PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Curug Panganten Pangalengan, Air Terjun Kembar Yang Eksotis

Blog

Lokasi Wisata Curug Panganten di Kabupaten Bandung Barat

Curug Panganten merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasi wisata ini memiliki alamat di Jalan Raya Cihanjuang Km 5,6. Untuk menuju ke Curug Panganten, para wisatawan dapat melewati kawasan Cimahi dan mengambil arah ke daerah Parongpong. Dari pusat kota Cimahi, jaraknya hanya sekitar 7 kilometer.

Curug Panganten memiliki keunikan yang menarik bagi para pengunjungnya. Kawasan ini terletak di ketinggian sekitar 1050 meter di atas permukaan laut, sehingga udara di sekitar curug sangat segar dan sejuk. Selain itu, curug ini terletak di area lembah hijau yang menyajikan pemandangan alam yang eksotis, menyejukkan, dan asri.

Eksotisme Curug Panganten

Curug Panganten memiliki dua air terjun yang letaknya berdampingan. Air terjun utama memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan alirannya yang deras. Sementara itu, air terjun yang berada di sebelahnya memiliki ukuran yang lebih kecil dan aliran yang tidak terlalu deras. Keindahan curug ini dapat dinikmati dengan berbagai cara, tergantung pada musim yang sedang berlangsung.

Pada musim penghujan, saat debit air curug sangat deras, pemandangan curug ini akan menjadi lebih indah dan asyik. Air terjun akan berwarna coklat karena campuran air dengan tanah di sekitarnya. Meskipun warnanya tidak seperti air terjun pada umumnya yang berwarna jernih, hal ini justru memberikan kesan eksotis dan menarik bagi para pengunjung.

BACA JUGA :  5 Rekomendasi Wisata Danau di Negara Thailand Yang Cantik dan Indah Cocok Untuk Agenda Liburan

Sedangkan pada musim kemarau, meskipun debit air yang mengalir tidak terlalu deras, kejernihan air terjun tetap bisa dinikmati oleh para pengunjung. Suasana curug yang tenang dan aliran air yang lebih terkontrol akan memberikan kesan romantis bagi mereka yang ingin mengunjungi curug ini. Tak heran jika curug ini sering menjadi tempat favorit untuk berfoto prewedding atau sekadar berfoto romantis bersama pasangan.

Cerita dan Mitos di Balik Curug Panganten

Seperti banyak kawasan wisata alam di Bandung, Curug Panganten juga memiliki cerita dan mitos tersendiri yang masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Salah satu cerita yang berkembang adalah tentang sepasang kekasih yang meninggal di curug ini. Kisah lainnya menyebutkan bahwa curug ini dinamakan Curug Panganten karena terdapat dua air terjun yang saling berdampingan.

Curug Panganten juga memiliki cerita tentang sepasang pengantin yang mengunjungi kawasan ini setelah menikah. Sayangnya, mereka terjatuh dan hanyut ke dalam sungai akibat derasnya air terjun. Ada pula yang menyebutkan bahwa kedua pengantin ini bunuh diri ke dalam sungai tersebut. Cerita dan mitos ini terus berkembang dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Curug Panganten

Untuk dapat menikmati keindahan Curug Panganten, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang. Bagi pengunjung yang masuk dari kawasan Wisata Alam Katumiri, dikenakan tambahan tiket sekitar Rp. 6.000 per orang. Namun, biaya parkir tidak termasuk dalam harga tiket masuk.

Sayangnya, fasilitas di Curug Panganten masih sangat minim dan belum dikelola dengan baik oleh pemerintah. Sarana dan prasarana di kawasan wisata alam ini tidak terawat dan sebagian sudah rusak. Tidak ada toilet dan saung untuk berteduh di lokasi ini. Pengunjung yang ingin menggunakan toilet harus berjalan kaki terlebih dahulu ke Wisata Alam Katumiri yang terletak jauh dari Curug Panganten.

BACA JUGA :  6 Daftar Pilihan Tempat Nongkrong di Daerah Jember Ini Hits dan Kekinian Banget!

Meskipun demikian, kekurangan fasilitas tersebut tidak mengurangi pesona dan daya tarik Curug Panganten sebagai destinasi wisata alam. Keindahan alam yang eksotis, suasana yang sejuk, dan mitos yang melingkupinya tetap membuat para pengunjung terpesona dan ingin kembali mengunjungi curug ini.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *