Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cisarua

Cisarua adalah sebuah kecamatan di selatan Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat. Terdapat destinasi wisata terkenal di kawasan ini yaitu Taman Wisata Kebun Binatang Taman Safari.

Kawasan Cisarua adalah area perbukitan dan pegunungan dengan ketinggian 900 – 1500 mdpl, dan kemiringan tanah 20 – 45 derajat. Hawanya sejuk khas pegunungan. Cisarua sendiri berada di kaki Gunung Gede Pangrango.

Mata pencaharian utama penduduk yaitu pada bidang pertanian, peternakan dan pariwisata. Kontur tanah dan iklim Cisarua membuat buah-buahan, sayuran dan produk perkebunan lainnya cocok dikembangkan di sini. Hasil pertanian dan perkebunan Cisarua biasanya dijual ke kota-kota besar di sekitar Jawa Barat.

Wilayah Utama Cisarua

Cisarua ini adalah daerah yang sejuk, cocok untuk liburan bersama keluarga via @taman_safari
Cisarua ini adalah daerah yang sejuk, cocok untuk liburan bersama keluarga via @taman_safari

Cisarua berbatasan dengan kecamatan Megamendung di sebelah utara dan barat. Sementara itu batas wilayah Cisarua di sebelah timur dan selatan adalah kabupaten Cianjur.

Sejarah Cisarua

Pada masa revolusi (1945 – 1949), Revolusi Nasional Indonesia Tentara Kerajaan Hindia Belanda Timur (KNIL) mendirikan sebuah kamp penjara militer bagi tentara-tentara yang melanggar disiplin militer di sebuah tempat yang bernama Tjisaroea.

Dari situlah diperkirakan nama Cisarua berasal. Salah satu penghuni penjara yang cukup terkenal adalah Poncke Princen. Ia dihukum pada tahun 1947 akibat tuduhan desersi (membelot). Kala itu Princken yang muak melihat kesadisan bangsanya sendiri, memilih untuk bergabung dengan pihak lawan yaitu Tentara Nasional Indonesia.

Cara Pergi ke Cisarua

Anda bisa naik kereta api dan turun di Stasiun Bogor. Lalu lanjut menggunakan angkot nomor 03 sampai terminal Baranangsiang. Banyak tersedia angkot jurusan Cisarua, Ciawi, Cimacan, Cipanas, Anda bisa naik salah satunya untuk menuju kawasan Cisarua.

Jika Anda ingin naik bus umum dari Jakarta. Ada beberapa rute Bus APTB yang melayani rute ke Bogor, baik dari Terminal Kampung Rambutan atau Terminal Lebak Bulus, dan berakhir di Terminal Baranangsiang, Bogor.

Tarifnya adalah Rp 14.000 per penumpang, dengan jam operasional mulai pukul 05.00 – 17.00 WIB. Lalu lanjutkan dengan angkot nomor 01 jurusan Baranangsiang – Ciawi, turun di Pasar Ciawi, lanjut menyambung angkot jurusan Ciawi – Cisarua.

Bus APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway) dengan rute Jakarta – Bogor, antara lain:

  • APTB 11 ke Tanah Abang (via Tol Jagorawi – UKI – Koridor 9 – Koridor 1)
  • APTB 12 ke Tanjung Priok (via Tol Jagorawi – UKI – Koridor 10)
  • APTB 15 ke Grogol (via Tol Jagorawi – UKI – Koridor 9)
  • APTB 17 ke Senen (via Tol Jagorawi – UKI – Koridor 7 – Koridor 5 – Koridor 2)

Angkot 01 ke Terminal Baranangsiang

Selain Bus APTB, ada beragam bus lainnya yang melayani rute menuju Bogor dari Kalideres, UKI Cawang, Tanjung Priok, dan daerah lainnya. Pemberhentian terakhir bus di Terminal Baranangsiang, Bogor.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi mobil, perjalanan Jakarta – Cisarua bisa ditempuh dalam waktu sekitar dua jam melewati Jalan Tol Jagorawi.

Transportasi Umum di Cisarua

Angkutan umum mikrolet atau bemo banyak tersedia di kawasan Cisarua untuk mengantar Anda ke kawasan Cipanas atau Cianjur menuju ke Puncak Pass. Ada juga Dokar atau kereta berkuda yang dapat memuat 5 – 6 penumpang. Jasa ojek motor juga bisa dengan mudah Anda temukan di sepanjang jalanan Cisarua.

Hotel di Cisarua

Jasa sewa villa maupun penginapan-penginapan banyak tersebar di sepanjang jalan utama kawasan Cisarua dan sekitarnya. Lebih banyak lagi jika Anda masuk ke jalan-jalan kecil di sisi jalan utama.

Anda dapat dengan mudah menemukan hotel kelas melati, hotel berbintang, bahkan rumah villa yang bisa disewa harian. Kisaran harganya mulai dari Rp 250.000 hingga di atas Rp 1 juta.

Treehous di Taman Safari Indonesia Cisarua via @echaboy
Treehous di Taman Safari Indonesia Cisarua via @echaboy

Salah satu hotel paling populer di Cisarua adalah Safari Garden Hotel. Lokasinya berdekatan dengan Kebun Binatang Taman Safari. Tarif kamarnya mulai dari Rp 800.000 per malam. Untuk anda, berikut daftar hotel di Cisarua untuk menginap selama liburan di Cisarua:

  • Royal Safari Garden Resort & Convention, Jl. Raya Puncak No. 601, Cisarua, Puncak, Indonesia, 16750
  • Parama Hotel Puncak, Jl. Raya Puncak Km 22 Cisarua Bogor , Puncak, Indonesia, 16750
  • Grand Ussu Hotel & Convention, Jl. Raya Puncak Km 79 No. 62 Cisarua, Puncak, Indonesia
  • Pesona Alam Resort & Spa, Jl. Taman Safari No. 101, Puncak, Indonesia, 16750
  • Hotel Amarsya, Jalan Dewi Sartika No. 10, Cipari,Cisarua,, Puncak, Indonesia, 16750
  • Hotel Ariandri Puncak, Jl. Raya Puncak KM. 85, Cisarua, Puncak, Indonesia, 92936
  • Bayak Hotel & Resort, Jalan Raya Puncak Km.77 No.55 Cilember, Puncak, Indonesia, 16750
  • Grand Diara Hotel, Jalan Raya Puncak KM.77,Desa Kopo Kec – Cisarua,puncak,Bogor,Puncak, Puncak, Indonesia, 16750
  • Taman Safari Lodge, Jalan Kapten Harun Kabir No 724, Puncak, Indonesia, 16750
  • Jimmers Mountain Resort, Jalan Raya Puncak Km 77, Leuwimalang, Desa Kopo, Cisarua, Puncak, Indonesia, 16750
  • Hotel Bumi Tapos Convention Resort & Resto, Jalan Veteran III No. 16, Cibedug, Tapos, Bogor, Jawa Barat, Puncak, Indonesia, 16710
  • Davinci Hotel Cisarua, Jalan Raya Puncak No. 96 KM 79.9, Puncak, Indonesia, 16750
  • Rizen Premiere Hotel, Jl. Raya puncak KM 77, Puncak, Indonesia, 16750
  • Puncak Pass Resort, Jalan Raya Puncak KM. 90 Sindanglaya, Cipanas , Puncak, Indonesia, 43253
  • The Rizen Hotel, Jln Raya Puncak, KM 83. Cibereum, Cisarua, Puncak, Indonesia, 16750
  • Arwana Safari Hotel Puncak, Jalan Raya Puncak Km. 83 No. 62, Cisarua, Puncak, Indonesia, 16750
  • Hotel Rudian, Jalan Siliwangi Kongsi Desa Cipari No. 3 Cisarua, Puncak, Indonesia, 16750
  • Citra Cikopo Hotel, Raya Puncak Km. 77 Jl. Arion Tiga No. 17 Desa Kopo Leuwimalang, Cisarua – Puncak, Puncak, Indonesia, 16750
  • Grand Pesona Ksatria Hotel & Convention 2, Jalan Raya Puncak No. 18 KM 76, Cipayung, Megamendung, Puncak, Indonesia
  • Grand Cempaka Resort, Jalan Raya Puncak KM. 17, Cipayung, Puncak, Indonesia, 16770

Iklim di Cisarua

Area Cisarua beriklim tropis, dengan curah hujan tertinggi di bulan Desember dan Januari. Hawanya sejuk khas lereng pegunungan dengan suhu udara rata-rata 14 – 18 derajat celsius.

Bahasa Daerah di Cisarua

Bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia

Tempat Wisata di Cisarua

Salah satu tempat wisata di Cisarua yang populer adalah Taman Safari via @taman_safari
Salah satu tempat wisata di Cisarua yang populer adalah Taman Safari via @taman_safari

1. Taman Safari Indonesia

Kebun binatang dan pusat konservasi satwa liar yang berlokasi di Cisarua. Berbagai hiburan yang disajikan seperti perjalanan tur keliling kandang hewan, atraksi hewan, baby animals dan safari malam, selalu menarik minat pengunjung. Tersedia juga hotel caravan dan bungalow untuk pengunjung yang ingin bermalam dengan suasana alam liar.

Taman Safari Indonesia berjarak 80 km dari Jakarta (sekitar dua jam perjalanan) dan 78 km dari Bandung (sekitar 3 jam perjalanan). Alamat lengkap Taman Safari Indonesia adalah Jl. Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi 0251 8250000. Tiket masuk Taman Safari Cisarua, Bogor untuk anak umur 1-5thn: 160ribu, Diatas 6thn = 180 ribu.

2. Agro Wisata Gunung Mas

Tempat ini adalah sebuah perkebunan teh yang dikelola pemerintah dan terbuka bagi umum. Pengunjung Agro Wisata Gunung Mas bisa jalan-jalan keliling kebun teh, tur ke pabrik teh, dan melakukan beberapa kegiatan seperti berkuda dan paralayang. Lokasi Agro Wisata Gunung Mas adalah di Jl. Raya Puncak Km. 87, Cisarua, Jawa Barat 16750.

3. Taman Wisata Matahari

Ini adalah sebuah tempat rekreasi keluarga di Puncak yang berkonsep taman rekreasi dan edukasi. Taman Wisata Matahari memiliki wahana permainan lengkap seperti Wahana Wisata Air, Wahana Petualangan, Wahana Permainan, Wahana Wisata Edukasi, Area Kuliner dan Area Belanja. Tempat rekreasi ini beralamat di Jl. Raya Puncak Km. 77, Cilember, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

4. Telaga Warna

Keistimewaan tempat wisata alam ini adalah sebuah danau yang airnya dapat berubah-ubah warna. Selain itu, ada aneka satwa liar yang hidup di kawasan ini, seperti Kera Abu-Abu, Surili serta Lutung. Terdapat pula beberapa jenis burung, seperti Tekukur, Puyuh, Kadanca, serta Walet. Lokasi Telaga Warna adalah Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Telaga Warna buka setiap hari jam 08.00 – 17.00 WIB dan harga tiket masuknya adalah Rp 7.500.

5. Air Terjun Cilember

Curug Cilember memiliki tujuh air terjun dengan lokasi yang berbeda-beda, dan ketinggian airnya mencapai 40 meter. Jarak Air Terjun Cilember sekitar 20 km atau 1.5 jam dari Kota Bogor. Lokasi persisnya ada di Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Pusat Informasi bisa Anda temui di Jl. Cisarua Puncak Km 10, Desa Cilember, Cisarua, Puncak, Jawa Barat dan telepon (0251) 258 890. Harga tiket masuk ke Air Terjun Cilember sebesar Rp 6.000. Kendaraan bermotor dikenakan biaya masuk Rp 8.000 untuk mobil dan Rp 4.000 untuk motor.

6. Ciwangun Indah Camp (CIC)

CIC adalah sebuah tempat wisata dan pusat outbond seluas 22 hektar. Terdapat hutan pinus, perkebunan teh, perbukitan, sungai, danau buatan, air terjun dan fasilitas rekreasi lainnya di sini.

Lokasi tepatnya berada di Jl. Kolonel Masturi atau Jl. CIC Kp. Ciwangun, RT. 03 RW. 15, Desa Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Bandung Barat, Jawa Barat. Harga tiket masuknya adalah Rp 7.000 per orang. Untuk motor dikenakan biaya tambahan Rp 1.000, sementara untuk mobil, Rp 2.000.

7. Curug Cimahi

Air terjun dua tingkat setinggi 87 meter ini sangat unik. Meski sedang musim hujan maupun musim kemarau, debit airnya tidak berubah.

Mal di Cisarua

Ada beberapa factory outlet dan distro yang menjual aneka pakaian, tas, dan berbagai perlengkapan fashion anak dan dewasa. Salah satunya yang terbesar adalah Brasco. Selain pakaian, factory outlet ini juga menjual beraneka ragam kuliner yang menjadi salah satu tujuan pengunjung. Di dekat Istana Cipanas, ada area perbelanjaan seperti supermarket, toko-toko elektronik, juga penjual tanaman dan bunga.

Museum di Cisarua

Museum Dinosaurus, Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat

Tempat Hiburan Malam di Cisarua

Hotel-hotel besar biasanya menyediakan bar minuman dan beberapa di antaranya dilengkapi musik panggung. Di sepanjang jalan utama, Anda juga bisa menemukan beberapa bar karaoke. Berikut ini beberapa tempat hiburan malam di Cisarua:

  • Cafe Hotel Cianjur, Jl. Raya Cipanas Km. 81.3, Puncak, Jawa Barat, Telepon 0263516480, Jam buka pukul 19.00 – 24.00
  • B’Tur Resto & Cafe, Jl. Raya Puncak, Bogor Timur, Jam buka Hari Senin – Minggu pukul 10.00 – 22.00 Wib

Rekomendasi Tempat Makan di Cisarua

  • Cimory Mountain View, Jalan Raya Puncak Km. 77 No. 435, Cisarua, Bogor, Jawa Barat
  • Sinar Alam 2, Menyajikan hidangan khas Asia, Jln. Puncak Raya, Cisarua, Jawa Barat
  • Daeng Raja, Jl. Raya Puncak, Desa Kopo, Cisarua, Puncak, Jawa Barat, Telepon 0251 8252490, Harga Rp 53.000 – Rp 107.000
  • Restoran Dulang, Jl. Raya Puncak Km. 83.7, Tugu Selatan, Cisarua, Jawa Barat, Telepon 0251 8259 072, Jam buka pukul 08.00 – 22.00 WIB, Harga 1ekor Ayam Bekakak Rp 75.000
  • Restoran Rindu Alam, Jl. Raya Puncak, Desa Tugu Utara, Kec. Cisarua, Jawa Barat, Telepon 0263 512625

Tips Liburan di Cisarua

  • Berangkatlah pagi-pagi menuju Puncak, pastikan keluar pintu tol Jagorawi di Ciawi sebelum jam 9 pagi pada saat libur atau akhir pekan.
  • Akses menuju kawasan Puncak diberlakukan sistem buka tutup satu arah, begitu pun arah sebaliknya. Maka pastikan Anda mengatur waktu kunjungan Anda dan disesuaikan dengan jam-jam satu jalur kendaraan tersebut.
  • Lebih baik memesan hotel atau penginapan lebih awal sebelum berkunjung. Terlebih-lebih di akhir pekan atau musim liburan, kondisi hotel yang terbilang nyaman sering penuh sehingga agak sulit jika memesan mendadak.

Rumah Sakit Di Cisarua

  • RSPG Cisarua Bogor, Jl. Puncak Raya, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Telepon 0251 8253630
  • Rumah Sakit Yayasan MH. Thamrin, Jl. Raya Puncak, Km. 75, Cipayung, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Telepon 0251 8256172
  • Rumah Sakit Paru-paru, Jl. Raya Puncak – Cianjur, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Telepon 0251 8253629

Leave a Reply