PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

10 Daftar Pilihan Souvenir Khas Daerah Samarinda Ini Wajib Untuk Diexplore dan Kalian Miliki

Blog

Heading 2: Souvenir Khas Samarinda yang Unik dan Beragam

Samarinda, ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, merupakan kota yang memiliki banyak sekali wisata dan keindahan alam yang patut untuk dikunjungi. Selain itu, Samarinda juga terkenal dengan berbagai oleh-oleh atau souvenir khasnya yang unik dan beragam. Bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota ini, membawa pulang oleh-oleh menjadi salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan.

Salah satu oleh-oleh khas Samarinda yang unik dan menarik adalah Sarung Samarinda. Sarung ini memiliki beberapa motif favorit pilihan yang membuatnya tampak begitu istimewa. Keunikan sarung Samarinda tidak hanya terletak pada motifnya, tetapi juga pada cara pembuatannya yang masih menggunakan metode tradisional tanpa menggunakan mesin. Ketebalan kain dan kehalusan tenunannya membuat sarung Samarinda memiliki kualitas yang sangat baik. Jika Anda berkunjung ke Samarinda, jangan lupa untuk membeli sarung ini sebagai oleh-oleh yang istimewa.

Selain sarung, aneka manik-manik juga menjadi oleh-oleh khas Samarinda yang cukup diminati oleh para wisatawan. Souvenir ini memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari taplak meja, tempat tissue, tas, hingga gelang. Yang membuat manik-manik Samarinda berbeda dengan manik-manik dari daerah lain adalah motifnya yang bertemakan Kalimantan Timur. Motif-motif yang terinspirasi dari kekayaan budaya dan alam Kalimantan Timur membuat manik-manik Samarinda menjadi salah satu oleh-oleh yang menarik untuk dibeli.

Selanjutnya, ada juga miniatur patung Lembuswana yang dapat menjadi pilihan oleh-oleh yang unik. Lembuswana merupakan seekor hewan yang menjadi lambang Kerajaan Kutai sampai Kesultanan Kuta Kertanegara. Patung Lembuswana ini dapat Anda dapatkan dalam bentuk miniatur sebagai oleh-oleh. Dengan memiliki miniatur patung Lembuswana, Anda dapat memahami lebih dalam sejarah dan kebudayaan Kalimantan Timur.

BACA JUGA :  14 Rekomendasi Rental Mobil di Cikarang Harga Murah, Bisa Dengan Sopir Atau Tanpa Supir

Tidak hanya itu, bagi pecinta musik tradisional, miniatur Sampek juga menjadi salah satu oleh-oleh yang menarik. Sampek adalah alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Timur. Jika Anda ingin memiliki alat musik ini, Anda tidak perlu membeli yang asli dengan harga yang cukup mahal. Cukup beli saja miniatur Sampek yang lebih terjangkau. Anda tetap bisa memiliki souvenir yang unik tanpa perlu mengeluarkan uang banyak.

Selanjutnya, ada juga miniatur rumah adat Kalimantan Timur yang dapat menjadi pilihan oleh-oleh yang menarik. Rumah adat Kalimantan Timur atau yang disebut Lamin merupakan salah satu bentuk kekayaan budaya dan seni di Kalimantan Timur. Anda dapat membeli miniatur rumah adat ini di berbagai toko souvenir di Samarinda. Memiliki miniatur rumah adat Kalimantan Timur akan menjadi kenang-kenangan yang indah dari kunjungan Anda ke Samarinda.

Selain itu, Samarinda juga memiliki brand-brand lokal yang terkenal dengan desain kaos-kaosnya yang khas. Sebut saja Aemtobe, Kaos Jukut, dan Ngeramput. Kaos-kaos dari brand lokal ini dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan Samarinda dengan jelas. Jika Anda ingin menunjukkan rasa cinta Anda terhadap Indonesia dan khususnya Samarinda, memakai produk-produk lokal seperti kaos khas Samarinda merupakan pilihan yang tepat.

Selanjutnya, ada juga perisai khas Samarinda yang unik. Perisai ini terbuat dari kayu ringan yang tidak mudah pecah dan memiliki hiasan ukiran dan lukisan yang khas. Awalnya, perisai digunakan sebagai alat penangkis dalam peperangan, namun kini perisai ini juga dibuat dalam bentuk miniatur sebagai souvenir. Anda dapat membawa pulang miniatur perisai ini untuk dijadikan dekorasi di rumah Anda.

BACA JUGA :  Danau Lido Terdapat di Bogor / Sukabumi? Harga Tiket Masuk Wisata + Misteri Angker

Selanjutnya, ada Ulap Doyo, kerajinan tangan asli khas Suku Dayak. Ulap Doyo terbuat dari serat daun tanaman Doyo yang tumbuh di Tanjung Isuy. Kerajinan ini dapat berupa kain, kopiah, pakaian, tas, dompet, dan hiasan dinding. Ulap Doyo memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang membuatnya menjadi oleh-oleh yang menarik untuk dibeli.

Selain itu, ada juga Anjat, kerajinan dari rotan yang serupa dengan tas dengan dua atau tiga tali. Anjat memiliki bentuk yang unik dan cocok untuk dijadikan sebagai souvenir. Selain itu, Anjat juga memiliki fungsi yang praktis untuk menaruh barang bawaan saat berpergian. Jika Anda melihat bentuknya, pasti Anda akan tertarik untuk membeli dan memilikinya.

Terakhir, ada Seraong, topi khas Suku Dayak yang sering digunakan sebagai pelindung kepala dari terik matahari. Seraong memiliki bentuk yang berbeda dari topi pada umumnya, sehingga membuat banyak wisatawan penasaran ingin memilikinya. Anda dapat membeli Seraong ini sebagai oleh-oleh yang unik dan bermakna.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Samarinda yang unik dan beragam. Dengan membeli oleh-oleh ini, Anda tidak hanya membawa pulang kenang-kenangan dari kunjungan Anda ke Samarinda, tetapi juga turut mendukung pengembangan industri kreatif lokal. Jadi, saat Anda berkunjung ke Samarinda, jangan lupa untuk mencari oleh-oleh khas yang menarik ini untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan yang istimewa.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *