Panduan Tips Pergi Liburan Ke Mandau

Mandau adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bengkalis, Riau. Kecamatan Mandau berpusat di Kota Duri yang merupakan Ibu Kotanya, dan berlokasi di Jalan Raya Lintas Sumatera, kurang lebih 120 Km dari arah Pekanbaru menuju Medan.

Sektor industri dan perdagangan menjadi penggerak utama perekonomian di Kecamatan Mandau. Wilayahnya merupakan perlintasan antar propinsi dan antar kabupaten, sehingga Kecamatan Mandau memiliki banyak sarana akomodasi dan aktivitas perdagangan yang cukup besar. Kota Mandau menjadi tempat persinggahan para pelancong yang melintas.

Peran perempuan dalam kepemimpinan di Kecamatan Mandau sangat tinggi. Angka ini bisa dilihat dari jumlah perangkat desa perempuan sebanyak 66 orang dari total 131 orang perangkat desa. Kecamatan Mandau juga terdiri dari 721 Rukun Tetangga (RT) dan 158 Rukun Warga (RW), dengan jumlah RT dan RW terbanyak pada Kelurahan Air Jamban dan Kelurahan Talang Mandi.

Wilayah Utama Mandau

Kecamatan Mandau mempunyai batas-batas wilayah sebagai berikut,

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Bukit Batu dan Kota Dumai
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Pinggir
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hulu
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Bukit Batu

Sejarah Mandau

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Mandau

Muara Kelantan adalah sebuah kampung yang menjadi pusat pemerintahan pada jaman Kerajaan Siak Sri Indrapura. Namun, setelah kemerdekaan Republik Indonesia (RI) diikuti penyerahan kekuasaan Raja Siak Sultan Syarif Kasim II, seluruh wilayah kekuasaannya menjadi di bawah pemerintahan RI. Lalu sejak Kabupaten Bengkalis terbentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 1956, Desa Muara Kelantan masuk ke dalam wilayah Kabupaten Bengkalis.

Di awal kemerdekaan RI, Kabupaten Bengkalis dibagi menjadi 4 kabupaten dan 11 kecamatan. Salah satu kabupatennya adalah Kabupaten Siak yang membawahi tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Siak, Sungai Apit, dan Mandau. Untuk Kecamatan Mandau dengan Ibu Negeri Muara Kelantan, terdiri atas 27 kampung. Maka Desa Muara Kelantan saat itu menjadi pusat pemerintahan Kecamatan Mandau.

Cara Pergi ke Mandau

Cara Pergi ke Mandau Lewat darat

Kota Duri dan Sungai Pakning dihubungkan dengan jalan raya untuk menuju ke Pekanbaru, Ibukota Propinsi Riau dan kota kota lainnya di Sumatera. Selain itu juga disediakan kapal feri penyeberangan yang menghubungkan Pulau Bengkalis dengan Sungai Pakning, Riau Daratan, sekaligus untuk membuka akses ke seluruh kota kecil dan besar di Pulau Sumatera. Fasilitas jalan raya di Kabupaten Bengkalis khususnya di pulau Bengkalis telah menggunakan aspal hotmix, namun masih belum mencapai daerah pelosok.

Cara Pergi ke Mandau Lewat laut

Tranportasi Laut dilayani oleh kapal-kapal kargo kelas menengah dan kapal penumpang feri cepat jenis speed boat berkapasitas 300 penumpang. Pelabuhan laut di Kabupaten Bengkalis cukup banyak, mayoritas adalah pelabuhan rakyat yang disinggahi kapal-kapal kecil dan menengah. Sementara pelabuhan besar di Pulau Bengkalis ada 2 (dua) yaitu pelabuhan utama Bandar Sri Laksemana dan Pelabuhan Bandar Sri Setia Raja yang melayani jalur Internasional dan berada di daerah Selat Baru, Kecamatan Bantan. Rute pelayarannya adalah Bengkalis – Muar, Malaysia. Pelabuhan ini dinamakan Bandar Sri Setia Raja sebab sesuai dengan nama seorang tokoh masyarakat Melayu Bengkalis di masa lalu.

Cara Pergi ke Mandau Lewat udara

Terdapat sebuah Bandar Udara perintis yang bernama Bandar Udara Sei Selari yang berada di Sungai Pakning. Bandar udara ini merupakan milik dari PT. Pertamina UP II Dumai di Sei.

Transportasi di Mandau

Tersedia angkutan kota (angkot) dan terminal Angkutan Kota Antar Propinsi (AKAP) di Desa Petani, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

Anda juga bisa memilih menyewa kendaraan mobil atau motor, untuk memudahkan Anda menjangkau tempat-tempat tujuan.

Hotel di Mandau

Tersedia beberapa sarana akomodasi mulai dari penginapan kelas melati dan wisma, hingga hotel berbintang. Beberapa di antaranya adalah:

  • Grand Zuri Hotel, Duri. Beralamat di Jl. Hang Tuah No. 26, Riau. Telp.0765 598899, Harga kamar sekitar Rp. 450.000 per malam.
  • Duri Executive Hotel. Beralamat di Jl. Karet No. 8, Air Jamban, Mandau, Riau. Telp. 0765 91619
  • Wisma Harapan Bunda. Beralamat di Jl. Sudirman No. 3, Babbusalam, Mandau, Riau
  • Surya Hotel. Beralamat di Jl. Jend. Sudirman Km. 125, Riau. Telp. 0765 597555

Iklim di Mandau

Kabupaten Bengkalis beriklim tropis, begitu juga Kecamatan Mandau. Iklim tropis yang dipengaruhi oleh iklim laut ini memiliki temperatur udara rata-rata 26 – 32 derajat Celsius. Musim penghujan terjadi sekitar Bulan September hingga Januari, dengan curah hujan berkisar 800 – 4.078 mm per tahun. Sedangkan musim kering biasa terjadi pada Bulan Februari hingga Bulan Agustus.

Bahasa Daerah di Mandau

Umumnya Bahasa yang digunakan masyarakat Mandau adalah Bahasa Melayu, sebab mayoritas penduduk adalah Suku Melayu. Para pendatang yang berasal dari berbagai suku dan bangsa pun turut menggunakan Bahasa Melayu saat mendiami wilayah ini. Namun, Bahasa Indonesia juga dapat dijumpai dalam pemakaian bahasa resmi.

Tempat Wisata di Mandau

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Mandau

  • Wisata Hutan Lindung dan Suaka Marga Satwa di Bukit Batu, Kecamatan Mandau. Terdapat Pusat Pelatihan Gajah di Sebanga, Duri, yang jaraknya sekitar 40 Km dari Kota Pekanbaru. Kawasan konservasi gajah ini merupakan bagian dari Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Hasyim yang cukup popular ditampilkan di beberapa program televisi nasional.
  • Peninggalan Datuk Laksamana Raja Dilaut, yaitu Istana, Meriam Sumpitan Bone, Tupai Beradu dan bekas peninggalan peralatan perang lainnya di Desa Bukit Batu.
  • Rumah Adat Melayu di Bengkalis dan Balai Adat Suku Sakai Mandau, Bukit Batu.
  • Kota Duri di Kecamatan Mandau sendiri menjadi salah satu kawasan wisata belanja bagi para pengunjung yang melintas. Anda bisa menemukan rest area, hotel berbintang, wisma, mal, dan beragam kuliner di wilayah ini.
  • Hutan Adat, Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Mandau. Dimana di hutan ini Anda bisa melihat bangunan miniatur atau contoh rumah adat Suku Sakai.
  • Penjara Kolonial Belanda 1883 yang dijadikan cagar budaya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis.
  • Pantai Pasir Panjang di Pulau Rupat yang berlokasi di Selat Malaka. Pantai ini merupakan salah satu unggulan kawasan Pulau Rupat. Anda bisa mencapainya dengan naik perahu boat kecil bernama pompong dari kawasan Dumai. Lama perjalanan 15 menit menggunakan perahu boat dan 45 menit kalau naik ojek motor. Anda juga bisa sekaligus bertemu komunitas suku pedalaman Suku Akit yang menampilkan atraksi guna menghibur pengunjung.
  • Pantai Selat Baru di Pantai Timur Bengkalis. Lokasinya berada di Kecamatan Bantan. Pantai ini memiliki laut keunikan garis pantai yang melebar ke arah laut pada saat surut, dan ada sebuah sungai kecil bernama Sungai Liong yang di sepanjang tepinya terdapat pengembangbiakkan telur ikan kakap putih. Di muara sungai inilah Pelabuhan Laut Internasional Bandar Sri Setia Raja bertempat.

Mal di Mandau

  • Mal Mandau City, Komplek Duri Indah Raya, Jl. Jenderal Sudirman kav 109, Kelurahan Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau
  • Pasar Mandau, Jl. Jend. Sudirman Duri, Riau

Hiburan Malam di Mandau

  • Dream Heaven, Jalan Hangtuah, Kota Duri, Mandau, Kabupaten Bengkalis
  • Karaoke Celcius, Jalan Hang Tuah Duri, Riau 28784
  • Dtone Family Karaoke, Jl. Jendral Sudirman, Riau, Telp. 0765 596775
  • Jim’s Cafe dan Karaoke, Hp. 082169128325

Rekomendasi Tempat Makan di Mandau

  • Rumah Makan Bunda, Menu andalan burung belibis goreng, Jl. Rangau Km. 13, Pematang, Mandau, Duri
  • Rumah Makan Ramin Indah, Jl. Pertanian No. 38, Duri, Mandau, Riau
  • Sate Sragen Asri Pak Noto, Menu andalan tongseng, Jl. Sudirman, depan pom bensin, Duri
  • Ikan Bakar Lubuk Idai, Jl. Hang Tuah, Duri
  • Rumah Makan Family Anda, Menu adalan gulai selai baung, Jl. Rangau Km. 10, Desa Petani, Duri, Riau
  • Magek Badaceh, Jl. Mawar No. 220, Duri, Mandau, Riau
  • RCC Burger & Pizza House, Jl. Mawar No. 12, Duri, Mandau, Riau
  • Sedap Malam Seafood Restaurant, Jl. Mawar, Mandau, Riau
  • Kantin Bu Nina, Mandau City Mall, Lantai 2A 19, Hp. 081352007267, Buka hingga pukul 20.30 Wib
  • Bakmi Naga, Duri, Jl. Jend. Sudirman, Telp. 0765 597591, Buka hingga pukul 21.30 Wib
  • Larisa Cafe, Jl. Hang Tuah No. 88, sebelah Kantor Camat Duri, Hp. 08126812467, Buka 24 Jam
  • Warung Kopi Istimewa, Jl. Subrantas No. 18, Ladang Tengah, Telp. 081275469330
  • Pondok Sate Yan Sahabat, Jl. Hang Tuah, depan Hotel Grand Zuri, Hp. 081275452881
  • Champion Burger Hang Tuah, Jl. Hang Tuah, Duri, Hp. 085271771712, Buka hingga pukul 23.00 Wib

Tips Wisata di Mandau

Sebaiknya Anda segera menyewa kendaraan pribadi baik mobil atau motor setibanya di Mandau, karena tidak banyak angkutan umum yang tersedia di tempat ini. Dan Mandau merupakan tempat persinggahan (transit) antar propinsi dan antar kabupaten, maka sebagian besar masyarakat maupun pengunjung menggunakan kendaraan pribadi untuk memudahkan menjangkau tempat-tempat tujuan di wilayah ini..

Perlu Kamu Tahu di Mandau

Kantor Polisi Pamong Praja Kabupaten Bengkalis

Jl. HR. Soebrantas, Bengkalis, Riau.

Telp. 0766 123456

Website: http://www.satpolppbengkalis.go.id

Email: [email protected]

 

Leave a Reply