Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sleman

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sleman
5 (100%) 2 votes

Panduan Tips Pergi Liburan Ke SlemanzSleman adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Terletak di sebelah barat laut Kota Yogyakarta, di antara Kota Yogyakarta dan Kabupaten Magelang. Bagian utara Sleman adalah dataran tinggi dengan puncak Gunung Merapi yang berdiam di perbatasan Jawa Tengah. Gunung Merapi tergolong aktif dan paling berbahaya di Pulau Jawa. Sedangkan di bagian selatan Sleman merupakan dataran rendah yang tanahnya sangat subur. Sungai-sungai utama yang melintasi kabupaten ini antara lain yaitu Kali Progo, Kali Code, Kali Kuning, Kali Opak, dan Kali Tapus. Kabupaten Sleman sendiri terkenal sebagai daerah penghasil buah Salak Pondoh.

Terdapat setidaknya 29 Universitas di Sleman, termasuk di antaranya Universitas Sanata Dharma, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Atma Jaya, dan beberapa universitas besar lainnya.

Sleman juga memiliki banyak Desa Wisata dan Monumen, selain juga kaya akan tempat tujuan wisata dan peninggalan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sleman

Wilayah Utama Sleman

Kabupaten Sleman memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut,

  • Utara: Propinsi Jawa Tengah, Kabupaten Gunung Kidul
  • Timur: Propinsi Jawa Tengah, Kabupaten Bantul
  • Selatan: Kota YogyakartaBarat: Kabupaten Kulon Progo

Pusat pemerintahan kabupaten berada di Kecamatan Sleman, berlokasi di jalur utama antara Yogyakarta dan Semarang.

Sejarah Sleman

Menjelang Abad ke-8, Dinasti Sailendra pada masa kekuasaan Buddha, mendirikan beberapa candi seperti Kalasan, yang beristana di Ratu Boko. Namun setelah masa kejayaan Dinasti Sailendra berakhir, Kerajaan Mataram berkuasa di Sleman, lalu mengambil alih istana Ratu Boko. Kemudian Kerajaan Sanjaya berkuasa menggantikan Kerajaan Mataram, yang setelahnya memerintah di Sleman, dan diyakini telah mendirikan Candi Prambanan.

Sleman didirikan pada tanggal 8 Agustus 1950 dengan disahkannya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 1950, tentang pembentukan wilayah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada Tahun 2010, beberapa erupsi Gunung Merapi dan banjir lahar es menewaskan kurang lebih 350 jiwa, menghancurkan rumah-rumah pemukiman di Kecamatan Cangkringan, dan menimbulkan kerugian hingga lebih dari 5 Triliun Rupiah akibat kerusakan.

Pada Tanggal 15 Mei 1916, Wilayah Kesultanan Yogyakarta dibagi menjadi tiga kabupaten, yaitu Kalasan, Bantul, dan Sulaiman yang lantas disebut Sleman, dengan masing-masing kepala wilayah seorang bupati. Tanggal itu kemudian dijadikan sebagai hari jadi Kabupaten Sleman.

Cara Pergi ke Sleman

Anda bisa mengakses Kabupaten Sleman melalui Yogyakarta atau Magelang, karena kabupaten ini dilewati jalan utama penghubung Kota Yogyakarta dan Kabupaten Magelang.

Jarak antara kota Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Magelang, Jawa Tengah, di jalan umum adalah 34 kilometer. Perjalanan dari Magelang menuju Sleman sendiri ditempuh dalam waktu sekitar 50 menit.

Sedangkan dari Yogya, Anda bisa ke Terminal Bus Giwangan atau Sub Terminal Bus Jombor, lalu lanjut naik bus jurusan Borobudur, dengan ongkos sekitar Rp. 10.000. Rute bus yaitu, Terminal Giwangan – Ringroad – Gamping – Terminal Jombor – Jl. Magelang – Sleman – Terminal Bis Muntilan.

Terminal Jombor ini terletak di Jl. Magelang, Mlati, Sleman, DI Yogyakarta. Terminal ini merupakan terminal pendukung yang berlokasi di Kabupaten Sleman, dan khusus melayani bus-bus dengan rute perjalanan ke arah utara dan juga kota-kota tujuan di jalur utara. Terminal Jombor terletak persis di Ringroad Utara.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sleman

Tersedia Angkutan Umum Trans Jogja. Trans Jogja merupakan bus kota ukuran sedang ber-AC, dengan harga tiket Rp 3.600 untuk sekali jalan. Bus Trans Jogja memiliki 6 jalur khusus yang beroperasi setiap hari mulai pukul 05.30 – 21.30 WIB. Trans Jogja ini menghubungkan area-area popular dan tempat tujuan wisata yang terdapat di Yogyakarta dan sekitarnya.

Untuk menuju Yogyakarta sendiri sangatlah mudah, karena kota ini merupakan salah satu destinasi wisata terkemuka sehinga banyak cara untuk berkunjung. Anda bisa menggunakan pesawat terbang, bus, kereta api, atau kendaraan pribadi. Terdapat berbagai penerbangan langsung, baik domestik maupun luar negeri. Semua penerbangan ke Yogyakarta berakhir di Bandara Internasional Adi Sutjipto. Untuk perjalanan ke Yogyakarta menggunakan kereta api, ada dua stasiun yang beroperasi yaitu Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Tugu. Stasiun Tugu terletak di dekat Jalam Malioboro, sedangkan Stasiun Lempuyangan berjarak sekitar satu kilometer di sebelah timur Stasiun Tugu. Pilihan lainnya yang lebih hemat adalah naik bus antar kota, dengan beberapa terminal yang memfasilitasi rutenya, seperti Terminal Giwangan dan Terminal Jombor.

Transportasi Umum di Sleman

Jumlah angkutan umum di Kabupaten Sleman semakin berkurang jumlahnya. Hal ini disebabkan banyaknya kendaraan pribadi terutama motor, dan rusaknya infrastruktur jalan pedesaan, khususnya di Kecamatan Cangkringan, akibat erupsi Gunung Merapi pada Tahun 2010 silam. Jumlah armada angkutan desa dan angkutan antar kota kini semakin sulit ditemukan. Maka pilihan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil menjadi solusi yang paling nyaman. Lebih-lebih banyak tempat tujuan wisata yang belum terjangkau oleh angkutan umum.

Sewa mobil rata-rata mengenakan tarif Rp. 200.000 sudah termasuk supir, tapi belum termasuk bensin dan uang makan supir. Biasanya harga tersebut berlaku untuk waktu sewa selama 12 jam, tapi mungkin juga untuk pemakaian 24 jam.

Anda juga bisa menggunakan angkutan tradisional becak dan delman untuk berkeliling kota, sekedar mencari makan atau melihat-lihat pemandangan dan aktivitas warga setempat.

Jika Anda ingin sekaligus berolahraga sambil berkeliling kota, Anda bisa menyewa sepeda. Beberapa jasa penyewaan sepeda seperti Rodalink dan The Trekkers dapat Anda hubungi.

Hotel di Sleman

Tersedia banyak pilihan akomodasi, baik bungalow, homestay, asrama mahasiswa, hotel, losmen, villa, maupun wisma, di Kabupaten Sleman. Tarif penginapannya pun bervariasi dari yang paling murah kisaran Rp. 60.000 per malam hingga yang termahal seperti hotel bintang empat dan bintang lima.

Ada juga akomodasi berupa rumah sewa. Jika Anda datang bersama keluarga atau beberapa rombongan teman, rumah sewa bisa menjadi pilihan praktis yang bisa disewa per malam. Rumah sewa ini dilengkapi dapur dan peralatan masak. Juga bisa tersedia dua atau tiga kamar di dalamnya. Harga rumah sewa kurang lebih Rp. 200,000 per malam. Sedangkan untuk penginapan jenis Vila, harganya berkisar satu juta per malam.

Iklim di Sleman

Wilayah Kabupaten Sleman termasuk beriklim tropis basah dengan musim hujan antara bulan Nopember – April dan musim kemarau antara bulan Mei – Oktober. Kabupaten Sleman pernah mengalami hujan lebat dari Bulan November hingga April, dengan temperature terendah sekitar 22 derajat Celsius, dan temperature tertinggi di 30 derajat Celsius.

Bahasa Daerah di Sleman

Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia

Tempat Wisata di Sleman

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sleman

Kabupaten Sleman memiliki kekayaan wisata candi, termasuk Candi Prambanan, Kalasan, Ijo, dan Ratu Boko yang merupakan Istana peninggalan kerajaan lampau. Selain itu masih ada beberapa candi lainnya lagi. Anda akan dibuat terkesima saat mengunjungi wisata-wisata candi berikut ini:

1. Candi Sari

Dulu candi ini adalah Vihara Umat Buddha. Konon di candi ini sering dijadikan tempat menimba ilmu kepada para bhiksu. Lokasinya dekat dengan Candi Kalasan.

Harga tiket masuk: Rp. 2.000 per orang dan Rp. 1.000 per anak.

Jam buka setiap hari

2. Candi Sambisari

Candi yang ditemukan oleh seorang petani di Tahun 1966 ini berdiri 6.5 meter di bawah permukaan tanah.

Harga Tiket Masuk: Rp. 2.000 per orang, dan Rp. 1.000 per anak.

Jam buka pukul 08.00 – 17.00 WIB

3. Candi Ratu Boko

Terletak 3 km arah selatan Candi Prambanan. Komplek bangunan ini terdiri dari gapura, candi pembakaran, paseban, pendopo dan komplek pemandian keputren dan sistem drainasenya. Dilengkapi fasilitas camping ground, musholla, toilet, dan menara pandang.

Harga tiket masuk dewasa: Rp. 8.000 (hari biasa) Rp. 10.000 (hari libur) Rp. 11.000 (hari libur lebaran, natal dan tahun baru),

Harga tiket masuk anak-anak: Rp. 4.000,- (hari biasa) Rp. 5.000 (hari libur) Rp. 6.000 (hari libur lebaran, natal dan tahun baru)

Harga tiket masuk wisatawan asing: US$ 10

4. Candi Prambanan

Candi ini adalah candi Hindu terbesar di Jawa Tengah dengan ketinggian sekitar 47 meter. Tersimpan Legenda Rara Jonggrang yang dikaitkan dengan asal muasal Candi Prambanan. Secara administratif kompleks candi ini berada di perbatasan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Terletak di sisi utara jalan antar kota Yogyakarta dan Solo, sekitar 16 kilometer ke arah timur Yogyakarta.

5. Candi Kedulan

Pada Tahun 1993 sekelompok penambang pasir menemukan situs candi ini di tanah Desa Tirtomartani. Candi ini terpendam lapisan endapan lahar Merapi sedalam 7 meter pada saat ditemukan.

Di Kabupaten Sleman, Anda juga bisa menemukan wisata Gua, antara lain Gua Jepang, Gua Jepang Kaliurang, dan Gua Sentana.

Beberapa Desa Wisata juga bisa Anda kunjungi sebagai alternatif wisata. Namun, wisata Gunung Api Merapi mungkin akan menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang menyukai wisata alam dan petualangan.

Mal di Sleman

  • Sahid Yogya Lifestyle City. Jalan Babarsari, Sleman, Jogja
  • Malioboro City. Jl. Solo, Sleman, Jogja
  • Plaza Ambarrukmo, Jl. Laksda Adisucipto, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
  • Hartono Mall. Address: Jl. Ir. Soekarno, Jawa Tengah. Telepon: (0271) 7890999
  • Yogya City Mall, Address: KM. 6 No. 18 Jalan Magelang, Sinduadi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284, Telepon: (0274) 5305855, Jam Buka: Pukul 10.00 – 22.00 WIB

Museum di Sleman

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sleman

1. Museum Affandi

Museum yang terletak di jalan Adisucipto 167 ini memiliki 3 gedung ruang pameran. Museum Affandi dibuka untuk umum pada hari Senin-Minggu pukul 08.00 – 13.30 dan Sabtu pukul 09.00 – 13.00. Museum Affandi juga menyediakan fasilitas antara lain toko souvenir, perpustakaan, toilet, kolam renang, menara pandang, rumah panggung dan mushola.

Lokasi: Jl. Adi Sucipto 167

Telepon: (0274) 562593

2. Museum Geoteknologi Mineral

Museum ini telah dilengkapi oleh sarana ruang audio visual. Di sini pengunjung tidak dipungut biaya.

Lokasi: Jl. Babarsari No. 2 Tambakbayan, Yogyakarta 55281

Telepon: (0274) 485268/486991, pesawat 17

Waktu Buka: Pada Hari Senin – Kamis pukul 08.00 – 14.00 WIB

Hari Jumat pukul 08.00 – 11.00 WIB.

3. Museum Gunung Api Merapi

Lokasi: Kawasan lereng selatan Gunung Merapi. Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari arah Yogyakarta, Anda bisa menyusuri Jalan Kaliurang sejauh kurang lebih 20 kilometer, lalu berbelok ke arah kiri, dan ikuti jalan menuju obyek wisata Kaliurang dari pintu masuk sebelah barat (Jalan Boyong). Tidak lama Anda akan tiba di gerbang masuk kawasan wisata Kaliurang. Dari sini, Anda belok ke kanan, nah Museum Gunung Merapi langsung terlihat persis di ujung jalan tersebut.

Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi saat hendak berkunjung ke museum ini, sebab tidak ada rute angkutan umum yang melewatinya. Jadi Anda perlu berjalan kaki sejauh dua kilometer dari Jalan Kaliurang. Namun jika Anda ingin tetap naik kendaraan umum, silahkan Anda naik angkutan umum mikromini jurusan Jogja-Kaliurang. Setibanya di depan gedung Oasis Crisis Center, Anda turun lalu melanjutkanberjalan kaki menyusuri Jalan Boyong.

Tarif Kunjungan Museum per 2010,

Harga Tiket Masuk: Rp. 3.000

Tarif Parkir Motor: Rp. 1.500

Tarif Parkir Mobil: Rp. 2.000

Tarif Parkir Bus: Rp. 10.000

Jam Buka: Pukul 09.00 – 15.30

Museum libur pada Hari Senin.

Dinas Budaya Pariwisata Sleman: Telp/Fax. (0274) 869613

UPT Museum Gunungapi Merapi Pakem: Telp. (0274) 868405 Ext. 1866

4. Museum Monumen Pahlawan Pancasila

Pada Tahun 1965, terjadi pembunuhan terhadap dua orang pahlawan revolusi, yaitu Brigadir Jenderal Anumerta Katamso dan Kolonel Anumerta Sugiyono.

Bertempat di Kompleks Batalyon 403, Kentungan, Condongcatur, Sleman, di tepi sebelah selatan.

Telepon: (0274) 562319

Jam Buka:     Senin – Kamis pukul 08.00 – 12.00, Jumat dan Sabtu pukul 08.00 – 11.00

5. Museum Paleoantropologi

Museum ini merupakan bagian dari Laboratorium Bioantropologi dan Paleoantropologi dibawah Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada. Museum ini menyajikan materi pameran antara lain: sejarah hayat, pohon hayat, beda ciri manusia dan kera, filogeni hewan, filogeni manusia, ontogeni, paleoanthropologi Indonesia, paleoanthropologi dunia, evolusi alat-alat budaya, situs prasejarah di Indonesia, situs prasejarah dunia, fosil-fosil hewan purba dan fosil-fosil manusia purba.

