PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Curug Kaliangkak Subang

Blog

Curug Kaliangkak

Curug Kaliangkak adalah salah satu wisata alam yang terletak di Desa Nagrak, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Curug ini memiliki keunikan dan pesona alam yang menarik, sehingga banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang tertarik untuk mengunjunginya.

Curug Kaliangkak memiliki ketinggian sekitar 6 meter dan kolam yang menampung tumpahan air terjun dengan kedalaman sekitar 1-2 meter. Keunikan dari curug ini adalah birunya warna air kolam yang dihasilkan oleh aliran air terjun. Hal ini disebabkan oleh tebing kapur putih yang menjadi latar belakang curug ini. Meskipun curug ini berada di tebing kapur, namun ketika musim penghujanpun air kolam tetap biru dan tidak berubah menjadi keruh.

Suasana sekitar curug juga sangat sejuk dan sejuk, terutama karena hembusan angin yang dihasilkan oleh air terjun dan pepohonan besar serta bebatuan yang mengelilingi curug ini. Hal ini membuat curug ini menjadi tempat yang sangat pas untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Namun, fasilitas umum yang tersedia di Curug Kaliangkak masih terbatas. Hanya ada lahan parkir dan warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman ringan. Hal ini dikarenakan curug ini berada dalam kawasan villa pribadi yang belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah desa.

Untuk harga tiket masuk menuju curug ini, belum ada retribusi resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah desa. Namun, pemilik villa mengenakan biaya sebesar Rp. 5.000,- per orang dan Rp. 5.000,- untuk kendaraan bermotor.

Untuk mencapai curug ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Jika berasal dari arah Bandung, pengunjung dapat melewati Lembang dan Gunung Tangkuban Perahu. Setelah itu, pengunjung dapat mengikuti jalan menuju Desa Ciater. Di sekitar kantor desa, terdapat plang nama “Curug Kaliangkak” yang menandakan pintu masuk menuju curug ini. Selanjutnya, pengunjung dapat berjalan kaki sekitar 100 meter menuju lokasi curug.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Kost Harian di Daerah Unnes Yang Nyaman Dengan Harga Terjangkau Mulai Rp.75.000

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi curug ini, disarankan untuk meminta izin masuk pada pemilik villa. Selain itu, pengunjung juga disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri, serta mempersiapkan keperluan pribadi seperti obat-obatan. Penting juga untuk menjaga kebersihan di sekitar curug dengan membuang sampah pada tempatnya.

Curug Kaliangkak merupakan destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama teman, keluarga, atau kerabat. Keindahan alamnya yang unik dan suasana yang sejuk dan tenang akan memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *