Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cepaka Bali!

Rate this post

Cepaka merupakan desa di Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Wilayah desa ini berkembang menjadi desa agraris, sehingga mata pencaharian penduduk sangat dipengaruhi oleh keadaan desanya. Sebagai desa tradisional yang indah dan menarik, kemasan budaya di desa menjadi potensi pariwisata. Mungkin anda nggak banyak menemukan pantai di Bali ada disini. Selain itu memang Anda tidak akan menemukan sesuatu dipentaskan otentik di desa ini, tetapi Anda akan menyaksikan upacara di pura atau bahkan lebih intim ritual di rumah seseorang.

Wilayah Utama Cepaka

Sejak tahun 1957 wilayah Desa Cepaka hanya terdiri dari tiga banjar, yaitu Banjar Cepaka, Banjar Lalangpasek dan Banjar Batanduren.

Sejarah Cepaka

Salah satu kerajaan di daerah Tabanan adalah Kerajaan Kaba-Kaba yang dipimpin oleh keturunan Arya Belog yang menguasai wilayah Kediri Timur sampai Desa Cepaka. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya tanah-tanah retribusi di Desa Cepaka yang merupakan bekas tanah milik Raja Kaba-Kaba. Semasa Desa Cepaka masih di bawah kerajaan Kaba-Kaba, daerah ini mempunyai wilayah sebanyak tujuh banjar yang terdiri dari dua bagian.

Pada pemerintahan Mekel I Wayan Rapet ini, Desa Cepaka mengalami perubahan wilayah karena pada saat musim hujan, air sungai Yeh Penet sering meluap, sedangkan jembatan yang menghubungkan kedua wilayah desa itu belum ada, sehingga segala kegiatan dan adat istiadat sering terhalang, Oleh sebab itu, wilayah yang ada di sebelah barat sungai Yeh Penet memisahkan diri dari Desa Cepaka dan bergabung ke wilayah Desa Kaba-Kaba.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cepaka Bali! via @balilifeliving
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cepaka Bali! via @balilifeliving

Cara Pergi ke Cepaka Bali

Untuk mencapai wilayah Cepaka dapat menyewa mobil atau motor atau meminta hotel tempat menginap untuk menjemput Anda di bandara. Untuk taksi dapat digunakan dengan tarif lebih mahal, sedangkan penyewaan mobil sekitar Rp50.000-Rp200.000.

Transportasi Umum di Cepaka

Dikarenakan transportasi umum jarang ditemukan, sebaiknya Anda menyewa motor atau mobil untuk berkeliling sekitar Cepaka. Tarifnya bervariasi tergantung dan ada juga yang menyediakan sopir agar Anda tidak kesulitan mencari jalan di Cepaka.

Hotel di Cepaka

Suasana pedasaan seperti ini bisa kamu temukan di Cepaka Bali via @thehotelspecialist.it
Suasana pedasaan seperti ini bisa kamu temukan di Cepaka Bali via @thehotelspecialist.it
  • Villa Sungai
  • Villa Maya Retreat
  • Villa Cepaka
  • Villa Kaba Kaba Resort Bali
  • Villa Jewel
  • Villa Mawar
  • Cepaka Homestay
  • Villa The Sanctuary Bali
  • Villa Asri Cepaka
  • Uma Wana Prasta
  • Villa Batu Putih

Iklim di Cepaka

Iklim Desa Cepaka adalah tropis dengan suhu rata-rata tahunan 25,9 0C, di mana hampir sebagian besar bulan ditandai dengan curah hujan relatif basah. Bulan terkering adalah September dan Februari menjadi bulan terhangat.

Bahasa Daerah di Cepaka

Secara umum, bahasa daerah yang digunakan di Cepaka adalah Bahasa Bali. Namun, masyarakat telah banyak yang menggunakan Bahasa Indonesia atau Inggris untuk komunikasi, terutama bagi mereka yang sering berhubungan dengan turis mancanegara.

Kalau mau merasakan bagaimana suasana bali yang masih asli, bisa pergi lburan ke Cepaka Bali! via @ninaweber2503
Kalau mau merasakan bagaimana suasana bali yang masih asli, bisa pergi lburan ke Cepaka Bali! via @ninaweber2503

Rekomendasi Tempat Makan Kuliner di Cepaka

  • Selingsing Cepaka, Jalan Desa Cepaka No.33, Kediri, Kabupaten Tabanan

Tips Wisata di Cepaka

Temukan keunikan budaya di desa ini dan suasana agraris yang menyejukkan mata.

Perlu Kamu Tahu di Cepaka

Kantor Desa Cepaka, Br. Bataduren, Desa Cepaka, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan

 

 

Leave a Reply