PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Liburan Ke Kalimantan Timur, Berburu 10 Oleh Oleh Ini Yuk! Sudah Pada Tahu Apa Saja?

Blog

Heading 2: Oleh-Oleh Khas Kalimantan Timur yang Menarik

Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak potensi wisata. Selain keindahan alamnya yang memukau, provinsi ini juga menyuguhkan berbagai oleh-oleh khas yang menarik. Saat melakukan perjalanan ke Kalimantan Timur, tidak ada salahnya mencari buah tangan atau oleh-oleh untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan bagi keluarga dan teman-teman.

Heading 3: Aksesoris dan Souvenir Khas Suku Dayak

Suku Dayak merupakan salah satu suku asli Kalimantan Timur yang memiliki warisan budaya yang kaya. Salah satu oleh-oleh khas dari suku Dayak adalah aksesoris dan souvenir yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu dan manik-manik. Gelang, anting, kalung, dan tas manik-manik merupakan contoh aksesoris dan souvenir yang dapat Sahabat Pergimulu.comtemukan di Kalimantan Timur.

Pasar Inpres atau Kebun Sayur di Balikpapan menjadi tempat yang tepat untuk mencari aksesoris dan souvenir khas suku Dayak ini. Sahabat Pergimulu.comdapat menemukan berbagai macam pilihan dengan harga mulai dari 50 ribuan saja. Selain dapat menjadi oleh-oleh yang unik, aksesoris dan souvenir ini juga memiliki nilai budaya yang tinggi.

Heading 3: Amplang Ikan, Cemilan Khas Kalimantan Timur

Amplang ikan adalah salah satu cemilan khas Kalimantan Timur yang cukup populer di kalangan wisatawan. Cemilan ini terbuat dari ikan pipih yang diolah dengan racikan bumbu khusus sehingga memiliki rasa yang gurih dan renyah. Amplang ikan dapat ditemukan dengan mudah di pusat oleh-oleh di Kalimantan Timur dan harga satu bungkusnya berkisar Rp.12.000.

Cemilan ini cocok sebagai oleh-oleh karena memiliki rasa yang unik dan merupakan salah satu kuliner khas Kalimantan Timur. Sahabat Pergimulu.comdapat membawa pulang amplang ikan ini untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman.

BACA JUGA :  10 Daftar Pilihan Tempat Romantis di Daerah Bali, Cocok Untuk Liburan Bareng Pasangan

Heading 3: Abon Kepiting, Makanan Seafood Khas Tarakan

Bagi Sahabat Pergimulu.comyang gemar dengan makanan seafood, abon kepiting khas Tarakan bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang menarik. Abon kepiting ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan memiliki rasa yang nikmat. Abon kepiting ini biasanya disajikan sebagai lauk yang menemani nasi putih hangat.

Abon kepiting dapat ditemukan dengan mudah di sejumlah outlet atau gerai oleh-oleh di Kalimantan Timur. Harganya cukup terjangkau, berkisar antara Rp.25.000 hingga Rp.70.000. Sahabat Pergimulu.comdapat membawa pulang abon kepiting ini sebagai oleh-oleh yang unik dan lezat.

Heading 3: Rangai, Jajanan Populer di Berau

Rangai merupakan salah satu jajanan populer di Berau, Kalimantan Timur. Jajanan ini terbuat dari ketan yang dipanggang menggunakan oven sehingga memiliki tekstur yang keras dan rasa yang gurih. Rangai memiliki bentuk kotak atau lonjong dan dapat dengan mudah ditemukan di kawasan Gunung Tabor atau Sabaliung.

Rangai merupakan oleh-oleh yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Harganya juga terjangkau, sehingga Sahabat Pergimulu.comtidak perlu khawatir tentang budget. Dengan membawa pulang rangai, Sahabat Pergimulu.comdapat mengenang keindahan Berau dan kelezatan jajanan khas Kalimantan Timur.

Heading 3: Anjat, Tas Ransel Khas Samarinda

Anjat adalah tas ransel khas Samarinda yang terbuat dari rotan. Tas ini memiliki bentuk yang unik dan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Anjat dapat digunakan sebagai tas untuk membawa barang-barang sehari-hari atau sebagai hiasan di rumah.

Anjat dapat dengan mudah ditemukan di setiap toko souvenir di Samarinda. Harganya cukup terjangkau, dengan kisaran ratusan ribu saja. Sahabat Pergimulu.comdapat membawa pulang anjat ini sebagai oleh-oleh yang bermanfaat dan memiliki nilai seni yang tinggi.

BACA JUGA :  Wisata Religi Makam Sunan Ampel Surabaya

Heading 3: Keminting, Jajanan Tradisional Khas Bontang

Keminting adalah salah satu jajanan tradisional khas Kalimantan Timur yang berasal dari kota Bontang. Jajanan ini terbuat dari tepung terigu, kanji, dan gula jawa. Meskipun memiliki bentuk yang mirip dengan biji kemiri dan tekstur yang keras, keminting memiliki rasa yang manis dan renyah.

Keminting dapat dibeli dengan harga sekitar Rp.20.000. Jajanan ini dapat dengan mudah ditemukan di toko oleh-oleh di Kalimantan Timur. Dengan membawa pulang keminting, Sahabat Pergimulu.comdapat menikmati kelezatan jajanan tradisional khas Kalimantan Timur.

Heading 3: Bingka, Kue Basah Khas Balikpapan

Bingka adalah kue basah khas Balikpapan yang terbuat dari kentang, mentega, santan, susu, dan gula. Kue ini memiliki citarasa yang lezat dan terdiri dari berbagai macam rasa seperti pisang, cokelat, gula merah, pandan, vanilla, dan keju.

Untuk membeli bingka, outlet Gulung Jenebora di Jalan Sudirman atau cabang lainnya di Balikpapan adalah tempat yang direkomendasikan. Selain rasanya yang nikmat, harga kue ini juga cukup terjangkau, mulai dari Rp.27.000 saja. Bingka dapat menjadi oleh-oleh yang enak dan unik dari Kalimantan Timur.

Heading 3: Mantau, Kue Gurih Khas Balikpapan

Selain bingka, mantau juga merupakan oleh-oleh yang bagus untuk dibawa pulang dari Balikpapan. Mantau memiliki rasa yang gurih dan lezat. Sahabat Pergimulu.comdapat membeli mantau di berbagai toko oleh-oleh di Balikpapan dengan harga yang tidak sampai 50 ribu.

Mantau dapat menjadi pilihan oleh-oleh yang unik dan lezat untuk diberikan kepada orang-orang tersayang. Sahabat Pergimulu.comdapat menikmati kelezatan mantau ini bersama keluarga dan teman-teman.

Heading 3: Onde-Onde Ubi Ungu, Onde-Onde Khas Kalimantan Timur

Onde-onde ubi ungu adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang juga memiliki varian khas Kalimantan Timur. Onde-onde ini terbuat dari ubi ungu dengan berbagai macam topping seperti keju, kacang hijau, dan cokelat.

BACA JUGA :  Kondisi Saat Ini Pantai Goa Cemara Terletak di Bantul Buka Atau Tutup dan Berapa Tiket Masuknya?

Onde-onde ubi ungu ini dapat ditemukan di sejumlah toko oleh-oleh di Kalimantan Timur. Harganya cukup terjangkau, berkisar antara Rp.4.000 hingga Rp.5.000, tergantung ukurannya. Sahabat Pergimulu.comdapat mencoba onde-onde ini sebagai oleh-oleh yang unik dan lezat dari Kalimantan Timur.

Heading 3: Kain Batik Khas Balikpapan

Jika Sahabat Pergimulu.comtertarik dengan oleh-oleh yang memiliki nilai seni tinggi, kain batik khas Balikpapan bisa menjadi pilihan yang tepat. Kain batik ini memiliki berbagai macam motif dan corak yang bermacam-macam. Selain memiliki nilai seni yang tinggi, kain batik juga memiliki fungsi yang bermanfaat bagi penerimanya.

Pasar Inpres dan toko oleh-oleh di Balikpapan menjadi tempat yang tepat untuk mencari kain batik khas Balikpapan ini. Harga kain batik bervariasi tergantung pada motif, jenis bahan, dan tingkat kesulitan pembuatannya. Sahabat Pergimulu.comdapat memilih kain batik yang sesuai dengan selera dan budget.

Pada akhirnya, memilih oleh-oleh khas Kalimantan Timur sebagai kenang-kenangan dari perjalanan adalah hal yang tepat. Selain dapat memberikan kebahagiaan kepada keluarga dan teman-teman, oleh-oleh ini juga merupakan bentuk apresiasi terhadap kekayaan budaya dan kuliner Kalimantan Timur. Dengan membawa pulang oleh-oleh khas Kalimantan Timur, Sahabat Pergimulu.comjuga turut mendukung pengembangan pariwisata di daerah tersebut.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *