Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cipanas

Cipanas merupakan sebuah kecamatan yang berada di bawah kabupaten Cianjur, provinsi Jawa Barat – Indonesia. Cipanas terkenal dengan sebutan Kota Bunga. Di sini memang ada Taman Bunga Nusantara yang sangat luas dan cantik.

Kecamatan ini juga populer karena menjadi tempat Istana Cipanas berada. Cipanas juga menjadi salah satu daerah favorit turis asal Timur Tengah, khususnya turis muda.

Kecamatan Cipanas memiliki luas wilayah 58,03 km persegi dan jumlah penduduk sebanyak 91.405 jiwa. Daerah Cipanas berada di ketinggian 1.080 – 2.962 mdpl dengan tingkat kemiringan tanah 3 – 40%.

Wilayah Cipanas

Secara administratif, kecamatan Cipanas terdiri dari 7 desa yaitu:

  1. Desa Cipanas
  2. Desa Cimacan
  3. Desa Ciloto
  4. Desa Batulawang
  5. Desa Palasari
  6. Desa Sindanglaya
  7. Desa Sindangjaya

Sejarah Cipanas

Asal usul nama Cipanas sendiri berasal dari bahasa Sunda – Ci yang artinya air dan kata panas. Lokasi Cipanas yang berada di lembah Gunung Gede membuatnya kaya akan sumber air panas alami. Bahkan sebelum dieksplorasi oleh kolonial Belanda, konon sumber air panas alami ini sudah eksis sejak zaman Kerajaan Sunda dan Kesultanan Banten.

Taman Bunga Nusantara adalah salah satu tempat wisata di Cipanas yang populer via @irchammaulana
Taman Bunga Nusantara adalah salah satu tempat wisata di Cipanas yang populer via @irchammaulana

Tahun 1740, seorang tuan tanah asal Belanda – Van Heots membangun komplek villa yang sekarang menjadi Istana Kepresidenan Cipanas. Komplek ini memang dialiri sumber air panas alami. Cuaca sejuk, udara bersih dan sumber air panas alami membuat komplek villa ini dijadikan tempat tinggal para petinggi VOC.

Termasuk Gubernur Jenderal VOC – Gustaaf Willem van Imhoff. Bahkan dia meninggal di Istana Cipanas setelah 2 bulan sakit. Pada masa pemerintahannya (1743 – 1750), Van Imhoff juga membangun rumah sakit dan villa-villa di Cipanas.

Cara Pergi ke Cipanas

Ada beberapa cara untu pergi ke Cipanas. Mulai dari menggunakan transportasi umum berupa bus, kereta api hingga angkot atau anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Pergi Ke Cipanas Menggunakan kendaraan umum (bus):

Dari Jakarta, Anda bisa naik bus dari Terminal Kampung Rambutan. Ada beberapa pilihan. Pertama, bus Marita jurusan Cianjur via Puncak. Kedua, bus Karunia Bakti jurusan Garut via Puncak Cianjur. Turun di Pasar Cipanas.

Pastikan jangan salah naik. Anda harus naik bus Karunia Bakti yang kelas ekonomi non AC karena bus yang AC tidak lewat Puncak, melainkan lewat tol Cipularang.

Pergi Ke Cipanas Menggunakan kendaraan umum (kereta api):

Dari Jakarta, Anda bisa naik kereta commuter line dengan tujuan Bogor. Turun di stasiun terakhir, Stasiun Bogor. Dari sana, naik angkot nomor 03 ke Terminal Barangsiang (tarif Rp5.000,-). Ganti kendaraan dengan angkot putih (mobil tipe Elf)jurusan Cianjur, turun di Pasar Cipanas. Tarifnya lumayan mahal, Rp25.000,- per orang.

Pergi Ke Cipanas Menggunakan kendaraan pribadi (mobil):

Dari Jakarta, masuk tol Jagorawi yang mengarah ke Bogor dan Ciawi. Lurus terus hingga Anda menemui tanda Exit Taman Safari / Puncak / Bandung. Keluar di situ lalu susuri Jalan Raya Puncak – Cisarua. Bersiap-siaplah untuk perjalanan menanjak sejauh +/- 30 km hingga daerah Cipanas.

Jika sudah melewati Puncak Pass dan restoran Rindu Alam, Anda akan segera melihat Istana Cipanas di sebelah kanan Anda. Lurus lagi, Anda sudah tiba di Jalan Raya Cipanas.

Perjalanan dengan mobil pribadi memakan waktu sekitar 2 jam jika kondisi jalanan sangat lancar. Namun jika macet, terutama di akhir pekan, perjalanan bisa memakan waktu 3 jam bahkan lebih.

Transportasi umum di Cipanas

Anda bisa menggunakan angkot warna kuning ungu jurusan Simpang Mariwati – Cipanas. Tarifnya standar, Rp4.000,- s/d Rp5.000,- per orang tergantung jauh dekatnya perjalanan. Salah satu destinasi wisata yang dilewati angkot ini adalah Taman Bunga Nusantara.

Hotel di Cipanas

Ada beberapa hotel di Cipanas yang bisa anda pergunakan untuk menginap. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Novus Giri Resort & Spa

Hotel bintang empat ini terletak di Jalan Sindanglaya Raya No. 180, Puncak – Cipanas. Fasilitas yang ditawarkan Novus Giri Resort & Spa sangat lengkap. Ada spa, dua restoran, kolam renang, pool-side lounge, check-in 24 jam, lapangan tenis, rabbit village & kids club yang pasti membuat anak-anak betah. Harga kamarnya (kapasitas 2 orang) mulai dari Rp 1 jutaan (deluxe, superior) hingga Rp 1,6 juta (junior suite).

2. Yasmin Resort & Conference Hotel

Dari penampilan luarnya, hotel bintang empat ini tampak sangat mewah dan megah. Yasmin Resort & Conference Hotel memang mengusung konsep klasik romantis yang mewah. Ada 272 kamar, suites dan villa tersedia di sini. Harga kamar deluxe-nya sekitar Rp700.000,-an. Yasmin Resort & Conference Hotel dapat Anda temui di Jalan Jeprah Palasari No. 69.

3. Palace Hotel

Seperti namanya, Palace Hotel yang terletak di Jalan Raya Cipanas KM 81,2 ini hanya berjarak 350 meter dari Istana Cipanas. Kamarnya cukup luas, 32 meter persegi dan untuk menginap semalam di Palace Hotel tarifnya mulai dari Rp700.000,-.

4. Casa Monte Rosa Hotel

Untuk kelas hotel bintang tiga di Cipanas, ada Casa Monte Rosa Hotel. Tarif menginap di hotel ini sekitar Rp600.000,- per malam. Kamarnya luas dan memiliki balkon dengan pemandangan menghadap ke gunung. Casa Monte Rosa Hotel beralamat di Jalan Raya Puncak KM 90, Ciloto, Kampung Parabon No 100.

Iklim di Cipanas

Cipanas memiliki karakter cuaca tropis dengan curah hujan sedang. Suhu pada siang hari sekitar 27 – 28 derajat celcius. Sementara suhu pada malam hari sekitar 17 – 19 derajat celcius.

Bahasa Daerah di Cipanas

Penduduk Cipanas sebagian besar adalah suku Sunda. Maka bahasa daerah yang digunakan di sini adalah bahasa Sunda.

Tempat Wisata di Cipanas

Ada beberapa tempat wisata di Cipanas yang bisa anda kunjungi ketika berlibur kesini. Beberapa diantaranya adalah:

1. Taman Bunga Nusantara

Berlibur ke Cipanas, direkomendasikan untuk mengunjungi Taman Bunga Nusantara ini via @febbycameliana
Berlibur ke Cipanas, direkomendasikan untuk mengunjungi Taman Bunga Nusantara ini via @febbycameliana

Kecantikan koleksi bunga dan ragam taman tematik di Taman Bunga Nusantara, Cipanas tidak boleh Anda lewatkan. Di sini ada Taman Jepang, Taman Mediterania, Taman Amerika, Taman Perancis, Taman Bali dan Air Mancur Musikal yang jadi pusat atraksi utama.

Kecantikannya taman tematik dan hamparan bunga di sini tak kalah dengan taman bunga yang ada di luar negeri. Harga tiket masuk Taman Bunga Nusantara cukup terjangkau, hanya Rp30.000,- Anda bisa piknik dan foto sepuasnya. Taman seluas 23 hektar ini dapat dikelilingi dengan berjalan kaki. Tapi Anda juga bisa berkeliling menggunakan Dotto Trains atau Garden Tram. Harga tiket tambahannya Rp40.000,-

2. Istana Cipanas

Ikon Cipanas yang bersejarah bagi Indonesia ini merupakan salah satu dari 6 istana kepresidenan RI. Luas areanya 26 hektar dengan luas bangunan sekitar 8.000 meter persegi. Bangunan utama paling besar disebut Gedung Induk. Di sinilah tempat Presiden, Wakil Presiden dan keluarganya beristirahat.

Selain itu ada enam paviliun untuk tamu kepresidenan, dua bangunan pemandian air panas (satu untuk Presiden, Wakil Presiden dan keluarga; satu lagi untuk tamu) dan Gedung Bentol. Khusus untuk Gedung Bentol ini baru dibangun pada zaman pemerintahan Presiden Soekarno.

Gedung Bentol dirancang oleh dua arsitek Indonesia, RM Soedarsono dan F. Silaban. Di gedung inilah Presiden Soekarno mencari inspirasi untuk pidatonya dan menyusun strategi demi mencapai kemerdekaan Indonesia.

Tidak ada biaya tiket untuk masuk Istana Cipanas. Tapi Anda harus membuat dan mengajukan surat permohonan terlebih dulu kepada Kepala Istana Cipanas. Maksimal tiga hari sebelum waktu kunjungan. Prosedur ini berlaku untuk pengunjung individual maupun rombongan.

Istana Cipanas terbuka untuk umum setiap hari pukul 08.00 – 14.00, kecuali hari Jumat. Perlu dicatat, ketika mengikuti tur Istana Cipanas Anda harus berpakaian rapi. Pakailah baju batik, kemeja, seragam atau kaus berkerah. Sandal dilarang.

Rekomendasi Kuliner Tempat Makan di Cipanas

  • RM Bumi Aki, Alamat: Jalan Raya Puncak No. 59, Ciloto, Jam operasional: 10.00 – 22.00 WIB, Jenis sajian: Sunda, Menu andalan: paket nasi liwet komplit
  • Warung Sate Shinta, Alamat: Jalan Raya Cipanas No. 20, Pasekon, Jam operasional: buka 24 jam, Jenis sajian: aneka macam sate, Menu andalan: sate kambing, sate kelinci, sate sapi, sate ayam
  • RM Sudi Mampir, Alamat: Jalan Raya Cipanas, Pasekon (persis sebelah Warung Sate Shinta), Jam operasional: 08.00 – 20.30, Jenis sajian: Chinese food, Menu andalan: puyunghai, kodok goreng mentega, nasi tim
  • Serai Cafe, Alamat: Novus Giri Resort & Spa, Jalan Sindanglaya Raya No. 180, Cipanas, Jam operasional: 24 jam, Jenis sajian: Indonesia, Chinese food dan internasional

Tips Liburan di Cipanas

  • Perhatikan jam saat ingin kemana-mana di hari Sabtu dan Minggu. Polisi memberlakukan buka tutup jalan untuk arus satu arah (naik atau turun saja) di akhir pekan. Jangan sampai hal ini membuat rencana jalan-jalan atau wisata kuliner Anda jadi berantakan.
  • Macet di area Cipanas sudah tak bisa dihindarkan. Jadi sebisa mungkin, siapkan kondisi fisik yang prima dan banyak bersabar ketika berkendara.

Leave a Reply