Panduan Tips Pergi Liburan Ke Lombok

Lombok adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Barat Indonesia. Lombok adalah bagian dari rantai Kepulauan Sunda, dengan Selat Lombok yang memisahkannya dari Bali ke arah barat, Selat Alas di antaranya, dan Sumbawa di sebelah timur.

Pulau Lombok mungkin tidak banyak digembor-gemborkan sebagaimana tetangganya Pulau Bali. Namun banyak orang Indonesia lebih suka berlibur di Lombok dibandingkan Bali karena alasan-alasan tertentu. Harga kamar hotel, makanan dan atraksi hiburan sering kali lebih murah, dan tempat-tempat indah di pulau ini masih belum banyak tersentuh oleh perkembangan komersil seperti villa, bar, toko souvenir yang banyak tersebar di Bali, dan keamanan di Lombok cukup terjaga.

Lama dibayangi oleh tetangganya, di Lombok para wisatawan menemukan sesuatu yang berbeda dari Bali. Dianugerahi pantai indah berpasir putih, ombak epik, interior hutan yang subur, dan jalur pendakian melalui ladang tembakau dan lading padi, Lombok penuh dengan daya pikat equitorial.

Anda bisa melihat kemegahan Gunung Rinjani, gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, puncaknya lengkap dengan air panas dan danau kawah yang memukau. Di tempat ini, pulau disebut Gili dalam bahasa Sasak. Gili yang populer di kalangan turis adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Lombok via @alexandersriewijono
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Lombok via @alexandersriewijono

Wilayah Utama Lombok

  • Mataram – Ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat dan kota terbesar di Pulau Lombok.
  • Kuta – Tempat berselancar senama Bali. Kuta adalah sebuah kota pantai di selatan pulau Lombok, Indonesia. Pemandangannya spektakuler, dengan tebing dan pegunungan yang menjulang dari pantai, sebuah inspirasi pemandangan yang menakjubkan. Pantai ini merupakan beberapa yang terbaik di dunia, dengan pasir putih bersih dan warna transparan biru-hijau di dalam air. Kuta terkenal sebagai salah satu tempat berselancar terbaik di dunia, tentunya membuat banyak didatangi para peselancar.
  • Praya – Kota kedua di Lombok dan lokasi dekat bandara internasional, Bandara Internasional Lombok.
  • Selong – Ibukota Kabupaten Lombok Timur
  • Senggigi – Pulau tujuan wisata dengan berbagai hotel, resor dan vila. Termasuk kota Senggigi.
  • Tanjung – kota kecil di barat laut, ibukota administratif Kabupaten Lombok Utara, terletak di kaki lereng Gunung Rinjai, dua semenanjung yang dekat dengan Medana dan Sire ini merupakan tempat terbaik bagi beberapa resor dan vila mewah yang ada di pulau ini.

Sejarah Lombok

Sejarah Lombok dimulai dengan sekelompok petani animisme disebut kaum Sasak, yang menciptakan sebuah kerajaan kecil kira-kira sebelum abad ke-17. Kaum Sasak mengukir keberadaanya di Lombok jauh sebelum sebagian besar kelompok etnis lainnya di Indonesia menetap di 13.000 pulau di nusantara. Kaum Sasak diyakini bermigrasi dari Burma atau laut India, beberapa peninggalan arkeologi membuktikan teori ini.

Pada tahun-tahun awal, Lombok terdiri dari berbagai kelompok suku, masing-masing diperintah oleh seorang pangeran berdarah Sasak. Pertempuran kerap terjadi antar klan, di mana pangeran dari pulau tetangga Bali sering dimanfaatkan demi keuntungan mereka saat hendak menaklukkan pulau.

Bali memerintah Lombok mulai tengah tahun 1700-an hingga 1890-an, sampai ketika Belanda tiba di tempat ini dan mendukung Suku Sasak pribumi. Bali diusir setelah serangkaian perkelahian berdarah dan Lombok menjadi bagian dari kelompok pulau-pulau yang dikenal sebagai Kepulauan Sunda.

Pajak besar dan kuat dikenakan oleh Belanda membuat sebagian besar petani Lombok jatuh ke dalam kemiskinan kemudian membuka pintu bagi pengusaha China untuk mengeksploitasi kekosongan ekonomi. Hal ini berlanjut hingga Indonesia menyatakan kemerdekaannya pada tahun 1945. Soekarno, presiden pertama Indonesia, mencoba untuk menyatukan Lombok kembali menjadi sebuah kesatuan pulau-pulau yang lebih besar yang dikenal sebagai Nusa Tenggara.

Ketika Soekarno digulingkan pada tahun 1965, Lombok didorong masuk ke dalam masa gelap pembunuhan dan penindasan, bersama dengan bagian lainnya di Indonesia. Rencana Orde Baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto pun tidak mampu membawa pertumbuhan dan stabilitas ke pulau, sampai kelaparan berkepanjangan mencapai puncaknya pada tahun 1973.

Lombok jatuh ke dalam jeda tenang sampai 1980 ketika pengembangan pariwisata mulai menangkap. Dikenal sebagai alternatif yang lebih alami dan tenang untuk Bali, industri pariwisata Lombok tumbuh perlahan tapi pasti. Namun Indonesia telah didorong masuk ke dalam kekacauan politik selama akhir 1990-an, dalam menanggapi korupsi. Lombok terjebak dalam kerusuhan sipil, dan mahasiswa di Mataram dan Praya melakukan protes mengakibatkan penurunan besar dalam industri pariwisata.

