Panduan Tips Pergi Liburan Ke Bantul

Bantul adalah sebuah Kabupaten di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Ada begitu banyak tempat wisata alam dan wisata buatan yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yang mendunia adalah keindahan Pantai Parangtritis, meski beberapa pantai lainnya pun tak kalah menarik untuk dikunjungi. Desa-desa wisata penghasil berbagai macam produk kerajinan tangan juga dapat Anda temukan di sini. Seperti Desa Wisata Kasongan penghasil kerajinan gerabah, Desa Gendeng penghasil kerajinan kulit dan wayang, serta desa-desa lainnya pengrajin kayu, perak, tempurung, gamelan, dan emas.

Namun, bencana gempa bumi besar berskala 5.6 richter pernah mengguncang Bantul di Tahun 2006, mengakibatkan kerusakan terparah terjadi di daerah Pundong dan Imogiri, serta memakan korban setidaknya 3.000 jiwa dan menghancurkan sekitar 72.000 rumah di samping kerusakan-kerusakan lainnya.

Di Kabupaten Bantul, ada dua lokasi penangkaran penyu, yaitu di Pantai Gua Cemara dan Pantai Pelangi. Kedua tempat tersebut hanya memiliki kurang dari 10 jumlah sarang dalam tiap tahunnya. Masa penyu-penyu ini bersarang adalah di Bulan Juli dan Agustus.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Bantul
Pantai Parangtritis by IG @arum_wulansarii

 

Wilayah Utama Bantul

Batas wilayah Kabupaten Bantul adalah sebagai berikut,

  • Utara: Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman
  • Timur: Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Sleman
  • Selatan: Samudra Hindia
  • Barat: Kabupaten Kulonprogo

Sejarah Bantul

Bantul memiliki ikatan sejarah Yogyakarta yang lekat dengan masa perjuangan Indonesia di masa lalu. Banyak kisah kepahlawanan di Bantul, diantaranya seperti perlawanan Pangeran Mangkubumi di Ambar Ketawang, pertahanan Sultan Agung di Pleret, perjuangan Pangeran Dipenogoro di Selarong, dan lainnya. Perjuangan Pangeran Dipenogoro melawan penjajah di Selarong menjadi titik awal dibentuknya wilayah Kabupaten Bantul.

Namun perjuangan Pangeran Dipenogoro kemudian diredam oleh Pemerintah Hindia Belanda, yang kemudian membentuk komisi khusus untuk menangani pemerintah daerah Mataram, Pajang, Sokawati, dan Gunung Kidul. Pemerintah Hindia Belanda dan Sultan Yogyakarta lantas bekerjasama mengenai pembagian wilayah administratif kesultanan yang baru, yaitu membagi wilayah Kesultanan Yogyakarta ke dalam tiga kabupaten, yaitu Bantulkarang di Selatan, Denggung di Utara, dan Kalasan di Timur. Kontrak ini dibuat pada tanggal 26 dan 31 Maret 1831. Lalu pada tanggal 20 Juli 1831, Bantulkarang secara resmi ditetapkan sebagai Kabupaten Bantul. Maka tanggal ini pun diperingati selayaknya hari jadi Kabupaten Bantul.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Bantul

Cara Pergi ke Bantul

Kabupaten Bantul dilintasi oleh jalan-jalan utama sebagai jalan arteri primer. Untuk sampai di Bantul, Anda bisa berangkat menggunakan bus umum dari Terminal Giwangan, Yogyakarta. Tersedia beberapa rute bus menuju tempat-tempat wisata di Bantul, seperti Pantai Parangtritis, Pantai Samas, Imogiri.

Mengingat tempat tujuan wisata di Bantul sangat kaya, maka sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu ada beberapa tempat wisata yang belum terjangkau oleh kendaraan umum tapi sayang untuk dilewatkan.

Transportasi Umum di Bantul

Anda bisa memanfaatkan angkutan umum angkot selama di Bantul, meski jumlah armadanya tidak banyak. Atau Anda juga bisa naik bus jurusan Bantul – Terminal Giwangan.

Rute: Bantul – Jl. Raya Bantul – Dongkelan – Jokteng Kulon – Jokteng Wetan – Jl. Parangtritis – Ring Road Selatan – Terminal Giwangan

Bantul sendiri mempunyai dua tempat pemberhentian bus sementara, yaitu Terminal Palbapang dan Terminal Imogiri. Selain itu, ada beberapa titik berhenti lainnya pada jalur angkutan umum antara Piyungan dan Srandakan.

Hotel di Bantul

Anda tidak akan kesulitan mencari akomodasi di Bantul, sebab ada sekitar lebih dari 40 penginapan di Bantul yang bisa Anda akses online. Hotel-hotelnya adalah hotel bintang satu hingga bintang tiga, sebab belum ada informasi ketersediaan hotel bintang 4 dan bintang 5.

Hotel di Bantul umumnya murah meriah, harga kamar paling murah dipatok di bawah 100 ribu, dan rata-rata harga kamar hotel hanya sekitar 100 ribu hingga 200 ribu saja.

Iklim di Bantul

Bantul beriklim muson tropis. Musim hujan di Bantul dimulai Bulan Oktober hingga Bulan Maret, sedang kemarau antara Bulan April dan Bulan September. Curah hujan rata-rata di Bantul 90 mm, dengan curah hujan tertinggi pada Bulan Desember hingga Bulan Februari. Temperatur udara cenderung tetap sepanjang tahun, dengan suhu rata-rata 30 derajat celsius.

Bahasa Daerah di Bantul

Bahasa Jawa wajib digunakan masyarakat di Bantul, karena Pemerintah Kabupaten Bantul berkomitmen untuk melestarikan Bahasa Jawa. Bahasa Jawa sendiri dikenal dalam beberapa tingkatan mulai dari bahasa Ngoko, Krama Inggil, dan Krama Halus.

Tempat Wisata di Bantul

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Bantul

1. Pantai Parangtritis

Pantai ini memiliki keunikan dan keindahan yang popular di dunia, karena memiliki gumuk-gumuk pasir yang indah dan hamparan pasir putih yang sangat luas. Selain itu, pantai ini juga menyimpan kisah legenda Ratu Kidul penguasa Laut Selatan, dan kerap diadakan ritual khusus pada setiap malam satu Suro yang digelar Keraton Yogyakarta.

2. Pantai Parangkusumo

Pantai ini berlokasi dekat dengan Pantai Parangtritis. Ada sebuah bangunan bernama Cepuri yang konon dijadikan sebagai tempat pertemuan Panembahan Senopati, Raja Mataram yang pertama, dengan Ratu Kidul Penguasa Pantai Laut Selatan. Di dalam Cepuri terdapat dua buah batu yang diberi nama Batu Cinta.

3. Pemandian Air Panas Parang Wedang

Uniknya pemandian ini terletak bukan di pegunungan atau dataran tinggi seperti pemandian air panas alami kebanyakan, dan airnya tidak mengandung sulfur tapi diyakini dapat menyembuhkan penyakit kulit.

4. Pantai Samas

Pantai yang terletak di Kecamatan Senden Kabupaten Bantul ini berjarak 25 kiometer dari Kota Yogyakarta. Ada mercusuar di tepi pantainya, dan merupakan lokasi yang menarik untuk penggemar fotografi.

5. Kids Fun

Di samping wisata alamnya, Bantul juga memiliki tempat wisata buatan yang ditujukan bagi para pengunjung keluarga atara lain Kids Fun. Arena wisata ini berlokasi di Jalan Wonosari Km. 10, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Berbagai wahana permainan seperti flying fox, bumper car, gokart, kolam renang, dan lain-lain, bisa Anda alami bersama keluarga tercinta.

6. Balong Waterpark

Begitu juga dengan wahana wisata air ini, tentunya sangat digemari anak-anak Anda. Balong Waterpark terletak di sebelah timur Kota Yogyakarta, yaitu di Jalan Pleret Km 1.5 Balong Potorono, Bantul, Yogyakarta. Aneka seluncuran dalam berbagai ukuran dapat Anda mainkan di sini.

7. Taman Wisata Tirta Tamansari

Taman Wisata atau kerap disebut Waterbyur Bantul ini adalah wahana wisata keluarga dengan fasilitas kolam renang dan outbound. Lokasinya berada di Jalan Wijaya Kusuma No. 180, Niten, Trirenggo Bantul, Yogyakarta. Harga tiket masuknya cukup murah yaitu Rp. 7.000 per orang, dan buka mulai jam 7 pagi hingga jam 8 malam.

8. Goa Selarong

Merupakan tempat menyendiri Pangeran Dipenogoro, sekaligus markas persembunyian para pejuang perang gerilya melawan Hindia Belanda. Bertempat di Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Kini terdapat bumi perkemahan di area wisata ini.

9. Makam Imogiri Yogyakarta

Makam Raja-raja dan keluarga raja Kerajaan Mataram ini terletak di atas perbukitan, di mana pengunjung harus menaiki 409 anak tangga untuk mencapainya. Makam ini dianggap keramat dan ada ketentuan-ketentuan khusus yang harus dipatuhi pengunjung sebelum memasuki area pemakaman ini. Lokasinya di kawasan Pegunungan Seribu, Dusun Pajimatan, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Bantul. Sejarah mengatakan kalau Pemakaman Imogiri ini dibangun oleh Sultan Mataram III, yaitu Prabu Hanyokrokusumo pada tahun 1632.

10. Masjid Kotagede Yogyakarta

Masjid ini adalah masjid tertua di Yogyakarta yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram. Bangunan masjid yang dibangun oleh Sultan Agung ini menyimpan benda-benda bersejarah yang usianya ratusan tahun, seperti bedug dan tembok berperekat air aren. Bangunannya sendiri memiliki nilai historis yang tinggi.

11. Goa Cerme

Pemandangan stalagtit dan stalagmit di goa ini sungguh indah, Anda akan mendapat pemandangan sekaligus obyek foto yang berbeda di goa sepanjang sekitar 1.5 kilometer ini. Lokasi Goa Cerme berada di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

12. Pantai Goa Cemara

Dinamakan demikin karena jalan masuk pantainya dipenuhi jejeran pohon cemara sehingga hampir menyerupai goa. Lokasinya di Desa Patehan, Kecamatan Sanden, Bantul. Meski tidak sepopuler Pantai Parangtritis atau Pantai Samas, tapi pemandangan di Pantai Goa Cemara tergolong indah. Harga tiket masuk ke Pantai Goa Cemara adalah Rp. 5.000.

13. Jembatan Gantung Siluk

Jembatan yang melintasi Sungai Oyo ini berwarna kuning, kontras dengan sekelilingnya perbukitan hijau Imogiri. Jembatan Gantung Siluk awalnya dibangun sebagai akses transportasi antar Desa Selopamioro dan Sriharjo, tapi kini orang datang berkunjung untuk sekedar berfoto, bahkan untuk foto pre-wedding. Untuk mengunjungi tempat ini dari Kota Yogyakarta, Anda bisa melintasi Jl. Imogiri Timur, lalu Pasar Imogiri, setelahnya belok kanan di pertigaan. Kira-kira 100 meter dari pertigaan Anda belok kiri, sampai ketemu SMPN 2 Imogiri, dari sini Anda mudah menuju Jembatan Gantung Siluk.

14. Sendang Ngembel

Sendang Ngembel adalah suatu mata air alami yang berbentuk bundar. Mata air ini juga berfungsi sebagai irigasi lahan pertanian penduduk setempat. Di tengah mata air ini terdapat sebuah pulau kecil yang mudah dijangkau oleh pengunjung dari tepian lewat jalan setapak. Para pengunjung biasanya tertarik untuk berfoto di sini. Berlokasi di Beji Wetan, Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul.

15. Hutan Mangrove Baros

Hutan ini merupakan kawasan konservasi alam di sekitar muara Sungai Opak dan tepi pantai Dusun Baros, dengan maksud mencegah abrasi dan banjir yang bisa melanda area pertanian kawasan ini. Namun kini juga digunakan sebagai sekolah alam dan tempat penelitian mangrove beserta ekosistemnya.

16. Curug Banyunibo

Air terjun ini terletak di Dusun Kabrokan Kulon, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul. Anda bisa menempuhnya selama 30 menit atau sejauh 25 kilometer dari Kota Yogyakarta. Lokasi air terjun di daerah pegunungan, maka udaranya pun sangat sejuk di tengah keasrian alam.

Tempat Belanja di Bantul

Pemerintah Kabupaten Bantul menolak pembangunan mal di daerahnya salah satunya karena dianggap akan membuat budaya konsumerisme. Pemerintah daerah ingin memfokuskan diri kepada pengembangan daerah-daerah wisata yang cukup kaya di daerah Bantul.

  • Desa Wisata Ngabean di Bantul dapat menjadi tempat berbelanja souvenir yang unik dan menarik, tempat ini merupakan tempat belanja souvenir kreatif di Bantul. Produk kreatifnya berupa kerajinan dari batok kelapa.
  • Desa Wisata Kerajinan Kulit Manding. Ada juga tempat belanja aneka produk kulit yang menarik, yang terletak di Manding, tepatnya di Jalan Parangtritis Km. 11 Dusun Manding, Desa Sabdodadi, Kecamatan Bantul. Sentra industri kerajinan kulit manding berada di dekat wisata bermain Grand Puri Water Park.
  • Pusat Kerajinan Batik Wijirejo pandak Bantul. Wijirejo Pandak Bantul populer sebagai sentra kerajinan batik khas Bantul. Kerajinan batik yang diproduksi masyarakat setempat dikerjakan turun-temurun. Dulu, para pendahulu mereka bekerja di Kota Yogya sebagai karyawan toko batik dan kemuadian membuka usaha batik mandiri. Produk batiknya mulai dari batik tulis, batik cap, batik campuran tulis dan cap, dan dijual dengan harga antara 50 ribu – 100 ribu rupiah.

Museum di Bantul

  • Museum Wayang Kekayon di Desa Baturetno, Kecamatan Banguntapan.
  • Museum Batik di Dusun Ketandan Tengah, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri.
  • Padepokan Seni Bagong Kusudiharjo di Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan

Hiburan Malam di Bantul

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Bantul

Alun-alun Kota Bantul

Alun-alun Paseban Kota Bantul menjadi tempat aktivitas masyarakat di malam hari, untuk mencari hiburan, pertemanan, dan menikmati jajanan kuliner yang tersedia. Tempat ini mulai ramai dari jam 5 sore hingga malam hari. Penjaja kuliner jagung bakar, wedang ronde, bakso, sate, siomay dan masih banyak lainnya tergelar di sini.

Di alun-alun ini juga kerap digelar konser musik, festival dan roadshow, pada waktu-waktu tertentu. Kelebihan wisata malam di Alun-alun Kota Bantul adalah selain mudah dijangkau semua kalangan, tempatnya strategis, tidak ada pungutan biaya bagi pengunjung bahkan pedagang, juga bebas biaya parkir kendaraan.

Pantai Parangtritis

Banyak penjaja makanan mulai berjualan di sekitar pantai selepas senja, setelah matahari terbenam. Mereka menjajakan aneka minuman hangat atau wedang jahe, susu jahe, jagung bakar, dan roti bakar. Biasanya anak-anak muda berkumpul di tepi pantai untuk menikmati suasana malam di Pantai Parangtritis, sambil ditemani debur ombak menderu dan suasana pantai yang semakin terkesan magis.

Beberapa tempat hiburan malam lainnya di sekitar kawasan Bantul

  • Banana Cafe, Jl. Parangtritis, Yogyakarta
  • Rifexd Syncronize Store & Bar, Jl. Parangtritis Km. 5.6, Bantul, Yogyakarta, Telepon 083867640404

Rekomendasi Tempat Makan di Bantul

Pantai Depok Bantul, Pusat Kuliner Seafood Jogja

Pantai Depok juga merupakan tempat pelelangan ikan. Pengunjung bisa membeli hasil laut untuk diolah di rumah atau bisa juga memesan olahan di warung-warung di sekitar pantai ini. Olahan seafood ala penduduk setempat tak kalah dengan olahan restoran, karena disajikan dengan bumbu-bumbu seafood tradisional yang unik.

Pantai Depok terletak di Kabupaten Bantul yang searah dengan pantai Parangtritis. Arah menuju pantai Depok dari tempat pemungutan retribusi Parangtritis belok kanan mengikuti jalan, nanti Anda akan menemukan Pantai Depok yang dipenuhi dengan deretan warung dan kapal nelayan yang bersandar. Untuk akses menuju ke pantai Depok atau pantai Parangtritis ini sudah tersedia angkutan umum.

Rekomendasi tempat makan di Bantul lainnya adalah sebagai berikut :

  • Sate Klathak Pak Pong Asli, Kedai BBQ, Restoran Indonesia, dan Restoran Jawa, Jl. Imogiri Timur KM. 10 (Timur Stadiun Sultan Agung), Bantul, DI Yogyakarta 55000, Indonesia
  • Ayam Bu Ismo, Ayam Goreng Jagoan dari Bantul, Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo 39 (Dekat RSUD Bantul)

Tips Wisata di Bantul

Mengingat Bantul memiliki kekayaan obyek wisata, sehingga penting bagi Anda untuk membuat daftar tempat tujuan wisata sebelum berkunjung ke Bantul, agar lebih menghemat waktu dan lebih efisien, juga tidak ada tempat yang terlewatkan.

Perlu Kamu Tahu di Bantul

Beberapa informasi Rumah Sakit di sekitar Bantul,

  • RS Patmasuri (0.80 km), Jl. KH. Ali Maksum Lapangan Krapyak Panggungharjo Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55188
  • RSKB Ringroad Selatan (0.93 km), Jl. Ringroad Selatan, Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182
  • RSUD Penembahan Senopati, Jl. Dr. Wahidin SH Bantul, Telepon 0274 367386
  • Rumah Sakit Rachma Husada, Jl. Parangtritis, Jetis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55781, Telepon 0274 640089

Leave a Reply