Panduan Tips Pergi Liburan Ke Dago

Dago merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Coblong, Bandung Jawa Barat. Dan Dago adalah nama salah satu jalan yang ada di Kota Bandung, dulunya nama jalan Dago ini adalah jalan Ir H Juanda, meskipun sekarang ini nama jalan tersebut sudah dirubah secara resmi, terkadang penduduk Bandung masih sering menyebut jalan itu dengan nama Dago.

Di sepanjang jalan ini bisa ditemui berbagai tempat makan, pusat perbelanjaan, butik dan pusat hiburan. Dago berada di 5 km utara dari pusat kota Bandung dengan ketinggian 690 – 730 Dpl.

Wilayah Utama Dago

Wilayah Dago mencakup Jalan Ir H Juanda dan daerah sekitarnya, yang terbagi beberapa daerah, yaitu :

Daerah Selatan, lebih rendah Dago dekat Jalan Merdeka merupakan salah satu daerah trendi Bandung, dengan toko – toko, pusat perbelanjaan, kafe, butik, dan lain – lain.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Dago

Daerah Utara atas, memiliki banyak villa tua di zaman Belanda dengan pohon – pohon tinggi.

Bagian utara ekstrim yang disebut Dago Pakar, dimana beberapa tahun terakhir melakukan pembangunan restoran baru yang menawarkan pemandangan drasmatis dan pemandangan alam Bandung yang lebih besar.

Sejarah Dago

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Dago

Kata Dago, Dagoan berasal dari bahasa sunda yang berarti ” menunggu “. Di zaman masa penjajahan Belanda, penduduk di daerah utara Bandung memiliki kebiasaan saling menunggu

ketika ingin pergi bersama – sama ke kota, dimana di masa itu, rute perjalanan yang ditempuh menuju kota melewati daerah yang masih tergolong sepi dan rawan binatang buas, terutama di daerah hutan di sekitar terminal Dago sekarang. Di tahun 1900 – 1914, Pemerintah Hindia Belanda memulai pembangunan di daerah Bandung, pembangunan di daerah Dago, yang dimulai dengan pembangunan rumah peristirahatan milik Andre van der brun di tahun 1905, dan sampai saat ini bangunan ini masih berdiri dan letaknya berada di sebelah dengan Hotel Jayakarta.

Cara Pergi ke Dago

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Dago

Untuk menuju Dago, terdapat beberapa alternatif pilihan transportasi, yaitu :

Pergi ke Dago Melalui Udara

Pesawat atau transportasi udara merupakan jenis transportasi yang nyaman dan menghemat waktu untuk tiba di Bandung dan semua penerbangan akan tiba di Bandara Husein Sastranegara. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan taksi atau angkutan umum untuk menuju Dago.

  • Tarif taksi mulai dari Rp. 45.000
  • Angkutan Umum mulai dari Rp. 2.500 tergantung dari jauhnya jarak.
  • Sewa Mobil mulai dari Rp. 300.000 per hari dan tergantung dari jenis mobilnya.

Pergi ke Dago Melalui Darat

Kereta Api, semua kereta api dengan tujuan Bandung akan tiba di Stasiun Hall. Untuk perjalanan Jakarta – Bandung membutuhkan waktu tiga jam. Dan dilanjutkan perjalanan menuju Dago dengan angkutan umum atau taksi. Di Bandung terdapat stasiun Kiaracondong selain Stasiun Hall.

Untuk tarif kereta api dari Jakarta yaitu :

  • KA Argo Parahyangan ( Gambir – Stasiun Hall ) mulai dari Rp. 70.000 ( kelas eksekutif ) dan Rp. 35.000 ( kelas bisnis )
  • KA Serayu ( Jakarta Kota – Kiaracondong ) mulai dari Rp. 20.000 ( kelas ekonomi )

Mobil, jenis transportasi ini biasanya dipilih untuk Anda yang ingin bepergian bersama keluarga, selain nyaman dan memudahkan transportasi ketika hendak berkeliling di Dago. Untuk waktu perjalanan Jakarta – Bandung sekitar tiga jam tergantung dengan kondisi lalu lintas di jalan.

Motor, biasanya menggunakan motor untuk Anda yang bepergian bersama – sama teman atau touring, dan untuk waktu perjalanan sekitar tiga sampai empat jam tergantung dengan kondisi lalu lintas,

Transportasi Umum di Dago Bandung

  • Angkutan Umum, merupakan jenis transportasi yang umum di Bandung dan untuk tarifnya mulai dari Rp.2.500 tergantung dengan rute perjalanan.
  • Taksi, pilihlah taksi yang menggunakan argo jika Anda ingin menggunakan taksi sebagai transportasi selama di Dago, karena harganya akan lebih murah dibandingkan taksi yang tidak menggunakan argo. Dan tarif taksinya tergantung dengan rute perjalanan tujuan Anda.
  • Bus Damri, jenis transportasi ini melayani dengan tujuan ke seluruh pelosok kota Bandung termasuk Dago. Harga tarif berkisar mulai dari Rp. 2.000 ( ekonomi ) dan Rp. 3.000 ( AC )
  • Sewa Mobil, jika Anda berlibur bersama keluarga sebaiknya menyewa mobil untuk lebih nyaman dan praktis. Untuk harga sewa mobil berkisar antara mulai dari Rp. 350.000 per hari.

Hotel di Dago

Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan. Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3. Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Dago

  • THE 1O1 Bandung Dago, Jl. Ir H. Juanda No. 3 , Dago, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • Serela Merdeka Hotel, Jl. Purnawarman No. 23 Bandung, Dago, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • Clove Garden Hotel & Residence, Jl. Awiligar Raya Dago Pakar II Bandung Jawa Barat.
  • The Jayakarta Bandung, Jl.Ir.H. Juanda 381A, Dago Atas, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • Kalya Hotel Bandung, Jalan Sumur Bandung No. 7, Dago, Dago, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • Neo Dipatiukur Bandung, Jalan Dipatiukur No 72 – 74, Dago, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • Wirton Hotel, JL. Ir. H. Djuanda, No. 395, Dago Atas, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • The Luxton Bandung, Jalan Ir. H. Juanda No. 18, Citarum , Dago, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • Hotel Vio Surapati, Jalan Surapati No. 51, Dago, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • M Premiere Hotel Dago, Jl. Sultan Tirtayasa No. 5, Dago, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • Bukit Dago Hotel, Jl. Ir. H. Juanda No. 311, Dago Atas, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • The Valley Resort Hotel, Jalan Lembah Pakar Timur No. 28 Dago Pakar, Dago Atas, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • Dago Highland Resort, Jl. Bukit Pakar Timur IV No. 88 Dago Pakar , Dago Atas, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • Marbella Hotel Dago Bandung, Jalan Sentra Dago Pakar, Dago, Dago Atas, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • Moxy Bandung, Jalan Ir. H. Djuanda No. 69, Dago, Dago, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • Namin Dago Hotel, Jalan Hasanudin No 10 , Dago, Dago, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • Lotus Hotel Bandung, Jl. Tubagus Ismail VIII No.45 , Dago Atas, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • Dbest Hotel Sofia Dago, Jalan Teuku Angkasa No. 27, Dago, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • Beehive Boutique Hotel, Jalan Dayang Sumbi no.1, Dago, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  • Hostel Dago 22, Jalan Dago Pojok No 22B, Dago Atas, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Iklim di Dago

Dago memiliki iklim yang tidak jauh berbeda dengan kota Bandung, yang beriklim tropis dan curah hujan sepanjang tahun. Dan Dago terletak di sekitar 768 meter di atas permukaan laut yang membuat udaranya lebih dingin di bandingkan dengan Jakarta.

Bahasa Daerah di Dago

Untuk daerah Dago bahasa daerah yang digunakan masih sama dengan Bandung, yaitu bahasa Sunda yang merupakan bahasa khas daerah Jawa Barat dan Banten, selain Bandung. Dan bahasa Sunda terdapat beberapa dialek, tetapi untuk kota Bandung dan sekitarnya menggunakan dialek selatan atau priangan.

Tempat Wisata di Dago

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Dago

Wisata Alam Dago

  • Dago Pakar, merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Bandung Utara yang menjadi favorit di Bandung. Tempat wisata ini berada di sebelah Utara kota Bandung di Jalan Ir H Djuanda. Yang menarik dari tempat wisata ini adalah menawarkan pemandangan alam yang indah, dikarenakan tempat ini adalah salah satu hutan yang masih bertahan di Bandung.
  • Bukit Bintang, di tempat wisata ini Anda dapat melihat pemandangan kota Bandung di malam hari dari atas Tanah Tinggi Bumi Parahyangan, dan tempat ini dinamakan Bukit Bintang Bandung.
  • Tebing Keraton, merupakan tempat wisata di Bandung Utara berupa sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir H Djuanda ( Tahura ). Dari atas Tebing Keraton ini wisatawan bisa menikmati keindahan alam Bandung, yaitu pemandangan yang sangat menakjubkan.

Wisata Kuliner

  • Dago Tea House, adalah salah satu tempat wisata kuliner di Bandung yang pada jaman Belanda dikenal dengan nama Dago Thee Huis. Selain kuliner, tempat ini memiliki panorama paling indah di Bandung Utara. Dan di tempat ini bisa menikmati pemandangan cekungan kota Bandung yang sangat indah,eksotis dan romantis. Disarankan untuk datang ke tempat ini di malam hari, karena bisa menyaksikan indahnya kerlap kerlip lampu kota Bandung.
  • Cafe Karnivor, merupakan tempat wisata kuliner yang sedang terkenal di kalangan anak muda Bandung. Yang menjadi spesial di tempat ini yaitu menyajikan menu kuliner spesialisasi olahan daging. Tempat kuliner ini menggunakan konsep ” Lets meet up at karnivor ” mengajak para pengunjung untuk mencicipi sensasi rasa khas olahan daging cafe karnivor dengan bugdet yang murah.

Wisata Belanja

Selain wisata alam dan wisata kuliner di Dago terdapat beberapa macam factory outlet yang dapat di kunjungi untuk membeli berbagai jenis pakaian yang sedang trend. Untuk factory outlet yang terkenal di kawasan Dago, yaitu : Runway Fo, Blossom Fo, Rafles Fo, Gossip Fo, Glamour Fo, Grande Fo, dan masih banyak yang lainnya.

Mal di Dago

  • Dago Plaza, Jalan Ir H Juanda No 61-63 Bandung, Telp : 022 – 4222750
  • Planet Dago, Jalan Ir H Juanda No 3 Bandung, Telp : 022 – 4261138

Hiburan Malam di Dago

  • Butterfly Pub dan Karaoke, Jalan Ir H Juanda No 3 ( Planet Dago )

Rekomendasi Tempat Makan di Dago

  • Congo Cafe and Gallery, Jalan Ranca Kendal Luhur No 8 Dago Pakar
  • Boemi Joglo, Jalan Ranca Kendal Luhur No 17 Dago Pakar
  • Kopi Ireng, Jalan Bukit Pakar Timur No 1 Dago Pakar
  • Stone Cafe, Jalan Ranca Kendal Luhur No 5 Dago Pakar
  • The Valley Bistro, Jalan Lembah Pakar Timur No 28
  • Lisung Cafe, Jalan Dago Pakar Timur No 111
  • Rumah Payung Cafe and Resto, Jalan Terusan Ranca Kendal No 99
  • Sierra Cafe and Lounge, Jalan Bukit Dago Pakar Timur No 33
  • Roemah Kopi, Jalan Terusan Ranca Kendal No 9 Dago Atas
  • Cafe D’Pakar, Taman Hutan Raya ( Tahura ) Jalan Ir H Juanda

Tips Wisata di Dago

  • Jika Anda berkunjung menggunakan kereta api atau pesawat, sebaiknya menyewa mobil atau bus dari jauh hari karena menghindari kehabisan ketersediaan kendaraan tersebut.
  • Jangan lupa membawa baju hangat, karena cuaca Dago sangat dingin apalagi di saat musim hujan.
  • Buatlah daftar tempat wisata yang akan di kunjungi selama berlibur di Dago.
  • Perhatikan rambu lalu lintas yang ada di Dago atau di sekitar Bandung karena banyak jalan yang telah ditetapkan satu arah.

Perlu Kamu Tahu di Dago

  • Rumah Sakit Santo Borromeus, Jalan Ir H Juanda No 100, Telp : 022 – 2552000
  • Polwiltabes Bandung, Jalan Merdeka No 20, Telp : 022 – 4205012


Leave a Reply