Panduan Tips Pergi Liburan Ke Puncak

Puncak adalah destinasi wisata populer bagi warga Jakarta dan sekitarnya, serta para wisatawan asing. Puncak Pass adalah kawasan tertinggi di pegunungan ini. Puncak Pass menghubungkan Kota Bogor dengan Kota Bandung, yang terdiri dari beberapa kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi.

Puncak Pass berada di ketinggian 1500 meter, dan ada sebuah danau vulkanik bernama Telaga Warna di dekat jalur utama. Selain itu, ada kebun binatang Taman Safari Indonesia, Kota Bunga, dan berbagai tempat menarik lainnya.

Di sepanjang jalan menuju Puncak Pass, Anda akan menemukan banyak hotel, motel, penginapan, dan restoran atau rumah makan. Ada juga akan melewati beberapa toko dan mini market sepanjang perjalanan.

Sejarah Kawasan Puncak

Dulu pada jaman kolonial, Puncak adalah sebuah jalan yang dilintasi dalam perjalanan ke Bogor dan Bandung. Dataran tinggi ini menjadi kawasan terkenal bagi penduduk Batavia yang ingin mencari udara lebih dingin.

Puncak adalah salah satu tempat wisata favorit penduduk Jakarta via @br.wed
Puncak adalah salah satu tempat wisata favorit penduduk Jakarta via @br.wed

Pemerintah kolonial Belanda juga membangun perkebunan teh di kawasan ini, namun setelah kemerdekaan Republik Indonesia, perkebunan teh beralih tangan menjadi PT. Perkebunan Nusantara Gunung Mas.

Kemudian dibangun sebuah restoran bernama Riung Gunung, yang lantas menjadikan Puncak sebagai kawasan wisata populer bagi penduduk Batavia dan sekitarnya. Kini, kawasan Gunung Gede Pangrango yang disebut Puncak ini ramai dikelilingi berbagai hotel dan resort.

Cara Pergi ke Puncak

Anda bisa naik kereta api dan turun di Stasiun Bogor. Lalu lanjut menggunakan angkot nomor 03 sampai terminal Baranangsiang. Banyak tersedia angkot jurusan Cisarua, Ciawi, Cimacan, Cipanas, Anda bisa naik salah satunya untuk menuju kawasan Puncak.

Jika Anda ingin naik bus umum dari Jakarta. Ada beberapa rute Bus APTB yang melayani rute ke Bogor, baik dari Terminal Kampung Rambutan atau Terminal Lebak Bulus, dan berakhir di Terminal Baranangsiang, Bogor. Tarifnya adalah Rp. 14.000 per penumpang, dengan jam operasional mulai pukul 05.00 – 17.00 Wib. Lalu lanjutkan dengan angkot nomor 01 jurusan Baranangsiang – Ciawi, turun di Pasar Ciawi, lanjut menyambung angkot jurusan Ciawi – Cisarua.

Bus APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway) dengan rute Jakarta – Bogor, antara lain,

  • APTB 11 ke Tanah Abang (via Tol Jagorawi – UKI – Koridor 9 – Koridor 1)
  • APTB 12 ke Tanjung Priok (via Tol Jagorawi – UKI – Koridor 10)
  • APTB 15 ke Grogol (via Tol Jagorawi – UKI – Koridor 9)
  • APTB 17 ke Senen (via Tol Jagorawi – UKI – Koridor 7 – Koridor 5 – Koridor 2)
  • Angkot 01 ke Terminal Baranangsiang

Selain Bus APTB, ada beragam bus lainnya yang melayani rute menuju Bogor dari Kalideres, UKI Cawang, Tanjung Priok, dan daerah lainnya. Pemberhentian terakhir bus di Terminal Baranangsiang, Bogor.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi mobil, perjalanan Jakarta – Puncak bisa ditempuh dalam waktu sekitar dua jam melewati Jalan Tol Jagorawi.

Transportasi Umum di Puncak

Angkutan umum mikrolet atau bemo banyak tersedia di kawasan Puncak, untuk mengantar Anda dari Cipanas, Cisarua, atau Cianjur menuju ke Puncak Pass. Ada juga Dokar atau kereta berkuda yang dapat memuat 5 – 6 penumpang. Jasa ojek motor juga bisa dengan mudah Anda temukan di sepanjang jalan menuju Puncak Pass.

Hotel di Puncak

Jasa sewa villa maupun penginapan-penginapan banyak tersebar di sepanjang jalan utama menuju Puncak Pass, lebih banyak lagi jika Anda masuk ke jalan-jalan kecil di sisi jalan utama.

Udara di puncak cenderung sejuk, jadi asik untuk liburan via @bimbimyp
Udara di puncak cenderung sejuk, jadi asik untuk liburan via @bimbimyp

Anda dapat dengan mudah menemukan hotel kelas melati, hotel berbintang, bahkan rumah villa yang bisa disewa harian. Range harganya mulai dari kisaran Rp. 250.000 hingga di atas satu juta rupiah.

Salah satu hotel paling populer adalah Safari Garden Hotel yang lokasinya berdekatan dengan Taman Safari. Dengan tarif kamar mulai dari Rp. 800.000 per malam. Sementara itu untuk daftar hotel di Puncak yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  • Villa Ciherang (villa di puncak), Jalan Cipanas Raya KM 7 (Terletak di dekat Istana Cipanas), ☎ 088801110626, Untuk reservasi di Jakarta: (021) 922 88088
  • Alfa Resort, Ciburial, Kp. Baru Jeruk, Desa Tugu Utara. Cisarua, Bogor, Jawa Barat. (Terletak di dekat Taman Safari Puncak), ☎ (0251) 8252285, Untuk pemasanan di Jakarta: (021) 5575 4920
  • Hotel Lembah Safari, Jl. Raya Taman Safari, Cisarua-Puncak (200 meter sebelum Taman Safari), ☎ + (62 251) 825 4609/825 5174 ([email protected])

Iklim di Puncak

Area Puncak beriklim tropis, dengan curah hujan tertinggi di Bulan Desember dan Januari. Hawanya sejuk khas lereng pegunungan dengan suhu udara rata-rata 14 – 18 derajat celsius.

Bahasa Daerah di Puncak

Bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia

Tempat Wisata di Puncak

Untuk anda yang ingin liburan ke Puncak, berikut adalah beberapa tempat wisata di Puncak yang direkomendasikan untuk dikunjungi:

1. Taman Safari Indonesia, Cisarua

Kebun binatang dan pusat konservasi satwa liar yang berlokasi di Cisarua. Berbagai hiburan disajikan seperti perjalanan tur keliling kandang hewan, atraksi hewan, baby animals, dan safari malam, selalu menarik minat pengunjung. Tersedia hotel caravan dan bungalow untuk pengunjung yang ingin bermalam di suasana alam liar. Alamat Jl. Raya Puncak No.601, Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Untuk informasi lebih lanjut hubungi 0251 8250000.

2. Agro Wisata Gunung Mas

Sebuah perkebunan teh yang dikelola pemerintah. Tempat ini terbuka bagi umum untuk pengunjung yang ingin berjalan-jalan keliling kebun teh, tur ke pabrik teh, dan melakukan beberapa kegiatan seperti berkuda dan paralayang. Lokasi di Jl. Raya Puncak Km. 87, Cisarua, Jawa Barat 16750.

3. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara, salah satu tempat wisata di Puncak via @br.wed
Taman Bunga Nusantara, salah satu tempat wisata di Puncak via @br.wed

Beraneka ragam koleksi bunga dan taman yang tertata apik dan indah menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Ada beberapa fasilitas permainan anak dan keluarga di dalamnya. Menara pandang yang berdiri di tengah-tengah taman bisa Anda kunjungi untuk melihat keindahan taman labirin yang terbentang di bawahnya. Lokasinya di Jl. Mariwati Km. 7, Desa Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat.

4. Kota Bunga

Sebuah kompleks perumahan dengan arsitektur khas negara-negara di seluruh dunia. Di tengah-tengah kompleks perumahan ini, terdapat area rekreasi keluarga bernama Little Venice di mana Anda bisa naik perahu gondola, perahu Mississippi, kereta, komedi putar dan lain-lainnya. Anda cukup membayar tiket masuk Rp. 35.000 per orang untuk bisa menikmati semua wahana yang ada. Taman Cibodas

Area piknik dan perkemahan yang dekat dengan kawasan konservasi tumbuhan dengan berbagai jenis bunga. Berlokasi di Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindanglaya, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Telepon 0263 511385.

5. Istana Cipanas

Berlokasi di sisi jalan utama Kota Cipanas, tepatnya di Desa Sindanglaya, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Istana ini memiliki arsitektur kolonial dan merupakan tempat pelarian presiden pertama RI, Soekarno. Istana tidak bisa diakses oleh umum, pengunjung hanya bisa melihatnya dari luar gerbang pagar Istana.

6. Taman Wisata Matahari

Sebuah tempat rekreasi keluarga di Puncak berkonsep taman rekreasi dan edukasi, yang memiliki wahana permainan lengkap seperti Wahana Wisata Air, Wahana Petualangan, Wahana Permainan, Wahana Wisata Edukasi, Area Kuliner dan Area Belanja. Alamatnya adalah di Jl. Raya Puncak Km. 77, Cilember, Cisarua, Bogor, Jawa Barat

7. Telaga Warna

Tempat wisata alam yang memiliki keistimewaan sebuah danau yang airnya dapat berubah-ubah warna. Ada beraneka satwa liar yang hidup dai kawasan danau ini, seperti Kera Abu-Abu, Surili serta Lutung. Terdapat pula beberapa jenis burung, seperti Tekukur, Puyuh, Kadanca, serta Walet. Lokasi di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Buka setiap hari jam 08.00 – 17.00 wib. Harga tiket masuk Rp 7.500

8. Air Terjun Cilember

Curug Cilember mempunyai tujuh air terjun dengan lokasi yang berbeda-beda, dan ketinggian airnya mencapai 40 meter. Jaraknya sekitar 20 km atau 1.5 jam dari Kota Bogor. Lokasi di Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Pusat Informasi di Jl. Cisarua Puncak Km 10, Desa Cilember, Cisarua, Puncak, Jawa Barat, Telp: (0251) 258 890. Harga tiket Rp. 6.000, untuk parkir Kendaraan mobil Rp. 8.000, sementara itu untuk sepeda motor Rp. 4.000

Mal di Puncak

Ada beberapa factory outlet dan distro yang menjual aneka pakaian, tas, dan berbagai perlengkapan fashion anak dan dewasa. Salah satunya yang terbesar adalah Brasco. Selain pakaian, factory outlet ini juga menjual beraneka ragam kuliner yang menjadi salah satu tujuan pengunjung. Di dekat Istana Cipanas, ada area perbelanjaan seperti supermarket, toko-toko elektronik, juga penjual tanaman dan bunga.

Museum di Puncak

  • Museum Dinosaurus, Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat

Hiburan Malam di Puncak

Hotel-hotel besar biasanya menyediakan bar minuman dan beberapa di antaranya dilengkapi musik panggung. Di sepanjang jalan utama, Anda juga bisa menemukan beberapa bar karaoke.

Rekomendasi Tempat Makan di Puncak

Berikut adalah daftar tempat makan di Puncak, disini adan bisa menikmati berbagai macam jenis kuliner di Puncak yang enak. Di Puncak Pass, Anda juga bisa menemukan jejeran warung sate kambing, sate kelinci, atau penjual jagung bakar, di tengah panorama Puncak.

  • Cafe Hotel CianjurCafe hotel Cianjur adalah tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk menikmati minuman dan makanan. Harganya pun cukup terjangkau. Alamatnya berada di Jl. Raya Cipanas Km. 81.3, Puncak, Jawa Barat, Telepon 0263516480. Jam buka pukul 19.00 – 24.00
  • B’Tur Resto & Cafe, Jl. Raya Puncak, Bogor Timur, Jam buka Hari Senin – Minggu pukul 10.00 – 22.00 Wib
  • Amen Chinese Restaurant, Jl. Raya Hanjawar No. 8, Pacet, Puncak, Indonesia, Jam buka pukul 09.15 – 21.30 Wib.
  • Sate Kambing HanjawarJl. Raya Ciawi – Cianjur, Puncak
  • Zahra Al Jazeerah Restaurant and Cafe, Jl. Raya Kota Bunga. Gate 1 Kota Bunga, Puncak, Indonesia, Telepon +62 263 522345, Jam buka pukul 09.00 – 01.30 Wib, Harga Rp. 13.000 – Rp. 173.000
  • Daeng Raja, Jl. Raya Puncak, Desa Kopo, Cisarua, Puncak, Indonesia, Telepon +62 251 8252490, Harga Rp. 53.000 – Rp. 107.000.
  • Pohpohan Cafe, Jl. Hankam Raya, Jogjogan, Km. 82, Puncak, Jawa Barat 16750, Telepon 0251 8255145
  • Restaurant Kamanana, Jl. Raya Puncak Tugu KM. 83.8, Puncak, Jawa Barat, Telepon 0251 8252424, Jam buka pukul 09.00 – 23.00 Wib.
  • Rumah Makan Simpang Rawi, Jl. Raya Puncak No. 422, Ciawi, Puncak, Jawa Barat, Telepon 0251 8240509
  • Meranti Restaurant, Puncak Pass Resort, Jl. Raya Puncak, Bogor Selatan, Jawa Barat, Jam buka pukul 07.00 – 22.00 Wib, Telepon 0263 512503.
  • Waringin Restaurant, Puncak Pass Resort, Jl. Raya Puncak, Bogor Selatan, Jawa Barat, Jam buka pukul 07.00 – 22.00 Wib, Telepon 0263 512503.
  • Cemara Restaurant, Puncak Pass Resort,Jl. Raya Puncak, Bogor Selatan, Jawa Barat, Jam buka pukul 07.00 – 22.00 Wib, Telepon 0263 512503
  • Serai Cafe, Novus Giri Resort & Spa, Jl. Sindanglaya Raya No. 180, Bogor Selatan, Jawa Barat, Buka 24 jam
  • Ateera Restaurant and Cafe, Jl. Raya Puncak KM. 83, Bogor Timur, Jawa Barat, Telepon 0251 8256796, Jam buka pukul 08.00 – 16.00 Wib
  • Rumah Makan Bumi Aki, Telepon 0255 517 711, Jl. Raya Puncak No. 59, Ciloto, Puncak, Jawa Barat
  • Jl. Pajajaran No. 51, Bogor Utara, Jawa Barat, Jam buka (Senin – Jumat) pukul 10.00 – 21.00 Wib, (Sabtu dan Minggu) pukul 10.00 – 23.00 Wib, Telepon 0251 8311073, Harga Nasi Timbel Rp. 42.000, Satu porsi sate kambing Rp. 50.000
  • Warung Sate Shinta, Jl. Raya Cipanas No. 20, Pasekon, Kec. Cianjur, Jawa Barat, Telepon 0263 512041, Buka 24 jam, Range Harga Rp. 25.000 – Rp. 60.000
  • Restoran Dulang, Jl. Raya Puncak Km. 83.7, Tugu Selatan, Cisarua, Jawa Barat, Telepon 0251 8259 072, Jam buka pukul 08.00 – 22.00 Wib, Harga Satu Ekor Ayam Bekakak Rp. 75.000
  • Rumah Makan Sudi Mampir Akhoen, Jl. Raya Cipanas Puncak (Sebelah Warung Sate Shinta), Telepon 0263 512 762, Jam buka pukul 08.00 – 20.30 Wib
  • Cimory Riverside and Chocomory, Jl. Raya Puncak No. 435, Km. 77, Mega Mendung, Puncak, Jawa Barat, Telepon 0251 8252 678, Jam buka pukul 08.00 – 22.00 Wib
  • Nicole’s Kitchen and Lounge, Jl. Raya Cipanas – Hanjawar No.1 (Kampoeng Brasco) – Cipanas, Bogor Selatan, Puncak, Jawa Barat
  • Restoran Rindu Alam, Jl. Raya Puncak, Desa Tugu Utara, Kec. Cisarua, Jawa Barat, Telepon 0263 512625

Tips Liburan di Puncak

  • Berangkatlah pagi-pagi menuju Puncak, pastikan keluar pintu tol Jagorawi di Ciawi sebelum jam 9 pagi pada saat libur atau akhir pekan.
  • Akses menuju kawasan Puncak diberlakukan sistem buka tutup satu arah, begitu pun arah sebaliknya. Maka pastikan Anda mengatur waktu kunjungan Anda dan disesuaikan dengan jam-jam satu jalur kendaraan tersebut.
  • Lebih baik memesan hotel atau penginapan lebih awal sebelum berkunjung. Terlebih-lebih di akhir pekan atau musim liburan, kondisi hotel yang terbilang nyaman sering penuh sehingga agak sulit jika memesan mendadak.

Informasi Penting Perlu Anda Ketahui Untuk Keadan Darurat di Puncak

Informasi Rumah Sakit di Puncak untuk anda ketahui, mungkin anda akan memerlukan ini dalam keadaan darurat.

  • RSPG Cisarua Bogor, Jl. Puncak Raya, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Telepon 0251 8253630
  • Rumah Sakit Yayasan MH. Thamrin, Jl. Raya Puncak, Km. 75, Cipayung, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Telepon 0251 8256172
  • Rumah Sakit Paru-paru, Jl. Raya Puncak – Cianjur, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Telepon 0251 8253629

Leave a Reply