Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sukabumi

Kabupaten Sukabumi terletak di Tatar Pasundan, Propinsi Jawa Barat. Kabupaten yang terletak di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango ini merupakan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur. Kabupaten Sukabumi terdiri atas 47 kecamatan yang terbagi lagi ke dalam 364 desa dan tiga kelurahan, dengan pusat pemerintahan di Pelabuhan Ratu.

Ada banyak objek wisata alam yang bisa Anda nikmati di daerah ini. Kawasan pantainya sangat indah dan populer, begitupun kekayaan alamnya. Jaraknya hanya sekitar 106 kilometer dari Jakarta, dan kotanya sangat mudah diakses oleh berbagai pilihan kendaraan umum. Fasilitas akomodasi juga banyak tersebar di kawasan Sukabumi, sehingga menjadikan kota ini sebagai salah satu kawasan wisata unggulan di Jawa Barat.

Sejarah Sukabumi

Nama Sukabumi dipopulerkan pertama kali oleh Andries Christoffel Johannes de Wilde, seorang administrator perkebunan teh dan kopi berkebangsaan Belanda. Dalam laporan surveynya, Ia mencantumkan nama Soeka dan Boemi yang berasal dari Bahasa Sunda yaitu Suka dan Bumen. Artinya udara sejuk yang membuat orang nyaman menetap. Namun, versi lainnya menyebutkan kalau Sukabumi berasal dari Bahasa Sansekerta yang berarti tanah atau bumi yang disukai.

Ujung Genteng adalah salah satu tempat wisata di Sukabumi yang direkomendasikan untuk dikunjungi via @cahyaanugrah
Ujung Genteng adalah salah satu tempat wisata di Sukabumi yang direkomendasikan untuk dikunjungi via @cahyaanugrah

Dulu sebelum berstatus kota, Sukabumi hanya berupa desa mungil bernama Goenoeng Parang, kini menjadi Kelurahan Gunung Parang. Lantas berkembang menjadi Desa Cikole, dan pada 1 April 1914, pemerintah Hindia Belanda menjadikan Sukabumi berstatus Kotapraja. Tanggal 1 Oktober pun ditetapkan sebagai Hari Jadi Kabupaten Sukabumi.

Cara Pergi ke Sukabumi

Ada beberapa cara untuk pergi ke Sukabumi. Anda bisa pergi dari beberapa kota besar di Pulau Jawa seperti Bandung, Jakarta dan Yogyakarta. Cara paling umum yang digunakan untuk pergi Ke Sukabumi adalah dengan Bus atau Kereta Api. Selengkapnya ada di bawah ini:

Pergi Ke Sukabumi Dengan Pesawat

Anda yang berasal dari luar Jakarta dapat menggunakan pesawat udara menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta. Tiba di bandara Jakarta, Anda bisa menyambung Bus Bandara Damri dengan rute Bandara Soekarno Hatta – Sukabumi, dengan tarif Rp. 100.000. Rute ini telah dibuka kembali setelah beberapa lama tidak beroperasi. Sampai di Terminal Bus Sukabumi, Anda bisa lanjut naik angkot, taksi, atau ojek ke tempat tujuan Anda.

Pergi Ke Sukabumi Dengan Kereta Api

Salah satu cara pergi ke Sukabumi adalah dengan naik kereta api Pangrango via @photofoliomy
Salah satu cara pergi ke Sukabumi adalah dengan naik kereta api Pangrango via @photofoliomy

Jika menggunakan kereta api, Anda akan tiba di Stasiun Sukabumi di Gunung Parang, Cikole, Sukabumi, Jawa Barat. Stasiun ini berada pada ketinggian lebih dari 583 mdpl. Kereta yang berhenti di stasiun ini yaitu Kereta Api Pangrango dan Kereta Api Siliwangi.

KA Pangrango beroperasi tiga kali sehari, dengan pilihan kelas ekonomi atau eksekutif, yang harga masing-masing kelas adalah Rp. 20.000 dan Rp. 50.000. Tiba di Stasiun Sukabumi, ada banyak armada angkot berwarna-warni yang siap menanti Anda, untuk mengantar ke tempat tujuan.

Daftar Jadwal Terbaru kereta Api dari Bogor ke Sukabumi:

Untuk yang ingin pergi ke Sukabumi dengan kereta api, anda bisa mengikuti jadwal kereta api berikut:

  • Berangkat 08.05 – Tiba 10.09
  • Berangkat 13.40 – Tiba 15.43
  • Berangkat 19.05 – Tiba 21.09

Daftar Jadwal Terbaru kereta Api dari Sukabumi ke Bogor:

Untuk anda yang mau pergi ke Bogor dari Sukabumi dengan kereta api, berikut adalah jadwalnya:

  • Berangkat 05.00 – Tiba 07.03
  • Berangkat 10.40 – Tiba 12.43
  • Berangkat 16.20 – Tiba 18.23

Sementara itu untuk jadwal kereta api Pangrango Bogor – Sukabumi lebih jelas dan lengkap bisa anda temukan disini.

Pergi Ke Sukabumi Dengan Mobil Colt

Mobil Colt bisa mudah Anda temukan di Terminal Bogor dan Sukabumi. Tarif Colt bogor bervariasi, mulai dari Rp. 20.000 – Rp. 30.000 per orang.

Pergi Ke Sukabumi Dengan Travel

Ada beberapa travel yang melayani rute ke Sukabumi, baik dari Bandung ataupun dari Jakarta. Untuk daftar travel yang melayani rute ke Sukabumi adalah sebagai berikut:

1. Trans Travel

Pilihan paling nyaman adalah menggunakan Trans Travel yang tersedia di Superindo Pancoran, Jakarta Selatan. Tarif naik travel sekali jalan adalah Rp. 80.000 per orang atau Rp. 100.000 di musim liburan. Perjalanan ke Sukabumi dari pool travel ini menempuh waktu 3 – 4 jam, dan pool travel di Sukabumi berlokasi di Sukabumi Indah Plaza Lantai 2.

2. Travel Siliwangi Trans

Pool travel ini terdapat di Baltos Bandung, sementara yang di Sukabumi di Jalan Siliwangi (sejajar dengan radio NBS). Tarif Rp. 70.000 sekali jalan dengan waktu perjalanan 3 – 4 jam.

Pergi Ke Sukabumi Dengan Bus Umum

Untuk rute bus ke Sukabumi adalah sebagai berikut:

1. Parung Indah Jakarta – Sukabumi

Salah satu bus umum dengan trayek Jakarta – Sukabumi adalah Bus Parung Indah yang melintasi Jalan Raya TB Simatupang. Tarif bus sekali jalan Rp. 30.000 per penumpang dengan waktu tempuh perjalanan antara 4 – 7 jam.

2. Bandung – Sukabumi

Jika Anda bertolak dari Kota Bandung, khususnya dari Terminal Leuwi Panjang, Anda bisa memilih menggunakan bus umum MGI, Sangkuriang, atau Bela Utama, dengan tarif Rp. 30.000 per orang, yang menempuh perjalanan selama 3 – 4 jam di luar tol.

3. Yogyakarta – Sukabumi

Bus Malam Rajawali melayani rute dari Yogyakarta ke Sukabumi dengan tarif Rp 120.000 – Rp. 180.000. Waktu tempuh perjalanan 12-15 jam.

Transportasi Umum di Sukabumi

Untuk berkeliling Kota Sukabumi maupun ke tempat tujuan wisata, Anda bisa menggunakan sarana kendaraan umum Angkot, Bus, Colt mini, Ojek, Taksi, maupun Travel.

Hotel di Sukabumi

Jika anda perlu menginap di Sukabumi, beberapa daftar hotel di Sukabumi ini mungkin akan berguna untuk panduan anda mencari penginapan:

  • Horison Sukabumi, Jl. Siliwangi No. 68, Sukabumi, Jawa Barat, Harga kamar Rp. 360.000
  • Hotel Augusta Sukabumi, Jl. Cikukulu No. 72, Cicantayan, Sukabumi, Indonesia, Harga kamar Rp. 300.000
  • Kampoeng Padi, Jl. Panyinangan, Nagrak, Sukabumi 43356, Harga kamar Rp 1.100.000
  • Tangko Inn Resort, Harga kamar Rp. 420.000
  • Hotel Taman Sari, Jl. Surya Kencana No. 112, Sukabumi, Jawa Barat, Harga kamar Rp. 300.000
  • Karang Aji Beach Villa, Jl. Raya Cisolok Km 20, Desa Ciwaru, Sukabumi, Jawa Barat, Harga kamar Rp. 283.000
  • Airy Karamat Bhayangkara 127 Sukabumi, Jl. Bhayangkara No.127, Karamat, Sukabumi, Indonesia, 40000, Harga kamar Rp. 350.000
  • Turtle Beach Hotel, Ujung Genteng, Kubang Bango, Kelapa Condong, Sukabumi, Indonesia 43179, Harga kamar Rp. 535.000
  • Pangrango Resort Sukabumi, Jl. Selabintana Km. 7, Kecamatan Sukabumi, Jawa Barat 43151, Harga kamar Rp. 390.000
  • Selabintana Conference Resort, Jl. Selabintana Km. 7, Sukabumi, Jawa Barat, Harga kamar Rp. 350.000
  • Anugrah Hotel Sukabumi, Jl. Surya Kencana No. 82, Sukabumi, Jawa Barat 43113, Rp. 358.800
  • MaxOneHotels.com at Bounty Sukabumi, Jl. Siliwangi No. 90, Sukabumi, Jawa Barat, Harga kamar Rp. 300.000
  • Lido Lakes Resort & Conference, Harga kamar Rp. 738.000
  • Fresh Hotel Sukabumi, Jl. Bhayangkara No. 127, Harga kamar Rp. 313.000
  • Inna Samudra Beach, Jl. Raya Cisolok Km. 7, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, Harga kamar Rp. 832.000
  • Lojiwood Beach Cottages, Jl. Pantai Loji Kampung Cisantri RT 45 / RW 13 Desa Sangrawayang, Simpenan, Sukabumi, Jawa Barat, Harga kamar Rp 800.000
  • Hotel Lagusa, Jalan Lagusa, Cisolok, Indonesia, 43366, Harga kamar Rp. 300.000
  • Cikidang Resort, Desa Taman Sari, Kecamatan Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat 43367, Harga kamar Rp. 580.000

Iklim di Sukabumi

Kabupaten Sukabumi beriklim tropis dengan curah hujan yang signifikan. Suhu udara rata-rata adalah 23.5 °C dan curah hujan di sini rata-rata 2806 mm. Suhu udara maksimal yaitu 29 °C.

Bahasa Daerah di Sukabumi

Bahasa Sunda pesisir dan Bahasa Sandi Tipar Sukabumi (Sani Widal). Bahasa ini disebut sebagai Bahasa pergaulan dialek Sunda, di mana terdapat perubahan lafal bentuk huruf pada konsonan.

Tempat Wisata di Sukabumi

Ayo jelajahi keindahan alam wisata di Sukabumi via @kiekiesukabumi
Ayo jelajahi keindahan alam wisata di Sukabumi via @kiekiesukabumi

Sukabumi adalah salah satu tujuan wisata favorit bagi penduduk Jakarta dan Bandung. Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Sukabumi lengkap untuk panduan anda berlibur ke Sukabumi.

1. Mata Air Panas Cisolok

Pemandian air panas alami di Cisolok memiliki keunikan. Selain tempatnya yang berlokasi di pantai dan bukan di pegunungan seperti umumnya sumber air panas alami, uniknya lagi Anda bisa melihat sumber air panas yang menyembur keluar dari bebatuan.

Di sini terdapat tiga titik sumber air panas dengan suhu masing-masing sekitar 80 derajat celcius, yang berasal dari geyser. Mirip geyser di Yellowstone National Park, Amerika, sehingga air panasnya tidak mengandung sulfur. Harga tiket masuk kawasan dan parkir mobil adalah Rp. 30.000. Ada toko-toko kecil dan warung-warung makan di dekat area parkir, dan Anda perlu berjalan melewati jembatan gantung untuk sampai ke pemandian sumber air panas ini.

2. Pelabuhan Ratu

Sebuah pantai populer yang berlokasi sekitar 60 kilometer di selatan Kota Sukabumi. Objek wisata pantai ini tenar berkat panorama alamnya yang indah, hawa sejuk dan hamparan pasir yang luas. Lanskap pantai yang merupakan perpaduan pantai yang landai, tebing-tebing karang, hutan cagar alam, dan debur ombak yang terkesan magis, mampu menyihir pengunjung pantai ini.

3. Pantai Karang Hawu

Pantai ini menyimpan kisah mistis yang menjadikannya lebih terkenal. Konon pantai ini menjadi tempat pertapaan Ratu Pantai Selatan. Ada tebing yang menjorok ke laut dan hamparan pasir yang luas dan halus. Pantai ini bisa diakses hanya sekitar 20 menit dengan kendaraan umum dari Terminal Pelabuhan Ratu atau dengan kendaraan pribadi. Harga tiket masuk kawasan pantai Rp. 2.500.

4. Pantai Cibangban

Berlokasi sekitar 10 kilometer dari Pelabuhan Ratu. Pantainya bersih dan karakteristik ombak lebih tenang bila dibandingkan Pantai Pelabuhan Ratu, sehingga lebih aman untuk berenang. Pantai ini bisa dicapai dalam perjalanan menuju Cisolok. Banyak terdapat sarana penginapan di sekitar area pantai.

5. Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar berada di Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Sebuah kampung yang berusia 650 tahun, bertahan dengan menjunjung adat turun temurun dan budayanya yang menarik. Kampung ini terletak sekitar 750 meter di bawah permukaan laut, di sisi barat Gunung Halimun.

6. Gua Lalay Pelabuhan Ratu

Gua ini terletak 3 kilometer dari Kota Pelabuhan Ratu. Gua ini merupakan rumah dari ribuan kelelawar.

7. Gunung Gede dan Gunung Pangrango

Gede atau Gunung Pangrango di Taman Nasional Gede-Pangrango di utara Kota Sukabumi merupakan suatu pengalaman menarik. Di sini dapat ditemui berbagai jenis ragam tumbuhan serta Bunga Edelweis yang abadi di puncak Petualangan menantang lainnya adalah arung jeram di Sungai Cicatih atau di Sungai Citarik, yang berada 30 km sebelah selatan Kota Sukabumi.

8. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng adalah sebuah pantai indah yang tak hanya menawarkan keindahan pantai berpasir halus dan laut biru namun juga memiliki penangkaran penyu hijau.

9. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja baru mulai terkenal sebagai salah satu tempat wisata di Sukabumi yang pantas dikunjungi beberapa tahun terakhir ini. Berlokasi di Desa Cimaja, sekitar 10 KM dari Pelabuhan Ratu, Pantai Cimaja menawarkan pemandangan indah disertai ombak yang besar namun aman sehingga sangat cocok untuk kegiatan berselancar

10. Sungai Cicatih

Jika Anda suka dengan tantangan, coba saja arung jeram di Sungai Citatih, Sukabumi

11. Pantai Ombak Tujuh Sukabumi

Sudah pernah pergi ke Pantai Ombak Tujuh Sukabumi via @yusup.kurnia
Sudah pernah pergi ke Pantai Ombak Tujuh Sukabumi via @yusup.kurnia

12. Pantai Kesik Urug Sukabumi

Pantai Kesik Urug adalah salah satu pantai di Sukabumi yang bisa anda kunjungi via @yudi_augustian
Pantai Kesik Urug adalah salah satu pantai di Sukabumi yang bisa anda kunjungi via @yudi_augustian

Mal di Sukabumi

Ada beberapa mall dan pusat perbelanjaan di Sukabumi yang bisa anda kunjungi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sukabumi Indah Plaza
  • Supermall Sukabumi
  • Capitol Plaza Sukabumi
  • Selamat Mall
  • Yogya Plaza
  • Tiara Mall
  • Sukabumi Shopping Center
  • Sukabumi Raya Plaza
  • Ramayana Sukabumi
  • Ramayana Cibadak

Museum di Sukabumi

Museum Palagan Bojongkokosan. Museum kebanggaan masyarakat Sukabumi. Didirikan sebagai penghormatan kepada para pahlawan perang yang gugur dalam peristiwa Bojongkokosan, tanggal 9 Desember 1945, yaitu peperangan para pejuang Sukabumi dengan tentara sekutu Inggris dan NICA Belanda, yang ingin kembali menjajah Indonesia. Lokasi di Desa Bojongkokosan, tepatnya di Jl. Siliwangi No. 75, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

Hiburan Malam di Sukabumi

  • Kadieu Bar & Lounge, Jl. Ahmad Yani, Jajaway, Cangehgar, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, Jam buka pukul 17.00 – 23.00 Wib
  • Cempaka Ratu Villa and Lounge, Jl. Raya Cikakak, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat

Rekomendasi Tempat Makan di Sukabumi

  • Cimaja Square, Jl. Raya Pelabuhan Ratu, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat
  • Waroeng Asrie, Jl. Raya Citepus Km. 2 No. 5, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat 43366, Telepon 0226 435755
  • Kapinis Resto, Jl. Raya Pelabuhan Ratu Km. 14, Sukabumi, Jawa Barat 43362, Telepon 0266 320441
  • Cahaya Inti Bahari, Jl. Cimaja Km. 1, Cisolok, Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, Telepon 0856 64440760, Jam buka pukul 09.00 – 17.00 Wib
  • RM Mitoha Ikan Bakar, Cisolok, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

Tips Liburan di Sukabumi

  • Jika Anda akan berwisata di pantai, berhati-hatilah pada arus kuat di sepanjang garis pantai, terutama kalau membawa anak, jangan dibiarkan berenang sendirian tanpa pengawasan Anda.
  • Jangan meletakkan barang-barang bawaan Anda di atas pasir begitu saja, karena bisa terseret ombak. Lebih baik tinggalkan di hotel, digantung di pohon, atau dititipkan ke warung terdekat.
  • Jika Anda tersesat atau bingung arah jalan, segera bertanyalah pada penduduk setempat. Mereka sangat ramah dan siap membantu.
  • Banyak-banyak minum air putih saat berwisata di pantai atau di pemandian air panas alami untuk menghindari dehidrasi karena cairan tubuh yang menguap.
  • Isilah penuh bahan bakar kendaraan Anda dari tempat asal sebelum berangkat ke Sukabumi, sebab kemungkinan akan sulit menemukan SPBU.
  • Jangan lupa memakai sunblock, membawa topi dan kacamata UV saat akan berwisata pantai.

Informasi Tempat Penting di Sukabumi

Dalam keadaan darurat, mungkin anda akan memerlukan batuan beberapa tempat penting di Sukabumi ini seperti Rumah Sakit dan Kantor Polisi di Sukabumi

Daftar Rumah Sakit Di Sukabumi

  • Rumah Sakit Umum Pelabuhan Ratu, Jl. Jend A Yani, No. 02, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, Telepon 0266 435032
  • RSUD Sekarwangi, Jl. Siliwangi 49, Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat, Telepon 0266 531117, Fax. 0266 531646
  • RS Hermina Sukabumi, Jl. Raya Sukaraja Rt. 03/03, Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat, Telepon 0266 6252525, Fax. 0266 235020
  • RSI Sukabumi, Telepon 0266 61115
  • RS Syamsudin SH, Jl. Rumah Sakit No. 1, Sukabumi, Jawa Barat, Telepon 0266 225180, Fax. 0266 212988
  • RS Bhakti Medicare, Jl. Raya Siliwangi No. 186 B, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Telepon 0266 731555, Fax. 0266 731899

Daftar Kantor Polisi Di Sukabumi

  • Polsek Sukaraja, Jl. Raya Sukaraja, Pasirhalang, Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat, Telepon 0266 221745
  • Polsek Parung Kuda, Jl. Raya Siliwangi No. 52, Parung Kuda, Sukabumi, Telepon 0266 531853

Leave a Reply