PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

10 Rekomendasi Souvenir Khas Daerah Balikpapan Yang Paling Unik, Populer dan Murah, Wajib Kalian Miliki

Blog

1. Souvenir dan Aksesoris Khas Suku Dayak

Souvenir dan Aksesoris Suku Dayak yang Unik dan Murah

Balikpapan, sebagai kota maju di Provinsi Kalimantan Timur, memiliki banyak hal menarik yang dapat dijadikan oleh-oleh. Salah satu oleh-oleh yang sangat unik dan memiliki nilai sejarah adalah souvenir dan aksesoris khas suku Dayak. Suku Dayak merupakan salah satu suku kebangsaan yang tinggal di Pulau Kalimantan, dan mayoritas penduduk Balikpapan adalah suku Dayak. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika Balikpapan memiliki berbagai macam souvenir dan aksesoris khas suku Dayak.

Souvenir dan aksesoris suku Dayak ini dapat berupa anting, gelang, kalung, sampai tas manik-manik dengan corak khas suku Dayak. Keunikan dari souvenir dan aksesoris ini terletak pada desainnya yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Selain itu, kamu juga bisa membeli pakaian adat khas suku Dayak sebagai oleh-oleh. Untuk mendapatkan souvenir dan aksesoris suku Dayak ini, kamu bisa mengunjungi Pasar Impres atau Pasar Kebun Sayur di Balikpapan.

2. Batik Khas Balikpapan

Kecantikan Batik Khas Balikpapan

Selain souvenir dan aksesoris suku Dayak, Balikpapan juga memiliki oleh-oleh berupa batik khas yang sangat menarik. Batik Balikpapan tidak kalah menarik dari batik Jawa. Motifnya sederhana namun dipadukan dengan corak khas suku Dayak Kalimantan, membuat batik Balikpapan terlihat sangat cantik dan berkelas.

BACA JUGA :  Taman Wisata Puri Maerokoco, Spot Instagramable di Semarang

Batik Balikpapan dapat menjadi koleksi pribadi maupun oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat terdekat. Keunikan dari batik Balikpapan ini terletak pada desainnya yang menggambarkan keindahan alam dan kekayaan budaya Kalimantan Timur. Dengan membeli batik Balikpapan, kamu tidak hanya mendapatkan sebuah kain, tetapi juga sebuah karya seni yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

3. Batu Mulia

Kekayaan Batu Mulia Balikpapan

Pulau Kalimantan merupakan penghasil batu mulia terbanyak di Indonesia, dan Balikpapan menjadi salah satu surganya. Oleh karena itu, batu mulia menjadi salah satu oleh-oleh khas Balikpapan yang sangat unik. Batu mulia ini dapat dijadikan sebagai oleh-oleh yang unik dan eksklusif. Kamu dapat memilih batu mulia dalam bentuk bongkahan utuh atau sudah dipadukan dengan berbagai jenis perhiasan.

Batu mulia yang dijual di Balikpapan memiliki berbagai macam jenis dan warna, seperti zamrud, safir, topaz, dan masih banyak lagi. Harga batu mulia ini juga relatif terjangkau, tergantung pada jenis dan kualitasnya. Kamu bisa mendapatkan batu mulia ini di Pasar Kebun Sayur dengan harga yang ramah di kantong.

4. Kain Songket Balikpapan

Keindahan Kain Songket Khas Balikpapan

Setiap daerah pasti memiliki kain khasnya masing-masing, termasuk Balikpapan. Kota ini memiliki kain songket khas yang sangat populer di kalangan pelancong nusantara. Kain songket ini terbuat dari benang emas atau perak yang dianyam dengan teknik khusus.

Kain songket Balikpapan terkenal karena keindahannya. Warna-warna yang cerah dan motif yang rumit membuat kain songket ini terlihat mempesona dan elegan. Kamu wajib membeli kain songket ini sebagai oleh-oleh atau koleksi pribadi. Kamu bisa memilih antara kain meteran utuh atau sudah dalam bentuk busana jadi.

BACA JUGA :  Banyak Wahana Air di Panghegar Waterboom Bandung

5. Tas Manik

Keunikan Tas Manik Khas Balikpapan

Salah satu kerajinan tangan yang sangat unik dari Balikpapan adalah tas manik-manik. Tas ini terbuat dari benang manik-manik yang dijahit dengan tangan. Motif tas manik ini sangat unik dan khas Balikpapan, sehingga berbeda dari yang lain. Tas manik ini menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak diminati oleh kaum hawa.

Tas manik khas Balikpapan ini memiliki banyak variasi ukuran yang bisa kamu pilih. Harganya pun lumayan terjangkau, mulai dari harga 100 ribu rupiah. Dengan harga yang terbilang murah, kamu bisa mendapatkan tas dengan motif yang unik dan berkualitas.

6. Kaos Khas

Keistimewaan Kaos Khas Balikpapan

Kaos khas merupakan oleh-oleh yang wajib dibeli saat berlibur ke negara atau kota manapun. Begitu juga ketika berada di Balikpapan, kamu harus membeli kaos khas Kota Balikpapan ini. Kaos khas ini didesain khusus dengan motif khas suku Dayak, sehingga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

Harga satu kaos khas Balikpapan juga tergolong murah, sekitar 80-120 ribu rupiah. Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa mendapatkan kaos dengan bahan yang berkualitas dan desain yang unik. Selain itu, kaos khas Balikpapan juga dapat menjadi bukti bahwa kamu telah mengunjungi kota ini.

7. Mandau

Keunikan Mandau sebagai Oleh-oleh

Mandau merupakan senjata tradisional suku Dayak Kalimantan, dan saat ini juga digunakan sebagai oleh-oleh. Mandau memiliki bentuk yang unik dengan manik-manik di ujungnya. Selain itu, mandau juga memiliki ukiran khas Balikpapan yang membuatnya menjadi barang yang sangat disenangi oleh wisatawan.

Mandau dapat dijadikan sebagai oleh-oleh yang unik dan memiliki nilai sejarah. Kamu dapat memilih mandau yang dipajang di toko-toko souvenir di Balikpapan. Dengan membawa pulang mandau, kamu tidak hanya mendapatkan sebuah barang, tetapi juga sepotong kebudayaan dan sejarah suku Dayak.

BACA JUGA :  Air Terjun Kedung Kandang Nglanggeran Gunung Kidul Jogja

8. Anjat

Keunikan Anjat sebagai Oleh-oleh

Anjat merupakan tas punggung khas suku Dayak. Tas ini terbuat dari rotan yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi seperti tabung. Anjat memiliki nilai budaya dan seni yang tinggi. Keunikan dari tas punggung ini terletak pada bahan baku pembuatannya yang menggunakan rotan.

Anjat menjadi cinderamata favorit semua kalangan karena keunikan dan keindahannya. Harganya juga tergolong murah, sekitar 50-100 ribu rupiah. Dengan membawa pulang anjat, kamu tidak hanya mendapatkan sebuah tas, tetapi juga sepotong kebudayaan dan seni suku Dayak.

9. Anyaman Lampit

Keindahan Anyaman Lampit sebagai Oleh-oleh

Anyaman lampit merupakan salah satu cinderamata khas Balikpapan yang terbuat dari rotan. Anyaman lampit ini juga digemari oleh para wisatawan karena keunikan dan keindahannya. Dahulu, anyaman lampit hanya digunakan untuk membuat tikar, namun sekarang telah banyak variasi bentuk dan fungsi dari anyaman lampit ini.

Anyaman lampit dapat berbentuk dompet, tas, topi, keranjang, tudung saji, sampai tempat nasi. Harganya juga bervariasi, mulai dari 150-200 ribu rupiah. Kerajinan yang unik dan cantik ini sangat sayang jika dilewatkan sebagai oleh-oleh. Dengan membawa pulang anyaman lampit, kamu akan membawa pulang sepotong keindahan dan seni dari Balikpapan.

10. Miniatur Rumah Adat

Keistimewaan Miniatur Rumah Adat sebagai Oleh-oleh

Kalimantan Timur memiliki budaya dan seni yang beragam, termasuk tarian, rumah adat, dan suku-suku yang menghuninya. Salah satu oleh-oleh yang unik dan memiliki nilai sejarah adalah miniatur rumah adat Lamin. Miniatur rumah adat Lamin dapat menjadi oleh-oleh yang antimainstream dan memiliki nilai kebudayaan yang tinggi.

Dengan membawa pulang miniatur rumah adat Lamin, kamu dapat menghadirkan suasana Balikpapan di rumahmu. Miniatur ini dapat mengobati kerinduanmu ketika ingin kembali berkunjung ke Balikpapan. Kamu dapat membeli miniatur rumah adat ini di toko-toko souvenir yang ada di Balikpapan.

Nah, itulah beberapa referensi oleh-oleh khas Balikpapan yang unik dan murah. Dengan memilih salah satu oleh-oleh di atas, kamu dapat membawa pulang sepotong kebudayaan dan keindahan Balikpapan. Jadi, segera pilih yang paling kamu suka dan jangan lupa untuk membelinya sebelum meninggalkan kota ini.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *