Panduan Tips Pergi Liburan Ke Balikpapan

Balikpapan salah satu kota di propinsi Kalimantan Timur yang terkenal dengan sebutan ‘Kota Minyak’ . Balikpapan merupakan kota terbesar kedua setelah kota Samarinda dan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia. Di Balikpapan banyak lokasi kantor – kantor perusahaan minyak pertambangan serta industri terkait lainnya.

Walaupun lebih terkenal sebagai lokasi kantor bagi perusahaan minyak dan pertambangan Internasional. Kota Balikpapan juga mempunyai potensi wisata yang besar dan merupakan kota yang ramah wisatawan. Karena kota ini masih memiliki udara yang bersih sehingga membuat nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga.

Balikpapan dinobatkan menjadi kota terbaik pada tahun 2013 untuk ditinggali berdasarkan Index Kota paling nyaman yang mengukur dari 27 indikator. Dan belum lama ini Balikpapan membuka Kebun Raya Balikpapan yang luasnya lebih dari 300 hektar, dan sangat di harapkan bisa menyaingi Gardens By The Bay Singapura.

Wilayah Utama Balikpapan

Balikpapan adalah salah satu kota besar di Pulau Kalimantan via @dichgod
Balikpapan adalah salah satu kota besar di Pulau Kalimantan via @dichgod
  • Balikpapan Timur, meliputi kelurahan Manggar, Manggar Baru, Lamaru, dan Teritip.
  • Balikpapan Selatan, meliputi kelurahan Gunung Bahagia, Sepinggan, Damai Baru, Damai Bahagia, Sepinggan Raya, Sepinggan Baru, Sungai Nangka.
  • Balikpapan Tengah, meliputi kelurahan Gunung Sari Ilir, Gunung Sari Ulu, Mekar Sari, Karang Rejo, Sumber Rejo, dan Karang Jati.
  • Balikpapan Utara, meliputi kelurahan Gunung Samarinda, Muara Rapak, Batu Ampar, Karang Joang, Graha Indah, dan Gunung Samarinda Baru
  • Balikpapan Barat, meliputi kelurahan Baru Ilir, Baru Tengah, Baru Ulu, Margomulyo, Margasari, Kariangau.
  • Balikpapan Kota, meliputi kelurahan Prapatan, Telaga Sari, Klandasan Ulu, Klandasan Ilir, dan Damai.

Sejarah Balikpapan

Sejarah kota Balikpapan selalu dikaitkan dengan Minyak yang lebih tepatnya dengan sumur minyak Mathilda. Dan Sumur pengeboran minyak perdana dibangun pada tanggal 10 Februari 1897 di kaki gunung Komendur di sisi timur Teluk Balikpapan.

Nama sumur minyak ini asalnya dari nama anak JH Menten dari JH Menten dan Firma Samuel & Co sebagai pemenang hak konsensi pengeboran yang ditunjuk oleh Pemerintahan Hindia Belanda yang telah mengkontrak Balikpapan dari Kesultanan Kutai.

Balikpapan kota minyak yang berada di pesisir via @bamsoeg74
Balikpapan kota minyak yang berada di pesisir via @bamsoeg74

Dengan seiringnya waktu Balikpapan telah berkembang menjadi ‘ Kota Minyak ‘ yang menghasilkan produksi minyak yang dihasilkan mencapai 86 juta barrel per tahun. Karena perkembangan industri inilah membangun menjadi kota industri.

Asal usul nama Balikpapan menurut buku karya F. Valenjin pada tahun 1724, menjelaskan suatu daerah di hulu sebuah sungai yang ada di Teluk sekitar 3 mil dari pantai, dan desa itu bernama BILIPAPAN, yang berkaitan dengan sebuah komunitas pedesaan di teluk yang sekarang lebih dikenal dengan nama Teluk Balikpapan.

Kota Balikpapan hari jadinya ditentukan pada tanggal 10 Februari 1897. Dan penetapan tanggal ini adalah tanggal peristiwa pengeboran pertama sumur minyak di Balikpapan.

Cara Pergi ke Balikpapan

1. Pesawat

Kebanyakan wisatawan datang ke Balikpapan menggunakan pesawat terbang dengan tujuan lebih cepat dan nyaman. Semua penerbangan akan mendarat di Bandara Sepinggan. Maskapai penerbangan yang melayani rute Balikpapan dengan kota – kota lainnya, Batavia, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Mandala, Sriwijaya.
Passenger Service Charge ( PSC ) atau airport tax ( harga yang tertera dapat berubah sewaktu – waktu ) :

  • Penerbangan domestik       : Rp.   75.000
  • Penerbangan Internasional : Rp. 200.000

2. Kapal Laut

Balikpapan mempunyai beberapa pelabuhan, yaitu : Pelabuhan Semayang dan Pelabuhan Karingau. Dan untuk waktu yang ditempuh berkisar 25 jam atau tergantung dengan keadaan cuaca.
Tarif Pelni mulai dari Rp.200.000 ( dari Makasar ) dan Rp. 350.000 ( dari Surabaya )

3. Bus Kota dan Mobil Pribadi

Balikpapan bisa di akses dari Samarinda, Bontang, dan Banjarmasin dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bus kota. Jika anda menggunakan bus antar kota akan berhenti di terminal Batu Ampar, Balikpapan.

Transportasi di Balikpapan

Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa dipilih oleh wisatawan yang akan berlibur di Balikpapan, sesuai dengan preferensi dan anggaran yang dimiliki.

1. Angkutan Kota

Di Balikpapan jenis transportasi ini disebut dengan mikrolet. Dan mikrolet di Balikpapan terdiri dari berbagai warna dan tujuh nomer mikrolet di Balikpapan. Angkutan umum menjadi transportasi favorit masyarakat Balikpapan karena tarif yang terjangkau.

Untuk tarif mikrolet di Balikpapan adalah Rp.4.500 ( dewasa ) dan Rp. 2.000 ( pelajar ) dan bisa menjadi Rp. 10.000 apabila tujuan Anda lebih dari 15 km.Ada tiga terminal mikrolet yang ada di Balikpapan, yaitu : Terminal Damai, Terminal Batu, dan Terminal Kampung Baru.

Warna mikrolet sesuai dengan rutenya :

  •  Warna Orange : RSS Damai III – Terminal Batu Ampar – Karang Anyar – Kampung Baru PP
  • Warna Abu – Abu : Terminal Batu Ampar – Muara Rapak – Karang Jati – Gunung Sari – Jl. Sungai Ampal – Balikpapan Baru PP
  • Warna HIjau Muda : Terminal Damai – Jl. MT Haryono – Perumahan Balikpapan Baru/ RSS Damai III – RSS Damai Beriman / Korpri – Terminal Batu Ampar PP
  • Warna Biru Muda :Terminal Batu Ampar – Rapak – Gunung Sari – Klandasan – Pelabuhan PP
  • Warna Kuning Tua  : Terminal Kampung Baru – Kebun Sayur – Karang Anyar – Rapak – Gunung Sari – Pasar Baru – Terminal Damai PP
  • Warna Biru Tua  : Terminal Kampung Baru – Karang Anyar – Pelabuhan Semayang – Klandasan – Terminal Damai PP
  • Warna Hijau Tua : Terminal Damai – Sepinggan – Batakan – Manggar – Gunung Tembak PP
  • Warna Cream : Terminal Batu Ampar –  Km 24 ( Karang Joang ) PP

3. Ojek Sepeda Motor

Transportasi ini bisa Anda pilih jika Anda menginginkan ketepatan waktu. Tarfi ojek berkisar antara Rp. 10.000 atau sesuai dengan tujuan Anda.

4. Taksi, ‘ taksi argo ‘

Merupakan taksi yang biasa disebut di kota Balikpapan. Berikut daftar perusahaan taksi di Balikpapan yang bisa anda gunakan selama di Balikpapan :

  • City Taxi (  (+62 542 743417) atau  (+62 542 8520001)
  • Mawar  (+62 542 874545)
  • Kalung Mas  (+62 542 762222)
  • Globalindo Taxi (+62 542 878787)

Hotel di Balikpapan

  • Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas da pelayanan yang memuaskan.
  • Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3.
  • Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

Iklim di Balikpapan

Balikpapan memiliki iklim tropis, dan untuk curah hujan di Balikpapan signifikan. Untuk suhu di Balikpapan rata – rata 26,6C.

Bahasa Daerah di Balikpapan

Bahasa daerah yang ada di Balikpapan adalah :

  • Bahasa Paser
  • Bahasa Kutai
  • Bahasa Banjar
  • Bahasa Bugis
  • Bahasa Jawa

Tetapi pada umumnya yang sering digunakan masyarakat Balikpapan adalah bahasa Indonesia.

Tempat  Wisata di Balikpapan

Ada banyak tempat wisata di Balikpapan yang menarik untuk anda kunjungi. Mulai dari wisata alam hingga wisata taman hiburan di Balikpapan. Beberapa tempat wisata menarik di Balikpapan yang direkomendasikan untuk dikunjungi adalah sebagai berikut:

1. Hutan Bakau Margomulyo

Merupakan hutan kota yang ada di Balikpapan, letaknya dekat dengan pusat kota. Dan terdapat jembatan kayu sepanjang 800 meter di dalam kawasan hutan tersebut yang berfungsi sebagai sarana penunjang untuk Anda yang ingin menikmati wisata di hutan tersebut. Hutan Bakau ini memiliki menara intai, gunanya untuk menyaksikan aneka burung yang hidup di hutan Bakau tersebut. Untuk masuk ke hutan Bakau ini tidak dikenakan biaya masuk, tetapi jangan lupa untuk menjaga kebersihan selama berwisata di hutan Bakau tersebut.

2. Caribbean Island Waterpark

Merupakan taman wisata air terbesar yang ada di Indonesia Bagian Timur, dan menawarkan berbagai wahana air yang sangat menarik. Letaknya di Jl. Kol Syarifuddin Yoes II ( Ring Road II ), dan menjadi tempat wisata yang favorit bagi keluarga yang di Balikpapan. Tiket masuknya sebesar Rp. 45.000 ( umum ) dan Rp. 25.000 ( pelajar ) , tetapi di akhir minggu, semua harga tiket sama Rp. 60.000

3. Pantai Kemala

Merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Balikpapan dan paling ramai di kunjungi, apalagi di saat akhir pekan dan hari libur. Letaknya di pusat kota Balikpapan, yang tepatnya di Jl. Jend Sudirman, Balikpapan Selatan. Dan pantai Kemala ini di kenal dengan Pantai Polda. Tiket masuknya Rp. 500 per orang, kendaraan Rp. 1.000 ( motor ) Rp.2.000 ( mobil )

4. Pantai Lamaru

Merupakan wisata pantai di Balikpapan yang menawarkan suasana tenang, santai dan tidak ramai. Tiket masuknya Rp.2.000 per orang , mobil  Rp. 5.000, motor Rp. 2.500 dan bus Rp.15.000.
Monpera, adalah tugu yang di jadikan simbol keberanian rakyat Balikpapan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Letaknya di pusat kota Balikpapan, Jl. Jenderal Sudirman ( di depan markas Makodam VI Tanjung Pura ).

5. Hutan Lindung Sungai Wain

Merupakan tempat perlindungan dari sejumlah jenis satwa dan flora langka, contohnya orang utan, beruang madu, bekantan, kantong semar, dan tumbuhan endemik Balikpapan yang bernama Jahe Balikpapan. Letak Hutan Lindung ini di KM 23 Jalan Balikpapan – Samarinda, dan menyediakan empat paket wisata kunjungan yang bisa di pilih untuk mendapatkan pengalaman wisata di tempat ini.

Paketnya dibedakan berdasarkan jumlah tamu yang ingin datang di kawasan hutan ini. Dan untuk turnya ada dua pilihan, yaitu ; tur “ Track Eko-PLH-Kebun Raya” dan tur “ Mangrove dan Selok Puda” . Tarifnya berkisar antara Rp. 350.000 untuk paket A ( 1- 6 tamu )

6. Pasar Kebun Sayur

Merupakan pusat kerajinan tangan dan pusat oleh – oleh di Balikpapan. Anda bisa berbelanja cinderamata seperti kerajinan dari batu – batu permata, manik – manik, batik motif ampik, dan kerajinan tradisional Dayak. Letaknya di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Karang Jati, Balikpapan. Jam operasional Pasar Kebun Sayur ini di buka dari pukul 8 pagi sampai jam 6 sore.

7. Penangkapan Buaya Teritip

Merupakan sebuah tempat yang menampung sekitar 1450 ekor buaya, mulai dari buaya muara sampai dua spesies buaya yang terancam punah, yaitu buaya air tawar dan buaya supit. Penangkaran ini sudah beroperasi sejak tahun 1991 di atas lahan 5ha.

Yang membuat menarik dari tempat ini adalah memberi makan buaya – buaya tersebut, dan Anda harus membayar Rp.10.000 untuk satu ekor ayam hidup yang akan menjadi makanan untuk buaya. Di tempat ini Anda juga bisa menikmati sajian sate buaya yang dijual dengan harga berkisar Rp. 3.000 per tusuk. Jam operasional tempat ini dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore WITA. Tiket masuknya sebesar Rp. 10.000 per orang.

8. Pantai Manggar Sari

Merupakan pantai yang sering dikunjungi pada akhir pekan dan hari besar. Di pantai ini, bisa menikmati pemandangan laut sambil bersantai, atau bisa menyewa perahu untuk mengelilingi pantai. Tiket masuk Rp. 1.000 per orang, mobil Rp. 5.000, motor Rp. 2.500, bus Rp. 15.000

9. Taman Bekapai

merupakan ruang terbuka publik yang dijadikan tempat bersantai di tengah kehidupan kota Balikpapan. Taman ini memiliki fasilitas wifi gratis, jadi jika Anda berkunjung di tempat ini, sambil bersantai dan menikmati fasilitas internet.

Mal di Balikpapan

Plaza Balikpapan, Lokasi pertigaan pusat kota Balikpapan Jl. Jenderal Sudirman, untuk pergi ke mall ini bisa menggunakan angkot:

  • Angkutan umum No 3 ( biru muda ) – Terminal Batu Ampar – Rapak – Pelabuhan Semayang PP.
  • Angkutan Umum No 5 ( kuning ) – Kampung Baru – Rapak – Gn.Sari – Terminal BP PP.
  • Angkutan Umum No 6 ( biru tua ) – Kampung Baru – Pelabuhan Semayang – Terminal BP PP.

E- Walk BSB, Lokasinya Balikpapan Super Block ( dekat lapangan SPN Stal Kuda ), untuk pergi ke mall ini bisa menggunakan angkot:

  • Angkutan Umum No 7 ( hijau tua ) – Arah Terminal BP – Sepinggan – Batakan – Manggar PP.

Balcony City, Lokasi di Pasar Baru, untuk pergi ke mall ini bisa menggunakan angkot:

  • Angkutan Umum No 5 ( kuning tua ) – Kampung Baru – Rapak – Gn. Sari – Plasa Balikpapan – Terminal BP PP
  • Angkutan Umum No 6 ( biru tua ) – Kampung Baru – Pelabuhan Semayang – Terminal BP PP

Plaza Rapak, lokasi Muara Rapak, untuk pergi ke mall ini bisa menggunakan angkot:

  • Angkutan Umum No 1 ( orange ) – Kampung Baru – Kr. Anyar – Rapak – Terminal Batu Ampar
  • Angkutan Umum No 3 ( biru muda ) – Batu Ampar – Rapak – Gn. Sari – Klandasan – Pelabuhan Semayang PP
  • Angkutan Umum No 5 ( kuning tua ) – Kampung Baru – Rapak – Gn. Sari – Plasa Balikpapan – Terminal BP PP.

Museum di Balikpapan

  • Monumen Tentara Jepang, merupakan museum yang didirikan untuk mengenang tentara Jepang yang telah gugur di  Balikpapan pada Perang Dunia Kedua. Lokasinya di Kecamatan Lamaru sekitar 26 km dari pusat kota ( timur Balikpapan ). Tiket Masuk : gratis.
  • Monumen Australia, adalah museum yang dibangun dalam rangka mengenang tentara Australia yang telah gugur di wilayah Kalimantan Timur pada saat Perang Dunia Kedua. Lokasi di Jalan Jenderal Sudirman, dekat Pantai Kemala/ Polda
  • Museum Tanjung Pura, adalah museum yang mempunyai koleksi persenjataan Perang Dunia Kedua, seperti senapan, mortir, granat, rudal dan lain – lain. Lokasi di Jalan Letjen Suprapto, Balikpapan Barat. Tiket masuknnya gratis.

Hiburan Malam di Balikpapan

Kota Balikpapan mempunyai beberapa tempat hiburan malam yang bisa di kunjungi selama berlibur di kota ini, antara lain :

  • D’club 89 Pub dan Karaoke / Klub Malam dan Pub, Jalan MT Haryono ( Dam ), Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia
  • Le Centro Club ( L2C ) / Klub Malam dan Kafe, Sudirman Square #18 ( Jalan Jenderal Sudirman ), Balikpapan, Kalimantan Timur.
  • Score / Klub Malam, Warung Kopi, dan Bar Olahraga
  • E-Walk ( Jalan Jenderal Sudirman No 47a ) Balikpapan, Kalimantan Timur
  • Red Square Lounge & Bar / Lounge, Bar Hotel, dan Klub Malam
  • Sagita Hotel  ( Jalan Mayjend Sutoyo No 69 ) Balikpapan, Kalimantan Timur
  • SQ Bistro and Pub / Lounge, Jalan Jenderal Sudirman ( samping KFC ) Balikpapan, Kalimantan Timur
  • Cuvee Lounge / Lounge, Kafe, dan Bar Hotel, Loby Level Grand Jatra Hotel ( Jalan Sudirman No 47 ) Balikpapan, Kalimantan
  • Sky Bar / Lounge, Bar, dan Gudang Anggur, Hotel Gran Senyiur ( Jalan ARS Muhammmad No 7 ) Balikpapan, Kalimantan
  • Zeus Cafe and Lounge / Lounge, Restoran Hidangan Laut, dan Klub Malam, Jalan Jenderal Sudirman Komp Bandar Blok L ( Jalan Jenderal Sudirman ) Balikpapan, Kalimantan Timur
  • Ocean’s Resto The Fish Connection / Restoran, Hidangan Laut dan Pantai Ruko Bandar Blok M No 18 ( Jalan Jenderal Sudirman ) Balikpapan, Kalimantan Timur.

Rekomendasi Tempat Makan Enak di Balikpapan

Kuliner merupakan bagian erat kaitannya dengan makanan sehari – hari. Kota Balikpapan sangat terkenal dengan kuliner seafoodnya. Dikarenakan Balikpapan letaknya di sekitar pesisir timur Kalimantan yang langsung berbatasan dengan Selat Makassar.

  • Rumah Makan Torani, merupakan sebuah rumah makan yang terkenal di Balikpapan dan tempat ini menyajikan kuliner jenis seafood yang paling lengkap dengan harga murah. Letak rumah makan ini di Jalan Jenderal Sudirman kompleks rumah tahanan stal kuda. Rumah Makan ini mempunyai menu andalannya yaitu Ikan Bandeng Tanpa Duri yang menjadi menu favorit pengunjung.
  • Rumah Makan Kepiting Dandito dan Rumah Makan Kepiting Kenari, memiliki sajian seafood yang lezat dengan menu khususnya yaitu kepiting, letaknya di Jalan Marswa Iswahyudi. Kepiting yang disajikan mempunyai tekstur yang lembut dan rasa yang lezat dan tidak amis. Rumah Makan ini ramai di kunjungi tiap harinya dari berbagai daerah.
  • Pondok Kelapo, merupakan tempat wisata kuliner yang cukup menarik dan mempunyai keistimewaan tersendiri yaitu lokasinya yang ada di pinggir pantai atau dekat pelabuhan Semayang. Menu makanannya masih sekitar seafood tapi untuk harga lebih menguras kantong.
  • Rumah Makan H. Isna, letaknya ada di daerah Gunung Sari dan di tempat makan ini, akan di manjakan dengan aneka kuliner lezat yang menggugah selera dan lengkap. Menunya antara lain, soto banjar, coto Makassar, ikan bakar, ayam dan bebek bakar atau goreng tersedia di sini.

Oleh – Oleh Khas Balikpapan

Balikpapan memiliki beberapa makanan yang unik dan khas yang bisa Anda beli untuk sebagai oleh – oleh untuk keluarga, sahabat dan kerabat kantor. Berikut daftar jenis oleh – oleh yang bisa Anda pilih:

  • Aneka Olahan Kepiting, Kota Balikpapan merupakan salah satu penghasil kepiting bakau ( Scylla serrata ) terbaik di Indonesia. Dan untuk menu kepiting lada hitam, kepiting saus spesial, kepiting saus tiram, kepiting tauco sampai kepiting goreng mentega dapat Anda temukan di Marsma Iswahyudi Gunung Bakaran, lokasinya tak jauh dari Bandara Sepinggan. Kemudian untuk dijadikan sebagai oleh – oleh, makanan ini sudah di kemas dengan rapi sehingga tidak akan mengurangi cita rasanya. Jenis olahan dari kepiting lainnya yaitu abon kepiting, dengan 2 jenis rasa yaitu original dan rasa bumbu.
  • Bingka, adalah salah satu kuliner khas dari Balikpapan. Jenis makanan ini menggunakan bahan dasar dari kentang, meskipun makanan ini tidak bisa tahan lama, tapi bisa dijadikan oleh – oleh yang tak kalah mengesankan. Anda dapat membeli bingka kentang ini di dekat pelabuhan Semayang atau Stal Kuda.
  • Amplang, adalah makanan ringan jenis kerupuk. Yang terbuat dari tepung,telor, berbagai bumbu rempah, dan daging ikan pipih atau ikan belida. Anda bisa membelinya di toko oleh – oleh yang terletak di sepanjang Jalan A. Yani Balikpapan.
  • Mantau, atau roti span adalah kuliner khas etnis tionghoa. Dan di Balikpapan mantau di buat secara unik dan khas yang berbeda dari kota lainnya. Biasanya mantau ini disajikan dengan daging rusa bumbu lada hitam.
  • Bakpia, jika kita mendengar nama bakpia pasti yang terbayang bakpia berasal dari kota Jogja. Balikpapan juga memiliki bakpia, yang dibuat dengan ukuran yang lebih besar, yang terbuat dari kacang hijau dan gula yang di bungkus dengan tepung dan di panggang. Untuk membeli bakpia khas Balikpapan Anda bisa datang ke depot yang terkenal di Jalan A. Yani Balikpapan.

Tips Wisata di Balikpapan

  • Jaga kebersihan selama berada di Kota Balikpapan, karena kota Balikpapan bisa dikatakan bebas dari sampah. Buanglah yang sampah pada tempatnya.
  • Cobalah kuliner makanan yang menjadi khas dari Balikpapan, seperti jenis makanan laut dan makanan yang berbahan dari buaya.
  • Pilihlah hotel yang berada di pusat kota Balikpapan, agar lebih mudah menemukan tempat wisata yang Anda tuju.
  • Jangan lupa membeli oleh – oleh khas dan unik dari kota Balikpapan, seperti Abon Kepiting, Mantau, Bakpia dan lain – lain.

Informasi Penting di Balikpapan

Kantor pariwisata dan pusat informasi transportasi umum

  • Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata, Jalan Marswa Iswahyudi No 121 Balikpapan, Telepon : 0542-76111
  • Polres Balikpapan   : 0542 – 5604000
  • RSUD KANUJOSO : 0542 – 873901
  • RS. Dr.R.Hardjanto : 0542 – 423409
  • Pelabuhan               : 0542 – 424171
  • Bandara                   : 0542 – 766886

Nomor telepon Taxi di Balikpapan :

  • Borneo   : 0542 – 424277
  • Mawar    : 0542 – 873145
  • Kalung Mas : 0542 – 7620542
  • Globalindo   : 0542 – 878787

Leave a Reply