PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Menikmati Keindahan Air Terjun Curug Dago

Blog

Heading 2: Keindahan Air Terjun

Kota Bandung dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di kota ini adalah Curug Dago. Air terjun ini menawarkan pemandangan yang indah dan mempesona bagi para pengunjung yang datang. Kota Bandung memang memiliki julukan sebagai kota kembang yang memiliki banyak destinasi wisata menarik, baik itu wisata alam, wisata kuliner, maupun wisata sejarah.

Curug Dago terletak di Jalan Dago Pojok, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau oleh para wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Keindahan alam air terjun ini membuatnya menjadi salah satu tujuan wisata favorit di kota Bandung. Curug Dago memiliki tinggi sekitar 12 meter dan terletak pada ketinggian 800 meter di atas permukaan laut.

Air terjun ini merupakan hasil aliran dari Sungai Cikapundung dan Maribaya yang mengalir ke kota Bandung. Keindahan alam sekitar Curug Dago juga ditunjang oleh keberadaan kawasan gunung yang memberikan suasana hijau dan alami. Selain itu, Curug Dago juga memiliki nilai sejarah yang tinggi karena pernah menjadi petilasan Raja Thailand yang mengunjungi kawasan ini pada tahun 1818 M.

Meskipun keindahan alam Curug Dago masih tetap menarik, namun kondisi sungainya telah mengalami perubahan. Air di Curug Dago menjadi keruh dan tidak lagi jernih. Hal ini disebabkan oleh adanya limbah dari pemukiman dan pabrik di sekitar kawasan sungai. Limbah-limbah ini mengotori aliran sungai sehingga mengubah kejernihan air terjun. Meski demikian, keindahan alam Curug Dago masih tetap menarik para wisatawan untuk mengambil foto dan menikmati suasana di sekitar air terjun.

BACA JUGA :  Ini Dia Rekomendasi Dokter Kulit Pasuruan Yang Siap Memberi Solusi Untuk Kesehatan Kulitmu

Heading 3: Rute dan Lokasi

Curug Dago terletak di daerah Desa Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasinya berjarak sekitar 8 km dari pusat kota Bandung dan dapat diakses dengan mudah. Terdapat dua jalur alternatif yang dapat digunakan untuk mencapai Curug Dago. Jalur pertama adalah melalui Terminal Dago yang berada di seberang Curug Dago. Jalur kedua adalah melalui Taman Budaya Ganesha Dago. Selain itu, pengunjung juga dapat melewati Dago Tea House yang berada tidak jauh dari Curug Dago. Namun, jalur ini hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan berjalan kaki.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda dua atau roda empat, dapat memarkirkan kendaraannya di area parkir Taman Budaya. Dari sana, pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak dan anak tangga yang curam. Selama perjalanan, pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar dan melihat sungai Cikapundung. Untuk memasuki kawasan Curug Dago, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya perlu membayar tarif parkir kendaraan.

Di sekitar Curug Dago, terdapat beberapa fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung. Terdapat sebuah warung dan dua tempat istirahat yang disediakan oleh masyarakat setempat. Selain itu, juga terdapat area tempat duduk untuk menikmati keindahan alam sekitar. Meskipun fasilitasnya tidak begitu lengkap, namun cukup memadai untuk menunjang kegiatan wisata di Curug Dago.

Untuk mencapai Curug Dago, pengunjung dapat menggunakan aplikasi Google Maps atau bertanya kepada penduduk setempat. Bagi yang menggunakan kendaraan umum, dapat menggunakan angkutan kota yang menuju ke Terminal Dago dan melanjutkan perjalanan ke Taman Hutan Hijau di Jalan Ir H Djuanda.

BACA JUGA :  Grand Cakra Hotel Malang, Akomodasi Dengan Kemewahan Kontemporer Harga Mulai Rp516.843 Per Malam

Curug Dago merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Kota Bandung. Keindahan alamnya yang mempesona dan nilai sejarahnya yang tinggi membuatnya menjadi tempat yang layak untuk dikunjungi. Meskipun kondisi sungainya tidak lagi jernih, namun Curug Dago masih tetap menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Jika Anda berkunjung ke Kota Bandung, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Curug Dago dan menikmati keindahan alamnya.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *