Panduan Tips Pergi Liburan Ke Bangka Belitung

Bangka Belitung yang disingkat Babel ini popularitasnya cukup baik beberapa tahun terakhir. Meski tergolong baru menjadi salah satu provinsi di Pulau Sumatera, Babel memiliki pesona yang tidak kalah menariknya dengan Bali. Gabungan dua kepulauan yakni Bangka dan Belitung memiliki pantai-pantai yang mengagumkan. Tak hanya itu, provinsi ini juga memiliki 470 pulau yang telah bernama dan 50 pulau diantaranya berpenghuni.

Pulau Bangka terletak di pesisir timur Sumatera bagian selatan yang memiliki kondisi alam seperti rawa dengan hutan bakau, dataran rendah, bukit-bukit, dan puncak bukit dengan hutan lebat. Sementara itu, keistimewaannya adapada pantainya dibandingkan dengan daerah lain dengan pantai yang landai berpasir putih dan hamparan batu granit. Tak jauh berbeda dengan Pulau Belitung yang juga menawarkan wisata bahari, seperti menyelam, snorkeling, memancing dan berlayar.

Bukan hal baru lagi, Bangka Belitung telah lama dikenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia. Hal ini pula yang diangkat Andrea Hirata dalam novelnya Laskar Pelangi, di mana kehidupan masyarakat setempat yang mayoritas bermatapencaharian sebagai pekerja tambang timah tersebut. Potret kehidupan tersebut pun tergambar dalam film Laskar Pelangi yang mengambil lokasi syuting di Belitung. Sejak saat itu, Bangka Belitung kian terkenal dengan sebutan Negeri Laskar Pelangi.

Infrastruktur penunjang di Bangka Belitung juga cukup memadai dengan tersedianya pasar kecil (tradisional) dan besar, hotel, pusat kuliner, serta pusat-pusat perbelanjaan atau pertokoan. Layanan informasi juga didorong oleh peran Pos dan telekomunikasi. Jasa Pos meliputi pengiriman surat, kargo, telepon, faksimili. Sementara jasa telekomunikasi didukung oleh tiga provider seluler, yaitu Telkomsel, Excelcomindo dan Indosat.

Bukit Pala, Teluk Limau, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Island, Indonesia via @a.r.b.i.e_
Bukit Pala, Teluk Limau, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Island, Indonesia via @a.r.b.i.e_

Wilayah Utama Bangka Belitung

Kepulauan Bangka Belitung terbagi atas tujuh daerah yang menarik untuk ditelusuri, antara lain:

  • Kabupaten Bangka beribukota Sungailiat, termasuk kabupaten yang padat penduduknya. Untuk urusan kuliner, daerah ini didominasi oleh makanan laut  dengan restoran atau tempat makan yang dekat dan mengarah ke pantai, menjadikan suasana semakin menenangkan.
  • Kabupaten Belitung dengan ibukota di Tanjungpandan, awalnya meliputi seluruh Pulau Belitung dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Namun, pada tahun 2003 terjadi pemekaran wilayah menjadi dua kabupaten.
  • Kabupaten Bangka Barat dengan ibukotanya Mentok merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Bangka pada tahun 2003, di mana menjadi titik penyeberangan yang menghubungkan Bangka dengan Sumatera Selatan melalui Pelabuhan Mentok yang juga salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia. Kota Mentok sendiri adalah pusat pengolahan timah Bangka dan tempat pengasingan Bung Karno, Bung Hatta, Moh. Roem dan pemimpin nasional lain selama masa revolusi mempertahankan kemerdekaan.
  • Kabupaten Bangka Tengah berada di Koba sebagai pusat perikanan Bangka Belitung. Pantai indah akan ditemukan sepanjang jalan raya Pangkalpinang-Koba sejauh 60 kilometer, tepatnya di sisi jalan Desa Penyak dan Kurau.
  • Kabupaten Bangka Selatan meliputi bagian selatan Pulau Bangka, termasuk pulau-pulau kecil, seperti Pulau Lepar, Pulau Pongok dan Pulau Nanas. Kabupaten beribukota Toboali ini adalah pusat penghasil beras Kepulauan Bangka Belitung dan daerah tujuan transmigran dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, sehingga jangan heran jika Anda menemukan orang-orang Jawa di daerah ini.
  • Kabupaten Belitung Timur, inilah tempat “Laskar Pelangi” yang ditulis oleh Andrea Hirata. Manggar menjadi ibukota dari kabupaten ini dan banyak hal yang dapat Anda temukan terkait novel dan film fenomenal tersebut.
  • Kota Pangkalpinang merupakan ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ditetapkan sejak tahun 2002. Kota ini termasuk kota terbesar dan teramai di provinsi ini dengan kantor pusat PT. Timah Tbk.

Sejarah Bangka Belitung

Red Hill, Sekitaran Danau Ampar, Merawang, Bangka Island, Indonesia via @bstwr
Red Hill, Sekitaran Danau Ampar, Merawang, Bangka Island, Indonesia via @bstwr

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung awalnya adalah bagian dari Sumatera Selatan, lalu ditetapkan menjadi provinsi sendiri bersamaan dengan Provinsi Banten dan Gorontalo pada tahun 2000 dengan ibukotanya Pangkal Pinang. Wilayahnya terdiri dari dua pulau besar, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, serta pulau-pulau kecil lainnya.

Kedua pulau besar tersebut sebelumnya adalah daerah taklukan dari Kerajaan Sriwijaya, Majapahit dan Mataram. Selanjutnya Bangka Belitung menjadi daerah jajahan Inggris dan terlaksana serah terima kepada Pemerintah Belanda di Muntok pada 10 Desember 1816. Namun, pada masa penjajahan Belanda terjadi perlawanan oleh Depati Barin dan dilanjutkan oleh Depati Amir yakni anaknya dengan pengasingan ke Kupang, Nusa Tenggara Timur pada akhirnya.

Masa-masa penjajahan inilah kekayaan alam daerah ini diambil, terutama timah yang menjadi komoditas utama daerah ini. Kata Bangka sendiri berasal dari vangka yang berarti timah. Tambang ini telah ditemukan sejak abad ke-17 di daerah Bangka, sehingga dijuluki sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia. Namun, akibatnya seringnya ditambang, hasil timahnya sekarang tidak sebanyak dahulu.

Cara Pergi ke Bangka Belitung

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk sampai ke Bangka Belitung, baik jalur darat, laut maupun udara, diantaranya :

Cara Pergi ke Bangka Belitung Dengan Pesawat

Transportasi udara merupakan sarana alternatif termudah untuk mencapai Bangka Belitung dari berbagai daerah di Indonesia. Pesawat-pesawat tersebut akan mendarat di Bandar Udara Depati Amir di Pangkal Pinang, Pulau Bangka dan HAS Hanadjudin di Tanjung Pandan, Pulau Belitung. Maskapai yang beroperasi seperti Sriwijaya Air, Lion Air, Citilink dan Riau Airlines.

Tak hanya dari dan ke daerah lain, untuk menyeberang dari Bangka ke Belitung atau sebaliknya dapat menggunakan pesawat perintis Sky Aviation yang beroperasi dua kali sehari dengan waktu tempuh 30 menit saja. Namun untuk itu, sebaiknya Anda juga menyiapkan dana sekitar Rp400ribuan untuk jalan.

Cara Pergi ke Bangka Belitung Dengan Kapal Laut

Perhubungan laut merupakan transportasi strategis di Kepulauan Bangka Belitung karena provinsi kepulauan, sehingga dapat berinteraksi antar pulau dan juga provinsi lainnya. Kapal yang beroperasi di Bangka Belitung dilaksanakan oleh perusahaan PELNI dan perusahaan swasta dengan jalur pelayaran tujuan Jakarta, Palembang, Tanjung Pinang, Surabaya dan Pontianak.

Sementara itu, untuk menyeberang dari Bangka ke Belitung dapat menggunakan kapal cepat jetfoil KM Bahari Ekspress di Pelabuhan Pangkalan Balam, Pangkalpinang menuju Pelabuhan Tanjung Pandan di Belitung. Kapal ini beroperasi setiap hari pukul 14.00 WIB kecuali Selasa, di mana harga tiketnya bergantung pada kelas, yaitu VIP Rp200.000, eksekutif Rp170.000 dan ekonomi Rp140.000. Jadi, Anda dapat memilih sesuai kemampuan.

Kepulauan Bangka Belitung memiliki delapan pelabuhan yang terdiri dari tiga pelabuhan khusus barang dan lima pelabuhan penumpang sekaligus barang. Pelabuhan-pelabuhan tersebut diantaranya:

  • Pelabuhan Pangkalbalam di Pangkalpinang
  • Pelabuhan Tanjung Gudang di Belinyu
  • Pelabuhan Tanjung Kalian di Mentok
  • Pelabuhan Sadai di Sadai, Toboali
  • Pelabuhan Tanjung Pandan di Tanjung Pandan (telah berganti nama menjadi “Pelabuhan Laskar Pelangi”)
  • Pelabuhan Tanjung Batu
  • Pelabuhan Tanjung Ru di Pegantongan
  • Pelabuhan Manggar

Transportasi Umum di Bangka Belitung

Transportasi umum di Bangka lebih mudah ditemukan dari pada di Belitung. Anda dapat mendatangi terminal di Pangkalpinang yang menyediakan bus-bus antarkabupaten dan angkutan kota yang biasa disebut bemo. Bahkan, dari Bandara Depati Amir di Pangkalpinang dapat menggunakan bemo menuju hotel tujuan.

Belitung juga menyediakan bus antarkabupaten tetapi jarang menemukan angkutan kota. Jadi, untuk kenyamanan Anda berwisata di Bangka Belitung, sebaiknya Anda menyewa mobil, motor atau ojek.

Rental Mobil dan Motor

Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan mobil dan motor di Bangka Belitung sebab banyak jasa rental mobil dan motor yang siap membawa Anda ke tempat-tempat yang akan dikunjungi. Harganya juga masih terjangkau, misalnya saja mobil jenis Avanza dengan sopir tanpa bensin berkisar mulai dari Rp350.000 per hari.

Sedangkan rental motor berkisar Rp60.000 per hari. Untuk memudahkan Anda dalam menyewa, mintalah bantuan biro perjalanan atau hotel tempat Anda menginap, mereka akan mencarikannya untuk Anda.

Ojek

Pilihan transportasi lain yang lebih mudah ditemukan adalah rental ojek. Keberadaannya banyak dijumpai di Pelabuhan Tanjung Pandan yang menawarkan jasa antar ke hotel atau berkeliling ke tempat-tempat menarik. Ojek pun digunakan untuk mengantarkan tamu ke Tanjung Kelayang. Anda dapat menyewa ojek seharian mulai dari Rp 100.000 tergantung jarak yang akan ditempuh.

Penyewaan Boat

Jika Anda ingin berkeliling pulau-pulau kecil nan cantik di Belitung, Anda dapat menyewa boat (sebutan warga Belitung untuk kapal bermotor) yang digunakan turis untuk menjelajahi pulau-pulau tersebut. Titik keberangkatannya berada di Tanjung Kelayang dengan kapasitas sekitar 10 orang per boat.

Harga sewa boat tergantung jumlah orang yang naik, mulai dari Rp350.000 untuk 10 orang. Anda dapat mencari sewa kapal di Tanjung Kelayang atau menghubungi biro perjalanan setempat ataupun pihak hotel. Penyewaan kapal sudah terkoordinas dengan koordinator khusus.

Hotel di Bangka Belitung

Pulau Ketawai, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Island, Indonesia via @elizabeth_tjoeliman
Pulau Ketawai, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Island, Indonesia via @elizabeth_tjoeliman

Meski bukan termasuk kota besar, tetapi sarana akomodasi di provinsi ini cukup memadai dengan kehadiran beberapa hotel ternama maupun penginapan dengan harga lebih terjangkau. Hotel-hotel tersebut juga menawarkan pemandangan indah di lokasi strategis.  Beberapa hotel di Bangka Belitung dengan fasilitas dan pemandangan indah tersebut, yakni :

