Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pasuruan

Rate this post

Kota Pasuruan adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 60 km sebelah tenggara Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur dan 355 km sebelah barat laut Denpasar, Bali. Seluruh wilayah Kota Pasuruan berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan. Kota Pasuruan berada di jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali yang menjadikannya sebagai kota dengan prospek ekonomi yang besar di kawasan Indonesia bagian timur. Pasuruan banyak dikunjungi setelah Malang dan dipilih untuk menghabiskan waktu saat akhir pekan.

Wisata Alam Banyu biru adalah salah satu wisata favorit di Pasuruan, terdapat empat kolam renang yang dua diantaranya terdapat air yang berasal dari sumber mata air. Airnya berwarna putih jernih agak kebiru-biruan layak untuk dinikmati. Jika Anda ingin melihat keindahan air terjun, maka datanglah ke Air Terjun Kakek Bodo yang terletak di Kecamatan Pandaan.

Berada di ketinggian 850 meter diatas permukaan laut, membuat lokasi wisata ini sangat sejuk. Untuk Air Terjun sendiri memiliki ketinggian mencapai 40 meter. Selain Air Terjun Kakek Bodo yang sudah terkenal namun sempatkan juga untuk mengunjungi Air Terjun Alap-alap, Air Terjun Putuk Truno dan juga Air Terjun Sengguruh.

Setelah mengunjungi beberapa lokasi wisata yang ada di Pasuruan, saatnya berburu kuliner khasnya. Wisata kuliner khas Pasuruan ini identik dengan makanan tradisional seperti Nasi Rawon, Sate Komo yang berbahan dasar daging sapi dan juga Kupang Kraton khas kota Pasuruan. Jangan lupa mencicipi Cenil Pasuruan, Lontong Balap dan Klepon Pasuruan yang rasanya sungguh nikmat.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pasuruan

Wilayah Utama Pasuruan

Pasuruan berada di jalur utama Surabaya – Banyuwangi. Kota Pasuruan memiliki luas 76,79 Km2 berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara, serta kabupaten Pasuruan di sebelah timur, selatan, dan barat.

Batas-batas Wilayah:

  • Utara: Kabupaten Sidoarjo dan Selat Madura.
  • Selatan: Kabupaten Malang
  • Timur: Kabupaten Probolinggo
  • Barat: Kabupaten Mojokerto

Secara administratif, Kota Pasuruan terbagi menjadi 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Gadingrejo, Kecamatan Purworejo, Kecamatan Bugul Kidul dan Kecamatan Panggungrejo.

Sejarah Pasuruan

Pasuruan adalah sebuah kota pelabuhan kuno. Pada zaman Kerajaan Airlangga, Pasuruan sudah dikenal dengan sebutan “Paravan” . Pada masa lalu, daerah ini merupakan pelabuhan yang sangat ramai. Letak geografis yang strategis menjadikan Pasuruan sebagai pelabuhan transit dan pasar perdagangan antar pulau serta antar negara. Banyak bangsawan dan saudagar kaya yang menetap di Pasuruan untuk melakukan perdagangan.

Pasuruan yang dahulu disebut Gembong merupakan daerah yang cukup lama dikuasai oleh raja-raja Jawa Timur yang beragama Hindu. Pada dasawarsa pertama abad XVI yang menjadi raja di Pasuruan adalah Pate Supetak, yang dalam babad Pasuruan disebutkan sebagai pendiri Ibu Kota Pasuruan.

Tahun 1671 – 1686 Pasuruan di bawah pemerintahan Bupati Onggo Djojo yang berasal dari keturunan Kyai Brondong, yang kemudian mendapatkan perlawanan dari Untung Suropati, sehingga melarikan diri ke Kota Surabaya. Tahun 1686 – 1706 Pasuruan di bawah pemerintahan Djoko Untung Suropati dengan gelar Adipati Wironegoro.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pasuruan

Tahun 1706 akhir kekuasaannya menghadapi perang melawan VOC di Bangil dan beliau mengalami luka berat hingga meninggal, sampai saat ini makam tidak diketahui tempatnya, namun bisa diketahui adanya petilasan berupa gua sebagai tempat persembunyian sewaktu dikejar tentara VOC di pedukuhan mancilan Desa Pohjentrek Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan. Tahun 1706 – 1743 Putera Djoko Untung Suropati yang bernama Rahmat menggantikan kedudukan ayahnya dan meneruskan perjuangan sampai gugur dalam pertempuran melawan VOC.

Tahun 1743 Darmoyudo IV bernama Wongso Negoro Niti Negoro sebagai pengganti Rahmat, sejak itu VOC dapat menguasai pantai utara pulau Jawa termasuk Pasuruan. VOC menganggap Kota Pasuruan sebagai Kota Bandar karena keberadaan pelabuhan untuk sarana transportasi perdagangan, akhirnya Belanda mengadakan kegiatan perekonomian dengan mendirikan pabrik gula di sekitar Pasuruan.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pasuruan

Sejak tanggal 14 Agustus 1950 dinyatakan Kotamadya Pasuruan sebagai daerah otonom yang terdiri dari desa dalam 1 kecamatan. Pada tanggal 21 Desember 1982 Kotamadya Pasuruan diperluas menjadi 3 kecamatan dengan 19 kelurahan dan 15 desa. Pada tanggal 12 Januari 2002 terjadi perubahan status desa menjadi kelurahan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 10 tahun 2002, dengan demikian wilayah Kota Pasuruan terbagi menjadi 34 kelurahan. Berdasarkan UU no.22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah terjadi perubahan nama dari kotamadya menjadi kota maka Kotamadya Pasuruan berubah menjadi Kota Pasuruan

Cara Pergi ke Pasuruan

Pasuruan dapat ditempuh dari Surabaya menggunakan bus dalam waktu 1.5 jam, dan juga dapat ditempuh dari Malang menggunakan bus dalam waktu 1.5 jam.

Kota ini juga memiliki stasiun kereta api lintas timur Surabaya – Jember – Banyuwangi. Kereta api yang singgah di Pasuruan yaitu Mutiara Timur (Surabaya GubengBanyuwangi Baru), Logawa (Purwokerto/Cilacap – Surabaya Gubeng – Jember), dan Sri Tanjung (Yogya Lempuyangan – Surabaya Gubeng – Banyuwangi Baru).

Transportasi Umum di Pasuruan

Angkutan Kota (Angkot) Pasuruan

Angkot di Pasuruan merupakan salah satu sarana transportasi yang beroperasi di Kota Pasuruan mulai dari pagi hingga malam hari. Angkot ini memiliki banyak trayek dan rute. Ada sekitar 17 trayek jalur angkot terbagi sesuai rute-rute di Kota Pasuruan.

Terminal Bus Kota Pasuruan & Stasiun Kereta Pasuruan

Saat ini telah terpenuhi beberapa sarana transportasi berupa terminal yaitu terminal bus dan angkutan kota serta sub terminal.

Angkutan tradisional dokar atau delman atau sado melintas di jalan Kraton, Pasuruan, Jatim, Rabu (12/3). Alat transportasi itu masih digunakan masyarakat setempat dengan ongkos Rp. 5000 – Rp 10.000 tergantung jarak tempuh.

Hotel di Pasuruan

Pasuruan menawarkan banyak pilihan sarana penginapan seperti villa, cottage, dan hotel berfasilitas, mulai dari hotel melati atau bintang satu hingga bintang lima. Anda dapat menginap di kawasan Prigen dan Tretes untuk mendapatkan pemandangan yang indah dan udara sejuk pegunungan.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pasuruan

Beberapa hotel di Pasuruan:

  • Hotel Semeru Park, Jl. Veteran 3 Pasuruan 67125, Jawa Timur-Indonesia, Tel. 0343 423555, Fax. 0343 411138, Email: [email protected]
  • BJ Perdana Resort Hotel, Jl. Sultan Agung 21 Pasuruan, Tel. 0343 417333 / 0343 419333, Tarif kamar Rp. 345.000 – Rp. 655.000
  • Kartika Group Hotel, Jl. Panglima Sudirman II 8, Purutrejo ,Purworejo, Pasuruan 67117, Tel. 0343 429999
  • Pasuruan Hotel, Jl. Nusantara 46, Kebonsari, Pasuruan 67114, Tel. 0343 421075, 0343 423942, 0343 424494, Fax. 0343 421075
  • Kaliandra Sejati Eco Resort, Dusun Gamoh, RT. 7/RW. 12, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Tel. (031) 5682912

Iklim di Pasuruan

Wilayah Kota pasuruan, seperti halnya wilayah lain di Pulau Jawa, memiliki iklim tropik basah yang dipengaruhi angin monsun Barat dan Timur. Angin monsun barat dan timur menyebabkan terjadinya dua musim, musim hujan dan kemarau. Musim panas di sini memiliki curah hujan yang banyak, dan suhu rata-rata 26.7 °C.

Bahasa Daerah di Pasuruan

Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Madura

Tempat Wisata di Pasuruan

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pasuruan
Air Terjun Coban Baung Berlokasi di Desa Cowek, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan

1. Taman Safari Prigen atau Taman Safari Indonesia II

Berlokasi di TN. Gunung Arjuna, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan
Lokasi Taman Safari Prigen berjarak sekitar 55 km jika dari pusat kota Surabaya. Persis berada di pinggir Jalan Raya Surabaya – Malang.
Jam buka pukul 08.30 – 17.00
Harga tiket masuk Rp. 70.000 per orang atau Rp. 65.000 per balita
Harga paket lengkap (tiket safari, 10 pertunjukan satwa, wahana air waterworld, dan 4 dimensi) dikenakan harga Rp. 110.000 per orang.

2. Kebun Raya Purwodadi

Berlokasi di Jalan Raya Surabaya – Malang Km. 65, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan
Jam buka pukul 07.00 – 16.00
Harga tiket masuk Rp. 6.000 per orang
Tambahan biaya Rp. 10.500 untuk kendaraan mobil

3. Air Terjun Coban Baung

Berlokasi di Desa Cowek, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan
Letaknya di belakang Kebun Raya Purwodadi, dan Anda perlu berjalan kaki menuruni anak tangga sejauh kurang lebih 200 meter untuk tiba di tepi air terjun. Harga tiket masuk Rp. 3000

4. Perkebunan Apel Khrisna

Terletak di Desa Andono Sari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan
Di sini selain bisa jalan-jalan di areal kebun yang luas, Anda juga diberi kebebasan memetik dan makan apel sepuasnya.

5. Bhakti Alam, Wahana Wisata Buah

Berlokasi di Desa Ngembal, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan
Harga tiket masuk Rp. 30.000 per orang untuk hari biasa dan Rp. 35.000 di hari libur.

6. Condido Agro Herbal. Wisata Tanaman Bunga dan Tanaman Obat.

Berlokasi di wilayah yang disebut Nongkojajar, Desa Tutur.

7. Bukit Flora dan Air Terjun Sumber Nyonya

Juga berlokasi di wilayah Nongkojajar, Desa Tutur, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan

8. Wisata Alam Banyu Biru

Lokasi di Desa Sumberejo, Winongan, Jawa Timur. Jika ke sana dengan menggunakan kendaraan pribadi, tersedia lahan parkir yang luas dan aman dijaga petugas parkir. Tarif parkir untuk motor dikenakan biaya Rp. 2.000, mobil Rp. 4.000, dan sepeda Rp. 1.000

Wisata Alam Banyu Biru adalah salah satu wisata favorit di Pasuruan, di banyu biru ini terdapat 4 kolam renang dan beberapa play ground. Dari 4 kolam renang tersebut dua di antaranya berasal dari sumber mata air yang jernih dan berwarna agak kebiruan.

Jika menggunakan kendaraan umum, bisa naik angkutan bus dengan tarif Rp. 6.000 dan naik dari terminal pasuruan atau dari pertigaan pasar ngopak ke probolinggo dengan tarif Rp. 3000
Harga tiket masuk Rp. 5000 per orang.

Mal di Pasuruan

Di Kota Pasuruan pusat perbelanjaan terletak di kawasan Jalan Soekarno Hatta hingga Jalan Panglima Sudirman.

Pasar Modern

  • Carrefour Hypermarket Pasuruan
  • GIANT Hypermall Pasuruan
  • DELTA Superstore
  • PASIFIC Place
  • SANDANG AYU dept. store
  • PIALA Trade Center
  • Gajah Mada Square
  • Senkuko Market

Pasar Tradisional

  • Pasar besar Kota Pasuruan (Jl. Stasiun)
  • Pasar Gading (Jl. Irian Jaya)
  • Pasar Kebonagung (Jl.Panglima Sudirman)

Museum di Pasuruan

1. Museum Mpu Tantular

Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang, Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
Telepon +62 623 18056688

2. Planetarium & Climatology Station LAPAN

Jl. Raya Carat, Gempol, Kota Pasuruan, Jawa Timur

3. Museum Gula di Pasuruan

Jl. Pahlawan No. 25, Pasuruan 67126, Jawa Timur
Buka setiap hari kecuali hari libur,
Senin – Kamis: pukul 08.00 – 13.30
Jumat: pukul 08.00 – 11.00
Sabtu: pukul 08.00 – 12.30

Jika hendak berkunjung ke Pabrik Gula Gondang disarankan pada BUlan Mei – September, karena di masa penggilingan tebu ini biasa digelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk, guna memohon berkat agar penggilingan berjalan lancar.

4. Museum Seni

Jl. Raya Plinggisan

5. Blog Museum Online Kabupaten Pasuruan

Sebuah blog online yang dikelola oleh siswa SMA Negeri 1 Pandaan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pasuruan, dan Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Hiburan Malam di Pasuruan

  • Waroeng Cak Link, Jl. Sumberdawesari Kec. Grati, Telepon 0857-5572-1172
  • Angkringan Kutho, JL. Dr. Wahidin Sudirohusodo
  • Café Lesehan Singaraja Penggere Sadhana
  • Sun Family Karaoke, Jalan Raya Pabean, Indonesia, Indonesia
  • Sentra Bordir, Jalan Raya Beji, Indonesia, Bangil, Jawa Timur, Indonesia

Rekomendasi Tempat Makan di Pasuruan

  • Kupang, makanan sejenis kerang yang dimasak dengan campuran bumbu bawang putih, untuk menghidangkan biasanya dicampur dengan petis kupang, jeruk nipis, lontong dan irisan lento. Berlokasi di sepanjang jalan Ir. Juanda dan Pasar Kraton. Salah satunya Kupang Keraton Pasuruan Hj. Qomariah, Jl. Dr. Cipto Kios No. 12, Pasuruan, Harga Rp. 7.000
  • Kopi Kaspandi, Diproduksi oleh Griya Kopi Kaspandi yang berlokasi di Jl. Dewi Sartika Gg. V, Kota Pasuruan
  • Rumah Makan SeaFood “Kepiting Cak Gundul”, Terletak di pusat kota Pandaan. Restoran yang dibuka sejak tahun 1992 ini berada di jalan propinsi KM 48 Surabaya-Malang Kecamatan Pandaan – Kabupaten Pasuruan – Jawa Timur
  • Soto Ayam Cemara, Jl. Cemara, Kota Pasuruan, Harga Rp. 7.000
  • Rumah Makan Cairo, Menunya Sate Ayam dan Sate Kambing, Gule, Kare, Soto, Rawon, Krengsengan, dan lainnya, Jl. Untung Surapati No. 7 Bangil, Harga Rp. 7.000 – Rp. 20.000
  • Lesehan Djawa Dwipa, Menunya Ayam Bakar, Ikan Gurame, Beras Kencur, Jl. Jambu tembusan Pasar Baru – Kebon Waris, Pandaan
  • Depot Sri Pandaan, Menunya ayam goreng, rujak cingur, sambal terasi, sayur asem, tahu telor, dan tempe penyet, beras kencur, dan masih banyak lainnya. Lokasi jalan antara Pandaan – Prigen, Jl. Dr. Soetomo 3- 4, Depan Taman Candra Wilwatikna, Pandaan, Pasuruan, Harga Rp. 15.000 – Rp. 70.000
  • Lesehan Pak Sholeh, Kalau dari Pasar Pandaan di Jl. Pahlawan Sunaryo, arahkan saja kendaraan ke Timur sampai bertemu dengan Alfamart Kebon Waris yang ada di sebelah kanan jalan. Lokasi di Desa Tunggulwulung, Pandaan, Pasuruan, Harga : Rp. 15.000 – Rp. 50.000

Tips Wisata di Pasuruan

  • Cobalah beraneka kuliner khas Pasuruan karena makanan dan rasanya sangat unik, begitu juga dengan minuman seperti legen dan beras kencur, yang akan sulit Anda temukan di tempat lainnya. Pengalaman kuliner khas Pasuruan akan membuat kunjungan Anda lebih berkesan.
  • Jika Anda hendak mengunjungi wisata pemandian alam seperti banyu biru, perhatikan dan patuhi peringatan serta ketentuan yang dianjurkan bagi pengunjung wisata.
  • Sempatkan diri Anda untuk menikmati produk buah hasil bumi yang dijual di sekitar kawasan Pasuruan karena buah-buahnya berbeda. Seperti pisang gavi yang berukuran besar dan rasanya lezat, mungkin hanya Anda temukan di tempat ini. Bertanyalah pada penduduk lokal akan musim buah yang sedang berlangsung dan puaskan untuk menikmatinya.

Perlu Kamu Tahu di Pasuruan

Nomor Telepon Penting di Pasuruan:

  • Polres Pasuruan (0343) 741110
  • Polresta (0343) 424256
  • PMI Bangil (0343) 742677
  • RSUD Raci (0343) 744949

Rumah Sakit di Pasuruan:

  • Puskesmas Purwodadi, Jl. Lingkar AMD Purwodadi, Kabupaten Pasuruan
  • RSD. Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan, Jl. Dr. Wahidin Selatan, No. 4, Tel. (0343) 421073
  • Rumah Sakit Umum Daerah Bangil, Jl. Raya Raci – Bangil, Tel. (0343) 744900

Leave a Reply