Panduan Tips Pergi Liburan Ke Bandung

Bandung adalah salah kota metropolitan terbesar yang ada di Jawa Barat, yang juga menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota terbesar ketiga di Indonesia, sesudah Jakarta dan Surabaya berdasarkan jumlah penduduknya. Letak kota ini dekat dengan wilayah pegunungan dan cuacanya relatif dingin. Kota Kembang nama lain dari Bandung, karena kota ini memiliki banyak kembang di sekitar kotanya.

Bandung juga terkenal dengan julukan ‘ Paris Van Java ‘ oleh pemerintahan kolonial Belanda.  Soalnya pada jaman itu Bandung ini sedikit mirip dengan kota Paris, terutama padasuasana Jalan Braga di tahun 1920an. Sekarang, Kota Bandung sepertinya lebih dikenal sebagai kota belanja. Tidak heran, dengan jumlah mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini. Belakangan, Bandung ini sedikit demi sedikit juga berubah menjadi kota wisata kuliner.

Lengkap sudah, Bandung ini adalah salah satu kota Besar di Indonesia yang cocok sebagai tujuan wisata Utama. Jadi Indonesia ini sebenarnya tidak cuma punya Bali atau Yogyakarta sebagai tujuan wisata. Namun, Bandung juga menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia

Kota Bandung adalah salah satu kota besar di Indonesia yang padat penduduk via @daviiiid2
Kota Bandung adalah salah satu kota besar di Indonesia yang padat penduduk via @daviiiid2

Wilayah Utama Bandung

  • Kota Bandung, yang terkenal dari daerah ini yaitu Cihampelas.Kawasan daerah ini terkenal dengan fashion jeansnya di kalangan masyarakat,di tempat ini terdapat macam – macam factory outlet yang bisa dipilih oleh para pengunjung di saat berbelanja. Contohnya yang bisa dikunjungi adalah Sentra Jeans Cihampelas, tetapi terdapat toko lainnya yang menjual beragam jenis pakaian jeans dari kualitas biasa sampai yg kualitas tinggi dengan harga yang bervariasi.
  • Bandung Barat, Merupakan kawasan Industri utama dan perumahan. Bandara Internasional Hussein Sastranegara dan industri Pesawat Terbang juga berada dsini. Kawasan ini terhubung ke barat dengan Cimahi dan Padalarang dimana Anda bisa menemukan lebih banyak industri, dan juga Kota Baru Parahyangan (kawasan perumahan).
  • Bandung Utara, sebagian besar merupakan area perumahan. Udara memang jauh lebih sejuk di sini sehingga lebih baik untuk area perumahan. Kawasan perumahan berkembang ke daerah yang lebih tinggi dengan udara segar dan sejuk seperti sariwangi, gerlong, dan ciwaruga. Wilayah ini juga banyak terdapat perguruan tinggi. Mall seperti mal Paris Van Java dan Bandung Trade Center juga bisa anda temukan. Sementara itu deretan Factory Outlet bisa anda temukan di Jalan Setiabudi. Lebih jauh ke utara Anda akan menemukan banyak tempat rekreasi di Bandung yang indah seperti Dusun Bambu, Villa istana bunga, Lembang, Air Terjun Maribaya, Kafe Bunga, Curug Tilu, Camp Ciwangun Indah, Curug Pelangi Air Terjun dan banyak cafe juga restoran dengan pemandangan pegunungan dan hutan disini.
  • Bandung Selatan, merupakan kawasan luas yang padat dengan daerah perumahan, bisnis, dan industri. Mayoritas bukan kawasan wisata kecuali beberapa titik seperti pusat produksi sepatu di Cibaduyut. Berisi banyak industri tekstil dan garmen yang merupakan industri utama di wilayah Bandung.
  • Bandung Timur, Jika anda ingin menikmati seni tradisional Angklung, Saung Angklung Mang Udjo yang menawarkan pertunjukan seni angklung bisa anda temukan disini.
  • Cipaganti Dan Cihampelas, Dua jalan memanjang yang berisi area hunian kelas atas (di Jalan Cipaganti) dan pusat penjualan celana jins Bandung (di Jalan Cihampelas). Berjalan di jalanan kecil antara dua jalan utama dan Anda akan menemukan daerah perumahan yang lebih santai dengan beberapa kafe bagus yang berada di sekitar daerah tersebut. Cihampelas Walk Mall (mall dengan konsep terbuka) ada di daerah ini. Travel dari dan ke Jakarta sebagian besar berangkat dari daerah ini.
  • Dago, pada zaman kolonial, lokasi ini yang menjadi pemukiman favorit untuk kalangan orang kaya. Di daerah lokasi ini Anda dapat menemukan deretan factory outlet, restoran, dan hotel di sepanjang Jalan Dago. Dan tampak Gedung Sate yang menjadi bagian dari kota ini yang mengalami perubahan sangat besar dalam proses gentrifikasi. Masih di lokasi ini Anda dapat menemukan Institut Teknologi Bandung dan juga Kebun Binatang Bandung.
  • Riau/Area Gedung Sate, Bagian dari kompleks pemerintahan kolonial bersejarah yang sangat bagus dan direncanakan. Salah satu tempat sempurna di Bandung untuk dijelajahi dengan berjalan kaki. Bersama daerah Dago, bagian kota ini mengalami perubahan proses gentrifikasi yang luar biasa. Anda bisa menemukan banyak restoran dan factory outlet di daerah ini. Banyak pohon rindang membuat daerah ini menjadi lokasi yang sempurna untuk kafe. Pastikan untuk mampir dan berfoto di Gedung Sate sebagai warisan arsitektur di Bandung.
  • Sukajadi, adalah tempat yang menjadi incaran bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing di Bandung. Di kawasan ini terdapat pusat perbelanjaan yang menjadi favorit oleh wisatawan, salah satunya ‘Paris Van Java’ yang merupakan salah satu mall terbesar di Bandung.
  • Lembang, merupakan tempat wisata yang menjadi kebanggaan masyarakat Bandung, yang terletak di daerah yang strategis dan memiliki lanskap alam yang indah dengan udara yang sejuk dan suhu rata – rata 17 – 27 derajat celcius Dan banyak pilihan tempat wisata di Lembang, seperti Floating Market, De Ranch, Boska, dan lain – lain.
  • Buah Batu, jika Anda pecinta Belanja, selain Dago, kawasan Setiabudi menjadi destinasi yang paling populer di Bandung. Di Setiabudi terdapat satu kompleks yang menyediakan factory outlet dan distro terbesar yang ada di Bandung. Dan factory outlet yang favorit dikunjungi wisatawan di Setiabudi adalah ‘ Rumah Mode ‘.
  • Cimahi Utara, daerah yang terkenal dengan penghasil produk – produk pertanian dan perkebunan. Ciwidey sangat cocok untuk para wisatawan yang menyukai pemandangan alam yang asri. Dan yang paling populer dari Ciwidey adalah Kawah Putih, harga tiketnya mulai dari Rp. 15.000 – Rp. 30.000.
  • Ciumbuleuit, letaknya sekitar 4 km dari pusat kota mempunyai luas area mencapai 145 hektar. Di lokasi ini terdapat Bandara Husein Sastranegara yang hanya melayani penerbangan dengan menggunakan pesawat kecil. Tetapi dengan luas area 2.400 meter persegi yang hanya menampung maksimal 1 juta penumpang tiap tahunnya. Dan oleh karena itu PT. Angkasa Pura II, melakukan renovasi Bandara Husein Sastranegara dengan membangun terminal dan apron yang baru.

Sejarah Bandung

Nama Bandung asalnya dari kata Bendung atau Bendungan dikarenakan terbendungnya sungai citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu yang kemudian membentuk telaga. Berdasarkan filosofi Sunda, kata Bandung berasal dari kalimat Nga-Bandung-an Banda Inung, merupakan kalimat sakral dan luhur yang mengandung nilai ajaran Sunda. Nga-Bandung-an memiliki arti menyaksikan atau bersaksi. Dan Banda artinya segala sesuatu yang ada di alam hidup yaitu bumi dan atmosfer, baik mahkuk hidup atau benda mati.

Kota Bandung jika dilihat secara geografis akan terlihat dikelilingi oleh pegunungan, dan ini memperlihatkan bahwa di masa lalu kota Bandung merupakan sebuah telaga atau danau. Dan kota Bandung mulai dijadikan sebagai kawasan pemukiman berawal sejak pemerintahan kolonial Hindia-Belanda.

Suasana malam hari di Alun-Alun Bandung via @daryfa
Suasana malam hari di Alun-Alun Bandung via @daryfa

Pada abad ke 17-18, Perusahaan Hindia Belanda (VOC) menciptakan perkebunan kecil di Bandung, dengan jalan ke Batavia (sekarang di Jakarta) selesai pada tahun 1786. Pada tahun 1809, Louis Bonaparte, penguasa Belanda dan koloninya, memerintahkan Gubernur Hindia Belanda HW Daendels untuk memperbaiki pertahanan Jawa melawan ancaman Inggris, yang menduduki semenanjung Melayu di dekatnya.

Daendels menanggapi dengan membangun Great Post Road (De Groote Postweg) yang membentang sekitar 1000km antara barat dan pantai timur Jawa, sekarang jalanan Anyer sampai Panarukan. Karena pantai utara memiliki rawa dan rawa yang tidak bisa dilalui saat itu, jalan tersebut dialihkan melalui Bandung sepanjang jalan Asia-Afrika.

Daendels sangat menyukai lokasi strategis Bandung sehingga dia menyuruh ibu kota dipindahkan ke sana. Barak militer dibangun dan Bupati Wiranatakusumah II, kepala administrasi daerah tersebut, membangun istananya, Masjid Agung (Masjid Agung) dan pendopo (tempat pertemuan) di alun-alun alun-alun kota klasik dekat sepasang Sumur Bandung (Sumur Bandung) dan menghadap gunung mistis Tangkuban Perahu.

Pada perang kemerdekaan, Bandung di juluki dengan ‘ Bandung Lautan Api’ merupakan peristiwa bersejarah di tahun 1946, menceritakan perjuangan masyarakat Bandung melawan penjajah dari Belanda dan Inggris. Di waktu yang bersamaan sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka dengan tujuan supaya kota Bandung tidak dimanfaatkan oleh penjajah sebagai markas militer.

Di tanggal 18 April 1955 bertempat di Gedung Merdeka  yang dahulu bernama Concordia, Jalan Asia Afrika, saat ini letaknya bersebrangan dengan Hotel Savoy Homann, diadakannya pertama kalinya Konferensi Asia Afrika yang kemudian kembali KTT Asia-Afrika 2005 diadakan di kota ini pada tanggal 19-24 April 2005.

Cara Pergi ke Bandung

Kota Bandung terletak di daerah dataran tinggi, dari Jakarta bisa di tempuh dengan kereta api atau lewat tol Cipularang. Jika menggunakan perjalanan darat, tersedia beberapa minibus yang bisa mengantarkan Anda dari Jakarta ke Bandung.

Melalui udara

Pesawat Terbang, semua perjalanan dengan menggunakan pesawat akan mendarat di Bandara Internasional Husein Sastranegara ( BDO ). Bandara ini terletak di ujung Jalan Pajajaran , sekitar 4 km dari pusat kota. Dari Bandara tidak tersedia taksi argo. Pada umumnya pihak hotel menyediakan gratis jasa antar jemput Bandara. Namun jika tidak, taksi tanpa argo adalah pilihan anda.

Taksi resmi bandara Bandung memang tidak menggunakan argo dan hanya akan di layani ketika Anda sudah memiliki tiket taksi ( tiket ditunjukkan dengan jumlah yang Anda harus dibayarkan untuk pengemudinya ) yang bisa di beli di stan taksi di dekat pintu keluar kedatangan internasional, dengan tarif minimal sekitar Rp. 40.000.

Bandara Soekarno-Hatta Jakarta hanya berjarak sekitar 3 jam perjalanan (ditambah kemacetan lalu lintas, bisa lebih lama lagi). Sejumlah perusahaan Travel menawarkan layanan antar jemput langsung dari Bandung hingga Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

Berikut beberapa jenis pesawat terbang yang melayani tujuan Bandung :

  1. Air Asia – beroperasi tiga kali dalam sehari keberangkatan dari Kuala Lumpur, dan dua kali dari Singapore, dan satu hari sekali dari Pekanbaru
  2. Garuda Indonesia – beroperasi setiap hari dari Surabaya, Denpasar, Batam
  3. Lion Air – beroperasi dua kali sehari dari Denpasar dan Surabaya, setiap hari dari Banjarmasin, Batam, dan Medan
  4. Silk Air – beroperasi setiap minggu lima kali keberangkatan dari Yogyakarta dan Semarang.
  5. Wing Air – beroperasi setiap hari keberangkatan dari Yogyakarta dan Semarang.

Bandara Bandung berada sangat dekat dengan pusat kota. Tarif taksi biasanya ditetapkan sebesar Rp42.000 untuk sebagian besar wilayah kota. Pastkikan anda beli tiket di loket yang resmi, karena saat Anda menanyakan langsung pada pengemudi taksi, mungkin anda akan diminta membayar lebi mahal hingga Rp70.000.

Alternatif lebih murah mungkin dengan transportai online, namun anda perlu berjalan kaki terlebih dahulu hingga keluar Bandara (sekitar 10-15 menit). Taxi dan ojek online memang tidak diperbolehkan menjemput penumpang di dalam bandara Bandung akibat monopoli transportasi.

Harga tetapnya masih merica karena ongkos taksi dari bandara kami di Bandung SuperMal ke bandara, di pagi hari hanya menghabiskan biaya Rp30.000. Ini monopoli dikontrakkan ke hanya satu perusahaan taksi.

Passenger Service Charge ( PSC ) atau airport tax :

  • Penerbangan domestik : Rp. 25.000
  • Penerbangan internasional : Rp. 75.000

Tarif Taksi Dari Bandara Ke Kota Bandung

Tarif taksi sekitar Rp. 42.000 ke beberapa kota, tapi dengan membeli tiket taksi ke “calo”, mereka akan memasang harga Rp. 70.000.

Angkutan Umum Dar Bandara Bandara Husein Sastranegara

Warga Bandung biasanya menggunakan angkutan kota atau yang biasa dikenal dengan angkot, untuk transportasi di dalam kota. Dan untuk tarif angkot dari Bandara Husein Sastranegara dengan tujuan ke pusat kota Bandung mulai dari Rp. 2.500, dari Bandara, terminal angkot hanya sejauh 10 menit jalan kaki.

Sewa Mobil Di Bandara Husein Sastranegara

Jika Anda ingin menyewa mobil agar lebih nyaman pada saat berlibur di Bandung, di Bandara Husein Sastranegara mulai dari Rp. 300.000 per hari dan tergantung jenis mobilnya.

Melalui Darat

Ada beberapa moda transportasi umum dari beberapa kota besar di Jawa yang melayani rute ke Bandung. Pilihan transportasi darat yang bisa digunakan untuk menuju ke Bandung adalah dengan naik Bus, Kereta atau jika dari Jakarta pilihan favoritnya adalah dengan Travel dan mobil pribadi.

Naik Bus Ke Bandung

Bus, terminal utama di Bandung adalah terminal Leuwipanjang, melayani bus – bus dari Bogor, Jakarta, Merak, Pandeglang, Tangerang, Depok, Bekasi, Cikarang, Cibinong dan Sukabumi. Dan Terminal Cicaheum, melayani bus – bus dari Cirebon, Garut, Tasikmalaya, Banjar, Pangandaran, Indramayu, dan lain – lain

Tarif dari Jakarta :

  • Kampung Rambutan, mulai dari : Rp. 20.000 ( ekonomi ) Rp. 40.000 ( eksekutif )
  • Kalideres, mulai dari Rp. 50.000 ( eksekutif )
  • Lebak Bulus, mulai dari Rp. 45.000 ( patas AC )
  • Tanjung Priok, mulai dari Rp. 45.000 ( patas AC )

Naik Travel Dari Dan Ke Bandung

Travel adalah salah satu moda transportasi yang umum digunakan untuk pergi ke Bandung dari Jakarta dan beberapa kota di sekitarnya. Biasanya armada travel adalah dengan minivan 6-12 kursi yang berangkat setiap lima belas menit sampai setiap 1 sampai 2 jam tergantung pada penyedia layanan travel.

Layanan dapat dikategorikan baik yang mengantarkan dari pintu ke pintu dengan mobil sewaan atau yang membawa kelompok dari satu pool atau meeting point. Harga travel ke Bandung dari jakarta mulai dari seratus ribuan. Beberapa daftar travel dari Jakarta ke Bandung yang bisa anda coba adalah sebagai berikut:

  • Cipaganti, salah satu penyedia travel rute Jakarta – Bandung yang terbesar. Jadwal keberangkatan ada setiap 30 menit, harga mulai dari 100 ribuan.
  • CitiTrans, Jakarta (Fatmawati, Bintaro, Sudirman, Kelapa Gading, Pasar Pagi, Central Park), ☎ 08041111000. Bandung (Dipati Ukur, Cihampelas Walk, Pasteur), ☎ 08041111000. Tarif CitiTrans dari Jakarta – Bandung Rp 90.000.
  • Star Shuttle, ini milik Grup Cipaganti untuk bersaing dengan Baraya. ☎ +62 21 700 500 000 dan +62 21 700 500 000.
  • 4848 Taxi. Jl Prapatan 34, Jakarta. ☎ +62 21 381 4488, +62 21 386 4848.
  • Silver Bird Van Taxi (Blue Bird Group), Jl. Mampang Prapatan Raya 60, Jakarta Selatan. ☎ +62 21 798 1234. Harga: Rp 750.000 dari pintu ke pintu, ditambah biaya tol Rp 40.000.
  • Bus Primajasa, ☎ +62 22 607 3992 (Bandung), ☎ +62 21 800 9545 (Jakarta). Menyediakan layanan antar jemput langsung dari bandara Soekarno-Hatta Jakarta ke Batununggal, Bandung namun mereka tidak lagi berhenti di Bandung Super Mall. Perjalanan dari Bandara Jakarta akan memakan waktu 3 jam dan biayanya adalah Rp75.000. Jadwal: setiap setengah jam dari pukul 00:30-16:00. Bus mereka memiliki ruang merokok dan toilet di bagian belakang. Dari terminal bus Lebak Bulus, Jakarta Selatan, tarif Primajasa ke Bandung adalah Rp50.000.
  • Baraya, harga tiketnya hanya Rp 70.000. ☎ +62 21 7244 999 dan +62 22 253 3456.
  • X-Trans, Jl. Blora 1 AB, Central Jakarta, ☎ +62 21 315 0555. Tarif X-Trans dari Jakarta ke Bandung mulai dari Rp. 90.000.
  • DayTrans, Meeting point atau pool travel DayTrans di Jakarta adalah: Karet, Mall Senayan City, FX Plaza, Kebon Jeruk-Binus, Grogol, Atrium Plaza, Meruya-Intercon, Hotel Acacia, Blora, Sarinah, Fatmawati, Cempaka Putih Pulomas, Tebet/Pancoran and Jatiwaringin, ☎ +62 21 7063 6868 atau 6386 4005. Bandung (Dipati Ukur, Cihampelas and Pasteur), ☎ +62 22 7063 6868. Tarif DayTrans dari Jakarta ke Bandung Rp 90.000.

Naik Kereta Api Ke Bandung

Kereta Api cocok jika Anda menginginkan ketepatan waktu dan nyaman, bisa menggunakan kereta api sebagai transportasi pilihan menuju Bandung. Terutama jika ingin menghindari kemacetan yang sering terjadi di Tol Cipularang. Perjalanan dari Jakarta – Bandung membutuhkan waktu tiga jam. Bandung mempunyai dua stasiun kereta utama, yaitu:

  1. Stasiun Bandung, merupakan stasiun kereta api yang melayani rute dari Jakarta, Semarang, Surabaya, atau Yogyakarta untuk kelas bisnis dan eksekutif.
  2. Stasiun Kiaracondong, merupakan stasiun kereta api yang melayani rute yang sama ( kecuali Jakarta ) untuk kelas ekonomi.

Bandung juga bisa dicapi dengan kereta api dari beberapa kota besar di Pulau Jawa. Untuk kereta api yang bisa anda naiki untuk menuju ke Bandung adalah sebagai berikut:

Nama Kereta Rute Kelas Lama Perjalanan Harga Jumlah Keberangkatan (per hari)
Argo Parahyangan Gambir (Jakarta) – Bandung Eksekutif, Bisnis 3jam 10m Rp 95,000 to Rp 110,000 (Eksekutif), Rp 75,000 to Rp 90,000 (Bisnis) 6 (hari biasa), 8 (weekend)
Argo Wilis Gubeng (Surabaya) – Bandung Eksekutif 13jam Rp 350,000 to Rp 550,000 1
Turangga Gubeng (Surabaya) – Bandung Eksekutif 13jam Rp 360,000 to 520,000 1
Mutiara Selatan Gubeng (Surabaya) – Bandung Eksekutif 12jam40m Rp 280,000 to Rp 340,000 1
Ciremai Ekspres Cirebon – Bandung Eksekutif, Bisnis, Ekonomi 4jam Rp 105,000 to 135,000 (Exe) 1
Harina Pasarturi Surabaya – Bandung (via Semarang) Eksekutif, Bisnis 12jam10m Rp 500,000 1
Malabar Malang – Bandung Eksekutif, Bisnis, Ekonomi 15jam Rp 350,000 – 460,000 (Exe) 1
Lodaya Malam Balapan (Solo) – Bandung Eksekutif, Bisnis 16jam Rp 130,000 & Rp 80,000 1 (malam hari)
Lodaya Pagi Balapan (Solo) – Bandung Eksekutif, Bisnis 15jam Rp 150,000 & Rp 90,000 1 (siang hari)
Pasundan Gubeng (Surabaya) – Bandung Ekonomi 1
Kahuripan Kediri – Bandung Ekonomi 1
Kutojaya Selatan Kutoarjo – Bandung (Kiaracondong) Ekonomi 1
Serayu Purwokerto – Bandung (Kiaracondong) Ekonomi 6jam 20m 2x sehari
Serayu Kota (Jakarta) – Bandung (Kiaracondong) Ekonomi 3jam 15m 2x sehari
Baraya Geulis Padalarang – Bandung – Cicalengka Bisnis 1jam 22m Rp 8,000 Sehari 10x ke PDL; 2x ke CLK
KA Cibatu Purwakarta – Bandung Ekonomi 1
KA Cibatu Cibatu – Bandung Ekonomi 1
KA Cianjur Cianjur – Bandung Ekonomi 2
KRD Patas Cicalengka – Bandung Ekonomi 36m 9x sehari
KRD Bandung Raya Padalarang – Bandung – Cicalengka Ekonomi 1jam19m 9x  sehari

Dengan Kendaraan Pribadi

Mobil, menggunakan mobil bisa melalui beberapa jalur berikut, dengan jarak jempuh sekitar 2-3 jam ( tergantung dari kondisi lalu lintas pada saat itu )

  • Jalur 1 : Tol Cikampek – Tol Cipularang – Tol Padaleunyi – Bandung
  • Jalur 2 : Tol Jagorawi – Puncak – Cianjur – Tol Padaleunyi – Bandung
  • Jalur 3 : Tol Jagorawi – Cibubur – Jonggol – Ciranjang – Tol Padaleunyi – Bandung

Sepeda Motor, Jika Anda hendak menggunakan motor, ada beberapa jalur yang bisa Anda pilih, antara lain :

  • Rute 1 : Via Cikampek
  • Rute 2 : Via Puncak ( Anda bisa mampir ke Puncak Pass dan Taman Safari Indonesia)
  • Rute 3 : Via Jonggol

Transportasi di Bandung

Untuk berkeliling kota bandung, ada beberapa moda transportasi yang bisa anda gunakan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Angkutan Umum ( Angkot )

Angkot ini adalah salah satu moda transportasi umum yang banyak digunakan di Bandung via @adieprog
Angkot ini adalah salah satu moda transportasi umum yang banyak digunakan di Bandung via @adieprog

Rute angkot yang resmi terdaftar di website Bandung Info Kota. Bentuk angkot di kota Bandung hampir sama dengan dengan angkot di kota lain pada umumnya. Dan tarif angkot dimulai dari Rp.2.500. Untuk rute angkot di Bandung bisa dilihat dibawah ini :

  • 01A. Abdul Muis-Cicaheum via Binong (Kebon Kalapa – Cicaheum via Binong) (hijau-kuning) 24 Jam
  • 01B. Abdul Muis-Cicaheum via Aceh (Kebon Kalapa – Cicaheum via Aceh) (hijau-merah tua)
  • 02. Abdul Muis – Dago (Kebon Kalapa – Dago) (hijau-orange)
  • 03. Abdul Muis – Ledeng (Kebon Kalapa – Ledeng) (hijau-biru muda)
  • 04. Abdul Muis – Elang (Kebon Kalapa – Elang) (orange-putih-hijau)
  • 05. Cicaheum – Ledeng (hijau-hitam)
  • 06. Cicaheum – Ciroyom (hijau-orange-hijau) 24 Jam
  • 07. Cicaheum – Ciwastra – Derwati (coklat-krem-coklat)
  • 08. Cicaheum – Leuwipanjang (Hijau muda-biru-hijau muda) (Sebelumnya Cicaheum-Cibaduyut)
  • 09. Stasiun Hall – Dago (hijau-orange-hijau)
  • 10. Stasiun Hall – Sadang Serang (hijau-kuning-hijau)
  • 11A. Stasiun Hall – Ciumbeuleuit via Eyckman (hijau-biru-hijau)
  • 11B. Stasiun Hall – Ciumbeuleuit via Cihampelas (hijau-biru-hijau)
  • 12. Stasiun Hall – Gede Bage (hijau muda-merah-hijau) 05.00-21.00
  • 13. Stasiun Hall – Sarijadi (biru muda-biru tua-hijau Lintas Husein)
  • 14. Stasiun Hall – Gunung Batu (biru muda-orange-hijau Lintas Husein)
  • 15. Margahayu Raya – Ledeng (kuning-biru-kuning-biru)
  • 16. Dago – Riung Bandung Permai (putih-kuning-hijau)
  • 17. Dago – Pasar Induk Caringin (orange-putih-hijau)
  • 18. Panghegar Permai – Dipatiukur (putih-kuning-merah-hijau)
  • 19A. Ciroyom – Sarijadi via Sukajadi (hijau-krem-hijau)
  • 19B. Ciroyom – Sarijadi via Sederhana (hijau-krem-hijau)
  • 20. Ciroyom – Bumi Asri (hijau-strip krem-orange)
  • 21. Ciroyom – Cikudapateuh (putih-kuning-putih-hijau)
  • 22. Sederhana – Buah Batu – Cipagalo (Sukajadi – Kalapa & Kalapa – Buah Batu) (biru-putih-hijau)
  • 23. Sederhana – Cijerah (hijau-merah-hijau)
  • 24. Sederhana – Cimindi (biru muda-biru tua-hijau Lintas Husein)
  • 25. Ciwastra – Ujungberung (biru muda-kuning-biru muda)
  • 26. Cisitu – Tegalega (ungu-putih-hijau)
  • 27. Cijerah – Ciwastra – Derwati (abu abu-putih-hijau)
  • 28. Elang – Gede Bage – Ujungberung (biru-krem-hijau)
  • 29. Abdul Muis – Mengger (Kebon Kalapa – Mengger) (orange-putih-hijau)
  • 30. Elang – Cicadas (Elang – Kebon Kalapa via Pasar Baru, St. Hall & Kalapa – Cicadas via TSM, Binong) (merah-putih-hijau)
  • 31. Antapani – Ciroyom (coklat-merah-hijau)
  • 32. Cicadas – Cibiru (hijau-biru-hijau) 24 Jam
  • 33. Bumi Panyileukan – Sekemirung (Gedebage – Simpang Dago) (pink-putih-hijau)
  • 34. Sadang Serang – Caringin (biru muda-kuning-hijau) 24 Jam
  • 35. Cibaduyut – Karang Setra (Kalapa – Cibaduyut & Kalapa – Karang Setra) (kuning-putih-hijau)
  • 36. Halteu Andir – Cibogo Atas (biru muda-biru tua-hijau Lintas Husein)

Untuk rute angkot di Bandung yang lebih lengkap bisa anda lihat disini.

Sewa Mobil Di Bandung

Menyewa mobil sendiri mungkin adalah salah satu pilihan paling fleksible untuk berkeliling Kota Bandung. Tarif sewa mobil di Bandung adalah sekitar Rp500.000 per hari (12 jam), atau Rp600.000 (12 jam) tidak termasuk bensin, parkir dan tol untuk perjalanan di luar kota Bandung. Beberapa tempat menyewa atau rental mobil di Bandung adalah sebagai berikut:

  • Dirgantara Car Rental, Jl. Lamping No 7. ☎ +62 022 203 5050.
  • Mulia Car Rental, JL Batununggal Elok I, No. 2A, Bandung. ☎ +62 0812 201 5474
  • Abdi Rental Car, JL AH Nasution, No. 304, Cipadung, Bandung. ☎ +62 0813 2184 4567

Taksi

Jika Anda termasuk yang tidak mau ribet dan selalu menginginkan kenyamanan bisa memilik taksi sebagai transportasi selama Anda wisata di Bandung. Perusahaan taksi di Bandung yang bisa di percaya dan diandalkan di Bandung adalah Blue Bird. Tetapi masih ada beberapa perusahaan taksi yang bisa Anda pilih, diantaranya yaitu :

  1. AA Taxi, Jl. Industri 15 Telp 022-60887777
  2. Blue Bird, Jl Terusan Buah Batu 194 Telp 022-7561234 ( reputasi taksi yang baik dan bisa diandalkan, dan merupakan perusahaan taksi yang bagus di Indonesia)
  3. 4848, Jl. Suniaraja Timur 39 Telp 022-4234848 ( handal, pelayanan baik untuk rute Bandung ke Jakarta.
  4. Cipaganti Taxi, Jl. Gatot Subroto No 94 Telp 022-7319498, 022-70070000
  5. Gemah Ripah, Telp 022-4217070 ( pilihan kedua setelah Blue Bird )
  6. Centris Taxi, Jl.Soekarno Hatta 606-A Telp 022-7512100.
  7. Bandung Raya, Jl. Dr Setiabudhi 177 Telp 022-2014018
  8. Kota Kembang, Jl. Kiaracondong 338, Telp 022-7312312
  9. Rina-Rini Taxi, Jl Jenderal Sudirman 561B Telp 022-7051111
  10. Putra, Komplek Marga Asih, Jl. Nilem 2 Blok J1 No 10. Telp 022-5405010

Bus DAMRI

Di kota Bandung bus DAMRI melayani rute untuk tujuan ke seluruh Bandung. Dan tarif per penumpangnya mulai dari Rp. 2.000 ( ekonomi ) dan Rp. 3.000 ( AC ). Beberapa trayek sudah tidak beroperasi lagi. Umumnya, bus DAMRI beroperasi mulai dari pukul 05.30 hingga 18.00. Berikut adalah beberapa trayek damri Bandung yang masih beroperasi dilayani oleh Perum DAMRI:

  1. Ledeng – Leuwi Panjang
  2. Dipati Ukur – Leuwi Panjang
  3. A. Elang – Jatinangor via tol Moh. Toha
  4. B. Elang – Cibiru via By Pass Soekarno Hatta
  5. Dipati Ukur – Jatinangor via tol Moh. Toha
  6. Kebon Kalapa – Tanjung Sari
  7. Cicaheum – Leuwi Panjang
  8. Cibiru – Kebon Kalapa
  9. Alun alun – Ciburuy

Trans Metro Bandung (TMB)

Moda transportasi Trans Metro Bandung ini bisa dijadikan pilihan alternatif transportasi bagi wisatawan yang sedang berlibur.di Bandung.Berikut 16 halte jalur Trans Metro Bandung :

  1. Koridor 1, Jl. Raya Cibiru Jl Soekarno Hatta Elang
  2. Koridor 2 Antapani, Jl Laswi Jl Lingkar Selatan
  3. Koridor 3 Ujung Berung, Jl Surapati Jl Djunjunan
  4. Koridor 4 Cibeureum Cicaheum
  5. Koridor 5 Buah Batu Kebun Kawung
  6. Koridor 6 Banjaran – Gedebage Kebun Kawung
  7. Koridor 7 Padalarang Elang – Kebun Kawung
  8. Koridor 8 Soreang Kopo Leuwipanjang Kebun Kawung
  9. Koridor 9 Cibaduyut Tegallega Kebun Kawung
  10. Koridor 10 Ledeng Gegerkalong Kebun Kawung
  11. Koridor 11 Caringin Pasirkaliki Sarijadi

Hotel di Bandung

Sebagai salah satu kota tujuan wisata di Indonesia, Bandung memiliki penginapan atau hotel dalam berbagai kelas. Mulai dari Villa, hotel budget hingga mewah bisa ditemukan di kota ini.

Budget, Hotel Backpacker Di Bandung

Untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas da pelayanan yang memuaskan. Beberapa hotel budget atau hotel backpacker di Bandung yang bisa anda coba:

  • ZZZ Express, Beberapa ratus meter setelah Hunny Hostel, jalan yang sama, Telp +62 22 96083105/87786212. Hostel backpacker murah seperti tetangganya Hunny Hostel. Menawarkan layanan yang sama dengan harga yang sama dan terlihat sedikit lebih baru. Tarf per malam mulai dari Rp. 100.000
  • Chez Bon Hostel, Jalan Braga 45, Telp +6222 426-0-600. Bersih dan nyaman. Wifi gratis. Kamar mandi bersama. Kamar asrama hanya 150 000 rupiah per orang/malam.
  • Venesia Guesthouse, Jalan Kebon Sirah No 6 40117 (15 menit berjalan kaki dari Jalan Braga). Kamar yang sangat bersih dan nyaman dengan AC dan staf yang ramah. Free wifi. Kamar mandi bersama. Tarif per malam mulai dari Rp. 120.000 termasuk sarapan pagi.
  • GARDEN Hostel, Sebuah asrama di Jalan Dago, suasana segar dan taman hijau yang nyata, Ir.H.Juanda 294 B, Dago, Telp +62 22 2515224/2512829/085954050798. Harga mulai dari 125.000 per malam.
  • Hunny Hostel, Paskal Hyper Square, blok C, # 28, Pasir Kaliki, Telp +62 85 862 006 722 atau +62 22 86060701. Di dalam kompleks yang aman dan terjaga, berada di dekatstasiun kereta api Bandung (bisa jalan kaki), dekat dengan banyak warung makanan jalanan, sebuah food court dan banyak bus lokal (angkot / bemos), ini adalah tempat yang benar-benar cocok untuk backpacker. Mereka akan memberi Anda peta Bandung dan semua indikasi untuk hal menarik terdekat untuk dilihat dengan gratis. Sarapan gratis, WiFi gratis di common room, teras atap untuk menikmati malam yang dingin di Bandung. Asrama campuran, asrama wanita dan beberapa ruangan. Tarif per malam mulai dari Rp. 100.000

Hotel Menengah Di Bandung

Jenis penginapan ini biasanya lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3. Beberapa hotel menengah di Bandung berbintang 2 dan 3 yang bisa anda coba adalah sebagai berikut:

  • Ibis Hotel Bandung, Jl. Gatot Subroto no. 289. Telp +62 22 8734 5555 (fax:+62 22 8734 7777)
  • Le’aries Garden Hotel & Amigos Restaurant, Masuk ke lobi lewat Jl. Cibogo No.11, annex Jl. Terusan Pasteur (200m from Toll Gate). Telp +62 22 200 7408 ([email protected]), (fax:+62 22 200 7406)
  • Santika, Jl. Sumatera 52-54. Telp +62 22 420 3009 ([email protected]), (fax:+62 22 423 9601)
  • Geulis, Jl. Ir. H. Juanda no. 129. Telp +62 22 250 7777, +62 22 250 3600. (fax:+62 22 250 3086)
  • Dago Guest House, Jl. Bukit Dago Selatan 53B, Dago. (Di Kompleks Taman Budaya Propinsi Jawa Barat). Telp +62 22 250 7050, (fax:+62 22 250 7030), ([email protected])
  • Daarul Jannah Cottage, Jln. Gegerkalong Girang No 67., Telp +62 22 200 7955
  • House Sangkuriang Bandung, Jl. Sangkuriang No. 1, Bandung, Telp +6222 8783 2323. ([email protected])
  • Hotel Nalendra Bandung, Jl. Cihampelas 225-227., Telp +62 22 203 4000
  • De Bale Townhouse (Kompleks Bale Pakuan Town house),Jl. Cimbuleuit 197. Telp +62 611 77 110, +62 22 93 19 8989 [email protected])
  • Cihampelas Hotel, Jln. Cihampelas No 222 and 240., Telp +62 22 203 3425
  • Tamara Guest House, Jl. Wira Angun-Angun No.46. Telp +62 22 420 4442, [69], ([email protected])
  • Hotel Mitra,Jl. WR. Supratman No.98. Telp +62 22 720 7245. (fax:+62 22 721 8304)
  • Topas Galeria Hotel, Jl. Dr. Djunjunan No. 153, Telp +62 22 602 0550
  • Hotel Talagasari Permai, Jl. Dr. Setiabudhi 269-275. (Di Bandung Utara, lebih dekat dengan Lembang dan Tangkuban Perahu), Telp +62 22 2012632
  • De Riau Motel, Jl. Cimanuk 37. Telp +62 82 11 78910 88, +62 611 77 110 ([email protected])
  • Ottenville Boutique Hotel, Jln Dr Otten no 6, Telp +62 22 423 4518
  • Ahadiat Hotel & Bungalow, Jl. Sindang Sirna Elok No.9, Telp +62 22 2005870
  • Bumi Sawunggaling Hotel, Jl. Sawunggaling No.13, Telp +62 22 421 8254
  • Patra Jasa, Patra Jasa. Jl. Ir. H. Juanda 132. Telp +62 22 250 4664. (fax:+62 22 250 4995)
  • Hotel Jelita Parahyangan, Jl. Pasirkaliki 61, Telp +62 22 603 1133
  • Cassadua Hotel, Jl Cassa no. 2, Telp +62 22 200 5822
  • The Imperium International Hotel, Jl. Dr Rum 30-32, Telp +62 22 420 2244

Hotel Mewah Di Bandung

Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5, anda akan mendapatkan fasilitas dalam berlibur yang mewah, jauh lebih berkelas dibanding dengan hotel bintang 3 atau 2. Beberapa hotel mewah di Bandung yang bisa anda coba adalah sebagai berikut:

  • The Trans Luxury Hotel, Jl. Gatot Subroto no. 289. Telp +62 22 8734 8888 (fax:+62 22 8734 9999)
  • Aston Hotel and Residence, Jl. Braga 99-101. Telp +62 22 8446 0000, (fax:+62 22 8446 0100)
  • Panghegar, Jl. Merdeka 2. Telp +62 22 423 2286 ([email protected]). (fax:+62 22 423 1583)
  • Grand Preanger, Jl. Asia-Afrika 81. Telp toll free 0 800 182-1112 or +62 22 423 1631 ([email protected])
  • Papandayan Jl. Jend. Gatot Subroto 83. Telp +62 22 731 0799 ([email protected])
  • Jayakarta Jl. Ir. H. Juanda (Dago) 381A,. Telp +62 22 250 5888 ([email protected] (fax:+62 22 250 5388)
  • Horison Bandung Jl. Pelajar Pejuang 121. Telp +62 22 730 5000 ([email protected]), (fax:+62 22 731 0993)
  • Aston Tropicana Hotel Jalan Cihampelas no. 125-129. Telp +62 22 203 0101
  • Hilton Bandung, Jl. HOS Tjokroaminoto No. 41-43. Telp +62 22 8606 6888 (fax:+62 22 8606 6999)
  • Hyatt Regency Bandung, Jl. Sumatera 51. Telp +62 22 421 1234, ([email protected] fax: +62 22 4210380)
  • Marbella Dago Pakar, Komplek Resort Dago Pakar, Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan
  • Sensa Hotel BandungJl Cihampelas No 160., Telp +62 22 206 1111
  • Sheraton Inn Jl. Ir. H. Juanda (Dago) 390. Telp +62 22 250 0303 (fax:+62 22 250 0301)
  • The Luxton, Jl. Ir. H. Juanda (Dago) 18. Telp +62 22 4220 700, (fax +62 22 4220 600)
  • Savoy Homann, Jl. Asia-Afrika 112. Telp +62 22 423 2244 ([email protected]) (fax:+62 22 423 6187)
  • Vue Palace Hotel, Jl. Otto Iskandardinata no.3. Telp +62 22 426 6288 ([email protected])
  • Garden Permata, Jl. Lemahneundeut no. 7. Telp +62 22 201 1000
  • Holiday Inn, Jl. Ir. H. Juanda (Dago) 31-33. Telp +62 22 421 1333 ([email protected] (fax:+62 22 4216666)
  • The Padma Bandung Jl. Ranca Bentang 56-58. Telp +62 22 203 0333, ([email protected]) (fax:+62 22 2030633)
  • Novotel Bandung Jalan Cihampelas No 23. Telp +62 22 421 1001, (fax:+62 22 4212999)
  • GH Universal, Jl. Setiabudhi 376. Telp +62 22 2010388
  • Clarity Hotel, Jl. Cihampelas no. 211-217
  • Grand Aquila Jl. Dr. Djundjunan (Terusan Pasteur) 11. Telp +62 22 203 9280, (fax:+62 22 2039282), ([email protected])
  • Arion Swiss Bellhotel (formerly Citra Cikopo), Jl. Otto Iskandardinata no. 16. Telp +62 22 424 0000. (fax:+62 22 426 6270).
  • Aston Primera Pasteur, Jl. Dr. Junjunan 96. Telp +62 22 206 0123 (fax:+62 22 206 0124)

Villa Di Bandung

Di Bandung selain hotel juga banyak tersedia berbagai pilihan jenis penginapan berupa villa, untuk Anda yang ingin berlibur dengan keluarga. Fasilitas villa biasanya sudah dilengkapi dengan dapur dan alat memasak. Beberapa penginapan villa di Bandung yang bisa anda coba adalah sebagai berikut;

  • De Bukit Dago Jl. Bukit Pakar Timur IV/D6 (Dago). Telp +62 22 93 19 8989, +62 82 11 78910 88. ([email protected]) (fax:+62 22 4207950)
  • De Villa Kompleks Villa Istana Bunga, Villa keluarga. North Bandung, Parongpong – Cisarua. Telp +62 22 93 19 8989, +62 82 11 78910 88 ([email protected]), (fax:+62 22 426 0799)
  • Villa PuncrutJl. Bukit Raya Timur No. 504, Ciumbeleuit., Telp +62 812 1301 6022 ([email protected])
  • Villa Roberni Villa Istana Bunga, V3 North Bandung, Parongpong. Telp SMS and WA only +62 896 4412 3952 ([email protected])
  • Villa DamarJl. Damar no.7, Jawa Barat, Telp +62 21 2041361
  • Jadul Village Resort & SpaTerusan Sersan Bajuri 45 Cihideung, Telp +62-22-2785544

Tempat Bersejarah Di Bandung

Ada banyak bangunan yang dibangun dengan gaya kolonial Belanda klasik pada akhir abad 18 dan awal abad ke-19. Penduduk setempat menyebut saat ini sebagai era bandoeng tempo doeloe (Bandung lama). Gaya art deco sangat populer sepanjang paruh awal abad ke-20.

Pada pembangunan kota bandung, pemerintah Kota Bandung memiliki kecenderungan untuk bersandar pada gaya modern di seluruh kota dengan banyak jembatan, bank, mal dan area komersial yang lebih baru. Namun banyak bangunan bersejarah yang tetap dirawat dan dijaga sampai sekarang ini.

Ada beberapa contoh arsitektur kolonial di Bandung yang sangat terpelihara dan dipelihara dengan baik. Organisasi nirlaba Bandung Heritage Society telah dibentuk baru-baru ini untuk membantu dalam upaya melestarikan bangunan bersejarah di kota ini. Pastikan anda mengunjungi gedung-gedung ini sebelum mereka lenyap ditelan zaman. Beberapa diantaranya adalah:

  • Villa Isola, Jl. Dr. Setiabudi 229.
  • Grand Hotel Preanger, Jl. Asia-Afrika 81.
  • Savoy Homann Hotel, Jl. Asia-Afrika 112, Telp +62 22 4232244.
  • Gedung Merdeka, Jl. Asia-Afrika 65.
  • Gedung Sate, Jl. Diponegoro.
  • Cipaganti Mosque, Jl. Cipaganti.
  • Aula Barat & Timur ITB, Jl. Ganesha 10.

Daftar Tempat Wisata di Bandung Lengkap

Bandung mempunyai banyak tempat wisata yang bisa kunjungi, mulai dari pesona alamnya yang memikat, sajian kulinernya yang lezat, budaya dan wisata sejarahnya, hingga wahana permainan dan hiburan yang menyenangkan.

Berbagai tempat menarik yang bisa Anda kunjungi, yaitu:

  1. Tebing Keraton. Ini adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat popuper untuk foto selfie. Cara pergi ke Tebing Keraton bisa kamu temukan disini.
  2. Kawah Putih Ciwidey, letaknya sekitar 50 km selatan Bandung. Tempat wisata ini yang paling populer di Bandung, terutama bagi pecinta wisata alam. Dan sesuai dengan namanya Kawah Putih Ciwidey merupakan sebuah kawah vulkanik dengan tanah berwarna putih. Warna putih terdapat kandungan belerang pada tanahnya.
  3. Danau Situ Patenggang, lokasinya tidak jauh dari Kawah Putih Ciwidey, Bandung Selatan.Danau ini terkenal dengan pemandangan eksotiknya, karena sambil menikmati pemandangan danau, Anda juga bisa bermain perahu air.
  4. Gunung Tangkuban Perahu, letaknya sekitar 20 km di utara kota Bandung, dan merupakan gunung berapi yang terletak di Lembang. Sesuai dengan namanya gunung ini bentuknya menyerupai sebuah perahu terbalik. Legenda Gunung Tangkuban Perahu berasal dari sebuah perahu yang ditendang hingga terbalik oleh Sangkuriang.
  5. Air Panas Ciater, letaknya sekitar 30km di utara kota Bandung. Merupakan tempat wisata yang paling ramai dikunjungi, karena Ciater memiliki air panas yang berasal dari sebuah kawah yang aktif di Gunung Tangkuban Perahu.
  6. Curug Penganten, Air terjun ini berlokasi di Jalan Raya Cihanjuang KM 5,56, Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua.
  7. Kebun Strawberry Ciwidey, merupakan sebuah tempat dimana Anda bisa memetik buah strawberry secara langsung. Dan Anda bisa membawanya pulang hasil strawberry yang sudah Anda petik, tetapi harus di timbang dahulu untuk jumlah harganya. Jika ingin berkunjung ke tempat ini, hendaknya pada saat musim hujan, karena kualitas strawberrynya lebih bagus.
  8. Curug Dago, merupakan sebuah air terjun yang letaknya di Kecamatan Coblong, Dago, Bandung. Air terjun Curug Dago ketinggiannya hanya 10 meter, tapi air terjunnya yang tersembunyi ini sangatlah indah dan menarik untuk dilihat.
  9. Bumi Perkemahan Ranca Upas, letaknya di daerah ketinggian 1.700 meter dan memiliki udara yang sangat sejuk dan dingin saat malam hari. Tempat ini merupakan wisata di Bandung yang sangat cocok untuk berkemah.
  10. Spot Ayunan maut Maribaya. Ini adalah salah satu spot foto keren di Bandung yang terletak di kawasan The Lodge Maribaya, tepatnya di Jl. Maribaya, Dsn. Babakan Gentong, Ds. Cibodas, Kec. Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat
  11. Dago Dream Park. Merupakan tempat wisata di Bandung yang asik untuk liburan bersama keluarga. Lokasinya berada di Jl. Dago Giri KM 2.2, Ds. Mekarwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.
  12. Kebun Bunga Cihideung, adalah kawasan wisata bunga yang ada di Bandung dengan ragam jenis bunga yang ditumbuh kembangkan, mulai dari mawar, bunga krisan, aster dan lain – lain.
  13. Air Panas Ciwalini, berasal dari sumber air panas Gunung Patuha. Anda bisa menikmati berendam di kolam air Ciwalini yang berkhasiat menyehatkan bagi tubuh.
  14. Gardu Pandang Curug Malela. Berada tak jauh dari lokasi Curug Malela, jadi tempat ini masih di kawasan Curug Malela, tepatnya di Ds. Sindangjaya, Kec. Gununghalu, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Dari sini anda bisa menikmati keindahan Curug Malela dari kejauhan.
  15. Perkebunan Teh Rancabali, di tempat ini Anda bisa menikmati pemandangan alam khas dari perkebunan teh yang berbukit dengan hamparan teh yang tertata rapi, dan mampu memberikan Anda pengalaman wisata yang unik dengan lanskap hijau dedaunan teh.
  16. Cikole Jayagiri. Salah satu tempat wisata hits Bandung barat yang belakangan menjadi terkenal. Lokasinya terletak di Dsn. Cibedug, Ds. Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.
  17. Kolam Renang Karang Setra, merupakan tempat wisata di Bandung yang legendaris, kolam renang ini pernah tercatat sebagai kolam renang terluas se Asia Tenggara ketika diresmikan pertama kali oleh Presiden ke-1 Indonesia, pada tahun 1954. Kolam renang ini dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan air modern, seperti Kolam Prestasi, Waterboom dengan panjang 86 meter, Kolam Naga, Aqua Play, Kolam Pantai, Water Ball, Space Ball, Bungge Trampoline, Banteng Ngamuk dan Ruang Gempa.
  18. Curug Aseupan. Adalah wisata air terjun yang terletak di Desa Ciwangun, Kec. Parongpog, Kab. Bandung, Jawa Barat.
  19. Glamping Lakeside Rancabali. Selain menikmati perkebunan teh, anda bisa camping mewah atau glamping disini. Lokasinya berada di jl. Situ Patengan, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.
  20. Kawasan Punclut, tempat ini merupakan singkatan dari Puncak Ciumbuleit, dan berada di ketinggian 1.000 meter dengan hawa yang cenderung dingin dan menyegarkan. Dan lebih eksotis ketika di malam hari dengan pemandangan malam kota Bandung.
  21. Taman Wisata Alam Maribaya, kawasan wisata ini sudah terkenal sejak dulu dengan keindahan air terjunnya, kolam pemandian air panas, panorama alam, dan sajian kulinernya.
  22. Floating Market, merupakan sebuah tempat wisata yang menyuguhkan kuliner makanan dengan konsep pasar terapung yang menarik. Bukan hanya kuliner saja, tetapi di lengkapi fasilitas yang lainnya, seperti area bermain, belajar dan wahana yang modern.
  23. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani, taman rekreasi ini terletak di jantung kota Bandung dan sangat bermanfaat bagi anak-anak sebagai pusat latihan membaca rambu-rambu lalu lintas.
  24. Observatorium Bosscha, merupakan tempat pengamatan bintang yang lokasinya di Lembang. Dengan jarak sekitar 15 km di utara Kota Bandung. Jika Anda ingin berkunjung ke Observatorium Bosscha, di haruskan mendaftar terlebih dahulu.
  25. Air Terjun Cimahi, Air terjun ini berada di Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.
  26. Trans Studio Bandung, tempat wisata ini sangat populer dan paling digemari banyak keluarga. Objek wisata Bandung ini memiliki 20 wahana permainan, mulai dari extreme rides hingga softplay untuk anak-anak.
  27. Curug Buburuh, Air terjun keren ini berlokasi di Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
  28. Tebing Gunung Hawu. Wisata tebing di Bandung ini berada tak jauh dari Tebing Citatah, gunung batu kapur Singgalang. Anda akan memerlukan waktu 30 menit untuk trekking ke sini. Tempat ini bisa juga diakses dengan kendaraan beroda empat. Rute cara menuju Tebing Gunung Hawu bisa bisa anda temukan disini.
  29. Barusen Hills, ini adalah sebuah tempat wisata baru di Ciwidey, bandung selatan.
  30. De’Ranch, merupakan tujuan wisata favorit yang sangat disukai oleh anak – anak dan keluarga. Di tempat wisata ini, menawarkan kegembiraan berkuda ala cowboy di kawasan yang sungguh alami.
  31. Bukit Labirin. Tempat wisata terbaru Bandung ini terletak di pusat kota Bandung, lokasinya tak jauh dari kantor Wali Kota Bandung.
  32. Gua Pawon. Karena lokasinya berada di dataran tinggi, tidak heran jika disekitar Bandung juga terdapat wisata gua. Gua Pawon yang indah ini berlokasi di kawasan Gunung Pawon, tepatnya di Ds. Cipatat, Kec. Padalarang, Kab. Bandung, Jawa Barat.
  33. Jembatan Bambu Bukit Gantole. Tempat wisata baru di Bandung ini terletak di Hutan Pinus Bukit Gantole, tepatnya di Gantole, Cihampelas, Cililin, Paralayang, Bandung Barat, Jawa Barat.
  34. Kampung Gajah, letaknya di Bandung Utara dan merupakan kawasan wisata terpadu. Anda bisa menemukan segala jenis wisata yang Anda inginkan di Kampung Gajah. Tempat wisata ini sangat cocok untuk keluarga, karena tersedia mulai dari wisata belanja, wisata kuliner, dan lain -lain.
  35. Pasar Baru, jika Anda pecinta belanja murah dan meriah, bisa berkunjung ke tempat wisata ini, karena akan menemukan berbagai jenis pakaian dan aksesoris dengan harga murah.
  36. Gunung Masigit. Salah satu tempat wisata selfie di Bandung yang hits dikalangan anak muda. Lokasinya terletak di Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat.
  37. Jembatan Ompong. Sebenarnya ini bukan tempat wisata resmi. Namun karena lokasinya bagus untuk foto, kemudian Jembatan Ompong ini menjadi terkenal. Lokasinya terletak di kawasan Pasir Jambu, Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat.
  38. Tebing Citatah. Bagi anda penyuka kegiatan ekstrim dan pacu adrenalin, bisa mencoba salah satu tempat wisata ekstrim Bandung Tebing Citatah yang terletak di kawasan Tebing Citatah, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat ini.
  39. Gardu Pandang I Maribaya. Selain mengayun, di Maribaya juga terdapat gardu pandang. Lokasinya juga masih terletak di kawasan The Lodge Maribaya, tepatnya di Jl. Maribaya, Dsn. Babakan Gentong, Ds. Cibodas, Kec. Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat
  40. Gardu Pandang II Maribaya. Memang ada dua gardu pandang disini, jadi nggak rugi kalau mencoba keduanya sekaligus. Lokasinya juga masih terletak di kawasan The Lodge Maribaya, tepatnya di Jl. Maribaya, Dsn. Babakan Gentong, Ds. Cibodas, Kec. Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat
  41. Kebon Awi Kaffe. Memang sudah umum kalau kafe atau restoran di Bandung itu bisa menjadi sebuah tempat wisata. Misalnya, Kebon Awi kaffe yang terletak di Jl. Bukit Pakar Timur, Ds. Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat ini.
  42. Gardu Pandang Pasir Ipis. Bandung memang memiliki banyak spot gardu pandang untuk berfoto. Salah satunya Gardu Pandang Pasir ipis ini beralamt di Jalan Pasir Ipis, Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.
  43. Sindah Geulis Kahuripan. Buat yang ingin menyegarkan diri, anda bisa berenang di Sindah Geulis Kahuripan. Lokasi tempat ini terletak di Dsa. Ganjarsari, Kec. Cikalong, Bandung Barat, Jawa Barat.
  44. Pine Forest Hills. Tempat yang sejuk nan segar ini berada di Jalan Maribaya Timur, Dsn. Cibeunyinh Kaler, Ds. Cibodas, Kec. Lembang, Bandung, Jawa Barat.
  45. Lereng Anteng. Buat anda penyuka kuliner sekaligus pemandangan alam yang cantik, bisa datang ke tempat wisata kuliner Bandung Lereng Anteng. Lokasinya terletak di Kampung Pagermaneuh, Ds. Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat

Mal Pusat Belanja Oleh Oleh Di Bandung

  1. Bandung Indah Plaza, adalah salah satu mall yang letaknya ada di pusat kota Bandung. Meskipun tidak terlalu besar, mall ini selalu ramai, karena berdekatan dengan factory outlet. Lokasinya ada di Jalan Merdeka No 56.
  2. Paris Van Java, letaknya ada di Jalan Sukajadi No 137-139 mall ini mempunyai konsep mall yang terbuka dengan berbagai macam tempat nongkrong dan hiburan.
  3. Bandung Electronic Center, merupakan pusat penjualan komputer, handphone dan barang – barang elektronik lainnya.
  4. Ciwalk ( Cihampelas Walk ), letaknya ada di Jalan Cihampelas No 160.selain mall, di bagian luar lokasi mall terdapat banyak macam factory outlet.
  5. Istana Plaza, letaknya di Jalan Pasar Kaliki No 121-123.
  6. Bandung Trade Center ( BTC ), letaknya ada di Jalan Dr. Djundjunan No 143-149, daerah Pasteur.
  7. Trans Mall ( dulu namanya Bandung Supermall ), merupakan pusat belanja yang terluasa di kota Bandung. Letaknya di Jalan Gatot Subroto No 289. Dan di tempat ini terdapat lokasi objek wisata yang bernama Trans Studio.
  8. King Plaza, adalah tempat belanja yang paling populer dan murah untuk kategori pakaian.
  9. Braga City Walk, letaknya ada Jalan Braga No 99-101 dan bersebelahan dengan Aston Hotel. Yang letaknya di salah satu jalan yang mempunyai banyak sejarah dan legendaris.
  10. Festival Citylink Bandung, letaknya ada di Jalan Peta No 241 dan bersebelahan dengan Harris Hotel dan POP! Hotel.

Museum di Bandung

Ada banyak museum menarik di Bandung yang bisa anda kunjungi ketika berlibur disana. Beberapa diantaranya ada dibawah ini:

  1. Museum Geologi, di bangun pada tanggal 16 Mei 1928, dan sempat direnovasi kemudian di buka kembali pada tanggal 23 Agustus 2000 oleh Megawati Soekarnoputri. Letak museum ini di Jalan Diponegoro No 57, yang berfungsi sebagai laboratorium dan tempat penyimpanan hasil penelitian geologi dan pertambangan dari seluruh wilayah Indonesia. Dan di museum ini Anda dapat mempelajari hal – hal yang berkaitan dengan bencana alam, cara dan memanfaatkan sumber daya alam dan energi yang benar.
  2. Museum Pos Indonesia, merupakan museum sejarah yang menceritakan awal berdirinya Pos Indonesia. Di museum ini menyimpan koleksi perangko dari berbagai negara di dunia. Letaknya di Jalan Cilaki No 73 , Cipahit.
  3. Museum Konferensi Asia Afrika, merupakan salah satu museum yang harus Anda kunjungi pada saat Anda datang ke kota Bandung. Letaknya ada di Jalan Asia Afrika No.56, dan museum ini tidak bisa dipisahkan dengan Gedung Merdeka. Museum ini di bangun untuk mengenang peristiwa Konferensi Asia Afrika yang diadakan pada tanggal 18 April 1955. Di museum ini anda dapat melihat rekam jejak dari berlangsungnya kegiatan pada saat konferensi berlangsung.
  4. Museum Mandala Wangsit Siliwangi, terletak di Jl. Lembong 28, Bandung, adalah museum militer dan persenjataan yang menggambarkan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia 1945-1949 dan seterusnya. Bangunan museum awalnya adalah bangunan warisan kolonial yang dibangun pada tahun 1910 yang pernah difungsika sebagai Dutch East Indies’ Militaire Akademie.
  5. Museum Sri Baduga, adalah museum yang menceritakan sejarah kota Bandung. Museum ini didirikan sejak tahun 1974 dengan konsep bangunan tradisional Jawa Barat dengan sentuhan arsitek modern. Letak museum ini di Jalan BKR N o 185, Bandung.

Hiburan Malam di Bandung

Untuk penyuka hiburan malam atau clubbing, ada banyak tempat clubbing dan diskotik di Bandung. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut

  • Amnesia Club – Paskal Hyper Square, Jalan Pasar Kaliki, Tel: 022 86060712 / 92751638
  • Mansion – Paris Van Java Mall, Jalan Sukajadi No. 137-139, Tel: 022 82063554
  • Fame Station, Jalan Sersan Bajuri No. 100, Parompong, Tel: 022 2004667
  • Quenn Rose, Jalan Pasirkaliki No.16-18, Komplek Ruko Grand Eastern, Tel: 022 4266231
  • Tropicana, Jalan Cihampelas No. 129, Premier Plaza, 6th Floor, Tel : 022 2032201 / 2034819
  • Score – Ciwalk Shopping Center, Jalan Cihampelas No. 160, Tel: 022 2061156
  • Embassy Bandung – Ciwalk Shopping Center, Jalan Cihampelas No 160, Tel: 022 2061156.
  • Legacy, Jalan Sumatera No. 1, Tel: 022 421 2319

Tempat Makan Rekomendasi di Bandung

  • Pino Pizza, lokasinya ada Jalan Buah Batu. Pino Pizza menjual menu makanan yang khas italia, seperti pizza, salad dan pasta. Makanan yang paling unik dari tempat ini adalah menu pizza manis, pizza ini terbuat dari toping manis, apel dan pisang.
  • Cie Rasa Loom Buah Batu, lokasinya ada di Jalan Terusan Buah Batu. Tempat kuliner ini terkenal dengan mie Aceh. Untuk nama “Cie Rasa Loom” artinya adalah “ coba rasakan lagi”.
  • Sate Kardjan, Jl. Pasirkaliki, buka 24 jam sehari. Keistimewaannya disini menjual sate domba, sejak tahun 1925. Cobalah sate buntel (daging domba cincang panggang), tongseng (daging domba dengan santan kelapa), nasi goreng kambing (nasi goreng dengan domba) atau sate cempe (sate dari domba berumur 10 bulan).
  • Kampung Daun, merupakan tempat wisata kuliner yang tergolong unik. Tempat ini menyuguhkan suasana dengan pedesaan yang nyaman. Letak tempat ini ada Jalan Sersan Bajuri, menawarkan suasananya yang romantis di malam hari dengan pencahayaan yang membuat indah suasana tempat ini.
  • Bakmi Naripan, Jl. Naripan 108 (sekitar sudut Jl. Sunda dan Jl Naripan), Bandung, ☎ +62 22 4205516, sebuah perusahaan mie asal China sejak tahun 1960an.
  • Iga Bakar Si Jangkung, adalah sesuai dengan namanya karena pemiliknya memiliki tinggi badan yang jangkung. Lokasinya ada di Cipaganti, keistimewaan dari Iga Bakar Si Jangkung ketika Anda memakan iganya tidak akan menemukan tulang iganya.
  • Rumah Sosis, tempat ini bukan hanya menyediakan wisata kuliner saja tetapi juga merangkap wisata bermain keluarga. Konsepnya ‘ eat,swim,play’ , tempat ini menawarkan macam – macam jenis makanan dengan menu utama berbahan dari sosis, seperti sosis sapi, sosis ayam, sosis ikan. Tetapi jangan khawatir bagi Anda yang tidak menyukai sosis, rumah sosis ini juga menyediakan jenis makanan lainnya, seperti nasi goreng, nasi liwet, chicken katsu, dan lain – lain.
  • Nasi Kalong, Lokasi tempat ini di Jalan RE Martadinata, jam operasional dari jam 7 malam sampai dini hari.Dan Anda tidak perlu takut ketika datang ke tempat ini,karena tempat ini sangat ramai pengunjungnya. Menu andalan di tempat ini adalah nasi yang berwarna hitam dan dilengkapi dengan lebih dari 20 jenis lauk yang bisa dipilih sendiri.
  • Soto Bandung, Jl. Cibadak (dekat alun-alun), jualan dari tahun 1940
  • Paskal Food Market, lokasinya ada di area Pasir Kaliki, dekat dengan stasiun Bandung. Di tempat kuliner ini terdapat berbagai penjual makanan, mulai dari makanan khas bandung sampai Internasional. Konsep tempatnya ruangan terbuka, jadi Anda bisa merasakan udara sejuk Kota Bandung dengan menikmati makanan hangat.
  • Yoghurt Cisangkuy, Letaknya ada di Jalan Cisangkuy No 85. Yoghurt Cisangkuy menyuguhkan yoghurt yang tidak asam, tetapi memiliki berbagai pilihan rasa yang enak. Dan yoghurt ini disajikan dengan buah, sesuai dengan yoghurt yang dipesan. Selain yoghurt, Anda juga bisa memesan makanan atau cemilan lainnya, seperti sosis goreng,batagor,kentang goreng, dan lain – lain.
  • Atmosphere Resort Cafe, Lokasinya ada di tengah kota Bandung menawarkan makanan khas Eropa, namun dengan tempat duduk lesehan. Menu favorit di restoran ini adalah steak.
  • Roemah Nenek Restoran, merupakan tempat wisata yang terkenal. Menyajikan berbagai jenis masakan seperti chicken taragon, nasi lidah jamur, pizza bakar, pasta dan lain – lain. Restoran ini letaknya di Jalan Taman Cibeunying Selatan No 47 , fasilitasnya dilengkapi dengan wifi gratis.
  • Raja Rasa, Lokasinya ada di Jalan Setra Ria, Bandung. Yang merupakan restoran seafood dan sunda dengan suasana tenang,asri dan nyaman. Untuk menu andalan disini, seperti kangkung hotplate, udang saos keraton, gurame bakar jimbaran, cumi goreng, dan lain – lain.
  • Warung Upnormal, lokasinya ada di Jalan Cihampelas 74 dan Jalan Suci 73. Warung sudah sangat terkenal di kalangan anak muda, karena warung ini merupakan salah satu tempat makan yang selalu kreatif dan penuh inovasi. Setiap pengunjung yang menunggu pesanan maka Anda bisa bermain monopoli.
  • The Peak, merupakan sebuah restoran yang menawaran suasana pemandangan bandung yang indah dan juga makanan enak. Lokasinya ada di ketinggian lebih dari 1200 meter, di Jalan Desa Karyawangi. The Peak menawarkan berbagai menu masakan barat dan lokal. Menu andalan di restoran ini yaitu, steak.
  • Waroeng Setiabudhi, merupakan tempat wisata kuliner yang sangat cocok untuk anak muda dan berlokasi di Jalan Setiabudi No 175. Menu yang menjadi favorit di tempat ini yaitu surabi yang dibuat dengan cara yang sangat tradisional dengan tungku arang yang terbuat dari tanah liat.
  • The Valley Bistro, lokasinya ada di daerah Dago dan merupakan tempat wisata yang romantis di Bandung. Tempat ini menjadi favorit pengunjung karena udara yang sejuk dan pemandangan yang indah.
  • Bubur Ayam Mang Oyo, Jl. Sulanjana (dekat Gasibu) dan beberapa cabangnya di Kota Bandung. Bubur ayam ini cocok untuk sarapan pagi.
  • Waroeng Boentoet, Beralamat di Jl. Anggrek No. 48, Bandung (dekat Jl RE Martadinata / Riau). Ini adalah satu-satunya restoran di Bandung yang mengkhususkan pada masakan warisan tradisional sup buntut lezat dengan sensasi rasa legendaris penuh rempah-rempah. Waroeng didekorasi dengan tema vintage yang bagus dan sederhana, dengan layanan yang sangat bagus dan harga terjangkau yang akan memberi para pelanggan tingkat makan yang tinggi dalam kepuasan. Cobalah beberapa makanan khasnya seperti sup buntut, teriyaki buntut, buncis ekor sapi, lada hitam buntut, penyuling cabai merah, salad buah, milkshake beras hitam, jus buah nabati, dan jus ubi jalar ungu. Tempat ini adalah suatu keharusan. Mudah untuk menemukan dan harga yang baik untuk makanan yang sangat baik
  • Maja House, dikenal sebagai tempat wisata kuliner yang paling disukai oleh warga Jakarta dan lainnya. Restoran ini satu lokasi dengan hotel Stevie G bukan hanya menyediakan tempat duduk untuk makan, tetapi kasur dan selimut, bagi yang tidak tahan dengan dinginnya. Lokasinya ada di Jalan Sersan Bajuri No 72.
  • Kedai Ma ‘Uneh, Jl. Terasana I Nomor 132 Pajajaran. Ada gang di depan kompleks olahraga Pajajaran. Makanan khas sunda.
  • Santosa, Jl. Aceh, buka setiap hari mulai pukul 17.00-21:30. Foodcourt di Bandung dengan udara terbuka makan buka sejak tahun 1960an. Usahakan galah goreng kway / mie / nasi. Mereka menggunakan wajan khusus untuk meningkatkan rasa. Terletak di seberang kantor kotamadya, dekat asrama KONI Jabar.
  • Baso Lela, Jl. Awiligar, buka setiap hari sampai jam 9 malam. Berlokasi di sisi bukit dengan pemandangan indah ke kota.
  • Sapu Lidi, merupakan magnet wisata kuliner yang ada di daerah Lembang. Di tempat ini menawarkan pengalaman makan dengan suasana pedesaan yang asri dan sejuk, selain penginapannya. Untuk menu makanannya tempat ini menyuguhkan berbagai jenis masakan Sunda, Indonesia sampai Eropa.

Bioskop Di Bandung

Untuk anda penggemar film bioskop, ada banyak bioskop di Bandung yang bisa anda kunjungi selama disana. Daftar lengkap bioskop di Bandung bisa anda temukan dibawah ini:

  • Blitzmegaplex, Paris Van Java Mall, Jl. Sukajadi 136-139. Telp +62 820 63630. 9 Layar. Harga Tiket Masuk: Rp 15,000-22,000-27,000
  • BSM XXI, Bandung Supermall Lt. 3, Jl. Jend Gatot Subroto. Telp +62 22 612 6521. 5 Layar. Harga Tiket Masuk: Rp 15,000-25,000
  • BTC XXI, Bandung Trade Center Lt. P-2/3, Jl Dr. Djundjunan no. 143-149. Telp +62 22 910 1121. 5 Layar. Harga Tiket Masuk: Rp 10,000-15,000
  • Braga 21, Braga City Walk Lt. 2, Jl. Braga 99-101. Telp. (022) 844 60121. 3 Layar. Harga Tiket Masuk: Rp 10,000
  • CiWalk XXI, Cihampelas Walk Lt. 4, Jl. Cihampelas 160. 8 Layar. Harga Tiket Masuk: Rp 15,000-25,000
  • CiWalk XXI The Premiere, Cihampelas Walk Lt. 4, Jl. Cihampelas 160. 2 Layar. Harga Tiket Masuk: Rp 50,000
  • Empire 21, Bandung Indah Plaza Lt. 3, Jl. Merdeka 56. Telp +62 22 424 0719. 6 Layar. Harga Tiket Masuk: Rp 15,000
  • Galaxy 21, Jl. Kepatihan. Telp +62 22 420 8143. 6 Layar. Ticket price: Rp 9,000-13,000
  • Jatos 21, Jatinangor Town Square, Jl. Raya Jatinangor No. 150. Telp +62 22 8792 0089. 5 Layar. Harga Tiket Masuk: Rp 10,000 – 15,000
  • Nusantara 21, Jl. Alun-Alun Timur No. 3-7. Telp+62 22 4237 040. 4 Layar. Harga Tiket Masuk: Rp 8,000 – 10,000
  • Regent 21, Jl. Sumatra 2. Telp +62 22 423 6370. 3 Layar. Harga Tiket Masuk: Rp 8,000-10,000

Tips Liburan ke Bandung

  • Jangan lupa membawa baju hangat dan jaket tebal,ketika Anda berkunjung ke kota Bandung, karena Bandung memiliki ketinggian kurang lebih 700 meter di atas permukaan laut, yang mengakibatkan daerah di Bandung memiliki udara yang dingin (terutama jka Anda menginap di daerah Lembang)
  • Perhatikan jalan dan rambu lalu lintas di Bandung, karena rute jalan kota Bandung selalu satu arah, jadi akan sulit untuk memutar balik dan akan membingungkan bagi Anda yang belum pernah datang ke Bandung.
  • Cobalah semua kuliner di Bandung, karena semua jenis kuliner Bandung sangat unik dan khas wajib di coba.
  • Buatlah daftar tempat wisata yang Anda akan kunjungi selama di Bandung, wisata alam higga wisata belanja,agar tidak bingung pada saat Anda berada di Bandung.

Informai Tempat Penting Bandung

Untuk informasi pariwisata di Bandung dan tempat penting dalam keadaan darurat, anda bisa menghubungi beberapa tempat ini:

  • Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat, Jalan RE. Martadinata No 209 Bandung, Wetan, 40114, Telp : 022-7273209: Website: www.bandungtourism.com

Daftar Kantor Polisi Di Bandung

  • Polwiltabes Bandung, Jl. Merdeka
  • Polresta Bandung Barat, Jl. Sukajadi No. 141A, Telp +62 22 203 1615.
  • Polresta Bandung Timur, Jl. AH. Nasution No. 21, Telp +62 22 7805981.
  • Polresta Bandung Tengah, Jl. Jend. Ahmad Yani No. 282, Telp +62 22 7200058, +62 22 7271115.
  • Polres Bandung, Soreang.
  • Polres Cimahi, Jl. Raya Cibabat,Telp +62 22 2031181.
  • Polda Jawa Barat. Jl. Soekarno Hatta No. 748, Telp +62 22 7806392.

Daftar Rumah Sakit Di Bandung

  • RS Umum Pusat Dr Hasan Sadikin, JI. Pasteur No 38, Telp +62 22 2034953.
  • RS Santo Borromeus, JI. Ir. H Juanda No 100, Telp +62 22 250 4041, +62 22 2552000
  • RS Advent Bandung, JI. Cihampelas No 161. Telp +62 22 2034386.
  • RS Muhammadiyah Bandung: Jl. KH Ahmad Dahlan No.53. Telp +62 22 7301062.
  • Santosa Bandung International Hospital: Jl. Kebonjati No.38. Telp +62 22 4248555.
  • RS Rajawali: Jl Rajawali 38. Telp +62 22 6011913
  • RS Kebonjati : Jl. Kebonjati No. 152.
  • RS Advent : Jl. Cihampelas No. 161.
  • RS Immanuel Bandung, JI. Kopo No 161. Telp +62 22 5001656.
  • RS Santo Yusup Bandung: Jl Cikutra No.7. Telp +62 22 7208172.
  • RS Al Islam Bandung : Jl. Sukarno Hatta No. 644.

Leave a Reply