Sejak kerusuhan tahun 2000, wisatawan terus berdatangan di Lombok. Sekarang dianggap sebagai tujuan wisata yang aman dan stabil, Lombok adalah alternatif yang populer untuk tetangganya yang lebih maju, Bali.

Cara Pergi Ke Lombok

Ada beberapa cara untuk pergi liburan ke Lombok. Cara paling umum adalah dengan naik pesawat terbang dari beberapa kota besar di Indonesia. Sementara itu cara lainnya adalah dengan jalur darat atau naik kapal laut.

Pesawat Udara

Dari Bandara Internasional Lombok

IATA International Airport Lombok terletak di Barat Selatan Praya di Lombok Selatan. pusat Bandara internasional ini baru akan menyediakan fasilitas untuk pesawat besar dan fasilitas terminal yang lebih modern dan fasilitas kargo.

Pajak Bandara

Penumpang dari Lombok akan dikenakan Pajak Bandara Internasional Lombok atau biaya Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) sebesar Rp 45.000  untuk penerbangan domestik dan Rp 150.000 untuk penerbagan internasional.

Visa

Wisatawan manca negara selain dari negara-negara ASEAN wajib memiliki visa untuk mengunjungi Pulau Lombok. Beberapa negara harus mendapat visa di Kedutaan Indonesia sebelum berkunjung ke Lombok. Visa on arrival bisa juga didapatkan para wisatawan untuk jangka waktu 30 hari.

Kuta ditempuh sekitar 20-30 menit dari bandara ini. Perjalanan menggunakan taksi meter harus diantisipasi dengan biaya sekitar Rp. 90.000 – Rp. 100.000 (Anda bisa coba menawar taksi dengan harga Rp. 75.000). Untuk jemputan pribadi dari hotel Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 120.000 – Rp. 150.000.

Ke Lombok Dari Bali

Berbagai agen tur menawarkan gabungan tiket bus-feri dari Ubud (Bali) ke Kuta seharga Rp. 230.000

Agen bus termurah adalah Pesona Bintang Tour and Travel, tapi ada beberapa kejadian tidak mengenakkan dilaporkan dialami wisatawan saat menaiki bus ini. Saat ini, perjalanan dari Kuta, Lombok ke banyak tujuan Bali hanya berkisar Rp. 200.000 dan dapat dipesan di sebagian besar hotel dan agen perjalanan.

Ke Kuta Dari Lembar

Dari lembar, harga menuju Kuta perlu ditawar lebih dulu. Persaingan ketat dan para porter akan sering memaksa menempatkan koper bawaan Anda di taksi lebih dulu untuk memastikan harganya. Jika memilih menggunakan taksi, pastikan bahwa supir taksi menggunakan mesin meter. Tarif taksi dari Lembar ke Kuta dapat menjadi sekitar Rp. 250.000. Jika menggunakan mobil sewa, pastikan juga kejelasan harga sebelum Anda masuk kendaraan dan berangkat.

Bus Perama juga akan membuka rutenya jika ada dua atau lebih penumpang yang memesan dari awal degan biaya Rp. 125,000 per orang. Bus Perama akan menunggu Anda saat Anda turun dari perahu di Pelabuhan Lembar.

Shuttle

Tiket shuttle wisata dapat dipesan di kantor Perama mulai dari pukul 07.00 – 10.00, berseberangan dengan wartel (kantor telepon), atau yang melekat dengan Segare Anak Bungalow. Mereka memiliki keberangkatan rutin setiap harinya untuk tujuan Lombok dan Bali.

Transportasi menuju Lembar, dari dermaga yang menghubungkan kapal-kapal feri ke Padangbai di Bali, biayanya Rp 125.000 per orang. Untuk perjalanan menjauh ke utara, harga untuk ke Senggigi dan Pulau Gili setidaknya masing-masing Rp. 125.000 dan Rp. 180.000.

Di desa Kuta, semua fasilitas lokal berada dalam jangkauan kaki. Untuk transportasi lokal di dalam dan sekitar Kuta Anda dapat menggunakan ojek (sepeda motor dengan pengendara).

Bemo

Merupakan transportasi umum yang luas, terdapat di hampir sebagian besar Pulau Lombok. Standar angkutan umum di sini adalah bemo, truk pick-up kecil tertutup dengan bangku-bangku yang sempit. Bemo dirancang untuk mengangkut warga setempat, wisatawan mungkin akan bingung bila menggunakannya.

Bemo tidak dianjurkan untuk wisatawan yang betul-betul asing, terutama jika yang bepergian dengan membawa banyak barang atau papan selancar, dan tidak bisa berbicara Bahasa Indonesia. Untuk mencapai hampir semua tujuan, bemo sering berhenti dan harus berganti mobil, bahkan sesekali bisa penuh sesak.

Bagi Backpackers yang ingin menghemat uang dengan menaiki bemo, perlu menguasai informasi jalan terlebih dulu dan mencatat nama-nama tempat tujuan untuk ditunjukkan kepada supir bemo. Namun bepergian naik bemo merupakan salah satu cara akrab dalam mengalami budaya setempat.

Mobil

Kuta berada hanya sekitar 25 menit dari Bandara Internasional Lombok. Pemerintah di area Kuta telah membangun jalan aspal baru yang mengakses semua teluk di Lombok Selatan. Dengan mobil akan begitu mudah untuk menjangkau tujuan wisata Anda seperti Kuta, Pantai Mawun, Tanjung Ann, Selong Blanak Pantai, bahkan ke tempat selancar terkenal seperti Areguling, Mawi, Gurupuk, Ekas, Tanjung Ann Break, Segar istirahat dan lainnya.

Sepeda Motor

Jika Anda ingin menjelajahi daerah Lombok Selatan sekitar Kuta, cara yang lebih disukai oleh banyak pendatang adalah dengan mengendarai sepeda motor. Sepeda motor bisa disewa dengan tarif sekitar Rp. 50.000 per hari, tanpa bensin.

Pastikan sepeda motor dalam kondisi mekanik prima seperti lampu, rem dan ban. Jangan pernah memberikan paspor atau SIM sebagai jaminan untuk menyewa sepeda motor, dan pastikan motor yang Anda sewa memiliki STNK – Surat Tanda Nomor Kendaraan (Sertifikat Pendaftaran).

Jika Anda tidak berpengalaman mengendarai sepeda motor, pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan menyewa.

Anda bisa memilih bisnis terkemuka penyewaan sepeda motor dari Kimen Surf yang menawarkan penyewaan sepeda motor untuk Rp. 50.000 per hari.

Perjalanan jalur darat ke Lombok dari Jakarta bisa memakan waktu dua hari dua malam dengan ongkos Rp. 400.000.

Dengan Perahu

Tukang perahu setempat mungkin bersedia membawa Anda berlayar tapi sebaiknya negosiasikan harganya lebih dulu sebelum mematok harga akhirnya. Jangan berharap perahu tersebut diperlengkapi peralatan keamanan yang memadai. Periksalah sendiri dan persiapkan diri Anda sebelum membuat persetujuan.

Pastikan juga kalau tarif perahu sudah termasuk bahan bakar, tempat yang akan dituju, dan berapa lama waktu ditempuh. Pastikan lagi Anda bisa kembali ke pantai sebelum senja. Jangan harapkan tukang perahu bisa fasih berkomunikasi dengan Anda dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia.

Transportasi di Lombok

Selama di Lombok, Anda bisa menggunakan transportasi antara lain,

Taksi

Taksi meter dari Bandara Internasional Lombok menuju Senggigi akan memakan biaya Rp. 125.000 – Rp. 155.000. Untuk menuju Kota Mataram mungkin berkisar Rp. 75.000 – Rp. 100.000. Lama perjalanan menuju Senggigi kurang lebih 70 – 120 menit, tergantung pada kondisi jalan, dalam kondisi normal perjalanan sekitar 70 menit. Beberapa operator taksi di Lombok adalah sebagai berikut.

  • Blue Bird Group, Jl. Koperasi No. 102, Ampenan, Kec. Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83111, Telepon: (0370) 627000, Buka 24 jam
  • Rangga Taxi, Pagutan Permai, Jl. Batu Bolong No. 1, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83127, Telepon: (0370) 626000
  • Lombok Taxi, Jalan Raya Senggigi, Mataram Sub-District, West Nusa Tenggara 83355, Telepon: 0818-0362-3081
  • Bluebird Holiday Resort, Jl. Raya Mangsit, Gn. Sari, Senggigi Beach, Lombok Barat, NTB 83355, Telepon: (0370) 6934444, Buka 24 Jam
  • Express Group, Jl. Ahmad Yani No. 10 A, Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83126. Telepon: (0370) 647555

Angkot atau Bemo

Bemo di Lombok melayani penumpang ke beberapa tujuan wisata seperti Mataram, Ampenan, Cakranegara, dan Senggigi dengan tarif yang terjangkau.

Ojek

Ojek merupakan transportasi yang banyak digunakan di Lombok, terutama pada malam hari, karena bemo biasanya hanya beroperasi sampai sore hari. Tidak ada tarif resmi untuk ojek, karena semua tergantung dari kesepakatan antara pengemudi ojek dan penumpang. Jadi pandai-pandailah menawar.

Cidomo

Cidomo atau yang dikenal dengan dokar menjadi salah satu angkutan tradisional yang saat ini masih di gunakan di Pulau Lombok. Selain di Pantai Senggigi, Cidomo dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional dan daerah wisata. Cidomo di tempat-tempat wisata seperti Senggigi dan 3 Gili (Trawangan, Air dan Meno) dapat disewa untuk berkeliling. Cidomo merupakan singkatan dari Cikar Dokar dan Motor.

Sewa Mobil

Bagi Anda yang tidak mau repot dan ingin lebih leluasa menjelajahi tempat-tempat wisata di Lombok bisa menggunakan pilihan ini. Menyewa mobil juga memberikan banyak keuntungan bagi pengunjung yang membawa banyak barang saat bepergian, seperti pengunjung dengan keluarga, pengunjung fotografer yang membawa perlengkapan fotografi, atau pengunjung dengan tujuan berselancar dengan membawa papan selancar.

Umumnya, harga sewa mobil berkisar antara Rp. 250.000 hingga Rp. 300.000 untuk penggunaan sehari penuh. Beberapa tempat di Lombok juga menyediakan penyewaan sepeda motor dengan tarif Rp. 35.000 hingga Rp. 50.000 per hari.

Hotel di Lombok

Budget

Ada banyak pilihan hotel murah di Lombok untuk para backpacker atau wisatawan yang hanya datang untuk transit. Meski harganya murah, sebagian besar hotel ini tetap dilengkapi fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.

Menengah

Wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dapat memilih hotel bintang dua dan hotel bintang tiga di Lombok. Umumya hotel-hotel ini menawarkan kamar mandi dalam dan perlengkapan mandi di setiap kamarnya.

Mewah

Terdapat banyak pilihan hotel bintang 4 dan hotel bintang 5 di Lombok untuk wisatawan yang menginginkan kesempurnaan dalam fasilitas dan layanan. Ranjang premium, sarapan kreasi chef, dekorasi interior hotel yang unik, serta beragam fasilitas pendukung lainnya dapat Anda temui pada hotel-hotel mewah ini.