Lokasi: Kompleks Universitas Gadjah Mada

Telepon: 0274-902546

6. Museum Seni Lukis Kontemporer Indonesia (SLKI) Nyoman Gunarsa

Koleksi museum ini berjumlah kurang lebih 500 lukisan. Beberapa koleksi unggulannya antara lain lukisan dengan judul “Subali Sugriwa” dan “Spirit Hamengku Buwono IX”.

Lokasi: Jl. Wulung No. 43 Papringan, Caturtunggal, Depok, Sleman

Telepon: (0274) 564330

Jam Buka: Senin – Sabtu pukul 08.30 – 15.30 WIB

Museum libur pada Hari Minggu.

7. Museum TNI AU Dirgantara Mandala

Didirikan atas gagasan pimpinan TNI AU untuk mengabadikan dan mendokumentasi segala kegiatan dan peristiwa bersejarah di lingkungan TNI AU.

Lokasi: Kompleks Lanud Adi Sucipto

Telepon: (0274) 488466

Jam Buka: Pukul 08.30 – 14.30

8. Museum Ullen Sentalu

Museum ini dilengkapi dengan galeri, taman, restoran, dan toko seni.

Lokasi: Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman

Telepon: (0274) 895161, 880158

Hiburan Malam di Sleman

  • Liquid Bar and Kitchen Restaurant, Jalan Magelang Km 4.5, Yogyakarta, Telepon 0274 589611
  • Lobby Happy Puppy Seturan Karaoke, Jalan Raya Seturan Blok B, Telepon 0274 486996, Buka 24 Jam
  • Liquid Restourant and Bar (Bar & Grill), Jl. Magelang Km 4.5, Telepon +628113921189
  • DC Mlik N Bar, JL. Wahid Hasyim No. 129, Nologaten, Condong Catur, Telepon 0274 7444745, Buka 24 Jam
  • Tropic Coconut Cafe, Restoran Vegetarian & Vegan, Jl. Lempongsari No. 111 c, Telepon +6285643779386
  • Sarajevo Skate Bar, Telepon 081804030720, Tutup Jam 18.00
  • Angkringan Lor Pasar Godean, Jl. Wongsodirjan, Jl. Pangeran Mangkubumi
  • Bar Olahraga, Jl. Kali Urang , Tanggung Sari., Jl. Gito Gati
  • Boshe VVIP Club, Jl. Magelang Km 6.5, Sleman, DI Yogyakarta
  • Embassy Club, Jl. Laksamana Adisucipto Km 8.7 (Sheraton Mustika Resort & Spa), DI Yogyakarta
  • Hugo’s, Jl. Laksamana Adi Sucipto (Maguwoharjo, Depok), Sleman, DI Yogyakarta
  • Hyperbox Family Karaoke, Jl. Babarsari Raya No. 15 (Depok), Sleman, DI Yogyakarta
  • Inul Vizta Family Karaoke, Ruko Pandega Unit No. 14 – 16 (Jalan Ring Road Utara), Sleman, DI Yogyakarta
  • House of Balcony, Plaza Ambarrukmo, Lt. 1 Kav. A27 (Jalan Laksda Adisucipto Km 6, Depok), Sleman, DI Yogyakarta
  • Olivine Cafe, Jalan Perumnas, Sleman, Jawa Tengah, Telepon 0821 3449 4191
  • Vino Bar
  • Hotel Bar, The Phoenix Hotel Yogyakarta, Yogyakarta 55233, Telepon 274 566 617
  • Suave Cafe & Bar, Kompleks Kuliner Pringwulung, Sleman, Jawa Tengah, Telepon 0856 4358 5771
  • Kalui Milk Bar & Karaoke TV, Jl. Affandi No. 8 a, Sleman 55281, Jawa Tengah, Telepon 274 581 313
  • GOLDSTACK ACADEMIC DJ School & Equipment, Cepit Baru, Depok, Sleman, Jawa Tengah, Telepoon 0812 2645 9777
  • Tipsi – Eat Good, Feel Good, Jl. Kenari 7, Demangan Catur Tunggal, Sleman, DI Yogyakarta 55281, Telepon +62 877 3805 3585

Tempat Makan Rekomendasi di Sleman

  • Ayam geprek, Jl. Palagan Km 8.5, kira kira 1 km di utara Hotel Hyatt.
  • Lodho Ayam Khas Trenggalek, Jl. Gito Gati 100, Sleman, Telepon: 081804054771/081227526672.
  • Resto Kapulaga, Restoran berkonsep Indonesia popular seperti rawon, opor, sop buntut, aneka mie, sop, sayur, dan masakan lainnya. Berlokasi di jalan menuju Taman Palagan Asri 2 dan Paradise, tepatnya di sekitar KM 8, Jalan Tentera Palagan, kira-kira satu kilometer dari Hyatt. Harga kisaran Rp. 12.500 – Rp. 40.000 per orang.
  • Soto Kadipiro, Soto Kadipiro pusatnya di di Jalan Wates dan ada beberapa cabang di Jogja. Yang di Jalan Sukoharjo Condong Catur, kira kira 300 meter di utara terminal, termasuk yang kecil. Harga satu porsi Rp. 15.000.
  • Jejamuran, Restoran yang menyajikan aneka masakan olahan jamur. Jl. Magelang KM. 11 RT. 01 RW. 20, Desa Niron, Pandowoharjo, Tridadi, Kecamatan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55512, Telepon: (0274) 868170, Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB.
  • Aneka Bujana Bu Citro, Jl. Laksda Adisucipto, Depok, Sleman 587662.
  • Ayam Goreng Suharti, Jl. Laksda Adisucipto 208, Depok, Sleman 515522.
  • Lombok Ijo Sego Abang Jalan Pakem Turi.

Tips Wisata di Sleman

  • Susunlah rencana kunjungan agar dalam satu hari perjalanan Anda bisa menjangkau beberapa obyek wisata sekaligus yang searah, mengingat banyaknya obyek wisata di wilayah Kabupaten Sleman.
  • Begitu pun dengan wisata kuliner yang tersedia dari pagi dini hari hingga larut malam, jika Anda bisa mendapat informasi tentang penjaja makanan-makanan khas daerah ini, Anda mungkin dapat melengkapi rencana kunjungan wisata berikut kulinernya selama perjalanan.

Perlu Kamu Tahu di Sleman

  • Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata, Jl. KRT Pringgodiningrat 13, Tridadi, Sleman, Yogyakarta, Telp. Fax. +62 274 869613, Website: www.tourismsleman.com, e-Mail: [email protected]
  • Rumah Sakit Angkatan Udara Dr S Hardjolukito, Jl. Janti, Ring Road Selatan, Sleman., Telp: 0274 44702, Kategori: Rumah Sakit Umum.
  • Rumah Sakit Grhasia, Jl. Kaliurang Km 17, Pakem, Sleman. Telp: 0274 898265, Kategori: Rumah Sakit Jiwa.
  • Rumah Sakit JIH, Jl. Ring Road Utara No. 160 Condong Catur, Sleman. Telp: +62-274-4463535, Kategori: Rumah Sakit Umum.
  • Rumah Sakit Khusus Bedah An-Nur, Jl. Samirono Baru 16, Sleman. Telp: 0274 514784, Kategori: Rumah Sakit Khusus.
  • Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman, Jl. Bayangkara 48, Sleman. Telp: 0274 7495626, Kategori: Rumah Sakit Umum.
  • Rumah Sakit Panti Rapih, Jl. Cik Ditiro No. 30 Yogyakarta, Telp: +62-274-563333, 515709, 514845 Fax: +62-274-564583, Kategori: Rumah Sakit Umum.
  • Pasar Sleman, Jl. Letkol Subadri No. 18, Sidoarjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55514.

Leave a Reply