  • Soll Marina Hotel & Conference Center Bangka, Jalan Raya Koba Km. 8, Pangkalan Baru, Bangka, Indonesia, 33171
  • Hotel Santika Bangka, Jalan Sukarno Hatta (Jalan Raya Koba) KM. 5 No. 17 Pangkalan Baru, Bangka, Indonesia, 33172
  • Menumbing Heritage Hotel, Jl. Gereja No. 5 , Bangka, Indonesia, 33131
  • Novotel Bangka Hotel & Convention Centre, Jl Soekarno Hatta, Pangkalpinang, Bangka, Indonesia, 33136
  • Cordela Pangkalpinang, Jalan Hamidah No. 39, Batin Takal – Taman Sari , Bangka, Indonesia, –
  • Puncak Budget Hotel, Jl. KH. Abdurahman Siddik No.180, Bangka, Indonesia, 33684
  • Bangka City Hotel, Jalan Alexander No.1 Kel. Air Tam, Bangka, Indonesia, 33138
  • Puri Oasis Homestay, Jalan Ahmad yani dalam, Bangka, Indonesia, –
  • Parai Beach Resort, Kawasan Wisata Terpadu Pantai Parai Tenggiri, Bangka, Indonesia, 33201
  • Golden Vella Hotel, Jl. Sungai Batu ( Sudirman ), Kecamatan Rangkui, Gang Masjid, Bangka, Indonesia
  • Hotel Grand Mutiara, Jalan Yang Zubaedah Kampung Bintang, Pangkal Pinang Bangka Belitung, Bangka, Indonesia, 33684
  • Novilla Boutique Resort, Jl. Laut Kampung Pasir Sungailiat, Bangka, Bangka, Indonesia, 33255
  • Yasmin Hotel & Restaurant, Jalan Depati Amir No 07, Bangka, Indonesia, 33311
  • Golden Dragon Hotel, Jalan Depati Barin , Bangka, Indonesia, 33254
  • Hotel Bumi Asih, JL.Jend. Sudirman No 25, Bangka, Indonesia, 33684
  • Hotel tanjung Pesona, Jl. Pantai Rebo Sungailiat Bangka, Bangka, Indonesia
  • Airy Pangkal Pinang Kp Bintang Bangka, Jl. Kp. Bintang, Bintang, Rangkui, Bangka, Indonesia, 33684
  • Griya Tirta Hotel, Jl. Semabung Lama No. 272 , Bangka, Indonesia, 33147
  • Pesona Bay Hotel, Jalan Pantai Rebo Kawasan Wisata Tanjung Pesona-Pesona Bay Hotel, Sungai Liat, Bangka, Bangka, Indonesia, 33211
  • Hotel Aksi 2, Jalan Depati Amir, No. 62 Kelurahan Melintang, Kecamatan Rangkui Kota Pangkal Pinang, Bangka, Indonesia

Iklim di Bangka Belitung

Kepulauan Bangka Belitung mempunyai iklim tropis, di mana bulan kering (kemarau) terjadi pada Agustus sampai Oktober dan bulan basah terjadi pada Januari hingga Juli serta November hingga Desember.

Bahasa Daerah di Bangka Belitung

Masyarakat di Bangka Belitung lebih banyak menggunakan bahasa Melayu. Namun, seiring keanekaragaman suku bangsa, bahasa Mandarin dan Jawa juga digunakan di kepulauan ini.

Tempat Wisata di Bangka Belitung

Bekas Penambangan Timah Aek Ketok, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Island, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia via @daffaalfrby
Bekas Penambangan Timah Aek Ketok, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Island, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia via @daffaalfrby

Pulau Bangka sangat terkenal dengan keindahan pantainya yang umumnya berpasir putih dan halus tetapi ada juga yang berwarna kuning keemasan seperti bulir padi. Pantainya landai dengan ombak lumayan besar dan dikelilingi oleh batu vulkanik yang unik dan indah. Beberapa pantai yang terkenal yang dapat dikunjungi, antara lain:

  • Pantai Parai Tenggiri
  • Pantai Matras
  • Pantai Tanjung Pesona
  • Pantai Rebo
  • Pantai Batu Berdaun
  • Pantai Pasir Padi
  • Pantai Tanjung Ru Sadai, Bangka Selatan
  • Pantai Tanjung Kerasak, Bangka Selatan
  • Pantai Gunung Namak, Bangka Selatan
  • Pantai Tanjung Kelian, Bangka Barat, Mentok
  • Pantai Tanjung Ular, Bangka Barat, Mentok
  • Pantai Rambat, Bangka Barat, Rambat, Simpang Teritip
  • Pantai Tungau, Bangka Barat, Simpang Gong, Simpang Teritip
  • Pantai Siangau, Bangka Barat, Teluk Limau, Parittiga
  • Pantai Blembang, Bangka Barat, Jebus, Parittiga
  • Pantai Pasir Kuning, Bangka Barat, Air Lintang, Tempilang
Danau Kaolin bekas penambangan timah, Air Bara, tepatnya Perbatasan Kabupaten Bangka Selatan & Kabupaten Bangka Tengah via @yohanes09
Danau Kaolin bekas penambangan timah, Air Bara, tepatnya Perbatasan Kabupaten Bangka Selatan & Kabupaten Bangka Tengah via @yohanes09

Tak jauh berbeda dengan Pulau Bangka, Pulau Belitung juga memiliki pantai indah dengan pasir putih, dihiasi oleh batu-batu granit yang artistik, air laut sejernih kristal dan dikelilingi oleh ratusan pulau-pulau kecil. Beberapa pantai terbaik dan unik, diantaranya:

  • Pantai Tanjung Kelayang
  • Pantai Tanjung Binga
  • Pantai Tanjung Tinggi
  • Pulau Lengkuas
  • Pulau Kepayang
  • Pantai Punai
  • Pantai Tanjung Pendam
  • Pantai Nyiur Melambai
  • Pantai Burung Mandi
  • Pantai Bukit Batu

Selain objek wisata pantai, terdapat juga objek wisata lainnya :

  • Pesanggrahan Bung Karno Bukit Menumbing
  • Wisma Ranggam Mentok
  • Rumah Mayor Mentok
  • Masjid Jami’ di Mentok
  • Tangga Seribu Mentok
  • Masjid Jami’ Pangkalpinang
  • Perkampungan Cina Tradisional Simpang Gedong
  • Taman Pha Kak Liang di Belinyu
  • Kolam Pemandian Air Panas di Pemali
  • Vihara Dewi Kuan Im di Sungailiat
  • Lokasi Film Laskar Pelangi di Gantung
  • Vihara Budhayana Dewi Kwam In Damar
  • Bendungan Pice Gantung
  • A1 Bukit Samak Manggar
  • Situs Raja Balok di Desa Balok Kecamatan Dendang
  • Perigi Belande Buding
  • Makam Akik Ning di Desa Balunijuk, Kabupaten Bangka
  • Makam Atok Banjar atau Kyai Haji Habib Mansyur di Desa Petaling

Mal di Bangka Belitung

  • Bangka Trade Center
  • El John Plaza
  • Mall Ramayana Pangkalpinang
  • Puncak Mall Pangkalpinang

Museum di Bangka Belitung

  • Museum Timah Pangkalpinang
  • Museum Buding

Rekomendasi Tempat Makan di Bangka Belitung

  • Otak-otak “Ase” di Jalan Kampung Bintang
  • Otak-otak “Samoichi” di dekat supermarket lama
  • Alun-alun Pangkalpinang
  • Kedai Mie “Akau” di Jalan Kampung Bintang
  • Rumah Makan “Asu” di dekat Plaza Ramayana
  • Restoran New Raja Laut dan Rock Island di Pantai Parai Tenggiri
  • Ocean Grill Beach di Pantai Tanjung Pesona
  • Es Anggrek Resto di Jl. Mayor Syafrie Rachman No. 3 Pangkal Pinang
  • Greeng Lesehan di Jl. Ahmad Yani 97 Pangkalpinang
  • Mie Koba di Balai No. 83 Pangkalpinang
  • Grand Parai di kawasan wisata terpadu Pantai Parai Tenggiri, Sungailiat

Tips Liburan di Bangka Belitung

Bukit Gebang, Desa Nangka, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Island, Kepulauan Bangka Belitung via @asrialdilaputri
Bukit Gebang, Desa Nangka, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Island, Kepulauan Bangka Belitung via @asrialdilaputri

1. Bawa perlengkapan renang

Dikarenakan pantai menjadi objek wisata favorit, Anda wajib membawa perlengkapan renang, snorkeling atau diving, seperti baju renang atau menyelam, goggle, serta fin. Operator tur setempat biasa menyewakan fin dan goggle. Namun Anda pasti tahu, fin dan goggle yang dipakai secara masif kebanyakan kurang pas. Anda dapat menyewa dengan harga sekitar Rp35.000 untuk snorkeling seharian.

2. Bawa kamera

Bawalah kamera sendiri, sebaiknya tidak mengandalkan kamera ponsel. Spot-spot cantik di Bangka dan Belitung tak terhitung banyaknya. Baterai ponsel Anda akan cepat habis jika terus-menerus digunakan untuk memotret. Apalagi, banyak area di kedua pulau yang tak terjangkau sinyal. ‘Kerajaan’ bawah air di sekitar Pulau Belitung sangat cantik dan terawat, sehingga sayang bila tidak diabadikan! Sebaiknya Anda membawa jenis kamera underwater untuk spot menarik tersebut.

3. Sewa kendaraan 

Seperti diuraikan sebelumnya, transportasi umum tidaklah banyak di Pulau Bangka atau Belitung. Mau tak mau, Anda harus menyewa kendaraan, baik motor , mobil atau ojek.

4. Bawa sunblock

Bangka Belitung adalah wilayah kepulauan, sehingga bawalah sunblock dan kacamata hitam jika Anda bermain di pantai. Jangan sampai kulit menjadi perih atau terbakar karena terpapar sinar matahari.

Kantor Pariwisata Bangka Belitung

Kompleks Pemprov Jl. Pulau Mendanau No. 2

Kepulauan Bangka Belitung – Air Itam, Pangkalpinang

Phone +62 717 431143

Fax +62 717 423115

Website : http://www.visitbangkabelitung.com/

Leave a Reply