Panduan Tips Pergi Liburan Ke Baros

Baros adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Serang, Propinsi Banten. Ibu Kota Kecamatan Baros yaitu Desa Baros. Wilayah Baros sebagian besar adalah dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 500 meter di atas permukaan laut. Luas daerah Baros 35.47 kilometer yang terdiri dari 14 desa.

Wilayah Utama Baros

Batas-batas Wilayah Kecamatan baros adalah,

  • Utara: Kecamatan Curug Kota Serangu
  • Selatan: Kecamatan Cadasari Kabupaten Pandeglang
  • Barat: kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang
  • Timur: Kecamatan Petir Kabupaten Serang

Sejarah Baros

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Baros

Pemerintahan di Pandeglang sudah ada sejak tanggal 1 April 1874. Pada tanggal 14 Agustus 1925, dengan Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda maka kabupaten ini dinyatakan berdiri sendiri dan tidak lagi di bawah pengaruh kekuasaan Keresidenan Banten. Kewedanan Baros dan kedelapan kewedanan lainnya termasuk di dalam wilayah kabupaten ini.

Cara Pergi ke Baros

Jika Anda berangkat menggunakan kendaran pribadi, Anda bisa mengarah ke Serang Banten melalui jalur Tol Jakarta – Merak, lalu keluar di pintu Tol Serang Timur. Dari pintu Tol Serang Timur menuju Terminal Pakupatan, dari terminal lurus saja sampai lampu merah pertama dekat pom bensin Pertamina, belok ke kiri menuju simpang lima Serang Banten. Dari sini lanjut ambil arah Baros dan Pandeglang.

Tersedia Bus Damri Bandara ke Kota Serang

Dari Bandara Soekarno Hatta, Anda bisa menggunakan Bus Damri dengan rute tujuan Cilegon. Tarifnya adalah Rp. 55.000 per penumpang dalam waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam. Dalam perjalanan menuju Cilegon, bus ini akan singgah di Kota Serang, Banten, tepatnya di Terminal Bus Pakupatan Serang. Bus Damri juga keluar di pintu Tol Serang Timur. Berikut rute yang dilintasinya,

Bandara Soekarno Hatta -> Tol Bandara -> Tol JORR 2 (Lingkar Barat) -> Tol Tangerang -> Tol Tangerang Merak -> Exit Pintu Tol Serang Timur -> Terminal Pakupatan Kota Serang (Transit selama ± 10 menit) -> Masuk kembali ke Tol Tangerang Merak di Pintu Tol Serang Timur -> Exit Pintu Tol Serang Timur -> Kota Cilegon (Kantor Dishub Kota Cilegon).

Dari Terminal Pakupatan Serang, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke wilayah sekitar Kota Serang seperti Pandeglang, Rangkasbitung, Lebak, Baros.

Selain itu, ada dua kereta api dari Jakarta yang memiliki rute ke Serang, yaitu KA Kalimaya dan KA Krakatau Express. Anda bisa berangkat dari Stasiun Tanah Abang sekitar pukul 16.00 sore dan tiba di Stasiun Serang sekitar pukul 18.00. Tarif kereta api ini adalah Rp. 20.000 per penumpang.

Transportasi Umum di Baros

Ada kendaraan umum Angkot (Angkutan Kota) yang melayani perjalanan mulai dari Terminal Pakupatan ke daerah-daerah di sekitar Pandeglang, begitu pun sebaliknya. Misalnya Trayek Angkutan Kota No. 10 dengan ciri mobil berwarna biru, yang berkeliling dalam rute berikut ini,

Terminal Pakupatan – Simpang 3 Parung – Jl. KH. Syekh Nawawi – Polda Banten – KP3B – Simpang 4 Palima – Jl. Raya Pandeglang – Simpang 4 Kebon Jahe – Jl. TB. Suwandi Lingkar Selatan – Simpang 4 Brimob – Jl. Letnan Jidun – Terminal Kepandean – Jl. Mayor Syafei – Simpang 4 Lontar – Jl. Kagungan – Simpang 3 Kantor Depag – Jl. Kaujon / Pasar Sore – Pendopo Gubernur – Jl. Veteran – Simpang 4 Alun Alun – Jl. Yumaga – dan rute sama arah kembali.

Terminal Pakupatan

Jl. Raya Serang Km. 4, Kecamatan Serang, Banten

Hotel di Baros

Beragam pilihan akomodasi di sekitar Baros. Berikut adalah penginapan yang berada dalam jarak antara 7 – 10 kilometer di sekitar Baros,

  • Sofyan Inn Altama, Jl. Raya Serang Pandeglang, Banten Km. 3, Pandeglang 42251, Tarif kamar sekitar Rp. 450.000 per malam
  • Ratu Hotel Bidakara, Jl. KH. Abdul Hadi No. 66, Serang 42117, Tarif kamar Rp. 923.000 per malam
  • Hotel Puri Kayana, Jl. KH. Abdul Hadi – Sempu Kelapa Endep, Serang 42100, Tarif kamar Rp. 383.000
  • Taman Sari Hotel, Jl. Tirtayasa No. 112, Serang 42111, Tarif kamar Rp. 275.000 per malam
  • Flamengo Hotel, Jl. Raya Cilegon No. 1, Kepandean, Serang 42411, Tarif kamar Rp. 300.000 per malamLe Dien Hotel, Jl. Jenderal Sudirman No. 88, Serang 42118, Tarif kamar sekitar Rp. 1.000.000 per malam

Iklim di Baros

Baros diklasifikasikan beriklim tropis, dengan curah hujan cukup tinggi bahkan pada musim kering pun sering terjadi hujan. Suhu udara rata-rata antara 25.8 derajat Celsius – 27.6 derajat Celsius.

Bahasa Daerah di Baros

Di Kabupaten Serang setidaknya ada tiga Bahasa yang kerap digunakan masyarakatnya, yaitu Bahasa Jawa Dialek Banten, Bahasa Sunda, dan Bahasa Indonesia. Bahasa Jawa Dialek Banten digunakan di wilayah Kabupaten Serang.

Pemakaian Bahasa Sunda dituturkan di kecamatan-kecamatan seperti Ciomas, Pabuaran, Padarincang, CInangka, Anyar, Petir, Cikeusal, Kopo, Cikande, Pamarayan, dan Baros.

Tempat Wisata di Baros

1. Sumber Mata Air Sukacai

Ada sebuah sumber mata air yang juga digunakan oleh perusahaan air minum pemerintah, selain sebagai tempat wisata pemandian. Airnya sangat bening dan jernih, dengan beberapa saluran pembuangan air selebar 1 meter.

2. Batu Lingga

Sebuah situs batu Menhir peninggalan tradisi Megalitikum yang berbentuk segi lima dan tujuh buah batu. Berlokasi di Kampung Lingga, Desa Sidamukti, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang.

3. Batu Tulis Leuwi Lisung Sungai Cimandiri

Ada sekitar 50 jenis benda bersejarah yang ditemukan di Kelurahan Baros. Benda-beda bersejarah itu antara lain berupa batu tulis, dan batu-batu berbentuk hewan dan gunung.

Mal di Baros

  • Pasar Baros Serang, Jl. Raya Serang Pandeglang
  • Mall of Serang (MOS), Jl. Raya Serang Timur, Lingkungan Kemang, Penancongan, Cipocok Jaya, Serang, Banten, Telepon 0254 8483733, Jam buka pukul 09.00 – 22.00 Wib

Museum di Baros

Museum Situs Purbakala Banten Lama, Jl. Raya Banten Lama (Kasemen), Serang, Banten

Hiburan Malam di Baros

  • Pelabuhan Paku Anyer, Serang, Banten
  • Lagoon Restaurant, The Jayakarta Villas Anyer Beach Resort, Jl. Raya Karang Bolong Km. 17/135, Anyer Kidul
  • The Kakatua Restaurant, Bar Hotel dan Restoran Amerika, Hotel Mambruk Anyer, Jl. Raya Karang Bolong, Cikoneng, Anyer, Cilegon, Banten 42446
  • Sahara Night Club, Marbella Anyer, Anyer, Banten
  • Oktav Cafe Resto & Family KTV, Jl. Sayabulu, Ciracas, Kota Serang, Banten

Rekomendasi Tempat Makan di Baros

  • Sari Kuring Indah Baros, Jl. Raya Serang – Pandeglang Km. 13, Baros, Serang
  • Restoran Honje (Masakan Asia), Jl. Raya Pandeglang Km. 13, Baros, Serang
  • RM. Belut, Jl. Raya Serang, Baros, Pandeglang
  • Rumah Makan Ibu Entin, Jl. Raya Serang – Pandeglang, Kecamatan Serang, Banten, Jam buka pukul 08.00 – 21.00 Wib
  • Rumah Durian Jatohan Haji Arif, Jl. Raya Serang – Pandeglang Kilometer 14, Kabupaten Serang, Banten, Jarak lokasi penjualan sekitar 80 kilometer dari Jakarta, dan bisa dicapai melalui Tol Tangerang – Merak. Keluar pintu Tol Serang Timur mengarah ke Kabupaten Pandeglang. Harga durian bervariasi mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp. 300.000, tergantung kualitas.

Tips Wisata di Baros

Carilah informasi kondisi jalan lebih dulu sebelum melakukan perjalanan karena pada musim liburan dan akhir pekan, jalur menuju Serang – Pandeglang dapat sangat ramai dan macet. Sebaiknya hindari jam-jam dengan tingkat padat kendaraan, untuk menghemat waktu dan tenaga Anda.

Lakukan pemesanan hotel lewat online sebelum datang berkunjung, untuk memastikan kamar yang tersedia dan untuk mendapatkan promo hotel dengan harga lebih murah. Pengunjung di musim liburan dan akhir pekan sangat ramai, Anda mungkin tidak akan mendapat kamar jika tidak memesan lebih awal.

Perlu Kamu Tahu di Baros

  • Kantor Kecamatan Baros, Jl. Raya Serang – Pandeglang Km. 12, Serang, Banten
  • Puskesmas Dpt Cadasari, Jl. Raya Serang – Pandeglang Km. 5 No. 52, Gayam Lor, Cadasari, Baros, Serang, Telepon 0253 204243
  • Rumah Sakit Sari Asih Serang, Jl. Jenderal Sudirman No. 38, PAnancangan, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten

Leave a Reply