PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Curug Cina Subang

Blog

Kota Subang

Kota Subang terletak di Tataran Pasundan Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara dan Kabupaten Bandung Barat di sebelah selatan. Kota Subang memiliki jalur pantura yang menjadi alternatif akses menuju Kabupaten Bandung, Sadang Cikamurang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Sumedang. Jalur ini cukup nyaman karena dilengkapi dengan keindahan alam seperti perkebunan teh, wisata air panas, dan Gunung Tangkuban Perahu yang sudah terkenal di Pulau Jawa.

Wisata Alam

Salah satu keindahan alam yang dapat ditemukan di Kota Subang adalah Curug Cina. Curug Cina merupakan air terjun yang terletak di Desa Curugagung. Tempat wisata ini mulai dibuka pada akhir Maret tahun 2016 dan dikelola oleh swadaya masyarakat setempat. Lokasi Curug Cina berada di tengah kebun yang tertutup, memberikan pengunjung panorama alam yang indah dengan langit biru, udara sejuk, serta sawah dan pepohonan hijau di sekitar lokasi.

Air terjun Curug Cina mengalir deras dan menghasilkan udara yang dingin dan jernih. Di sekitar curug juga terdapat sumber air panas yang menambah daya tarik tempat ini. Nama Curug Cina konon berasal dari seorang pemburu berdarah Tionghoa China yang meninggal dunia di lokasi tersebut. Tempat ini awalnya tidak memiliki nama, tetapi oleh warga setempat dinamakan Curug Cina.

Selain Curug Cina, terdapat beberapa wisata air terjun lainnya di Kota Subang. Salah satunya adalah Curug Agung yang terletak di Kecamatan Segalaherang. Curug Agung menawarkan keindahan bukit kapur yang mengelilingi air terjun. Ada juga Curug Cihurang atau Cinangrang yang lokasinya tersembunyi di tengah hutan. Air terjun ini memiliki air yang agak keruh karena bercampur dengan pasir dari tambang galian pasir.

BACA JUGA :  Taman Nasional Way Kambas di Lampung

Kota Subang juga memiliki beberapa destinasi wisata alam lainnya seperti Curug Cinangka, Cinangneng, dan Cinagara. Bogor juga memiliki beberapa curug yang menarik untuk dikunjungi. Bagi pecinta curug dan alam yang menyejukkan, mengunjungi Curug Cina dan curug-curug lainnya di Kota Subang dan Bogor adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Alamat Curug Cina

Curug Cina terletak di Desa Curugagung, Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Koordinatnya adalah 06°37′41.8″ Lintang Selatan dan 107°41′24.1″ Bujur Timur. Untuk menuju ke Curug Cina, terdapat dua jalur utama yaitu melalui Kampung Batukapur dan melalui Desa Bunihayu. Jalan menuju lokasi wisata ini relatif bagus dan tidak rumit.

Jika Anda berasal dari arah Bandung, arahkan kendaraan menuju jalan Cagak melalui Kota Lembang, Tangkuban Perahu, Ciater, dan Purwakarta. Di seberang SMAN 1 Jalan Cagak, terdapat jalan kecil dan pangkalan ojek. Ambil jalur tersebut hingga sampai ke lapangan sepak bola Desa Curugagung. Parkir kendaraan di sekitar lapangan sepak bola tersebut dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1,08 km untuk mencapai lokasi wisata Curug Cina.

Rute menuju Curug Cina tidak terlalu sulit dan biaya masuknya hanya Rp. 5.000,- saja. Dengan mengunjungi Curug Cina, Anda akan merasakan keindahan alam yang menyejukkan dan pengalaman liburan yang berbeda.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *