Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pelabuhan Ratu

Pelabuhan Ratu adalah nama sebuah pantai wisata di pesisir Samudera Hindia bagian Selatan Jawa Barat. Pantai ini memiliki ombak yang dahsyat sehingga tidak cocok untuk berenang, tapi sangat pas untuk para peselancar. Pantai yang berjarak 60 kilometer dari Kota Sukabumi ini memiliki kombinasi pantai yang curam, tebing karang, hutan cagar alam, dan hempasan ombak yang berkesan mistis.

Pantai ini memang mempunyai daya tarik tersendiri, sehingga Presiden Soekarno pun memilih membangun tempat peristirahatannya di kawasan ini. Sekitar 17 kilometer dari Pantai Pelabuhan Ratu ada sumber air panas alami Cisolok, di mana airnya mengandung sulfur yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Pelabuhan Ratu juga merupakan Ibukota Kabupaten Sukabumi. Pantai dan lautnya sering dikaitkan dengan keberadaan mitos Nyi Loro Kidul, Penguasa Laut Selatan, yang diyakini oleh sebagian besar masyarakat sekitar.

Setidaknya ada 9 titik lokasi berselancar yang cukup populer di sekitar kawasan Pelabuhan Ratu, yaitu Batu Guram, Karang Sari, Samudera Beach, Cimaja, Karang Haji, Sunset Beach, Ombak Tujuh dan Ujung Genteng. Masing-masing memiliki karakteristik ombak yang berbeda-beda.

Wilayah Utama Pelabuhan Ratu

Batas-batas wilayah Pelabuhan Ratu yaitu,

Sebelah Utara: Kecamatan Cikakak dan Cikidang

Sebelah Selatan: Kecamatan Simpenan

Sebelah Timur: Kecamatan Bantargadung dan Lengkong

Sebelah Barat: Teluk Pelabuhan Ratu dan Samudera Hindia

 

Sejarah Pelabuhan Ratu

Pada masa Hindia Belanda, Pelabuhan Ratu dikenal dengan nama Wijnkoops –baai. Nama resmi tempat ini adalah Palabuhan Ratu. Sebuah mitos mengisahkan tentang legenda penguasa Pantai Ratu Selatan, Nyi Loro Kidul, yang tidak lepas dari popularitas Pantai Pelabuhan Ratu.

Ada cukup banyak pengunjung yang menjadi korban tenggelam di kawasan pantai ini, dan masyarakat meyakini bahwa kejadian-kejadian tersebut ada hubungannya dengan Nyi Loro Kidul, yang diyakini mengambil pengunjung untuk dibawa ke Istana bawah lautnya. Karena Sang Ratu menyukai warna hijau, maka beredar rumor kalau pengunjung yang mengenakan pakaian berwarna hijau bisa dibawa ke kerajaan laut oleh Nyi Loro Kidul, dengan kata lain terseret ombak dan tenggelam. Inilah mengapa ada peringatan agar tidak mengenakan pakaian warna hijau saat berwisata di Pantai Pelabuhan Ratu.

Cara ke Pelabuhan Ratu

Palabuhan Ratu sangat mudah diakses oleh pengunjung yang berasal dari Jakarta, Bogor, maupun Bandung. Anda bisa menggunakan Bus Umum, Kereta Api, Kendaraan Pribadi, maupun Angkutan Kota. Berikut rute jalan yang bisa Anda akses,

  • Dari Jakarta dan Bogor, gunakan Bus tujuan Pelabuhan Ratu, Sukabumi
  • Dari Bandung dan Sukabumi, gunakan Bus tujuan Pelabuhan Ratu, Sukabumi

Jika berangkat dari Bogor, Anda bisa naik angkutan umum atau Bus dari Terminal Bogor. Sampai di Terminal Bogor lanjut Bus dengan rute Bogor – Sukabumi dengan tarif sekitar Rp. 15.000 per orang. Setibanya Anda di Sukabumi, Anda tinggal naik Bus lagi menuju Pelabuhan Ratu, dengan rute Bus Sukabumi – Pelabuhan Ratu.

Transportasi di Pelabuhan Ratu

Untuk berkeliling Kota Sukabumi maupun ke tempat tujuan wisata, Anda bisa menggunakan sarana kendaraan umum Angkot, Bus, Colt mini, Ojek, Taksi, maupun Travel.

Hotel di Pelabuhan Ratu

Inna Samudra Beach Hotel

Jl. Raya Cisolok Km. 7, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

Harga kamar Rp. 832.000

 

Karang Aji Beach Villa

Jl. Raya Cisolok Km. 20, Cimaja, Pelabuhan Ratu, Cisolok, Jawa Barat 10310

Telepon 0212 525 837

 

77 Sunset Plaza

Jl. Raya Karang Papak, Pelabuhan Ratu, Cisolok, Jawa Barat 43365

Tarif kamar antara Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000 per malam

 

Resort Cahaya

Jl. Raya Karang Papak, Pelabuhan Ratu, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat 43365

Tarif kamar Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000 per malam

 

Didesa Resort

Jl. Raya Cisolok Km. 8, No. 23, Cimaja, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat 43266

Telepon 0266 433300

Tarif kamar Rp. 265.000 per malam

 

Pondok Kencana Hotel & the Ombak Tujuh Pub

Jl. Cisolok KM.8, Bojong Haur, Jawa Barat

Telepon 0266 431465

 

Hotel Villas Lagusa

Jalan Lagusa – Cisolok, Sukabumi, Cimaja, Jawa Barat 43366

 

Padi – Padi Beach Resort

Jl. Raya Citepus, Citepus, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

Telepon 0266 432124

 

Iklim di Pelabuhan Ratu

Pelabuhan Ratu beriklim tropis dengan curah hujan yang signifikan. Suhu udara rata-rata adalah 23.5 °C dan curah hujan di sini rata-rata 2806 mm. Suhu udara maksimum yaitu 29 °C.

Bahasa Daerah di Pelabuhan Ratu

Bahasa Sunda pesisir dan Bahasa Sandi Tipar Sukabumi (Sani Widal). Bahasa ini disebut sebagai Bahasa pergaulan dialek Sunda, di mana terdapat perubahan lafal bentuk huruf pada konsonan.

Objek Wisata di Pelabuhan Ratu

Mata Air Panas Cisolok

Pemandian air panas alami di Cisolok memiliki keunikan. Selain tempatnya yang berlokasi di pantai dan bukan di pegunungan seperti umumnya sumber air panas alami, uniknya lagi Anda bisa melihat sumber air panas yang menyembur keluar dari bebatuan. Di sini terdapat tiga titik sumber air panas dengan suhu masing-masing sekitar 80 derajat celcius, yang berasal dari geyser. Mirip geyser di Yellowstone National Park, Amerika, sehingga air panasnya tidak mengandung sulfur. Harga tiket masuk kawasan dan parkir mobil adalah Rp. 30.000. Ada toko-toko kecil dan warung-warung makan di dekat area parkir, dan Anda perlu berjalan melewati jembatan gantung untuk sampai ke pemandian sumber air panas ini.

 

Pelabuhan Ratu

Sebuah pantai populer yang berlokasi sekitar 60 kilometer di selatan Kota Sukabumi. Objek wisata pantai ini tenar berkat panorama alamnya yang indah, hawa sejuk dan hamparan pasir yang luas. Lanskap pantai yang merupakan perpaduan pantai yang landai, tebing-tebing karang, hutan cagar alam, dan debur ombak yang terkesan magis, mampu menyihir pengunjung pantai ini.

 

Pantai Karang Hawu

Pantai ini menyimpan kisah mistis yang menjadikannya lebih terkenal. Konon pantai ini menjadi tempat pertapaan Ratu Pantai Selatan. Ada tebing yang menjorok ke laut dan hamparan pasir yang luas dan halus. Pantai ini bisa diakses hanya sekitar 20 menit dengan kendaraan umum dari Terminal Pelabuhan Ratu atau dengan kendaraan pribadi. Harga tiket masuk kawasan pantai Rp. 2.500.

 

Gua Lalay Pelabuhan Ratu

Gua ini terletak 3 kilometer dari Kota Pelabuhan Ratu. Gua ini merupakan rumah dari ribuan kelelawar.

 

Pantai Cibangban

Berlokasi sekitar 10 kilometer dari Pelabuhan Ratu. Pantainya bersih dan karakteristik ombak lebih tenang bila dibandingkan Pantai Pelabuhan Ratu, sehingga lebih aman untuk berenang. Pantai ini bisa dicapai dalam perjalanan menuju Cisolok. Banyak terdapat sarana penginapan di sekitar area pantai.

 

Mal di Pelabuhan Ratu

  • Ratu Plaza Pelabuhan Ratu

Jl. Siliwangi, Pelabuhan Ratu, Jawa Barat

  • Pasar Semi Modern Palabuhanratu
  • Palabuhanratu City Mall
  • Samudera Mall Palabuhanratu
  • Matahari Mall Palabuhanratu
  • Ramayana Square Palabuhanratu
  • Toserba Selamat Palabuhanratu

 

Museum di Pelabuhan Ratu

Museum Palagan Bojongkokosan. Museum kebanggaan masyarakat Sukabumi. Didirikan sebagai penghormatan kepada para pahlawan perang yang gugur dalam peristiwa Bojongkokosan, tanggal 9 Desember 1945, yaitu peperangan para pejuang Sukabumi dengan tentara sekutu Inggris dan NICA Belanda, yang ingin kembali menjajah Indonesia.

Lokasi di Desa Bojongkokosan, tepatnya di Jl. Siliwangi No. 75, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

Hiburan Malam di Pelabuhan Ratu

Kadieu Bar & Lounge

Jl. Ahmad Yani, Jajaway, Cangehgar, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

Jam buka pukul 17.00 – 23.00 Wib

 

Cempaka Ratu Villa dan Lounge

Jl. Raya Cikakak, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat

 

Tempat Makan Rekomendasi di Pelabuhan Ratu

Cimaja Square

Jl. Raya Pelabuhan Ratu, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

 

Waroeng Asrie

Jl. Raya Citepus Km. 2 No. 5, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat 43366

Telepon 0226 435755

 

Kapinis Resto

Jl. Raya Pelabuhan Ratu Km. 14, Sukabumi, Jawa Barat 43362

Telepon 0266 320441

 

Cahaya Inti Bahari

Jl. Cimaja Km. 1, Cisolok, Pelabuhan Ratu, Jawa Barat

Telepon 0856 64440760

Jam buka pukul 09.00 – 17.00 Wib

 

RM Mitoha Ikan Bakar

Cisolok, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

 

Tips Wisata di Pelabuhan Ratu

  • Jika Anda akan berwisata di pantai, berhati-hatilah pada arus kuat di sepanjang garis pantai, terutama kalau membawa anak, jangan dibiarkan berenang sendirian tanpa pengawasan Anda.
  • Jangan meletakkan barang-barang bawaan Anda di atas pasir begitu saja, karena bisa terseret ombak. Lebih baik tinggalkan di hotel, digantung di pohon, atau dititipkan ke warung terdekat.
  • Banyak-banyak minum air putih saat berwisata di pantai atau di pemandian air panas alami untuk menghindari dehidrasi karena cairan tubuh yang menguap.
  • Isilah penuh bahan bakar kendaraan Anda dari tempat asal sebelum berangkat ke Sukabumi, sebab kemungkinan akan sulit menemukan SPBU.
  • Jangan lupa memakai sunblock, membawa topi dan kacamata UV saat akan berwisata pantai.

Perlu Kamu Tahu di Pelabuhan Ratu

Rumah Sakit Umum Pelabuhan Ratu

Jl. Jend A Yani, No. 02, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

Telepon 0266 435032

 

 

Leave a Reply