Panduan Tips Pergi Liburan Ke Gorontalo

Gorontalo adalah provinsi ke-32 di Indonesia sekkaligus juga merupakan wilayah administrasi dari Sulawesi Utara. Ibukota Provinsi Gorontalo adalah Kota Gorontalo (sering disebut juga Kota Hulontalo) yang terkenal dengan julukan “Kota Serambi Madinah”.

Provinsi Gorontalo sebagian besar dikelilingi perbukitan dan pegunungan, air terjun, sumber air panas alami, dan terumbu karang yang masih asli. Gorontalo menjadi tempat tujuan wisata menyelam yang populer. Panorama alam Gorontalo juga sangat indah.

Gorontalo memiliki kekayaan flora dan fauna yang unik. Ada Anoa, Tarsius, Burung Maleo, Babi Rusa, merupakan spesies langka yang dapat Anda temui di sini. Maleo adalah jenis burung yang telurnya lebih besar dari ukuran tubuhnya sendiri, sedangkan tarsius merupakan primata terkecil di dunia. Hutan di Gorontalo juga menyimpan beragam spesies tumbuhan seperti pohon eboni, lingua, nantu, meranti dan rotan.

Di Selatan Laut Gorontalo, Anda juga bisa menjumpai Teluk Tomini dengan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Pulau-pulau dan pantainya yang berpasir putih sungguh menawan. Teluk Tomini terkenal dengan habitat bawah air dan biota lautnya yang indah dan ada beberapa pulau kecil yang belum terjamah berdiam di pulau ini. Teluk Tomini merupakan surga bagi para penyelam, karena posisi geografisnya yang dilintasi garis khatulistiwa.

Masyarakat Gorontalo dikenal ramah dan dinamis, mereka membuka diri kepada para wisatawan. Penduduk setempat umumnya orang Melayu, kelompok Polinesia. Orang-orang Ternate, Tidore, Bugis, dan Makassar.

Wilayah Utama Gorontalo

Provinsi Gorontalo terdiri dari 5 kabupaten dan 1 kota,

  • Kabupaten Boalemo dangan Ibu Kota Tilamuta
  • Kabupaten Bone Bolange dengan Ibu Kota Suwawa
  • Kabupaten Gorontalo dengan Ibu Kota Limboto
  • Kabupaten Gorontalo Utara dengan Ibu Kota Kwandang
  • Kabupaten Pohuwato dengan Ibu Kota Marisa
  • Kota Gorontalo dengan Ibu Kota Gorontalo

Sejarah Gorontalo

Dahulu, beberapa kerajaan membentuk persekutuan yang disebut Pohalaa. Ada lima kerajaan yang masuk ke dalam persekutuan Pohala’a yaitu Kerajaan Gorontalo, Kerajaan Limboto, Kerajaan Suwawa, Kerajaan Boalemo, dan Kerajaan Atinggola. Sekita akhir abad ke-19, Belanda menduduki daerah persekutuan ini hingga Jepang mengambil alih. Setelah Jepang kalah dalam Perang Dunia II, Belanda mencoba untuk memerintah lagi dengan menciptakan negara boneka, akan tetapi penduduk Gorontalo memberi perlawanan kuat. Atas perlawanan tersebut, sesaat setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, Gorontalo menjadi bagian dari Provinsi Sulawesi Utara, dan kemudian memisahkan diri dari Sulawesi Utara pada tahun 2000.

Cara ke Gorontalo

Laut

  • Kapal Feri dari Ampana ke Pulau Togean/Gorontalo hanya beroperasi sekali dalam sehari, setiap Kamis dan Minggu, lalu berlayar kembali di esok harinya dan hanya satu armada saja sehingga jika kapal feri mengalami kerusakan maka tidak ada gantinya.
  • Kapal Feri yang tercepat dari Togean berangkat dari Dolong Hari Rabu jam 7.00 pagi menuju Bubulan, dari sini satu jam berkendara ke Gorontalo.

Pesawat

Penerbangan komersial dengan maskapai seperti Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya, Lion Air, Batik Air,

Penerbangan komersial saat ini telah menghubungkan Gorontalo dengan dunia luar. Penerbangan harian tersedia dari Jakarta melalui Makassar (Ujung Pandang) ke Gorontalo dengan Lion Air dan Sriwijaya Air. pada bulan Februari 2011 Garuda Indonesia membuka rute penerbangan ke Gorontalo dari Jakarta, Denpasar (Bali), Surabaya dan Makassar. Air Asia beberapa kali seminggu terbang ke Makassar, berangkat dari Kuala Lumpur larut malam. Traveler bisa melanjutkan perjalanan ke Gorontalo pada pagi hari berikutnya. Penerbangan dari Gorontalo ke Makassar mudah diakses oleh Air Asia karena penerbangan kembali ke Kuala Lumpur.

Dari Manado, Wing Air terbang setiap hari, berangkat pada malam hari ke Gorontalo. Jadwal ini memungkinkan para penumpang yang datang menggunakan Silk Air dari Singapore, untuk melanjutkan penerbangan. Penerbangan kembali ke Manado pada dini hari, kemudian traveler bisa melanjutkan dengan Silk Air atau pesawat lainnya ke bagian lain Indonesia. Sementara, Batavia Air melayani penerbangan ke Gorontalo tiga kali dalam seminggu.

Bus

Bus dari Manado beroperasi setiap hari dengan tarif Rp. 60.000. Bus dengan rute bandara menuju pelabuhan, melewati kota, dikenakan tarif Rp. 30.000.

Transportasi di Gorontalo

Ada beberapa alat transportasi yang dapat Anda gunakan selama berada di Kota Gorontalo yaitu sebagai berikut.

  • Bentors atau Becak, akan membawa Anda berkeliling kota dengan membayar Rp. 5.000 untuk dalam kota, dan Rp. 20.000 – Rp. 30.000 untuk tujuan luar kota, seperti ke pantai atau ke air terjun. Tiba di Togean, Anda cukup membayar Rp. 20.000 dari Pelabuhan Gorontalo menuju pusat kota.
  • Sedangkan Bus dan Bemo tampaknya hanya digunakan oleh masyarakat setempat saja.
  • Kijang sebagai mobil umum dari Manado menjadi pilihan yang lebih nyaman untuk mengantarkan Anda ke hotel pilihan Anda. Untuk duduk di kursi depan yang lebih nyaman dikenakan tarif Rp. 150.000, dan Rp. 100.000 untuk kursi penumpang di belakang, tapi bersiaplah terbentur-bentur akibat hentakan mobil.

Hotel di Gorontalo

Terdapat cukup banyak model penginapan di Gorontalo, mulai dari hotel budget yang bertarif murah, tarif sedang, maupun hotel kelas menengah ke atas dengan tarif cukup mahal.

Hotel Budget atau Hotel Murah memasang tarif antara Rp. 55.000 hingga Rp. 250.000. Ada hotel yang letaknya dekat dengan Gorontalo Mall, sudah termasuk sarapan dan fasilitas cukup baik. Hotel ini memiliki fasilitas ruang rapat dan penyedia tur keliling kota.

Hotel kelas menengah mengenakan tarif kamar dengan kisaran Rp. 300.000 – Rp. 400.000. Namun beberapa hotel bertarif menengah ini tidak diikuti oleh kualitas kamar yang selayaknya. Sehingga akan lebih baik untuk memeriksa kondisi kamar lebih dulu sebelum melakukan pemesanan, jika Anda langsung datang ke tempat.

Tidak banyak pilihan hotel mewah di Gorontalo, namun Anda bisa menjumpainya di jantung kota Gorontalo, seperti yang terletak di Jl. Sultan Botituhe No. 88 , 90114 Gorontalo, sebuah hotel bintang empat bertarif sekitar Rp. 600.000 per malam.

Iklim di Gorontalo

Provinsi Gorontalo terletak di lintang garis khatulistiwa, menjadikan daerah ini mempunyai suhu udara cukup panas. Suhu minimum terjadi di bulan September yaitu 22,8°C. Sedangkan suhu maksimum terjadi di bulan Oktober dengan suhu 33,5°C. Pada tahun 2013 suhu rata-rata berkisar antara 26,2°C sampai dengan 27,6°C.

Provinsi Gorontalo mempunyai kelembaban udara yang relatif tinggi, rata-rata kelembaban pada tahun 2013 mencapai 86,5% persen. Sedangkan untuk curah hujan tertinggi terjadi pada bulan Mei yaitu 307,9 mm tetapi jumlah hari hujan terbanyak ada pada bulan Juli dan Desember yaitu sebanyak 24 hari.

Bahasa Daerah di Gorontalo

Pada dasarnya terdapat banyak bahasa daerah di Gorontalo. Namun hanya tiga bahasa yang cukup dikenal masyarakat di wilayah ini, yaitu Bahasa Gorontalo, Bahasa Suwawa (disebut juga Bahasa Bonda), dan Bahasa Atinggola (Bahasa Andagile). Dalam proses perkembangannya Bahasa Gorontalo lebih dominan sehingga menjadi lebih dikenal oleh masyarakat di seantero Gorontalo.

Objek Wisata di Gorontalo

 

  • Kolam Renang Potanga

Kolam Renang Potangan terletak sekitar 4 km dari pusat Gorontalo. Air kolamnya dingin dan segar serta merupakan mata air asli dari pegunungan. Terdapat Pentadio Resort di sebelah utara Danau Limboto, resort ini dilengkapi fasilitas spa, penginapan, kolam renang alami dan kolam mata air panas.  Jaraknya sekitar 12 kilometer dari pusat kota Gorontalo.

  • Benteng Otanaha.

Dulu, Benteng ini digunakan para Raja Gorontalo sebagai tempat berlindung dan bertahan. Uniknya, benteng ini dibangun menggunakan material dari campuran pasir, plester, dan putih telur Maleo. Terletak di atas dataran tinggi dengan pemandangan Danau Limboto. Tepatnya di Dembe I, Kota Barat, sekitar 8 km dari pusat kota Gorontalo. Ada dua benteng lainnya di daerah yang sama, yaitu Benteng Otahiya dan Istana Ulupahu. Pengunjung harus menaiki 345 anak tangga untuk mencapai benteng ini.

  • Monumen Nani Wartabone

adalah monumen pahlawan asli Gorontalo, bernama Nani Wartabone. Ia berperan penting dalam perjuangan rakyat Gorontalo. Monumen ini terletak di tengah Taman Taruna Remaja Gorontalo.

  • Mesjid Hunto (Sultan Amai)

yang merupakan masjid tertua di Gorontalo (300 tahun). Masjid ini terletak di Desa Siendeng, Kota Gorontalo. Di masjid ini, ada sumur dan beduk yang berusia sama dengan Mesjid tersebut.

  • Pantai Pasir Putih Leato

Leato berada di Kelurahan Leato, Kecamatan Kota Selatan, hanya sekitar 15 menit dari pusat Kota Gorontalo. Perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 5 km tersebut dapat Anda lalui dengan kendaraan pribadi, atau menggunakan jasa sarana transportasi umum yang dapat Anda temukan dengan mudah, dengan tarif yang luar biasa murah. Kombinasi antara akses yang mudah, pasir putih menawan, penduduk yang ramah, taman bawah laut yang indah, serta panorama yang menyejukkan, merupakan keistimewaan dari pantai di bagian selatan Teluk Tomini yang spektakuler ini.

  • Taman Laut Olele

sangat khas karena kekayaan bawah lautnya. Taman ini merupakan tempat menyelam terdekat, hanya 45 menit dari kota Gorontalo. Tempat untuk menyelam lainnya adalah Pantai Lahilote.

  • Danau Limboto

Danau Limboto merupakan danau besar yang terletak di Kabupaten Gorontalo. Danau dengan luas sekitar 3.000 hektar ini merupakan muara dari lima sungai besar, yakni Sungai Bone Bolango, Sungai Alo, Sungai Daenaa, Sungai Bionga, dan Sungai Molalahu. Danau ini dulu dijadikan landasan pesawat ampibi yang membawa Presiden Soekarno saat berkunjung ke Gorontalo. Pesona Danau Limboto sangat cantik, terutama di saat musim berbunga dan dilihat di kala senja ketika matahari terbenam atau pun terbit.

Lokasi Danau Limboto dekat dengan Bandara Jalaluddin, sehingga membuat pengunjung dari luar Gorontalo tidak sulit mencapainya. Dari Bandara menuju Danau Limboto dapat ditempuh dengan menggunakan taksi ataupun mobil sewaan yang banyak menunggu di sekitar bandara.

  • Menara Mulia

Sebuah menara dengan tinggi 60 meter. Di bagian atas menara ini terdapat teleskop untuk mengamati keindahan panorama Danau Limboto. Di dalam menara, Anda bisa melihat banyak cendera mata juga beberapa restoran.

  • Pemandian Air Panas Alami Lombongo

Pemandian Air Panas Alam Lombongo terletak di desa Lombongo, Suwawa, sekitar 20 km dari pusat kota. Memiliki pemandian air panas alami, arena bermain, dan panggung untuk pertunjukan seni. Mata air panas mengandung belerang yang dapat menyembuhkan penyakit kulit.

  • Tangga 2000 dan Jejak Kaki Lahilote

Di tempat ini, Anda bisa menikmati keindahan Teluk Tomini. Anda juga dapat melihat sebuah batu besar yang terlihat seperti jejak kaki manusia, “Lahilote”, terletak di Pantai Indah Pohe, Kota Selatan. Secara historis, Lahilote adalah jejak kaki dari seorang pria yang menikah dengan seorang malaikat yang jatuh ke bumi.

  • Air Terjun Ayuhulalo

terletak di Desa Ayuhulalo (Ayuhulalo artinya hutan bulan), Tilamuta, sekitar 5 km dari Kabupaten Boalemo. Pemandangannya masih sangat alami.

  • Pantai Indah Boalemo

Terkenal dengan pantai pasir putih dan air laut yang jernih dan tenang. Beragam aktivitas seperti berenang, berperahu, menyelam, atau hanya sekedar bersantai bisa Anda lakukan di sini. Sepanjang pantai dihiasi pohon kelapa dan pohon pinus. Terdapat beberapa resort mewah di tempat ini.

  • Taman Laut Bitilia

Tempat ini memiliki beberapa tempat menyelam dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa indah. Tempat ini hanya 15 menit dari Pantai Boalemo Indah.

  • Pantai Bolihutuo

Pantai ini berlokasi di jalan. pantai ini ditumbuhi pohon pinus raksasa sehingga suasana pantai terasa begitu sejuk dan tenang. Hamparan pasir putih yang lembut menawan turut memanjakan mata pengunjung. tersedia beberapa penginapan di pantai ini.

  • Desa Suku Bajo (Tilamuta, Torosiaje, Popayato)

dihuni oleh Suku Bajo yang tinggal berkelompok dan memiliki budaya dan tradisi unik. Mereka selalu membuat kerajinan di atas kapal dan bekerja sebagai nelayan. Suku Bajo yang masih tinggal di perahu disebut “Bangau”, mereka pergi dari satu pulau ke pulau lainnya sampai pada akhirnya kembali ke Pulau Pantai Toro untuk budidaya mutiara dan rumput laut.

  • Pusat Kerawang

Pusat industri kerajinan kerawang (Karawo) adalah salah satu tempat penghasil kain kerajinan tradisional Gorontalo yang indah.

  • Pemakaman Suci Ju Panggola

Orang Gorontalo yang tinggal di sekitar kuburan menganggap pemakaman ini sebagai tempat suci karena memiliki karakteristik yang unik terkait dengan budaya Islam. Oleh karena itu, tidak mengherankan untuk mengetahui bahwa banyak pengunjung melakukan meditasi di sekitar pemakaman.

Makam Ju Panggola termasuk makam keramat dan tanah di sekitar makam itu senantiasa menebarkan bau harum, Setiap pengunjung yang berziarah ke makam itu mengambil segenggam tanah untuk dijadikan azimat. Mereka percaya bahwa tanah tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit atau memperlancar rezeki. Ajaibnya, walaupun sudah ribuan pengunjung mengambil tanah di area makam itu, namun tanahnya tetap utuh. Bahkan, tanah bekas galian tersebut  tidak meninggalkan bekas lubang sedikit pun.

Di dalam komplek makam tersebut terdapat sebuah  masjid yang bernama Masjid Ju Panggola. Konon, jika seseorang berdoa di masjid tersebut, permohonannya akan dikabulkan. Maka tidak heran banyak pengunjung yang menyempatkan diri shalat dan berdoa memohon kesembuhan dari penyakit yang dideritanya, memperlancar rezeki, minta jodoh dan lain sebagainya. Makam ini berjarak sepanjang 7 kilometer dari pusat kota Gorontalo.

Mal di Gorontalo

Selain wisata alam, Kota Gorontalo juga memiliki wisata belanja berupa mal-mal besar. Mal-mal yang ada di Kota Gorontalo adalah sebagai berikut.

  • Gorontalo Mal
  • Mega Zanur Mall
  • Santika Supermarket
  • Makro Supermarket

Museum di Gorontalo

Di Kota Gorontalo juga terdapat wisata sejarah berupa museum. Museum-museum yang ada di Kota Gorontalo adalah sebagai berikut.

  • Museum Pendaratan Pesawat Ampibi Soekarno

Museum Pendaratan Pesawat Ampibi Soekarno terletak di Desa Iluta, Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Lokasi berada tepat di tepi bagian selatan Danau Limboto, dan sekitar 2 kilometer dari Taman Purbakala Benteng Otanaha

  • Museum Sejarah Gorontalo

Hiburan Malam di Gorontalo

Bagi Anda yang ingin berwisata malam di Kota Gorontalo, Anda dapat mengunjungi tempat-tempat berikut ini.

  • Inul vista Karaoke dan Bar

Gorontalo Business Center, telepon 435 831 000

  • City Park Casual Bar

Jl. Siswa, Gorontalo, telepon 0812 4349 7768

  • International Family Karaoke dan Bar

Ruko Bonanza, Gorontalo, telepon 0812 4410 7777

  • Q-qorn Pub dan Karaoke

Club penari malam (Strip), Quality Hotel, Gorontalo 9632

  • Aldista Family Karaoke

Gorontalo Bisnis Center, Blok B, Jl. Jend, Sudirman No. 88

  • Qyu Qyu

Jalan Sam Ratulangi, Gorontalo

  • City Park Casual

Jl. Jenderal Sudirman, Gorontalo 96111, telepon 0812 4349 7768

  • 5ty nine Nightclub

Pusat Gorontalo, telepon, 0811 4308686

  • Soccer Coffee Sports Bar

Kota Gorontalo, telepon 0852 40594355

Tempat Makan Rekomendasi di Gorontalo

Milu Siram

Anda perlu mencicipi kuliner khas Gorontalo bernama Milu Siram. Binthe Biluhuta atau yang biasa disebut milu siram adalah makanan khas Gorontalo yang sudah ada sejak masa lampau. Perpaduan jagung, ikan, garam, kelapa parut, cabai dan jeruk nipis yang disajikan dalam menu sup. Mudah ditemukan di Gorontalo, terutama di warung-warung dekat pasar malam. Pengaruh Belanda juga membuat Gorontalo menjadi salah satu kota roti terbaik di Indonesia. Kuenya bermacam-macam, sangat lezat dan cocok dengan lidah Anda yang menyukai manis.

Ayam Iloni

Ayam Iloni ini tidak berbeda dengan ayam bakar pada umumnya. Ayam Iloni dimasak menggunakan racikan bumbu rempah (bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, dan lain lain) lalu dimasak menggunakan santan dan dipanggang. Perbedaan cara mengolah dan bumbunya itulah yang membedakan ayam Iloni dengan ayam bakar/panggang pada umumnya.

Nike / Perkedel

Ikan nike bisa menjadi santapan lezat saat diolah menjadi perkedel. Ukurannya yang kecil seperti ikan teri memberikan tekstur yang menarik setiap anda menggigit perkedel berbahan dasar ikan ini.

Tili Aya

Resep masakan kali ini datang dari kota Gorontalo bernama tili aya. Masakan ini merupakan olahan dari bahan utama gula merah yang disisir halus dengan santan kelapa segar lalu dimasak dengan cara dikukus dalam loyang berukuran 18x18x4 cm.

Beberapa tempat makan alternatif di Gorontalo,

  • Magic Pan Pizza, telepon (0435) 8829619. Beragam varian pizza dengan rasa unik khas Indonesia. Harga sekitar Rp. 40.000
  • Suga Fried Chicken, dekat Gorontalo Mall. Restoran cepat saji yang memiliki mini burger lezat. Harga sekitar Rp. 10.000
  • King’s Resto, ikan bakar (grilled fish) adalah menu unggulan tempat makan ini.
  • Night market, di seberang Hotel Melati. Makanannya enak, seperti nasi goreng, bakmi goreng, soto ayam dan gado-gado. Tempatnya juga nyaman untuk duduk-duduk dan berinteraksi dengan masyarakat setempat.
  • Meranti Indah. Rumah makan tradisional yang menyajikan menu ikan, seperti ikan Nila dan ikan Mujair sebagai menu utamanya. Anda wajib mencobanya.
  • Rumah Makan Agung Baru. Restoran Chinese food yang menggabungkan masakan Chinese dengan rasa Gorontalo. Nasi Goreng Seafood dan Seafood Tah Mie bisa Anda nikmati dengan harga Rp. 18.000. Lokasi hanya dua menit berjalan dari Hotel Melati, sekitar 200 meter dari hotel.
  • Mawar Sharon Restaurant. Menu unggulan ayam goreng tradisional. Tempat yang sesuai untuk warga Gorontalo kalangan atas, sehingga tidak mengherankan jika harga satu makanan saja bisa mencapai Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000. Lokasinya mudah ditemukan, dekat dengan Bank Mandiri dan Gorontalo Mall.
  • Rumah Makan Sabar Menanti. Dikenal dengan nama Rumah Makan Hola, berlokasi dekat Pasar Jajan. Menjual masakan nasi kuning dengan resep keluarga turun-temurun yang menjadikannya begitu lezat. Anda bisa meminta nasi dengan sup istimewa ini seharga Rp. 15.000.

 

 

Tips Wisata di Gorontalo

  1. Gunakan Anti Nyamuk dan Serangga. Malaria bisa menjadi ancaman di Pulau Togian. Lindungi kulit Anda dengan sering memakai lotion anti nyamuk, bahkan obat anti malaria sangat dianjurkan. Gejala nyamuk demam berdarah juga dapat menular.
  2. Bawa Cukup Uang Tunai. Anda akan kerepotan bila hendak menukar uang di Togian, jadi pastikan Anda membawa persediaan uang tunai sesuai kebutuhan. Beberapa jasa tur selam mungkin bisa menerima kartu kredit, tapi lebih baik Anda tanyakan dulu.
  3. Karena iklim di pulau ini cukup panas, sebaiknya Anda membawa pelindung kulit anti sinar UV, sun screen, kaca mata hitam, dan topi mungkin Anda butuhkan.

 

Perlu Kamu Tahu di Gorontalo

 

Dinas Perhubungan dan Pariwisata Prov. Gorontalo

Jl. Jendral Sudirman No. 57 Kota Gorontalo

Telp/Fax. (62-435) 827615

website: www.gorontaloprov.go.id

Leave a Reply