PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Curug Mandala Subang

Blog

Mengenal Subang

Kota Subang adalah sebuah kabupaten yang terletak di Tataran Pasundan Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah Utara dan Kabupaten Bandung Barat di sebelah Selatan. Subang juga dilintasi oleh jalur pantura yang menjadi alternatif akses langsung menuju Kabupaten Bandung, Sadang Cikamurang, Kabupaten Purwakarta dengan Tomo, serta Kabupaten Sumedang.

Jalur alternatif ini cukup nyaman karena menyajikan keindahan alam sekitar seperti perkebunan teh, wisata air panas, dan Gunung Tangkuban Perahu yang sudah melegenda di Pulau Jawa. Kabupaten Subang memiliki banyak wisata alam yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Salah satunya adalah Curug Mandala.

Wisata Curug Mandala

Curug Mandala merupakan salah satu air terjun yang terletak di Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Air terjun ini terkenal dengan keindahan alamnya dan sering disebut-sebut sebagai The Secret Amazing Waterfall.

Curug Mandala menjadi sorotan bagi banyak wisatawan karena keasliannya yang masih sangat alami. Selain tempat yang tersembunyi, lokasi ini juga cocok untuk melepas penat dengan mendirikan tenda atau menikmati waktu bersantai.

Keunikan dari Curug Mandala terletak pada tampilannya yang seperti air terjun bertingkat. Jika dilihat lebih dekat, terlihat pemandangan indah dan unik seperti anak tangga. Air terjun ini memiliki beberapa undakan lain yang mengaliri air terjun pada bagian undakan yang lebih kecil. Kejernihan air terjun ini tidak perlu diragukan lagi.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Makanan Khas di Daerah Tangerang Yang Menggoda, Rugi Banget Kalau Belum Mencicipi

Selain keindahan alam sekitar Curug yang rindang, terdapat juga pepohonan besar dan bebatuan yang menambah pesona tempat ini. Aroma aliran air terjun yang bercampur dengan hembusan angin menjadikan udara di sekitar Curug Mandala terasa sejuk dan damai.

Sejarah nama Curug Mandala berasal dari kisah seorang Patih bernama Mandala yang melakukan pertapaan di air terjun ini dan dikabarkan melakukan “Moksa” atau menghilang tanpa meninggalkan jejak di Air Terjun ini. Kisah tersebut menjadi asal-usul nama Curug Mandala.

Fasilitas yang Tersedia

Curug Mandala kini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII bekerja sama dengan Pemuda Karang Taruna Panaruban. Tempat wisata ini telah menjadi ikon masyarakat Panaruban dan menyediakan berbagai fasilitas bagi pengunjungnya.

Fasilitas yang disediakan antara lain lahan parkir kendaraan yang luas, toilet, mushola, taman, dan saung bambu untuk beristirahat. Akses pintu masuk ke Curug Mandala juga telah disediakan dengan adanya tangga yang memudahkan pengunjung.

Dengan adanya fasilitas yang lengkap, pengunjung dapat merasa nyaman saat berkunjung ke Curug Mandala dan menikmati keindahan alamnya.

Rute Menuju Lokasi

Akses menuju Curug Mandala cukup mudah meskipun hanya dapat dilalui dengan kendaraan roda dua. Patokan yang mudah diikuti adalah mengambil jalan arah menuju Kabupaten Subang. Setelah itu, sampai di pertigaan Curug Mandala yang berada di sebelah kiri sebelum tugu Wisata Pemandian Air Panas Ciater Subang.

Jalur menuju lokasi Curug Mandala terbilang aman namun perlu tetap berhati-hati karena jalan yang dilalui cukup sempit dan berbatu. Tetap membawa perlengkapan yang diperlukan selama berkunjung adalah hal yang penting.

BACA JUGA :  10 Daftar Jasa Rental Truk di Semarang

Dengan segala keindahan alamnya, Curug Mandala menjadi destinasi wisata yang menarik di Kabupaten Subang. Dengan mengunjungi Curug Mandala, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih alami dan melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Curug Mandala saat berada di Subang!


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *