Panduan Tips Pergi Liburan Ke Ketewel

Desa Ketewel masuk dalam wilayah Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Desa ini juga berdekatan dengan Desa Keramas, di mana memiliki beberapa objek wisata pantai. Salah satu pantai yang dikunjungi adalah Pantai Secret Ketewel. Sementara, Pantai Gumicik disebut juga Pantai Keramas, tetapi sebenarnya berada di Ketewel. Namun, istilah Pantai Keramas dapat mencakup tiga pantai, salah satunya adalah pantai Gemicik.

Wilayah Utama Ketewel

Desa Ketewel berada didekat Banjar Pasekan, Banjar Keden dan Banjar Pamesan.

Sejarah Ketewel

Dahulu ada seorang keturunan Pasek Prawangsa dari Lembah Tulis Majapahit datang ke Bali sebagai pamongmong Widhi di Pasar Agung Besakih, bernama Mangku Sang Kulputih. Beliau sangat bijaksana dan mendalami filsafat ketuhanan (Widhi Tatwa). Ia mempunyai dua orang putra yang juga bijaksana dalam ilmu pengetahuan Ketuhanan, yakni I Wayan Pasek dan I Made Pasek.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Ketewel
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Ketewel

Suatu hari, Mangku Sang Kulputih meninggal dunia dan I Made Pasek beserta istri dan putranya mengembara keluar masuk hutan. Ternyata, mereka dibuntuti oleh seekor burung perkutut putih dan diberikan tiga butir biji kuning untuk dimakan sebagai penambah tenaga. Akhirnya, mereka sampai di alas Jerem (hutan Jerem) dan bermimpi hingga terkejut dan terbangun, di mana memberitahukan tugas suci sebagai pamongmong di Pura Jogan Agung, hutan jerem, lalu dianugerahi wangsa Dukuh Murti. Selanjutnya, beliau menjalankan tugas dengan baik hingga akhirnya meninggal dunia.

Sepeninggalan Dukuh Murti, anaknya bernama Dukuh Centing melakukan yoga semadi di Payogan Agung. Tiba-tiba dia dikagetkan dengan dua batang pohon nangka besar sekali, di mana baru diketahui bahwa pohon tersebut merupakan jelmaan Dukuh Murti. Setelah kedua pohon tersebut besar, maka akan lahir dua orang laki-laki dan perempuan yang diberi nama Gede Mawa untuk laki-laki dan Ni Mawit Sari untuk perempuan. Selanjutnya Gede Mawa bergelar I Gede Ketewel dikarenan lahir dari pohon nangka dan seluruh keturunannya menggunakan Wangsa Ketewel dan alas jerem dijadikan sebuah desa bernama Desa Ketewel.

Cara Pergi ke Ketewel

Untuk mencapai Desa Ketewel, terlebih dahulu melewati Sukawati yang dapat ditempuh dalam waktu satu jam dari Pantai Jimbaran atau 15 km dari Denpasar melewati Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, sehingga menggunakan jasa taksi, menyewa mobil atau motor adalah cara yang tepat menuju daerah ini. Harga sewa mobil dan motor sangat kompetitif.

Sewa mobil berkisar Rp 200.000 hingga Rp 1.800.000 per hari. Biasanya semakin tinggi harga yang ditawarkan, maka semakin bagus mobil yang disewa dan telah termasuk sopir dan bahan bakar. Sopir-sopir tersebut telah berpengalaman dan asik diajak bicara mengenai tempat-tempat menarik. Sementara untuk harga sewa motor berkisar Rp 50.000 hingga Rp 75.000 per hari. Dengan motor, Anda lebih leluasa berkendara, bebas macet tetapi hanya bias untuk dua orang.

Transportasi Umum di Ketewel

Sarana transportasi umum di Ketewel sangat jarang, sehingga Anda dapat menggunakan taksi tetapi bersiaplah dengan biaya yang lumayan besar. Tidak ada salahnya untuk menyewa mobil atau motor selama berkeliling di desa ini demi kenyamanan dan kemudahan perjalanan Anda. Ojek juga menjadi transportasi yang dapat diandalkan selama berada di wilayah ini.

Hotel di Ketewel

Ada beberapa villa di Ketewel yang bisa anda gunakan untuk menginap
Ada beberapa villa di Ketewel yang bisa anda gunakan untuk menginap
  • The Royal Purnama – art suites & villas, Jalan Pantai Purnama, Ketewel, Keramas, Bali, Indonesia, 80582
  • EL STUDIO, Jl. Legombang Indah 1 no 6. bypass Prof. dr. Ida bagus mantra. ketewel. denpasar. Bali, Ketewel, Keramas, Bali, Indonesia, 80582
  • Pandawa Beach Villas & Spa, Jl Pantai Gumicik, Ketewel , Ketewel, Keramas, Bali, Indonesia, 80361
  • Aishwarya Exclusive Villas, Jl. Raya Gumicik No 26, Ketewel, Keramas, Sukawati, Ketewel, Keramas, Bali, Indonesia, 50852
  • Suarti Resort, Villas & Gallery, Jalan Nusa Indah No. 88 Br. Manyar, Ketewel, Ketewel, Keramas, Bali, Indonesia, 80582
  • Nadia Pansion & Cottages, Jalan Ida Bagus Mantra, Br. Pabean, Ketewel, Ketewel, Keramas, Bali, Indonesia, 80237
  • The Garga Beach Villas, Jalan Profesor Ida Bagus Mantra, Ketewel, Ketewel, Keramas, Bali, Indonesia, 80582
  • Floating Leaf Eco-Luxury Retreat, Jl Pantai Purnama 42, Ketewel, Keramas, Bali, Indonesia, 80582
  • Anapuri Villas, Banjar Pabean, Ketewel, Ketewel, Keramas, Bali, Indonesia, 80582
  • Villa Samudra, Jl. Pantai Pabean Ketewel, Ketewel, Keramas, Bali, Indonesia, 80582
  • Godem Jaya Homestay, Jalan Raya Pantai Gumicik, Banjar Gumicik. Ketewel – Gianyar Bali, Ketewel, Keramas, Bali, Indonesia, 80582
  • Grand Ocean Villa, Jln. Nusa Indah, Banjar Kubur, Gang Nusantara No. 9, Ketewel, Sukawati, Gianyar, Bali – Indonesia, Ketewel, Keramas, Bali, Indonesia, 80582

Iklim di Ketewel

Iklim di Ketewel tergolong iklim laut tropis yang dipengaruhi dua musim, yaitu musim kemarau terjadi pada April hingga Oktober dan musim hujan pada Oktober hingga April. Curah hujan di Ketewel yakni sekitar 963 mm, di mana suhu udara mencapai 26 0C.

Bahasa Daerah di Ketewel

Secara umum, bahasa daerah yang digunakan di Ketewel adalah Bahasa Bali. Namun, masyarakat di wilayah ini juga dapat berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia dan Inggris.

Selain pantai, anda juga bisa menikmati sawah menghijau!
Selain pantai, anda juga bisa menikmati sawah menghijau!

Tempat Wisata di Ketewel

Beberapa pantai di Bali berada di Ketewel. Jadi buat anda yang menyukai pantai, bisa coba mampir kesini.

  • Pantai Secret Ketewel
  • Pantai Gumicik

Hiburan Malam di Ketewel

  • BMB Dancing Club
  • Sama Suka Resto

Rekomendasi Tempat Makan Kuliner di Ketewel

  • Black Sands Bali

Tips Wisata di Ketewel

  • Gunakanlah sunblock dan topi ketika berkunjung ke objek wisata di Ketewel sebab mayoritas adalah pantai dengan cuaca tropis.

Perlu Kamu Tahu di Ketewel

Kantor Kepala Desa Ketewel

Jalan Raya Ketewel, Sukawati, Bali

Telepon : (0361) 297474

 

Leave a Reply