Panduan Tips Pergi Liburan Ke Jember

Jember merupakan kota terbesar ketiga di jawa Timur, setelah Surabaya dan Malang. Lokasinya berdekatan dengan kabupaten Lumajang, Banyuwangi dan Bondowoso. Jember memiliki keindahan alam serta kekayaan budaya. Areanya dikelilingi oleh Pegunungan Argopuro dengan sejumlah air terjun di sebelah utara, perkebunan dan hutan lindung di sebelah timur, barat, dan selatan, berbatasan langsung dengan Laut Samudera Hindia.

Di Jember terdapat banyak lokasi wisata yang menarik. Beberapa diantaranya yang populer adalah Pantai Papuma, Watu Ulo, dan Bukit Rembangan. Selain itu masih ada Taman Wisata Bedadung, Oleng Sibutong, Taman Botani, dan lainnya. Selain itu, Kota Jember juga menawarkan wisata fashion yang mendunia, yaitu Jember Fashion Carnival (JFC) yang diadakan setiap tahun sekali dalam agenda Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ).

Jember merupakan pusat bisnis dan hampir selalu ramai orang dan sibuk. Mayoritas penduduk Kabupaten Jember terdiri atas Suku Jawa dan Suku Madura, dan sebagian besar beragama Islam. Selain itu terdapat warga Tionghoa dan Suku Osing. Suku Madura dominan di Jember bagian Utara dan merupakan mayoritas di sejumlah tempat.

Kota Jember memiliki perguruan tinggi negeri Universitas Negeri Jember dan Politeknik Negeri Jember. Selain itu terdapat beberapa perguruan tinggi yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Islam Jember, Universitas Moch. Seroedji, IKIP PGRI, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala. PPKIA (Pusat Pendidikan Komputer Indonesia Amerika) salah satu lembaga pendidikan luar sekolah, ada juga (PIKMI) pusat pendidikan program satu tahun yang berbasis komputer.

Pantai Papuma dari udara via @abinaalkhalifizahran
Pantai Papuma dari udara via @abinaalkhalifizahran

Wilayah Utama Jember

Kabupaten Jember terletak di Propinsi Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Samudera Hindia di selatan, dan Kabupaten Lumajang di barat. Kabupaten Jember terdiri dari 31 kecamatan. Kabupaten Jember terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur.

Daftar Kecamatan di Jember:

Ajung – Ambulu – Arjasa – Balung – Bangalsari – Gumukmas – Jelbuk – Jenggawah – Jombang – Kalisat – Kaliwates – Kencong – Ledokombo – Mayang – Mumbulsari – Pakusari – Panti – Patrang – Puger – Rambipuji – Semboro – Silo – Sukorambi – Sukowono – Sumberbaru – Sumberjambe – Tanggul – Tempurejo – Umbulsari – Wuluhan.

Sejarah Jember

George Birnie dianggap sebagai Bapak Jember modern. Birnie seorang warga negara Belanda keturunan Skotlandia. Sekitar tahun 1850, Birnie membuka perkebunan tembakau di Jember, untuk dipasarkan hasilnya ke eropa. Birnie mendatangkan pekerja dari Blitar dan Pulau Madura.

Birnie menikahi Rabina, seorang perempuan Jawa, dan mengirim anak-anak mereka ke Belanda untuk belajar. Nama perusahaan perkebunan Birnie adalah Lanbhouw Maaschappij Oud Djember. Selain perusahaan Birnie, ada tiga perusahaan lain, yakni De Landbouw Maatscappij Soekowono milik Fransen van de Putte; De Landbouw Maatscappij Jelbuk milik Du Ry van Best Holle dan Geertsma; dan De Landbouw Maatscappij Soekokerto Ajong milik keluarga Baud.

Pekerja-pekerja perkebunan yang didatangkan dari beberapa daerah di Jawa Timur, membuat Jember menjadi ramai. Tahun 1805, jumlah penduduk Jember hanya lima ribu orang. Akhir abad 19 sudah mencapai sekitar satu juta orang. Mobilisasi dilakukan oleh Besoekisch Imigratie Bureau (BIB). Perkumpulan pengusaha ini memang menjadi penyedia tenaga kerja perkebunan dan mengurusi kesejahteraan para pekerja itu.

Jalur kereta api digunakan pula untuk mengangkut tembakau ke pelabuhan Panarukan. Tembakau sudah menjadi bagian kehidupan rakyat Jember. Sekitar 90 persen lahan tembakau adalah perkebunan rakyat. Sisanya dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara milik negara dan perusahaan swasta.

Cara Pergi Ke Jember

Pergi Ke Jember Dengan Pesawat Terbang

Garuda indonesia menyediakan rute penerbangan Surabaya - Jember via @catatanruslan
Garuda indonesia menyediakan rute penerbangan Surabaya – Jember via @catatanruslan

Garuda Indonesia membuka rute penerbangan ke Jember dari Surabaya.  Jarak tempuh dari Surabaya adalah setengah jam perjalanan. Untuk jadwal penerbangan dari Surabaya ke Jember adalah sebagai berikut:

  • Surabaya – Jember 08.40 (Berangkat) 09.15 (Tiba)
  • Jember – Surabaya 09.45 (Berangkat) 10.15 (Tiba)

Pergi ke Jember Dengan Bus

Terminal Bus Utama di Jember adalah terminal Tawang Alun, dengan berbagai armada dan rute bus yang melayani perjalanan dari dan menuju Jember.

Terminal Tawang Alun

1. BUS PATAS Jurusan Surabaya selalu tersedia pukul 04.30 hingga 02.30 WIB

2. BUS PATAS Jurusan Malang tersedia dengan jadwal berikut:

  • 06.15 WIB
  • 07.15 WIB
  • 09.30 WIB
  • 13.00 WIB
  • 16.30 WIB
  • 18.00 WIB

Bus eksekutif dari Jember:

  • Pahala Kencana / Jakarta – 11.30 WIB / TELP. 0331-425314/488655
  • Safari Dharma Raya / Jakarta – 11.30 WIB / TELP. 0331-714101
  • Rosalia Indah / Yogyakarta – 19.00 WIB / Surabaya – 11.00 WIB / TELP. 0331-712447
  • Akas Asri / Jakarta – 13.00 WIB / TELP. 0331-713418
  • Lorena / Jakarta – 11.00 WIB dan 12.30 WIB / LAMPUNG – 12.00 WIB / TELP. 0331 – 711276
  • ALS / Medan – 13.00 WIB / TELP. 0331-712396

Pergi Ke Jember Dengan Kereta Api

Kereta Api Mutiara Timur atau Mutim adalah rangkaian kereta api kelas Bisnis dan Eksekutif relasi Surabaya Gubeng Jember Banyuwangi dengan dua kali keberangkatan tiap hari. Ada KA Mutiara Timur Siang dan Ada KA Mutiara Timur Malam.

Rute KA Mutiara Timur 2015 adalah Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Jember, Kalisat, Kalisetail, Temuguruh, Rogojampi, Banyuwangi.

Harga Tiket KA Mutiara Timur Kelas Bisnis mulai dari Rp. 120.000 – Rp. 160.000, sedangkan untuk harga KA Mutiara Timur Eksekutif Rp. 170.000 – Rp. 200.000

Transportasi Umum Di Jember

Taksi lokal yang terdapat di Jember adalah Argo, dan mereka memiliki nomor telepon pemesanan +62 331 424242.
Angkutan kota (angkot) dan Bus juga dapat mudah ditemukan di sini. Berikut ini beberapa rute angkot yang beroperasi di Kota Jember:

Rute Angkutan Umum DI Jember

LINE A / TAWANGALUN – ARJASA via Jalan Utama

RUTE : Jl. Dharmawangsa – Jl. Brawijaya – Jl. Hayamwuruk – Jl. Gajahmada – Jl. Sultan Agung – Jl. PB. Sudirman – Jl. Moch. Seruji – Jl. Slamet Riyadi – ARJASA – Jl. Supriyadi – jL. Sultan Agung.

LINE B / TAWANGALUN – ARJASA via Gebang

RUTE : Jl. Dharmawangsa – Jl. Brawijaya – Jl. Hayamwuruk – Jl. Gajahmada – Jl. Melati – Jl. Kenanga – Jl. Sultan Agung – Jl. PB. Sudirman – Jl. Moch. Seruji – Jl. Slamet Riyadi – ARJASA – Jl. Supriyadi – jL. Sultan Agung.

LINE C / TAWANGALUN – ARJASA via Kreongan

RUTE : Jl. Dharmawangsa – Jl. Brawijaya – Jl. Hayamwuruk – Jl. Gajahmada – Jl. Sultan Agung – Jl. PB. Sudirman – Jl. Anggrek – Jl. Wijaya Kusuma – Jl. Mawar – Jl. Nusa Indah – Jl. Dr. Soebandi – Jl. Slamet Riyadi – ARJASA – Jl. Supriyadi – jL. Sultan Agung.

LINE D / TAWANGALUN – PAKUSARI via Kampus

RUTE : Jl. Dharmawangsa – Jl. Brawijaya – Jl. Hayamwuruk – Jl. Gajahmada – Jl. Sultan Agung – Jl. PB. Sudirman – Jl. Mastrip – Jl. Kalimantan – Jl. Jawa – Jl. Karimata – Jl. Letjen S. Parman – Jl. Letjen MT. Hariyono – Jl. Brigjen Katamso.

LINE E / TAWANGALUN – PAKUSARI via jalan utama

RUTE : Jl. Dharmawangsa – Jl. Brawijaya – Jl. Hayamwuruk – Jl. Gajahmada – Jl. Sultan Agung – Jl. Jendral A. Yani – Jl. Letjen DI Panjaitan – Jl. Letjen S. Parman – Jl. Letjen MT. Hariyono – Jl. Brigjen Katamso.

LINE G / TAWANGALUN – GLADAK PAKEM

RUTE : Jl. Dharmawangsa – Jl. Brawijaya – Jl. Hayamwuruk – Jl. Gajahmada – Jl. Sultan Agung – Jl. Jendral A. Yani – Jl. Letjen Suprapto – Jl. Basuki Rahmat.

LINE H / TAWANGALUN – PAKUSARI via Telengsari dan Gladak Pakem

RUTE : Jl. Dharmawangsa – Jl. Brawijaya – Jl. Hayamwuruk – Jl. Gajahmada – Jl. Sultan Agung – Jl. Jendral A. Yani – Jl. Trunojoyo – Jl. KH. Shiddiq – Jl KH. Agus Salim – Jl. Teuku Umar – Jl. Basuki Rahmat – Jl. Wolter Mongonsidi – Jl. Yos Sudarso – Jl. Brigjen Katamso.

Hotel Di Jember

Tersedia beragam hotel dan penginapan di Jember, mulai dari hotel budget hingga hotel bintang empat, namun rata-rata hotel di Jember menawarkan fasilitas dan pelayanan yang baik sekalipun di hotel yang murah.
Berikut daftar hotel di Jember yang bisa anda inapi:

  • Royal Hotel n’ Lounge Jember, Jalam Karimata No. 50 Kav. 2, Jember, Indonesia, 68121
  • Cempaka Hill Hotel Jember, Managed by Dafam, Jl. Cempaka no 50 Gebang, Jember, Indonesia, 68117
  • Ebizz Hotel & Resto, Jalan Kalimantan No.4, Jember, Indonesia, 68121 
  • Hotel 88 Jember, Jalan Diponegoro No. 43, Jember, Jember, Indonesia, 31114
  • Aston Jember Hotel & Conference Center, Jalan Sentot Prawirodirjo No 88, Jember, Indonesia, 68131
  • Rumah Kita Jember, Jalan Srikoyo No 21, Jember, Indonesia
  • Doho Homestay, Jalan Doho No.8, Jember, Indonesia, 68122
  • Hotel GM253, Jalan Gajah Mada No.253, Jember, Indonesia, 68131
  • Hotel Bandung Permai Jember, Jalan Hayam Wuruk No.38, Jember, Indonesia, 68135
  • Panorama Hotel Jember,Jl. KH Agus Salim No 28, Jember, Jember, Indonesia, 68121
  • JC Homestay Jember, Jalan Sunan Drajat No.31, Jember, Indonesia, 68131
  • Mitra Guest House Jember, Jl. Majapahit Blok EH-6, Jember, Indonesia, 68133
  • Hotel Asri, Jalan Gatot Subroto No.39, Jember, Indonesia
  • Lestari Hotel & Resto, Jalan Gajah Mada No. 233, Jember, Indonesia, 68133
  • Seven Dream Residence, Jalan Riau No.2, Kecamatan Sumbersari, Jember, Indonesia, 68121
  • Green Hill Hotel Jember, Jalan Raya Rembangan No. 99 Baratan Jember, Jember, Indonesia, 68191
  • Hotel New Merdeka Jember, Jalan Sultan Agung No.116, Jember, Indonesia
  • Ambulu Hotel, Jalan Manggar No. 200, Ambulu, Jember, Indonesia, 68172
  • Hotel Cendrawasih, Jalan Cendrawasih 22, Jember, Indonesia
  • Bintang Mulia Hotel, Nusantara Street No. 18, Kaliwates Jember, Jember, Indonesia, 68133

Iklim Di Jember

Iklim di Kota Jember adalah iklim tropis. Temperatur berkisar antara 23ºC – 31ºC, dengan musim kemarau terjadi pada bulan Mei sampai bulan Agustus dan musim hujan terjadi pada bulan September sampai bulan Januari. Sedangkan curah hujan cukup banyak, yakni berkisar antara 1.969 mm sampai 3.394 mm.

Bahasa Daerah Di Jember

Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa dan Bahasa Madura

Tempat Wisata Di Jember

Pantai Watu Ulo

Pantai Watu ulo ini berpasir hitam dan terdapat sebuah batu besar yang melintang dari pantai sampai ke laut. Watu Ulo dalam Bahasa Jawa berarti Batu Ular. Konon, seekor Ular pernah bertapa di pantai itu. Setelah permohonannnya dikabulkan oleh Sang Pencipta, maka wujudnya berubah menjadi batu dengan bagian kepala menjulur ke laut dan badannya di daratan.

Tempat ini juga memiliki nilai sejarah karena dulu dijadikan sebagai benteng pertahanan serdadu tentara Jepang. Ada lima buah benteng pertahanan dibangun yang kemudian dikenal dengan Goa Jepang. Di samping Goa Jepang ini juga terdapat Goa Lawa (Goa Kalelawar) dengan kedalaman 100 meter, yang dihuni ratusan ribu kelelawar. Pengunjung bisa melihat dengan melewati dan menyusuri pantai berpasir. Goa ini biasa dijadikan tempat bermeditasi karena letaknya jauh dari keramaian.

Pantai Tanjung Papuma

Pantai Papuma Jember via @de_capture_jember
Pantai Papuma Jember via @de_capture_jember

Pantai ini merupakan sebuah kawasan pantai pasir putih yang indah berpadu dengan kawasan hutan lindung yang relatif masih terjaga, menjadikannya salah satu “surga” bagi penggemar fotografi. Di pantai ini kita dapat melihat sunrise serta sunset sekaligus di satu tempat yang bernama Siti Inggil.

Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas air, berjemur, memancing, snorkling, hingga rock climbing. Tersedia kuliner ikan bakar, gurita asam manis dan es kelapa muda khas Papuma. Berbagai sarana penginapan berupa bungalow, aula/pendopo, camping ground, tempat bermain anak, outbond dan flying fox, serta ATV, dapat Anda temukan. Kawasan pantai ini masih sangat alami, sehingga Anda mungkin akan menjumpai aneka satwa liar di tempat ini. Pantai Tanjung Papuma berada 35 km ke arah Selatan, sekitar 45 menit dari pusat kota.

Vihara Dewi Sri Wulan

Warnaya didominasi merah, dengan menara bundar berkisi-kisi emas menjulang tinggi. Dalam ceruk, seekor singa dan bangau berdiri. Vihara ini dulu hanya sebuah gubuk kecil. Seorang dermawan yang tak ingin dikenal membantu memugar vihara ini. Lebih dari 30 orang bekerjasama membangun vihara tersebut selama setahun. Vihara itu disebut-sebut sebagai Vihara Dewi Kwan Im terbesar dan satu-satunya yang menghadap ke Laut Selatan. Vihara dengan keunikan ini menjadi satu-satunya di Asia Tenggara.

Makam KH. Muh. Shidiq

Pemerintah Kabupaten Jember menjadikan makam ini sebagai situs cagar budaya yang disebut sebagai petilasan Eyang Damang Kusuma. Mbah Demang merupakan bagian sejarah terbentuknya Kota Jember. Kisah mbah Demang lebih banyak diselimuti oleh hal-hal gaib yang dikeramatkan.

Beliau dikenal sebagai orang sufi yang mengajarkan Agama Islam pada masyarakat Jember, serta seorang pejuang dan pemimpin pasukan gerilya rakyat pada masanya. Sebagai tanda bahwa tempat itu dijadikan cagar budaya hanyalah sebuah batu sungai dengan tulisan ukir.

Pantai Payangan

Pantai Payangan ini terletak di Kecamatan Ambulu. Panorama pantai ini indah terlihat dari atas bukit yang terdapat di sekitarnya. Selain dihiasi bukit-bukit, pantai ini juga dihiasi bebatuan yang membentang rapih di pinggir pantai. banyak wisatawan dari dalam maupun luar kota yang datang untuk berwisata. sebagian besar dari mereka menginap atau datang pada tengah malam untuk dapat melihat sunrise dari atas bukit.

Pemandian Patemon

Pemandian Patemon ini berada di wilayah Kecamatan Tanggul. Tempat ini sangat sejuk dan airnya berasal dari sumber mata air pegunungan, jadi airnya sangat dingin. Ketika musim liburan banyak pengunjung datang ke pemandian ini, dan menjadi lebih menarik lagi setelah ditambah fasilitas satu kolam renang baru dan wahana waterboom.

Pemandian Rembangan.

Berlokasi di salah satu puncak gunung, dengan daya tarik pemandangan, pemandian, hotel, dan wisata agro berupa perkebunan kopi milik PTP Nusantara XII dan peternakan sapi perah, di mana Anda bisa melihat proses pemerahan susu sapi dan membeli susu sapi segar literan. Di Rembangan, Anda bisa melihat Kota Jember dan sekitarnya dari ketinggian.. Pemandangan lampu kota di saat mapam pun sangat mengesankan. Hawanya begitu sejuk, bersih dan segar.

Tiara Jember Park (Tiara Water Park Jember).

Tiara Waterpark merupakan salah satu taman air yang paling ramai dikunjungi di daerah Jember. Lokasinya hanya berjarak sekitar 2 km dari Universitas Jember dan buka hingga pukul 10 malam. Tiket masuk Tiara Waterpark, mulai dari pukul 5 sore bebas biaya masuk untuk Non Waterboom. Selain wahana permainan air, tersedia Cafe Area (free karaoke & free wifi).

Loc. SJ88

Wisata baru di Jember yang kekinian, Loc. SJ88 via @lalarmila
Wisata baru di Jember yang kekinian, Loc. SJ88 via @lalarmila

Wisata baru di Jember yang kekinian, Loc. SJ88 berada di Desa Sucopangepok Kec. Jelbuk Kab. Jember. Perjalanan dari kota menuju desa Sucopangepok membutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai tempat parkir. Untuk menuju bukit ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam jalan kaki menuju atas bukit.

Masih banyak lagi tempat wisata di Jember lain yang bisa Anda kunjungi, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Air Terjun Tancak. Air terjun yang terletak di Perkebunan Gunung Pasang – Kecamatan Panti.
  • Air Terjun Antrokan. Air terjun terletak di wilayah Kecamatan Tanggul.
  • Air Terjun Sumberjambe. Air terjun terletak di Rowosari.
  • Air Terjun Gn. Rayap. Air Terjun yang berada dikawasan wisata puncak Rembangan
  • Wisata Loko. Wisata di lahan PG Semboro yang menawarkan keindahan pemandangan alam perkebunan tebu, jeruk, rambutan dan salak yang berada di sepanjang perjalanan selama 3 jam dengan menggunakan lokomotif uap.
  • Wisata Lori. Wisata di daerah Garahan yang menyajikan dua buah terowongan Kereta Api (90 m dan 970 m) yang merupakan terowongan Kereta Api terpanjang di Indonesia. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati wisata agro Gunung Gumitir.
  • Taman Botani. Taman edukatif dan pemandian di wilayah Kecamatan Sukorambi yang mulai dibuka tahun 2007.
  • Wisata Agro Glantangan (WAG)
  • Pemandian Oleng Si Butong di Arjasa
  • Pemandian Kebon Agung di Gebang
  • Pemandian Kimo
  • Pontang Jaya Water Park
  • Mumbul Garden Water Park
  • Cafe & Rest Area Gumitir
  • Niagara Water Park di Ambulu
  • Dira I Swalayan, Fashion, Swiming Pool & Waterboom di Ambulu
  • Happy Fun Swimming Pool & Waterboom di Kesilir, Wuluhan
  • Surya Tirta, Fitness Centre and Swimming Pool di Ambulu
  • Jubung Rest Area/Jatian (Taman, Rumah Makan, Souvenir/Oleh-oleh, Pemandian, Paint Ball Arena)
  • Wisata Edukatif puslit kopi dan kakao
  • Wisata Edukatif Tanoker
  • Agrowisata Tembakau di Arjasa
  • Wisata Religi Masjid Agung Jember

Mal Di Jember

  • Giant Ekspress
  • Roxy Square Jember
  • Carrefour Jember
  • Golden Market
  • Matahari Departement

Museum Di Jember

  • Museum Jember di Kencong, Acara Pembukaan Museum Salam Boemi Poeger, Senin 23 Desember 2013, menjadikan adanya Museum Jember di Kencong.
  • Museum Tembakau, Jl. Kalimantan No. 1, Jember

Tempat Hiburan Malam Di Jember

Terdapat beberapa tempat karaoke dan bar di Jember,

  • Inul Vista, Jl. Gajah Mada 71
  • d’Oasis Family Karaoke, Jl. Gajah Mada
  • NAV Karaoke, Jl. Gajah Mada

Juga beberapa Cafe dan Lounge yang buka pada malam hari,

  • Tera Cafe, Jl. Hayam Wuruk
  • DejaVu Cafe, Jl. Kalimantan
  • Expose Resto and Lounge, Gajamada Square
  • Lounge Panorama Hotel Jember, Jl. K. H. Agus Salim No. 28
  • Muneng Bar & KaraokeBar. Telepon 0888-989-898
  • De’ Roemah Kopi Lounge. Jl. Durian 26, Tanggul. Telepon 0856-5591-0006
  • Krangkongan City Hiburan Dewasa, Umbulsari. Telepon 0857-4508-7744
  • Wadyo bolo reyog e jember selatan, Hiburan Dewasa. Jl. Pahlawan 191. Telepon 0856-0818-8502
  • TIB Bar. Karangsono, Bangsalsari. Telepon 0896-3345-4838
  • NgrawanBar, Anjasmara. Telepon 0857-3396-0358
  • Magnolia Cafe. Perum Cempaka Emas. Telepon 0852-5555-7771
  • Ma’cut mcBar, Jatirejo. Telepon 0812-5264-6964
  • Cafe Lorong Jember Bar. Jalan Wahid Hasyim No. 49

Rekomendasi Kuliner Di Jember

Jember memiliki masakan khas antara lain:

  • Ayam Pedas, Salah satu yang terkenal, Ayam Pedas Gumukmas (Pulorejo) yang terletak di sudut pedesaan di Kecamatan Gumukmas, tepatnya di desa Pulorejo.
  • Soto Ayu, Terletak di salah satu sudut Pasar Tanjung, pasar induk terbesar di Kabupaten Jember. Tepatnya berada di samping kantor pelayanan Dinas Pasar, Jalan Samanhudi. Ini salah satu tempat makan enak legendaris di Jember. Setiap hari, rata-rata Soto Ayu berhasil menjual 400 – 500 porsi soto. Bahkan saat bulan puasa omzet mereka melonjak. Buka sejak pukul 18.00 hingga 02.00.
  • Bakso Kabut
  • Bakso Sukir
  • Pecel Gudeg
  • Pecel Pincuk Garahan
  • Wedang Cor dan Kopi Kelapa.

Sementara itu oleh-oleh khas Jember adalah:

  • Suwar – suwir
  • Prol Tape
  • Pia Tape
  • Brownies Tape
  • Dodol Tape

Beberapa alternatif tempat makan di Jember yang dapat menjadi pilihan Anda:

  • Pujasera Alun-alun, terletak di alun-alun sebelah utara Kota Jember. Di sana banyak beragam kios makanan dengan harga yang terjangkau. Alunan musik pun menemani pengunjung yang bersantap di tempat ini.
    Warung Tera, menjual makanan khas Timur Tengah seperti roti maryam, kebab. Kedai ini terletak di Jl. Hayam Wuruk.
  • Cafe n’ Rest Area Gumitir, menjadi salah satu tempat wisata agro dan kuliner di Jember berjarak 35 km dari kota Jember ke arah Banyuwangi. Bagi Anda yang sekaligus ingin berekreasi, tempat ini menyediakan fasilitas flying fox, permainan outbond, ATV dan Berkuda, Camping. Anda juga dapat melihat terowongan kereta api peninggalan Belanda yang dibuat tahun 1901 dengan mengendarai Kereta Kelinci atau Jeep. CAMPUS RESTO

Tips Liburan Di Jember

  • Jika Anda hendak berwisata ke daerah pantai di Jember, jangan lupa membawa handuk dan pakaian ganti, terutama jika Anda bepergian bersama anak kecil.
  • Awasi anak Anda saat sedang berwisata ke Pantai. Lebih baik kenali tipe pantai dan tipe ombak lebih dulu sebelum melakukan aktivitas air di laut.
  • Akan lebih hemat jika Anda menggunakan Bus dari Surabaya untuk menuju Jember.
  • Anda bisa memeriksa dulu agenda wisata Kota Jember yang dirancang oleh Dinas Pariwisata Daerah Jember, untuk memastikan tanggal berkunjung di saat Kota Jember sedang menggelar acara-acara yang menarik. Misalnya ketika Jember Fashion Carnival digelar, yang mana adalah puncak pariwisata kota Jember. Hampir seluruh warga Jember dan turis mancanegara tumpah ruah ke jalan untuk menyaksikan festival peragaan busana kolosal. Event ini diadakan setahun sekali dan menjadi daya tarik Kota Jember yang patut dibanggakan.

Rumah Sakit Di Jember Dan Beberapa Tempat Penting Lainnya:

  • Pemerintah Kabupaten Jember
    KANTOR PARIWISATA & KEBUDAYAAN
    Jl. Jawa 74 Jember 68121, Telp./ Fax. 0331-335244

Daftar beberapa Rumah Sakit di Jember:

  • Rumah Sakit Umum Bina Sehat
    Jalan Jayanegara No. 7, Kecamatan Kaliwates. Telepon (0331) 424304
  • Rumah Sakit Citra Husada
    Jl. Teratai No. 22, Gebang, Patrang, Jember. Telepon (0331) 486200
  • Rumah Sakit DKT Jember
    Jl. Panglima Besar Sudirman No.49, Jember 68111
  • Rumah Sakit Bina Sehat
    Jl. Jaya Negara No. 7, Jember 68131. Telepon (0331) 424403

Leave a Reply