwi, Kabupaten Badung
  • Polsek Kuta Utara, Jalan Pantai Batu Bolong, Badung

Leave a Reply