Panduan Tips Pergi Liburan Ke Berau

Kesan pertama yang muncul di benak ketika berada di Berau itu adalah sebuah kota yang sepi. Sepanjang jalan terlihat amat lengang tak banyak kendaraan yang melintas. Namun Berau adalah kota yang maju. Banyak pembangunan gedung di sana-sini. Tak heran jika mayoritas penduduk mampu memiliki kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil. Hal ini membuat angkutan umum langka ditemui karena memang jarang penumpang.

Berau adalah sebuah Kabupaten di Propinsi Kalimantan Timur. Ibu Kota dari Kabupaten Berau terletak di Tanjung Redeb. Wilayah Kabupaten Berau memiliki luas 34.127.47 km2 dengan penduduk sekitar 179.079 jiwa. Wilayahnya terdiri dari daratan, pesisir pantai, gugusan bukit, dan bukit-bukit pasir yang terdapat di salah satu kecamatan, Kabupaten Berau.

Wilayah pesisir Kabupaten Berau berada di Kecamatan Biduk-Biduk, Talisayan, Pulau Derawan dan Maratua. Kecamatan Pulau Derawan sendiri populer sebagai daerah wisata andalan yang memiliki keindahan pantai, kekayaan bawah laut dengan gugusan pulau-pulau, yang merupakan surga bagi para penyelam. Setidaknya ada empat pulau yang terkenal di kawasan ini, yaitu Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban yang dihuni satwa langka penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, ikan barakuda, manta ray juga masih banyak lainnya. Tersedia berbagai resort dan penginapan di sepanjang tepi pantai, dan harganya lebih murah jika dibandingkan dengan tempat wisata di Bali atau Lombok.

Beberapa aktivitas air bisa Anda lakukan di Pulau Kakaban. Anda bisa menyelam, snorkeling, banana boat, atau sekedar berenang dan melihat penyu. Bagi Anda penggemar fotografi, Anda akan mendapat banyak obyek foto menarik saat berkunjung ke Pulau Kakaban.
Wilayah Utama Berau.

Salah satu tempat wisata di Berau yang terkenal adalah Danau labuan Cermin! via @piknik.lagi
Salah satu tempat wisata di Berau yang terkenal adalah Danau labuan Cermin! via @piknik.lagi

Batas-batas wilayah Kabupaten Berau sebagai berikut,

  • Sebelah Utara: Kabupaten Bulungan
  • Sebelah Timur: Laut Sulawesi
  • Sebelah Selatan: Kabupaten Kutai Timur
  • Sebelah Barat: Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Kutai Kertanegara

Dan wilayah pembangunan Kabupaten Berau dibagi menjadi tiga bagian wilayah yaitu,

  • Wilayah Pantai: Kecamatan Biduk-Biduk, Talisayan, Pulau Derawan, Maratua dan Tubaan
  • Wilayah Pedalaman: Kecamatan Segah dan Kecamatan Kelay
  • Wilayah Kota: Kecamatan Tanjung Redeb, Gunung Tabur, Sambaliung, Teluk Bayur

Sejarah Berau

Wilayah Berau berasal dari Kesultanan Berau yang berdiri pada abad ke-14. Raja pertama yang berkuasa saat itu adalah Baddit Dipattung yang diberi gelar Aji Raden Surya Nata Kesuma. Permaisurinya bernama Baddit Kurindan yang diberi gelar Aji Permaisuri. Pusat pemerintahan kerajaannya terletak di Sungai Lati. Raja memerintah dengan adil dan bijaksana selama 32 tahun, memberi kesejahteraan pada rakyatnya. Dan pada masa itu Raja berhasil menyatukan wilayah-wilayah pemukiman penduduk yang disebut Banua. Ada lima Banua yang berhasil disatukannya.

Setelah Raja wafat, putranya meneruskan memerintah kesultanan Berau, yang kemudian berlangsung turun-temurun oleh keturunannya sampai pada abad ke-17. Setelah beliau wafat, Pemerintahan Kesultanan Berau dilanjutkan oleh putranya dan selanjutnya secara turun temurun keturunannya memerintah sampai pada sekitar abad ke-17.

Kemudian sekitar awal abad ke-18 datang penjajah Belanda yang berkedok sebagai pedagang (VOC) memasuki kerajaan Berau, dengan melancarkan politik adu domba. Kelicikan Belanda ini lalu berhasil memecah belah Kerajaan Berau menjadi dua kesultanan, yaitu Kesultanan Sambaliung yang dipimpin Sultan Raja Alam, dan Kesultanan Gunung Tabur yang dipimpin Sultan Muhammad Zainal Abidin.

Kesultanan Berau lantas berubah menjadi Daerah Istimewa Berau pada tahun 1953. Sultan Muhammad Aminuddin menjadi kepala daerah yang pertama. Baru pada tahun 1959, Daerah Istimewa Berau berganti status menjadi Pemerintah Dati II Kabupaten Berau.

Cara Pergi ke Berau

Berau dapat diakses melalui perjalanan darat, udara, dan laut. Jika Anda datang dari luar daerah atau luar pulau Kalimantan, Anda harus mendarat di Bandara Sepinggan, Balikpapan, terlebih dulu. kemudian Anda bisa menyambung penerbangan ke Kabupaten Berau atau lewat jalan darat. Namun perjalanan darat tidak terlalu disarankan karena kondisi jalannya belum cukup baik dilalui. Pilihan terbaik adalah menggunakan pesawat terbang.

Penerbangan udara dengan pesawat dari luar Kabupaten Berau berakhir di Bandara Kalimarau yang berada di Tanjung Redeb. Beberapa maskapai pesawat yang beroperasi di sini antara lain Wings Air, Kalstar, Sriwijaya, bahkan Garuda Indonesia. Misalkan Anda dari Jakarta, harga tiket yang ditawarkan sekitar 1 juta hingga 2 juta, akan lebih mahal di saat musim liburan. Lama penerbangan dari Jakarta ke Bandara Sepinggan, Balikpapan, adalah dua jam.

Namun pilihan lainnya masih ada untuk mengirit biaya perjalanan. Jika Anda sudah berada di Balikpapan, Anda bisa memilih memakai jasa agen perjalanan menuju Tanjung Redeb, dengan biaya kurang lebih Rp. 350.000, dengan menempuh perjalanan darat sekitar 15 jam.

Transportasi Umum di Berau

Angkutan umum sangat minim dijumpai di wilayah Berau. Namun bagi para pengunjung, tersedia beberapa tempat penyewaan kendaraan yang bisa Anda pertimbangkan, dengan harga berkisar Rp. 300.000 untuk mobil, dan Rp. 75.000 untuk sepeda motor.

Hotel di Berau

Banyak tersedia sarana akomodasi di wilayah Berau, khususnya di Kepulauan Derawan yang memang diunggulkan sebagai daerah pariwisata di Kalimantan, ada banyak sekali penginapan dengan berbagai tipe dan harga. Untuk hotel berbintang satu atau melati bisa Anda pesan dengan harga mulai dari Rp. 180.000 per malam, tapi rata-rata harga yang ditawarkan untuk penginapan yang cukup nyaman adalah sekitar Rp. 300.000 – Rp. 1.000.000, tergantung pada jenis hotel dan lokasi yang dipilih.

  • Neotel Hotel City Centre, Jalan Durian 1 , Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77311
  • Hotel Palmy, Jalan Pangeran Antasari, Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77311
  • Palmy Exclusive Hotel, Jl. SA. Maulana No. 21, Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77331
  • Grand Parama Hotel, Jalan Pemuda, Tanjung Redeb, Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77311
  • Mitra Hotel And Cafe, JL. Gajah Mada no.531 A Tanjung Redeb, Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77311
  • Rumah Kedaung Guest House & Cafe, Jalan Kedaung Borneo IV, Sei Bedungun, Tanjung Redeb , Teluk Bayur, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77311
  • Airy Syariah Teluk Bayur Gatot Subroto Berau, Jl Gatot Subroto Rinding Teluk Bayur, Teluk Bayur, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77352
  • Hotel Millenium Berau, Jalan H.A.R.M. Ayoeb, Gang. Ketapang no. 10, Teluk Bayur, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77311
  • Derawan Dive Resort, Jalan Pulau Derawan, Derawan, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77381
  • Plaza Hotel, Jalan SM Aminudin No.713, Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia
  • GHM Guesthouse Mulia, Jalan Durian 3, Rt 14 69, Pandan Wangi, Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77381
  • Hotel Derawan Indah, Jalan Panglima Batur 396, Tanjung Redeb, Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77311
  • Hotel Nirwana, JL. SMA Aminuddin, No. 715 Rt 009, Bugis Maluang Tj. Redeb Berau, Gunung Tabur, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77352
  • Lapauta Derawan Resort & Restaurant, Pulau Derawan Rt.03, Derawan, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia
  • King Park Hotel Syariah by Riviera Berau, Jl. Gatot Subroto, Bedungun, kec. Tanjung Redeb, Berau, Teluk Bayur, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, –
  • Green Nirvana Maratua Resort, Jalan Bayur, Payung-Payung, Maratua, Maratua, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77318
  • Kampus Singkuang Homestay, Jalan Murjani 3, Tanjung Redep, Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77311
  • Hotel Cemara Wangi, Jalan Niaga, Bugis, Berau, Tj. Redeb, Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77352
  • Adama Hotel, JL Pelabuhan, Batu Putih, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 7737
  • Borneo Cottage Maratua, Rt 03 Teluk harapan, Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Maratua, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77381

Iklim di Berau

Berau beriklim tropis, sebentar hujan, lembab, lalu panas. Curah hujan cukup banyak bahkan di saat musim kering. Suhu rata-rata per tahun adalah 26.8 derajat celcius. Namun cuaca ekstrim seperti ini justru menarik minat sebagian orang, terutama bagi pengunjung yang senang mengamati kehidupan alam, ada lebih banyak keindahan alam yang dapat ditemui.

Bahasa Daerah di Berau

Bahasa-bahasa daerah yang dituturkan di Kalimantan Timur masih tergolong Bahasa Austronesia yang berasal dari rumpun Malayo-Polynesia. Yaitu Bahasa Tidung, Bahasa Berau, Bahasa Banjar dan Bahasa Kutai. Bahasa Berau digunakan oleh suku Berau di Kabupaten Berau, dan bahasa ini merupakan salah satu dialek Melayu lokal yang bisa juga dikatakan sebagai Bahasa Melayu Berau.

Tempat Wisata di Berau

Ada beberapa tempat wisata alam di Berau yang bisa kamu kunjungi. Beberapa tempat wisata di berau tersebut adalah sebagai berikut!

1. Labuan cermin

Liburan ke Berau, kamu bisa mampir ke Danau Labuan Cermin! @malariahouse
Liburan ke Berau, kamu bisa mampir ke Danau Labuan Cermin! @malariahouse

Terletak di Kecamatan Biduk-biduk, sekitar lima jam berkendara dari pusat kota. Labuan cermin adalah sebuah danau alami di Desa Labuan Kelambu. Air di danau ini terdiri air tawar dan air asin, sehingga orang menyebutnya danau dua rasa. Air danaunya jernih sekali bak cermin raksasa yang tampak lebih berwarna hijau. Untuk sampai ke danau ini Anda perlu menyebrang dari dermaga dengan menyewa kapal, biayanya kurang lebih Rp. 20.000 per orang atau Rp. 100.000 per kapal. Dengan waktu menyebrang kurang dari 15 menit saja, Anda akan tercengang oleh keindahan danau ini. Di Labuan cermin juga disediakan peralatan snorkeling dan life jacket bagi Anda yang ingin beraktivitas air.

2. Pulau Derawan

Derawan adalah salah satu tempat wisata wajib kunjung di Berau! via @ini_kalimantan.id
Derawan adalah salah satu tempat wisata wajib kunjung di Berau! via @ini_kalimantan.id

Pulau yang diunggulkan sebagai destinasi wisata ini sudah tersebar di berbagai media pariwisata yang memampang foto-foto keindahan pantainya. Terletak sekitar 45 menit dari daratan, pulau ini menawarkan sejumlah obyek wisata bahari seperti taman bawah laut, terumbu karang, padang lamun, dan hutan bakau (mangrove). Satwa lautnya pun termasuk jenis-jenis yang jarang ditemui, seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, manta ray, ikan duyung, ikan barakuda, dan spesies lainnya yang akan membuat kalap para penyelam kelas dunia. Jika beruntung, wisatawan bisa berenang bersama penyu besar.

3. Danau Kakaban

Kamu bisa berenang dengan ubur-ubur tidak menyengat di Danau Kakaban! @medinat4n
Kamu bisa berenang dengan ubur-ubur tidak menyengat di Danau Kakaban! @medinat4n

Danau Kakaban menawarkan keunikan lainnya yang cuma ada dua di dunia, yaitu satu-satunya pulau di Indonesia yang memiliki danau di tengahnya, sesudah Danau Ubur-ubur Palau di Kepulauan Micronesia, kawasan Tenggara Laut Pasifik. Kelangkaan ini membuat spesies flora, fauna dan biota di bawah air danau sarat keunikan dan menarik minat para peneliti untuk mendalaminya.

Ubur-ubur di danau yang masih tergolong danau prasejarah ini tidak menyengat dan aman untuk disentuh. Di sini pengunjung bisa berenang bersama ubur-ubur dan ikan-ikan khas danau ini. Konon, air di danau ini berasal dari air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban, lalu bercampur dengan air tanah dan air hujan sejak dua juta tahun lalu. Pulau Kakaban sendiri dalam bahasa daerah berarti “Sebuah pulau yang memeluk danau.”

4. Pulau Maratua

Yakin kamu gak mau liburan ke Pulau Maratua! via @ellchintya
Yakin kamu gak mau liburan ke Pulau Maratua! via @ellchintya

Lokasi Maratua berdekatan dengan Derawan, Anda cukup naik speedboat selama satu jam ke batas perairan Sulawesi yang dekat dengan perbatasan Malaysia. Pulau ini lebih jarang dikunjungi, namun justru cocok bagi pasangan berbulan madu yang menginginkan ketenangan. Matahari senjanya sungguh indah, dan pemandangan bawah lautnya adalah “surga” lainnya lagi bagi para penyelam.
Pengunjung bisa menginap di penginapan-penginapan yang ada di sisi pantai. Untuk menyewa water villa tepat di bawah garis pantai, per orang dikenakan biaya Rp. 700.000 hingga Rp. 1.000.000 per malam. Di pulau ini juga terdapat landasan udara khusus pesawat kecil.

5. Pulau Sangalaki

Masih ada juga Pulau Sangalaki di Berau yang bisa kamu Kunjungi! via @sang4laki
Masih ada juga Pulau Sangalaki di Berau yang bisa kamu Kunjungi! via @sang4laki

Pulau ini berada di barisan terluar kepulauan lainnya. Kontur pantainya datar dan berpasir putih. Pemerintah juga menetapkan pulau ini sebagai tempat konservasi penyu. Selain itu terdapat lagon dangkal berpasir yang ditumbuhi karang dan lamun atau rumput laut. Perairannya dihuni beragam biota laut dan yang terkenal adalah ikan pari manta atau manta ray. Ikan manta ray ini biasanya berenang berkelompok, bahkan bisa mencapai hingga 20 ekor pada saat bulan purnama.

Disini juga bisa berenang bersama hiu tutul. Mungkin belum banyak yang tahu bahkan belum ada agen perjalanan wisata yang membuka potensi wisata ini, yaitu keunikan berenang bersama hiu tutul berukuran dua hingga 10 meter di lepas Pantai Asmara, Kecamatan Talisayan.

Tempat Belanja di Berau

Pasar Sanggam Adji Dilayas, adalah sebuah pasar berkonsep modern yang diresmikan Gubernur Kalimantan Timur pada tahun 2009. Peresmiannya dikunjungi oleh tamu terhormat dari Denmark, yaitu Pangeran Hendrik. Di dalam pasar terbagi dua bagian, pasar kering dan pasar basah. Kios-kios pedagang tertata rapih, lorongnya lebar-lebar, atapnya tinggi sehingga tidak sempit, semua terlihat teratur dan bersih. Harga bahan makanan lautnya terbilang sangat murah. Lokasi pasar di Jl. H.M. Raden Ayoeb, Berau, Kalimantan Timur.

Museum di Berau

Selain wisata alam di Berau, tempat ini juga punya banyak museum yang menarik untuk dikunjungi seperti beberapa museum di Berau berikut ini!

  • Museum Gunung Tabur, menyimpan koleksi peninggalan kerajaan masa lalu yang merupakan identitas Kabupaten Berau.
    Lokasi di Jl. Kuran, RT 03, Gunung Tabur, Berau, Kalimantan Timur
  • Museum Siraja, adalah museum ketiga di Berau, setelah Museum Keraton Sambaliung dan Museum Gunung Tabur. Museum ini menyimpan peninggalan bersejarah dan barang-barang antik. Lokasi di Jalan Kampung Cina, Gang Lima, Teluk Bayur.
  • Museum Keraton Sambaliung. Keraton Sambaliung menjadi bukti sejarah kekuasaan Kesultanan Sambaliung di Berau, Kalimantan Timur. Kerajaan Sambaliung adalah salah satu yang tersisa dari sekian banyak kerajaan di wilayah Kalimantan Timur. Kesultanan Gunung Tabur dan Sambaliung dulu merupakan perpecahan dari Kesultanan Berau. Lokasi kedua kerajaan ini berdekatan, hanya terpisah oleh dua sungai yaitu Sungai Segah dan Sungai Kelay. Keraton ini kini beralih fungsi menjadi museum.

Hiburan Malam di Berau

Club BP
Klub hiburan malam yang terletak di Jl. Antasari, Hotel Berau Plaza.
Waktu buka jam 19.00 – 02.00.

Rekomendasi Tempat Makan di Berau

Jangan lupa mencicipi bubur pedas yang tak pedas saat Anda berkunjung ke Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. Bubur ini merupakan makanan khas daerah yang unik. Cara mengolahnya pun unik, mulai dari beras yang disangrai lebih dulu lalu dicampur rempah-rempah. Kemudian dicampur labu, daun labu, daun kacang panjang, kacang tanah, ebi, kerang, kelapa goreng dan santan. Disajikan dengan taburan bawang goreng. Anda dapat menikmatinya hanya dengan harga Rp. 15.000 per mangkuk.

Jika Anda ingin mencari bubur ini, datanglah ke Tepian di Jalan Apetepranoto, Tanjung Redeb. Tenda-tenda pedagang kuliner ini mulai buka dari jam 4 sore hingga tengah malam. Pengunjung kerap bersantap di sini sebelum mengunjungi Kepulauan Derawan.

Beberapa informasi tempat makan atau tempat kuliner di sekitar Tanjung Rejeb, Kabupaten Berau,

  1. Rumah Makan Harmoni. Jl. Teuku Umar. Telepon 0813 4758 1039
  2. Rumah Makan Lapauta. Jl. Dr. Murjani II. Telepon 0812 5394 0045
  3. Rumah Makan Patik. Jl. Kapten Tendean. Telepon 0852 4752 6554
  4. Rumah Makan Sari Ponti. Jl. Durian II. Telepon 0554 21388/26688
  5. Rumah Makan Padang Kuring. Jl. SM. Aminuddin. Telepon 0554 22189
  6. Rumah Makan Tebu Ireng. Jl. Dr. Murjani II. Telepon 0554 22445
  7. Rumah Makan Sky Resto. Jl. Jend. Ahmad Yani. Telepon 0554 21657
  8. Rumah Makan Citra. Jl. Jend. Sudirman. Telepon 0852 4685 2852
  9. Rumah Makkan Tyrta. Jl. Mangga II. Telepon 0852 4718 4111
  10. Rumah Makan Puji Patin. Jl. Marsda Iswahyudi. Telepon 0554 24758
  11. Rumah Makan Coto Makassar Fatimah. Jl. AKB Sanifah. Telepon 0554 25590
  12. Rumah Makan Pantai Losari. Jl. Pemuda. Telepon 0554 22690

Tips Wisata di Berau

Agar liburan di Berau menyenangkan, ada baiknya kalian membaca beberapa tips wisata di Berau berikut ini.

  • Rencanakan bepergian pada saat low season, sehingga Anda bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah dan terjangkau.
  • Lebih baik menggunakan transportasi udara menuju Berau, karena jarak masing-masing kota di Kalimantan lumayan berjauhan dan kondisi medan jalannya belum cukup baik.
  • Akan lebih menguntungkan bila Anda pergi beramai-ramai atau ikut dengan rombongan, agar bisa menyewa kendaraan, speedboat, bahkan penginapan dengan harga yang lebih hemat.
  • Siapkan perbekalan seperti makanan dan minuman, agar Anda tidak kesulitan saat membutuhkan makanan ringan, tentunya akan lebih menghemat biaya juga.
  • Siapkanlah sunblock, kacamata hitam dan pelindung kepala sebab udara di Kalimantan sangat panas menantang.
  • Bawalah peralatan dan perlengkapan mandi dan obat-obatan pribadi yang dibutuhkan. Tidak ada salahnya jika Anda sedia antiseptik untuk berjaga-jaga atau sekedar mencampurkannya pada air mandi Anda.

Informasi Penting Perlu Kamu Tahu di Berau

Ada beberapa tempat penting di Berau yang perlu kalian ketahui seperti rumah sakit untuk keadaan darurat di bawah ini.

Rumah Sakit di Kabupaten Berau,

  • RSU Dr. Abdul Rifai, Jl. Pulau Panjang No. 275, Tanjung Redeb, Telepon 0554 21064/21098
  • Puskesmas Bugis, Jl. H. Isa I, Tanjung Redeb, Telepon 0554 22452
  • Puskesmas Tanjung Redeb, Jl. Rambutan, Tanjung Redeb, Telepon 0554 21013

Leave a Reply