Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cirebon

Kota Cirebon adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini berada di pesisir utara Pulau Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan Jakarta – Cirebon – Semarang – Surabaya.

Kota Cirebon kaya akan objek-objek wisatanya, sebut saja dari , Situs Pasanggrahan Balong Biru Balong Keramat Tuk, Makam keramat Megu, Situs Lawang Gede, Makam Nyi Mas Gandasari, Makam Syekh Magelung Sakti, Makam Talun, Makam Buyut Trusmi, Makam P. Jakatawa dan Syeh Bentong dan tak ketinggalan Museum Gedung Pusaka Keraton Kanoman dan Museum Istana Kasepuhan

Begitu pun dengan kulinernya yang selalu mengundang rasa ketagihan jika sudah mencicipinya. Cirebon memiliki kuliner beragam rupa, mulai dari Empal Gentong, kuliner legendaris khas Cirebon, Nasi Jamblang yang menggoda rasa, Nasi Lengko Warung yang keberadaannya tersebar di sekeliling kota Cirebon dan kuliner lainnya.

Dan yang unik dari kota ini adalah bahasanya yaitu bahasa Cirebon atau lebih dikenal Basa Cerbon, adalah budaya bahasa yang dituturkan oleh masyarakat Pesisir Utara (Pantura) atau Jawa Barat, Basa Cerbon secara umum dituturkan oleh masyarakat Cirebon, Indramayu, Subang, sebagian masyarakat di daerah Karawang, sebagain warga perbatasan Cirebon-Majalengka, sebagian warga Serang (Banten) dan warga Losari (perbatasan Cirebon-Brebes). Basa Cerbon ini mempunyai karakter dialek yang berbeda-beda dalam penuturannya di setiap daerahnya.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cirebon!
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cirebon!

Wilayah Utama Cirebon

Kabupaten Cirebon terdiri atas 40 kecamatan, yang dibagi lagi atas 412 desa dan 12 kelurahan. Pusat pemerintahan Kabupaten Cirebon di Kecamatan Sumber, yang berada di sebelah selatan Kota Cirebon. Tiga kecamatan yang baru terbentuk pada tahun 2007 adalah Kecamatan Jamblang (Pemekaran Kecamatan Klangenan sebelah timur), Kecamatan Suranenggala (Pemekaran Kecamatan Kapetakan sebelah selatan), dan Kecamatan Greged (Pemekaran Kecamatan Beber sebelah timur).

Sejarah Cirebon

Asal kota Cirebon ialah pada abad ke 14 di pantai utara Jawa Barat ada desa nelayan kecil yang bernama Muara Jati yang terletak di lereng bukit Amparan Jati. Muara Jati adalah pelabuhan nelayan kecil. Penguasa kerajaan Galuh yang ibu kotanya Rajagaluh menempatkan seorang sebagai pengurus pelabuhan atau syahbandar Ki Gedeng Tapa. Pelabuhan Muara Jati banyak di singgahi kapal-kapal dagang dari luar di antaranya kapal Cina yang datang untuk berniaga dengan penduduk setempat, yang di perdagangkannya adalah garam, hasil pertanian dan terasi.

Kemudian Ki Gendeng Alang-alang mendirikan sebuah pemukiman di lemahwungkuk yang letaknya kurang lebih 5 km, ke arah Selatan dari Muara Jati. Karena banyak saudagar dan pedangan asing juga dari daerah-daer5ah lain yang bermukim dan menetap maka daerah itu di namakan Caruban yang berarti campuran kemudian berganti Cerbon kemudian menjadi Cirebon hingga sekarang.

Photo by @citrapratiwy taken at masjid merah kedung mejangan kalijaga
Photo by @citrapratiwy taken at masjid merah kedung mejangan kalijaga

Raja Pajajaran Prabu Siliwanggi mengangkat Ki Gede Alang-alang sebagai kepala pemukiman baru ini dengan gelar Kuwu Cerbon. Daerahnya yang ada di bawah pengawasan Kuwu itu dibatasi oleh Kali Cipamali di sebelah Timur, Cigugur (Kuningan) di sebelah Selatan, pengunungan Kromong di sebelah Barat dan Junti (Indramayu) di sebelah Utara.

Setelah Ki Gedeng Alang-alang wafat kemudian digantikan oleh menantunya yang bernama Walangsungsang putra Prabu Siliwanggi dari Pajajaran. Walangsungsang ditunjuk dan diangkat sebagai Adipati Carbon dengan gelar Cakrabumi. Kewajibannya adalah membawa upeti kepada Raja di ibukota Rajagaluh yang berbentuk hasil bumi, akan tetapi setelah merasa kuat meniadakan pengiriman upeti, akibatnya Raja mengirim bala tentara, tetapi Cakrabumi berhasil mempertahankannya.

Kemudian Cakrabumi memproklamasikan kemerdekaannya dan mendirikan kerajaan Cirebon dengan mamakai gelar Cakrabuana. Karena Cakrabuana telah memeluk agama Islam dan pemerintahannya telah menandai mulainya kerajaan kerajaan Islam Cirebon, tetapi masih tetap ada hubungan dengan kerajaan Hindu Pajajaran.

Semenjak itu pelabuhan kecil Muara Jati menjadi besar, karena bertambahnya lalu lintas dari dan ke arah pedalaman, menjual hasil setempat sejauh daerah pedalaman Asia Tengara. Dari sinilah awal berangkat nama Cirebon hingga menjadi kota besar sampai sekarang ini.Pangeran Cakra Buana kemudian membangun Keraton Pakungwati sekitar Tahun 1430 M, yang letaknya sekarang di dalam Komplek Keraton Kasepuhan Cirebon

Photo by @januaragazzo taken at Keraton Kesepuhan Cirebon
Photo by @januaragazzo taken at Keraton Kesepuhan Cirebon

Cara Pergi ke Cirebon

Moda transportasi terbaik untuk mencapai Cirebon adalah dengan menggunakan jalur darat baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Lokasi Cirebon yang berada di jalur pantura, merupakan pintu gerbang utama provinsi Jawa Barat di sebelah timur, yakni di Kecamatan Losari. Jalur ini merupakan salah satu yang terpadat di Indonesia.

Cirebon juga terdapat jalan tol Palimanan-Kanci. Sta. Ciledug, Karangsuwung, Sindanglaut, Waruduwur, Losari, Babakan, Cangkring, Bangodua, Arjawinangun, dan Kaliwedi, Ciledug dan Weru). Untuk transportasi Bus terdapat rute dengan jurusan Ciledug-Cirebon, jurusan Cirebon-Jakarta, Cirebon-Kuningan, Cirebon-Bandung, dan seluruh kota di Pulau Jawa.

Transportasi Umum di Cirebon

Kota Cirebon memiliki banyak alternatif pilihan transportasi. Di antaranya adalah becak, angkutan kota, ojek dan taksi yang masih bisa gunakan untuk berkeliling jika Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi. Becak di kota Cirebon seperti raja angkutan, karena Anda bisa menjumpainya di berbagai wilayah Kota Cirebon. Untuk tarif becak sendiri juga tergantung seberapa jauh Anda menggunakan kendaraan tersebut. Kota Cirebon tidak terlalu besar, jadi jika Anda tersesat dapat bertanya dan warga setempat bisa memberitahukan arah untuk Anda.

Photo by @rianndi taken at Masjid At Taqwa Cirebon
Photo by @rianndi taken at Masjid At Taqwa Cirebon

Hotel di Cirebon

  • Aston Cirebon Hotel and Covention Center, Alamat: Jl. Brigjen Dharsono No. 12C (By Pass), Cirebon, Jawa Barat
  • Swiss-Belhotel Cirebon, Alamat: Cirebon Super Block, Jl. Cipto Mangunkusumo No. 26, Cirebon, Jawa Barat
  • Metland Hotel By Horison Cirebon, Alamat: Jl. Siliwangi No. 61 Cirebon, Jawa Barat
  • Santika Cirebon, Alamat: Jl. Dr. Wahidin No. 32, Cirebon, Jawa Barat
  • Patra Jasa Cirebon Hotel, Alamat: Jl. Tuparev No. 11 Cirebon, Jawa Barat
  • Sidodadi Cirebon, Alamat: Jl. Siliwangi No. 72, Cirebon, Jawa Barat

Iklim di Cirebon

Kota Cirebon termasuk daerah iklim tropis, dengan suhu udara minimum rata-rata 22,3 ◦C dan maksimun rata-rata 33,0 OC dan banyaknya curah hujan 1.351 mm per tahun dengan hari hujan 86 hari. Keadaan air tanah pada umumnya dipengaruhi oleh intrusi air laut, sehingga kebutuhan air bersih masyarakat untuk keperluan minum sebagian besar bersumber dari pasokan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Cirebon yang sumber mata airnya berasal dari Kabupaten Kuningan.

Bahasa Daerah di Cirebon

Penduduk Cirebon di bagian utara umumnya menggunakan bahasa Cirebon sebagai bahasa sehari-hari. Bahasa Cirebon merupakan bahasa yang cukup berbeda dengan bahasa Jawa standar, bahasa Cirebon memiliki wyakarana atau tatabahasanya tersendiri yang tidak mengikuti pola tata bahasa Jawa, bahasa ini dituturkan di bagian barat Kabupaten Cirebon dan di seluruh kecamatan pesisir di bagian timur Kabupaten Cirebon.

Sementara di wilayah pedalaman seperti kecamatan Pasaleman, Ciledug dan sekitarnya yang berbatasan dengan Kabupaten Kuningan atau wilayah pedalaman lainnya yang berbatasan dengan Kabupaten Majalengka serta Kabupaten Brebes dipergunakan Bahasa Sunda Cirebon dengan beragam dialeknya. Bahasa Jawa juga bercampur dengan bahasa Cirebon dan bahasa Sunda Cirebon di beberapa wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Brebes diantaranya di Kecamatan Losari, Pabedilan, Ciledug dan Pasaleman.

Photo by @nazarqodri taken at Gua Sunyaragi Cirebon
Photo by @nazarqodri taken at Gua Sunyaragi Cirebon

Tempat Wisata di Cirebon

  • Batik Trusmi
  • Pasar Kue Setu
  • Makam Sunan Gunung Jati
  • Situs Batu Tulis huludayeuh
  • Petilasan Cimandung
  • Situs Pasanggrahan Balong Biru
  • Balong Keramat Tuk
  • Makam keramat Megu
  • Situs Lawang Gede
  • Makam Nyi Mas Gandasari
  • Makam Syekh Magelung Sakti
  • Makam Talun
  • Makam Buyut Trusmi
  • Makam P. Jakatawa dan Syeh Bentong
  • Wana wisata
  • Lapangan Golf Ciperna
  • Belawa
  • Situ Sedong
  • Banyu Panas Palimanan
  • Plangon
  • Situ Patok
  • Cikalahang
Photo by @sheffy_priyatna taken at Danau Setu Patok Cirebon
Photo by @sheffy_priyatna taken at Danau Setu Patok Cirebon

Mal di Cirebon

Berikut ini adalah beberapa pusat belanja dan mall di cirebon:

1. Cirebon Mall

Alamat: Pusat kota Cirebon, Jawa Barat

CSB Mall singkatan dari Cirebon Superblock Mall adalah pusat perbelanjaan di Cirebon yang terletak di kawasan Cirebon Superblock yang dibangun tahun 2008. Bangunan Mall yang didirikan pada tahun 2011 di lahan seluas 27.000 m2 berada di pusat Kota. Mal ini terdiri atas 4 lantai, yakni: Lower Ground Floor (LG), Ground Floor (GF), upper ground 1st floor, 2rd floor, dengan total luas bangunan 70.000 m2

2. Cirebon Town Square

Alamat: Rajawali Trade Centre 1st Floor, JL. Rajawali Raya, Cirebon, Jawa Barat

Cirebon Town Square. (CIETOS )ini di bangun di lahan seluas 2.600 meter ,dengan 8lantai . 1.800 meter untuk mall dan 800 meter untuk Hotel. Mal ini mengusung konsep seperti Mangga dua Mall JKT.

3. Grage Mall

Alamat: Jl. Jend. A. Yani, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Mal ini adalah pusat perbelanjaan di Cirebon yang menjadi icon tersendiri bagi Kota Cirebon. Mal ini didirikan pada tahun 1995 dan resmi dibuka pada tahun 1996 di lahan seluas 2 hektar di pusat Kota. Mal ini terdiri dari 3 lantai dengan merchant yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional

Museum di Cirebon

  • Museum Gedung Pusaka Keraton Kanoman, Alamat: Kompleks Kesultanan Kanoman Cirebon, Jl. Merdeka No.28, Kelurahan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.
  • Museum Istana Kasepuhan, Jl. Keraton Kasepuhan No. 43 Cirebon, Jawa Barat.

Hiburan Malam di Cirebon

  • Grizzly Pub and Resto, Alamat: Siliwangi 69, Cirebon, Jawa Barat
  • Ayano Karaoke, Alamat: Jl. Kom. L. Yos Sudarso No. 61, Cirebon, Jawa Barat
  • Happy Puppy, Alamat: JL. Cipto Mangunkusumo No.26, Cirebon, Jawa Barat, Komplek Ruko Green Ville No.30.
  • Inul Vizta, Alamat: CSB Mall Cirebon No.3, Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat
  • Mithas Mithas Fun Pub & KTV Lounge, Alamat:  JL. Tuparev No. 323, Hotel Apita, Cirebon, Jawa Barat

Rekomendasi Tempat Makan di Cirebon

  • Nasi Jamblang Ibu Nur, Alamat: Jl. Tentara Pelajar, Cirebon, Jawa Barat
  • Nasi Jamblang Mang Dul, Alamat: Berlokasi di seberang Grage Mall persis di sebelah ITC Gunung Sahari,
  • Gado-Gado Ampera, Alamat: Jl. Ampera, Cirebon, Jawa Barat.
  • Empal Gentong Mang Darma, Alamat: Jl. Slamet Riyadi, Cirebon, Jawa Barat
  • Empal Gentong Rasa,, Alamat: Jl. Tuparev 17 (Depan Polsek utara Barat). Jalan Tuparev ini terletak di perempatan sebelum Grage Mall,
  • Nasi Lengko H. barno di, Alamat: Jl. Pagongan dan Nasi Lengkoberry di Jalan Kesambi depan Kampus CIC.
  • Nasi Jamblang Mang Dul di Jl. Cipto, Nasi Jamblang Ibu Nur di Jl. Tentara Pelajar, Nasi Jamblang Ibu Sumarni di Pelabuhan dan Nasi Jamblang Ibad Otoy di Komplek Lido Jl. Cipto.
  • Bubur Sop Mang Kapi,Alamat: Jl, Tentara Pelajar atau Bubur Sop Mang Ipin di Plumbon.
  • Docang, Alamat: Jl. Siliwangi depan Hotel Cordova dan Mang Toha di Jalan Karanggetas Gang Rotan I.
  • Mie Koclok, Alamat: Jl. Lawanggada dan Mang Rasta di Gombang Plumbon.
  • Kerupuk Melarat, Alamat Jl. Raya Battembat Plered, Cirebon, Jawa Barat.
Photo by @infortus_ taken at Taman Wisata Goa Sunyaragi
Photo by @infortus_ taken at Taman Wisata Goa Sunyaragi

Tips Wisata Di Cirebon

Sebelum menjejakkan kaki alih-alih berwisata di tanah Cirebon. Buatlah perencanaan yang matang terlebih dahulu. Pertama, tentukan buget perjalanan, Kedua tentukan moda transportasi terbaik apa yang Anda akan pilih. Apakah akan menggunakan bus, kereta api atau pun kendaraan pribadi.

Jika ingin menaiki bus, Cirebon merupakan kota yang dilewati oleh bus dengan tujuan kota-kota di Pantura. Dari Jakarta hanya memerlukan waktu beberapa jam saja terlebih lagi dengan adanya Tol Cipali yang memangkas waktu tempuh Anda ke Cirebon. Begitu pun jika Anda memilih untuk moda trani sportasi kereta api, Cirebon sudah pasti dilalui oleh kereta dengan tujuan kota-kota di Pantura.

Ketiga, tentukan tempat penginapan atau hotel. Cirebon mempunyai beragam jenis hotel, dari yang tidak berbintang atau kelas melati sampai yang berbintang. Tinggal pilihan di tangan Anda ingin menginap di hotel kelas apa.

Namun patut juga diperhatikan mengenai buget perjalanan wisata Anda alih-alih menghindari pengeluaran yang tidak semestinya. Keempat, objek wisata. Jika Anda berencana untuk tinggal di Cirebon dalam waktu yang lama, destinasi-destinasi di kota ini mungkin bisa Anda kunjungi satu persatu. Tapi jika hanya beberapa hari saja, tentukan skala prioritas dengan melihat keunikan dari masing-masing objek wisata.

Perlu Kamu Tahu Di Cirebon

Berikut ini beberapa rumah sakit di Cirebon untuk keadaan darurat.

  • RSUD Gunung Jati, Alamat: Jl. Kesambi No.56 Cirebon, Telp. (0231) 203630
  • RS Pelabuhan Cirebon, Alamat: Jl. Sisingamangaraja N0.45 Cirebon, Telp. (0231) 205657, 208948
  • RS Pertamina Klayan, Alamat: Jl. Patra Raya Klayan, Telp. (0231) 224646, 2512116
  • RSIA Sumber Kasih, Alamat: Jl. Siliwangi No.135 Kota Cirebon, Telp. (0231) 203815
  • RS Putera Bahagia, Alamat: Jl. Ciremai Raya No.114 Cirebon, Telp. (0231) 485654, 482581
  • RS Muhammadiyah, Alamat: Jalan Wahidin Sudirohusodo No. 79 Cirebon (0231)247406

Leave a Reply