Villa

Ada banyak pilihan penginapan berupa villa di Lombok bagi wisatawan yang menginginkan privasi. Mulai dari villa budget hingga villa pribadi yang menawarkan fasilitas lengkap, termasuk kolam renang pribadi.

Iklim di Lombok

Selain memang beriklim tropis, panas dan lembab, Lombok lebih kering dibandingkan Bali tetangganya, yang membuatnya menjadi pilihan menarik selama musim penghujan Oktober-April (Lombok juga hujan, tapi paling hanya satu atau dua jam saja). Waktu puncak musim liburan adalah Mei-Agustus.

Bahasa Daerah di Lombok

Bahasa daerah masyarakat setempat adalah Bahasa Sasak. Bahasa Sasak biasa digunakan di penjuru Lombok dan memiliki berbagai macam dialek yang berbeda di tiap pulaunya. Bahasa Indonesia juga digunakan atau setidaknya dimengerti oleh masyarakat setempat, dan kerap digunakan di kantor-kantor pemerintahan, pusat bisnis dan pertokoan besar.

Sementara di daerah-daerah yang belum banya berkembang, Bahasa Indonesia tidak mesti digunakan dan tidak bisa dimengerti masyarakat setempat, terutama mereka yang sudah tua dan mereka yang tidak pernah bersekolah. Bahasa Inggris banyak digunakan di area wisata seperti penginapan dan terkadang Bahasa Eropa juga digunakan oleh mereka yang bergerak di bidang pariwisata.

Tempat Wisata di Lombok

Pantai

Di pantai, Anda bisa bersnorkeling, menyelam, berjemur matahari dan bersantai. Untuk mencapai semua pantai, Anda perlu transportasi seperti sepeda motor, sewa mobil, bus shuttle. Arfatourindo bisa membawa Anda ke semua pantai di atas. Biaya antar $ 5-10 per orang. Atau Anda dapat juga menyewa supir arfatourindo untuk mengantar perjalanan Anda ke berkeliling pantai. Biayanya $ 7 per jam.

Pemesanan untuk mengantar berkeliling pantai dapat dilakukan lewat email [email protected] atau mengirim pesan SMS ke 6287739518019. Pengunjung bisa melakukan perjalanan dari Kuta ke desa tembikar Penunjak dan desa tenun Sukarare.

Anda dapat mengambil perjalanan sehari dari Kuta ke desa tembikar Penujak, desa tenun Sukarare, dan Kota Praya. Biayanya Rp. 350.000, sudah termasuk transportasi, air mineral, pemandu, dan makanan ringan. Tur ini dioperasikan oleh Arfatourindo. Pengemudi dapat lancar berbahasa Inggris dan berkendara dengan aman dan profesional. Anda akan disediakan air mineral besar dan makanan ringan di jalan. Operator tur juga melayani perjalanan ke Mataram, Senggigi, Sekotong, Bangsal menyeberang ke Gili, Senaru, dan lainnya.

Di sekitar Kuta terdapat beberapa pantai yang indah. Kuta menawarkan Anda pantai berpasir putih yang mungkin sering terpampang di poster dan Anda selalu memimpikannya. Ada enam pantai utama di Kuta dan di sekitarnya,

  • Kuta Beach, Kuta village. Di lokasi ini banyak terdapat sarana akomodasi dan restoran.
  • Pantai Putri Nyale (Novotel Beach), kira-kira 3 km ke arah timur pantai Kuta. Di sini letak Hotel Novotel Lombok. Pantainya indah tapi ketika air surut hampir semuanya terlihat kering dan tidak layak lagi untuk berenang.
  • Pantai Seger (Seger Beach), kira-kita 3.5 km ke arah timur Pantai Kuta. Pantainya cocok untuk berselancar, tapi tidak diperbolehkan berenang karena arusnya sangat kuat. Terdapat stand-stand minuman. Silahkan mendaki bukit di sini untuk menyaksikan matahari terbenam. Biaya parkir motor Rp. 10.000.
  • Tanjung A’an, sekitar 7 km ke arah (about 7 km east of Kuta Beach). Tanjung A’an terdiri dari dua teluk berpasir putih, A’an ke barat dan Pedau ke timur, dipisahkan oleh batu yang menjulang. Perairan tenang hijau berkilau aman untuk berenang dan snorkeling. Sesekali bisa datang arus kuat di teluk bagian timur. Ada beberapa stand minuman dan makanan ringan di tengah pantai dan di ujung teluk bagian barat terdapat dua restoran dengan meja-meja dan kasur-kasur berjemur di atas pasir. dengan meja dan sunbeds di atas pasir
  • Mawun, kira-kira 8 km ke arah barat Pantai Kuta. Pantai Mawun adalah teluk terpencil berbentuk setengah bulan dengan perairan jernih dan pasir murni. Ada sebuah pohon besar di mana tampak orang-orang berteduh. Tempat mengagumkan untuk bersantai, berenang dan berselancar dengan aman. Satu-satunya fsilitas yang dimiliki adalah tersedianya stand minuman.
  • Selong Belanak, kira-kira 12 km ke arah barat Pantai Kuta, sekitar 6 km di atas bukit. Teluk indah yang berbatasan dengan dua tanjung berbatu. Dekat dari sini terdapat pantai peselancar bernama Mawi. Selong Belanak adalah tempat yang tepat untuk belajar berselancar karena beralaskan lantai pasir yang lembut. Pelajaran berselancar selama dua jam dikenakan tarif Rp 250.000 untuk instruksi, dan penggunaan papan selancar bisa dipelajari sepanjang sisa waktu di hari itu. Untuk menyewa kursi pantai dan payungnya, hanya perlu membayar Rp. 50.000 untuk sepanjang hari, dan Rp. 10.000 untuk biaya parkir motor.

Wisata Lainnya di Lombok

  • Gua Kelelawar, berlokasi di jalan keluar Kuta, beberapa kilometer sebelum belokan menuju Pantai Mawun. Ambil jalur menurun dengan petunjuk berwarna merah putih di batu tebing. Penduduk setempat dengan ramah akan memandu Anda menuju “Gua Mistis”. Mereka menyediakan obor dan topi yang akan melindungi kepala Anda dari reruntuhan kelelawar, dan membawa Anda berkeliling gua. Anda pun akan disuguhkan secangkir kopi setelahnya. Bersiaplah kotor dan menyaksikan satu ton gerombolan kelelawar! Anda hanya perlu membayar pengalaman ini seharga Rp. 30.000 per orang.
  • Berkuda di Kuta, Jalan By Pass (Kuta Lombok), ☎ 081915999436. Menunggang kuda terlatih berkeliling Pantai Kuta atau menjelajahi pedesaan Kaum Sasak. Perjalanan berkuda sehari bisa memakan biaya Rp. 400.000.

Tempat Peristirahat Populer Bagi Peselancar

  • Seger Karang. Peristirahatan paling dekat dengan Desa Kuta. Ini adalah tempat populer ketika waktu pasang sore hari, terutama setelah hujan deras di musim hujan.
  • Air Guling. Air Guling ada di Pantai Barat Desa Kuta. Berjalanlah ke pantai dan bayar Rp. 5.000 untuk menitipkan sepeda Anda.
  • Gerupuk. Tempat peristirahatan paling populer di Kuta. Ada dua tempat peristirahatan utama di sini. Anda perlu menyewa tukang perahu dari desa untuk mengakses tempat ini. Daerah Gerupuk bagian dalam cocok untuk peselancar pemula.

Mal di Lombok

Pulau Lombok memiliki sejumlah pusat perbelanjaan.

  • Mataram Mall. Terletak di Jalan Pejanggik dan Jalan Cilinaya. Memiliki fasilitas pertokoan, kuliner, hiburan yang cukup lengkap, menjadikannya sebagai mall terfavorit di Pulau Lombok.
  • Lombok Epicentrum Mall. Berlokasi di Eks Kantor Bupati Lombok Barat

Museum di Lombok

Museum Nusa Tenggara Barat (NTB) atau biasanya disebut sebagai Museum Lombok terletak di pusat Kota Mataram dan dekat dengan Sayang Sayang (Desa Rendang Le), tepatnya di Jalan Panji Tilar Negara No. 6.

Koleksi Museum Lombok mencapai 7.000 buah koleksi sejarah, biologi, geologi, arkeologi, budaya, dan keramik. Museum negeri ini tak hanya menyimpan benda-benda bersejarah, ada beberapa koleksi museum yang dipercaya masyarakat memiliki kekuatan gaib. Benda penolak roh halus, pengusir roh jahat, serta penangkal petir menjadi bagian dari koleksinya.

Museum Lombok dibuka setiap hari Selasa sampai Kamis pada jam 08.00-14.00 WITA, Jumat 08.00-11.00 WITA, Sabtu 08.00-12.30 WITA, dan Minggu 08.00-14.00 WITA. Pada hari Senin dan libur nasional museum ini tutup.

Hiburan Malam di Lombok

Pulau Lombok dan Gili menawarkan hiburan selepas senja. Sajian koktail di lounge yang trendi, bar pinggir pantai bernuansa musik. Penduduk setempat yang ramah sehingga membuat pengunjung betah meskipun pengunjung datang sendirian.

Anda akan menemukan kafe-kafe dan bar karaoke yang buka pada malam hari di Mataram, penginapan-penginapan tepi pantai di Senggigi, dan di Pulau Gili. Mereka gemar berpesta hingga larut malam, di tempat-tempat yang dikelilingi alunan musik reggae dan band musik rock yang tampil langsung.

Jika Anda betul-betul sedang mood berpesta, Anda bisa datang ke Pulau Gili yang juga terkenal dengan pesta pantai saat bulan purnama. Di Senggigi Anda juga bisa menemukan sejumlah tempat hiburan malam dengan live music hingga dini hari dan minuman yang tak henti-hentinya disajikan.

Di Mataram suasana cukup tenang, ada beberapa kios kopi dan restoran yang buka sampai larut. Pub Marina mungkin adalah bar yang paling sering dikunjungi di daerah ini, tempat yang pas uuntuk bertemu penduduk setempat dan menari bersama dengan iringan live band.

Pertunjukan budaya sering ditampilkan di tempat penginapan. Di tempat ini Anda bisa duduk bersantai menikmati hidangan prasmanan, mengamati penampilan yang unik dari para penari daerah dan melihat pertunjukan-pertunjukan tradisional dengan kostum yang menarik.

Pulau Gili menjadi terkenal sebagai lokasi berpesta di mana DJ musiknya terus beraksi hingga dini hari di pantai. Beberapa tempat ini bisa menjadi referensi Anda untuk menikmati hiburan malam di Pulau Lombok.

  • Horizontal Bar and Lounge. Bar modern ini berlokasi di ujung utara Pantai Gili Terawangan. Sajian koktail dan pemandangan matahari terbenamnya lumayan populer.
  • Irish Pub. Juga terletak di Gili Terawangan. Dikenal sebagai satu-satunya pub Irish di daerah ini. Banyak kesenangan bisa diperoleh di tempat ini. Hiburan langsung dan suasana ramai di pub ini menjadikannya sebagai pilihan utama para pengunjung.
  • Klub Sahara. Merupakan salah satu dari beberapa tempat di pulau ini yang mengenakan biaya masuk dengan ketentuan berpakaian casual, jadi lebih baik mengenakan kemeja dan sepatu jika datang ke tempat ini. Klub ini menampilkan pentas musik langsung dari DJ setempat, dan apabila Anda datang di malam yang tepat, tempat ini bisa betul-betul membludak. Lokasi di Plaza Senggigi.
  • Sugar Cafe and Bar. Sebuah Bar ramah kaum gay di Senggigi, di mana pertunjukan kabaret menjadi daya tarik tersendiri selama musim liburan. Harga minuman yang terjangkau dengan layanan penuh keramahan membuatnya layak dikunjungi sesekali, setidaknya memberi suasana yang berbeda.

Rekomendasi Kuliner Di Lombok

Kuliner Lombok Yang Wajib Dicicipi:

  • Plecing Kangkung. Masakan kangkung ini terdiri dari banyak bahan baku lainnya seperti tauge, kacang, cabai, dan rasanya amat pedas namun khas. Plecing kangkung bisa Anda temui di hampir semua rumah makan. Salah satu yang paling terkenal adalah Rumah Makan Dua-EM bersaudara yang ada di jalan Transmigrasi 99 Mataram.
  • Ayam Taliwang. Ayam Taliwang adalah salah satu makanan paling populer di Lombok. Ayam taliwang dimasak dengan beberapa pilihan yakni digoreng, dipanggang atau dibakar. Lebih lezat lagi jika menggunakan ayam kampong, dagingnya lebih terasa gurih. Kelezatan ayam taliwang  juga terletak di bumbunya yang super pedas. Untuk dapat menikmati masakan ini datanglah ke Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama yang berada di kawasan Cakranegara.
  • Sate Bulayak. Sate bulayak selain rasanya enak cara makannya pun unik. Bulayak adalah sejenis lontong yang dibungkus dengan daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral, sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar. Satenya terbuat dari daging sapi yang dilumuri bumbu ala Sasak. Cara makannya dengan mencocol bulayak ke bumbu sate yang sudah disediakan. Penjual sate bulayak banyak ditemui di beberapa objek wisata.
  • Nasi Balap Puyung. Meski tampilannya biasa saja tapi rasa nasi balap puyung bisa membuat Anda ketagihan. Rasanya juga super pedas. Nasi ini berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng. Di Lombok, yang paling terkenal adalah nasi balap puyung cap Inaq Esun yang berada di Desa Puyung, Lombok Tengah. Dua cabang lainnya berada di bilangan Plaza Senggigi, Lombok Barat dan Jalan Srwijaya Mataram.
  • Ares. Ares adalah sayuran khas Lombok yang bahan utamanya berasal dari pelepah pisang atau gedebok pisang yang masih muda, dimasak dengan santan sehingga rasanya manis dan gurih. Awalnya merupakan makanan tradisional Suku Sasak dan disajikan pada acara pernikahan, lama kemudian menjadi populer sebagai makanan khas Lombok.
  • Sate Rembiga. Sate Rembiga berbahan utama daging sapi. Rasanya merupakan perpaduan antara gurih, manis dan pedas. Dinamakan Rembiga karena awal mula sate ini berasal dari desa Rembiga yang berada di dekat bekas bandara Selaparang. Sate ini banyak ditemui di berbagai tempat, tapi penjual yang otentik adalah Warung Rembiga di jalan Dakota nomor 2 Rembiga. Warung ini sudah berdiri sejak 25 tahun lalu. Berlokasi di pinggir jalan raya namun cukup strategis. Tempat makan ini sangat laris hingga tampak selalu ramai.
  • Sate Tanjung. Sate tanjung berbahan dasar ikan Cakalang atau ikan Langoan. Sate tanjung sangat nikmat disantap selagi masih panas bersama lontong atau nasi, tergantung selera. Rasa gurih dari daging dan santan serta pedasnya rempah-rempah kental di lidah. Bumbu rempah yang terdapat di sate ini bisa membuat badan terasa hangat dan segar. Anda bisa membeli sate tanjung di sekitar Pasar Tanjung atau Terminal Tanjung.
  • Poteng Jaje Tujak dan Iwel. Poteng jaje tujak dan iwel adalah makanan khas Lombok yang biasa disajikan ketika lebaran. Hidangan ini terdiri dari 2 macam bahan yakni tapai dan tetel. Selain itu, ada iwel yang merupakan jajanan khas masyarakat setempat. Iwel adalah kue berbahan baku ketan hitam yang biasa disajikan saat upacara tradisi masyarakat setempat. Iwel rasanya manis dan legit. Kini, poteng jaje tujak dan iwel bisa kita temui kapan saja.
  • Bebalung. Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu pedas. Bebalung bisanya disajikan di mangkok dengan taburan bawang merah goreng. Di Lombok, sajian bebalung yang paling terkenal dijual di depot Kelebet yang berada di jalan HOS Cokroaminoto. Depot yang terletak di belakang kantor gubernur NTB ini selalu ramai pengunjung. Bebalung di depot ini istimewa karena dagingnya amat lunak sehingga mudah dimakan, bahkan untuk dikosumsi anak-anak.
  • Beberuk Terong. Beberuk terong adalah makanan sejenis lalapan yang biasa disajikan bersama ayam taliwang. Siraman bumbu diatas terong plus perasan jeruk limau membuat lalapan ini terasa khas. Rasanya manis, pedas, asam dan segar.

Rekomendasi Tempat Makan di Lombok

  • De’Sushi yang menyediakan makanan khas Jepang seperti sushi, terletak di Pertokoan Sriwijaya Buana 1, Jalan Sriwijaya Mataram
  • Lesehan Green Asri dengan alamat Jl. Ahmad Yani (Sayang-Sayang)
  • Warung Serena terletak di Jalan Caturwarga No. 35
  • TnT Cafe & Cinema, Jl. Majapahit No. 12 A
  • Restoran de’ Bakoel Nasi, Jl. Pejanggik No. 65 A – B
  • Bebek Goreng Pondok Galih, Jalan Adi Sucipto
  • Warung Bebek Bumbu Ijo Neng Lina, Jalan Bung Karno
  • Tahu Tek Ronggolawe, Jl. Yos Sudarso
  • Bakso Malang Jumbo, Jalan Blongas, Tinggar, Pelembak
  • Sop Buntut “Istana Rasa”, Jl. Subak lll No. 12, Cakranenagara
  • Depot Ramayana, Jl. Saleh Sungkar 23 Ampenan
  • Warung Nasi Cim S.M.A.K, Jl. Maktal 15 A-B, Cakranegara
  • Jatas Cafe, Selaparang Airport, Mataram, +62-370 622 982 Ext. 277
  • Ayam Goreng Pemuda, Cilinaya Complex, Jl. Panca Usaha No. A 14, Cakranegara, +62-370 644 954
  • Cafe Cakra, Sahid Legi Hotel Jl. Sriwijaya No. 81, Mataram, +62-370 636 282
  • Chick Chicken, Barata Dept.Store, Jl. Niaga II, Ampenan, +62-370 646 123
  • Restoran Harmoni di Jamrud, Jl. Pariwisata No. 82, Mataram, +62-370 633 431
  • JO’S BBQ, Jl. Panca Usaha No. 21 E, Cakranegara, +62-370 639 698
  • Lembur Kuning, Jl. Dr. Wahidin No. 25, Mataram, +62-370 633 203
  • Lesehan Taliwang, Jl. Ade Irma Suryani No. 28, Kr.Taliwang
  • Taliwang H. Moerad, Jl. Pelikan No. 6, Mataram, +62-370 637 647

Beberapa pilihan Restoran di Gili dan Senggigi:

  • Sunrise Restaurant & Beach Bar, Gili Air Lombok, Telepon: +62-370 642 370
  • Sunset Paradise (Bungalows & Dining), Gili Aair Lombok, Telepon: +62-370 646 160
  • Mallias Child Bungalow & Restaurant
  • Gili Meno Lombok, Telepon: +62-370 622 007
  • The Cavern Restaurant & Bar, Gili Meno Bird Park Resort, Jl. Raya Gili Meno, Phone: +62-361 756 787
  • Blue Beach Cottages & Cafe, Gili Trawangan, Telepon: +62-370 623 538
  • Blue Marlin Cafe & Bungalows, Gili Trawangan, Telepon: +62-370 632 424
  • Dive Indonesia Cafe & Bungalows, Gili Trawangan, Phone: +62-370 642 289
  • Dream Divers Bungalows, Bar & Restaurant, Gili Trawangan, Telepon: +62-370 692 047
  • Rudy’s Pub, Restaurantt & Bungalows, Gili Trawangan, Telepon: +62-370 642 311
  • Ryoshi Japanese Restaurant, Gili Trawangan, Telepon: +62-370 639 463
  • Tir Na Nog Irish Bar, Restaurantt & Bungalows, Gili Trawangan, Telepon: +62 813 38741 646
  • Villa Ombak Hotel, Restaurant & Bar, Gili Trawangan, Telepon: +62-370 642 753
  • Bellina Restaurant & Bar, Jl. Raya Senggigi, Batu Layar,Telepon: +62-370 692 214
  • Bob’s Seakhouse, Senggigi Plaza, Senggigi Lombok, Telepon: +62-370 660 4767
  • Bumbu Cafe & Gallery, Jl. Raya Senggigi, Senggigi, Telepon: +62-370 692 236
  • Cafe Alberto, Jl. Raya Senggigi, Telepon: +62-370 693 313
  • Cafe Berry, Jl. Raya Senggigi No. 3X, Senggigi, Telepon: +62-370 693 524
  • Cafe Lumbung, Jl. Raya Senggigi Km. 8, Senggigi, Telepon: +62-370 693 178
  • Club Tropicana Grand Cafe Restaurant & Night Club, Jl. Raya Senggigi Km. 8, Senggigi, Telepon: +62-370 693 460
  • Coco Loco, Senggigi Art Market, Senggigi, Telepon: +62-370 693 396
  • Korean Restaurant Ye Jeon, Senggigi Sq. B4, Senggigi, Telepon: +62-370 693 059

Tips Wisata di Lombok

1. Hindari akhir pekan (weekend)

Jika wisatawan memiliki anggaran terbatas, sebaiknya pilih hari Senin – Jumat untuk mengunjungi Pulau Lombok, sebab harga sewa kamar penginapan dan hotel akan melambung tinggi di hari Sabtu – Minggu. Anda bisa memilih penginapan di sekitar Kota Mataram yang ditawarkan dengan tarif rata-rata Rp 80 ribu/malam. Lombok akan dipenuhi turis mancanegara maupun turis lokal di akhir pekan. Sehingga pengunjung mungkin akan sulit menikmati liburan.

2. Buat rencana perjalanan Anda

Carilah informasi di internet tentang lokasi mana yang benar-benar menarik untuk dikunjungi. Terlebih apabila Anda berkunjung dalam waktu yang singkat, sebaiknya Anda betul-betul merencanakan efisiensi perjalanan ke beberapa lokasi sekaligus dalam satu rute perjalanan. Seperti tempat wisata dan pilihan tempat kuliner yang berdekatan untuk menghemat waktu kunjungan.

3. Sewa sepeda motor

Sepeda motor termasuk alat transportasi yang praktis dan ekonomis, terutama jika wisatawan hanya melakukan perjalanan seorang diri atau bersama seorang rekan. Dengan menggunakan sepeda motor Anda dapat dengan mudah mengunjungi sejumlah lokasi wisata dalam waktu singkat. Anda juga mungkin dapat menemukan satu spot unik yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Harga sewa sepeda motor juga cukup terjangkau, hanya Rp. 50.000 per hari.

4. Gunakan tabir surya

Cuaca di Lombok pada saat-saat tertentu lebih panas dibandingkan Bali. Jadi Anda perlu menggunakan tabir surya agar kulit tidak terbakar atau mengalami iritasi akibat sengatan sinar matahari.

5. Tampilan sederhana

Meski Lombok merupakan daerah yang cukup terjaga keamanannya, cobalah untuk tidak menampilkan barang-barang mencolok seperti uang dalam jumlah besar, kamera mahal, ponsel dan barang-barang berharga lainnya. Karena hal ini bisa mengundang anak-anak setempat mengemis mendekati Anda.

6. Cara berpakaian

Berpakaian sopan di daerah pedesaan, khususnya di tempat keagamaan dan kantor pemerintah, misalnya celana panjang dan kemeja untuk pria, rok sederhana dan blus konservatif dianjurkan untuk wanita. Cara berpakaian yang terlalu terbuka bahkan seronok di ruang umum bisa menimbulkan kontroversi di masyarakat setempat. Sepatu sebaiknya dilepas ketika memasuki rumah seseorang dan terkadang di beberapa tempat usaha.

7. Siapkan perlindungan anti serangga

Penggunaan kelambu dan obat nyamuk dianjurkan terutama ketika tidur dan ketika akan menghabiskan waktu di daerah terbuka pada saat menjelang musim hujan atau pada masa nyamuk berkembang biak. Minyak Sereh dan Minyak Tawon bisa menjadi salah satu alternatif penangkalnya.

Perlu Anda Tahu di Lombok

Rumah sakit

  1. Mataram Public Hospital (Rumah Sakit Umun), Jl. Pejanggik 6, Mataram, ☎ +62 370 638464. Layanan UGD (Unit Gawat Darurat) 24 Jam.
  2. RS Harapan Keluarga, Jl. Ahmad Yani, Selagalas, ☎ +62 370 673666. Bangunan modern dengan fasilitas poliklinik baru, ICU, ruang operasi, CT scan dan MRI, peralatan X-ray, hemodialisis, USG, endoskopi, fasilitas bronkoskopi dan fluoroscopy. Ambulance, emergency room (UGD), apotek, laboratorium dan radiologi. Rumah sakit ini memiliki fasilitas terlengkap dan paling canggih di Pulau Lombok.
  3. Rumah Sakit Risa adalah pilihan keduanya. Rumah sakit ini berlokasi di Jl. Pejanggik No. 115, Cakranegara (Sebelah Timur Mall Mataram, sisi kanan jalan), ☎ +62 370 625560. Layanan UGD 24 jam.
  4. Siti Fajar Moslem Hospital (Rumah Sakit Islam), Jl. Panca Warga, Mataram (Lurus ke arah barat dari Mall Mataram, sisi kiri jalan). Telepon +62 370 623498. Tersedia dokter gigi dan sarana konsultasi kesehatan.
  5. Rumah Sakit Katolik Anthonius, Koperasi, Mataram. +62 370 621397. Dikenal sebagai Rumah Sakit Karang Ujung.
  6. Rumah Sakit Polda (National Police Hospital NTB – Bhayangkara Polda Nusa Tenggara Barat), Jl. Lanko No. 54, Ampenan/Mataram, ☎ +62 370 633701. Layanan UGD 24 jam.
  7. Army Hospital, Jl. HOS Cokroaminoto No. 11, Mataram, ☎ +62 370 621420.

Harap diingat bahwa banyak rumah sakit yang meminta jaminan pembayaran di depan sebelum memberikan tindakan medis, meskipun dalam kondisi darurat.

Kantor Polisi Di Lombok

  • Kepolisian (Polda) Wilayah Lombok. Jl Gajah Mada No. 7, Ampenan (Mataram), ☎ +62 370 693110. Layanan 24 jam, nomor panggilan darurat 110.
  • Kepolisian bagi Turis Senggigi (Pos Polsek Senggigi), Jl. Raya Senggigi km. 1 Senggigi (dekat Pasar Seni), ☎ +62 370 632733.

Tempat Penting Lain Di Lombok Dan Nomor Yang Bisa Dihubungi Dalam Keadaan Darurat

  • Ambulance ☎ +62 370 623489
  • Dalam keadaan darurat ☎ 118
  • Jasa Pengiriman Pelni (Pelni Shipping Lines), Jl. Industri No. 1, Ampenan (Mataram), ☎ +62 370 37212 (fax: +61 370 31604).
  • Department of Immigration (Direktorat Jenderal Imigrasi), Jl. Udayana No. 2, Mataram, ☎ +62 370 635331.
  • Kantor Pos, JL Sriwijaya No. 21, Mataram, ☎ +62 370 632645. Buka Senin – Sabtu pukul 08.00 – 19.00, Minggu 08.00 – sore.

 

Leave a Reply