Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sukaraja

Sukaraja adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Dulu, kecamatan ini adalah bagian dari Kecamatan Kedunghalang, Kabupaten Bogor. Awalnya Kecamatan Sukaraja terdiri dari 9 desa yaitu Desa Cadas, Desa Ngampar, Desa Cibanon, Desa Cijujung, Desa Cikeas, Desa Cilebut, Desa Gunung Geulis, Nagrak, Pasir Jambu, dan Sukaraja. Kemudian hari beberapa desa di antaranya berkembang sehingga kini menjadi 13 desa.

Warga Bogor mungkin tidak terlalu mengenal keberadaan Sukaraja yang terletak di sebelah timur Kota bogor. Namun daerah ini sebetulnya menyimpan sejarah penting bagi Kabupaten Bogor.

Kawasan Sukaraja memiliki beberapa objek wisata yang dapat dikunjungi dan banyak fasilitas wisata yang bisa dinikmati. Hotel-hotel ternama, restoran-restoran menarik , area rekreasi outbond, bahkan beberapa lembaga pengembangan spiritualisme berpusat di wilayah ini.

Wilayah Utama Sukaraja

Batas-batas Wilayah Kecamatan Sukaraja,

  • Batas Utara: Kecamatan Cibinong
  • Batas Barat: Kota Bogor
  • Batas Selatan: Kecamatan Ciawi
  • Batas Timur: Kecamatan Babakan Madang

Sejarah Sukaraja

Di masa kolonial, ada seorang hartawan bernama Purwaja. Salah satu keturunannya mendirikan sebuah desa yang dinamakan Sukaraja. Nama Sukaraja sendiri diambil atas dasar kesetiaan masyarakat kepada ayahnya yang gemar berderma dan mencintai mereka. Desa ini lalu dikembangkan menjadi dua desa, yaitu Desa Sukaraja dan Desa Sukanagalih, pada Tahun 1988. Dukungan masyarakat terhadap kemajuan desa sangat baik hingga kini Desa Sukaraja menjadi salah satu desa yang berkembang.

Dulunya Sukaraja merupakan pusat pemerintahan yang dikepalai seorang tumenggung, saat itu wilayah Sukaraja disebut Kampung Baru (Parung Angsana), dan membawahi daerah-daerah kelurahan seluruh Bogor masa kini. Kampung Baru merupakan daerah bebas pajak dan menjadi asal mula Kabupaten Bogor. Banyak jagoan silat yang menghuni kawasan Sukaraja, sebab banyak warganya yang masih keturunan Sultan Banten yaitu Sultan Ageng Tirtayasa. Artis ternama yang memiliki darah trah ini antara lain Rhoma Irama dan Dede Yusuf.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sukaraja

Cara Pergi ke Sukaraja

Jika Anda hendak naik kereta api, Anda bisa menuju Stasiun Cilebut di jalan Raya Cilebut, Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Lokasinya berada di perbatasan antara Kabupaten dan Kotamadya Bogor.

Setelah itu, hanya ada satu trayek angkutan yang melalui Stasiun Cilebut. No trayek 07 Biru dengan Rute Bojong Gede – Pasar Anyar. Angkot bernomor ini akan lewat persis di depan stasiun. Tarifnya tergantung dari mana anda naik, tetapi rata-rata sekitar Rp. 4.000 – Rp. 6.000.

Dari Kota Bogor, Anda bisa naik Angkot No. 05, jurusan Ramayana – Cimahpar, dengan rute Cimahpar – Bogor Baru – Pajajaran – Ir. H Juanda – Suryakencana – Ramayana. Dari Pomad naik angkot No. 17, turun di perempatan Tanah Baru, lalu naik angkot No. 05 rute Ramayana – Cimahpar.

Transportasi di Sukaraja

Angkot, Ojek, Andong, dan Bemo

Hotel di Sukaraja

Ada banyak hotel berbintang dan penginapan yang tersebar di sepanjang jalan utama kawasan Sukaraja, dan lebih banyak lagi jika Anda masuk ke jalan-jalan kecil di sisi jalan utama. Anda dapat dengan mudah menemukan hotel kelas melati, hotel berbintang, bahkan rumah villa yang bisa disewa harian. Range harga kamar hotel mulai dari kisaran Rp. 250.000. Untuk Hotel berbintang tiga ke atas harga kamar rata-rata mulai dari Rp. 400.000 per malam. Sementara vila-vila disewakan dengan harga sekitar satu juta per malam.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sukaraja

Iklim di Sukaraja

Sukaraja memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang signifikan. Suhu rata-rata di Sukaraja adalah 26.9 °C, dan curah hujan rata-rata tercatat 2449 mm.

Bahasa Daerah di Sukaraja

Bahasa Jawa, Bahasa Sunda

Tempat Wisata di Sukaraja

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sukaraja

1. Fishing Valley Bogor Water Park

Area rekreasi keluarga dengan beraneka fasilitas outbond, kolam renang, kolam pemancingan, playground, futsal, wahana permainan, gazebo, café, restoran, live music, dan sebagainya.

Jl. Pemda Raya No. 107, RT. 02 RW. 12, Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Kab. Bogor, Jawa Barat

Telepon 0251 8662 808 / 0251 7141 606 / 0251 8658 722 / 0251 – 9577 556

http://www.fishingvalley.net

2. Situs Tugu Sukaraja

Tugu yang terletak di pinggir jalan raya ini mudah dijumpai. Lokasinya di Kampung Tugu, Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja – Kecamatan Geger Bitung. Pada masa Proklamasi Kemerdekaan, tugu ini pernah berperan sebagai batas kekuasaan tanah jajahan dan tanah yang dikuasai Republik Indonesia. Tugu Sukaraja merupakan situs peninggalan pra sejarah berupa menhir dari batu andesit. Dan tidak jauh dari tugu terdapat beberapa situs batu menhir lainnya.

3. Talaga Cikeas/Danau Cikeas

Desa Cikeas, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Giri Tirta Kawah Hitam

Kecamatan Babakan Madang

4. Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung favorit para pendaki dan menjadi destinasi wisata pengunjung lokal maupun Internasional, karena Gunung Gede Pangrango juga merupakan Taman Nasional yang kaya dengan vegetasi alamnya. Harga tiket masuk adalah Rp. 35.000 per orang. Jalur pendakian menuju Gunung Gede Pangrango salah satunya melewati Gunung Putri, dengan ciri trek pendakian yang terus menanjak tanpa bidang datar sekalipun, juga dipenuhi bebatuan dan akar-akar pohon yang lebat.

5. Jungle Land

Taman Hiburan dengan lebih dari 40 wahana permainan. Tersedia fasilitas restoran dan toko souvenir.

Jl. Jungle Land Boulevard

Kawasan Sentul Nirwana, Bogor 16810

Telepon 021 29311 313, Fax 021 29311 311

Jam Buka:

Senin –Jumat, pukul 10.00 – 17.00 WIB

Sabtu – Minggu, pukul 09.00 – 17.00 WIB

Email: [email protected]

6. Air Terjun Bidadari

Berada di Sentul Paradise Park. Air terjunnya berasal dari kumpulan sumber mata air di hutan lindung Sentul, dan tingginya sekitar 40 meter. Taman bermain air ini memiliki pasir putih yang didatangkan dari Bangka, sehingga membuat pengunjung seolah berada di Pantai.

Jl. Bojong Koneng, Desa Bojong Koneng, Gunung Geulis, Sentul City, Jawa Barat

Telepon 021 29232155

7. Taman Patung dan Taman Bambu Ecoartpark

Merupakan sebuah taman yang menjadi pusat kesenian dengan koleksi patung karya seniman lokal dan seniman dunia, seperti patung karya Botaro dari Korea, Salvador Dali dari Spanyol, dan lainnya. Lokasi taman ini bersebelahan dengan Pasar Ah Poong.

8. Hutan Pinus Gunung Pancar

Hutan ini berada di dataran tinggi Sentul City, hanya 15 menit berkendara menanjak dan Anda sudah bisa sampai di wisata alam Gunung Pancar. Pemandangan alam nan hijau dihiasi deretan pohon pinus, ditambah aroma pohon pinus bercampur udara segar pegunungan, mengundang para pengunjung yang berwisata ke Sentul untuk singgah sejenak. Akses jalannya sangat dekat dengan tempat wisata Jungle Land. Di tempat ini pun terdapat perkemahan dan pemandian mata air Gunung Pancar. Tempat pemandian sumber air panas ini memiliki tiga kolam dan buka 24 jam, dengan harga tiket pemandian Rp. 10.000 per orang.

9. Alam Fantasia

Taman hiburan dan outbond anak. Terdapat beberapa wahana permainan anak dan galeri seni.

Jl. Siliwangi No. 1, Sentul City, Bogor, Jawa Barat 16810

Telepon 021 87961580

Harga tiket masuk Rp. 10.000

10. Taman Budaya Sentul City

Merupakan spot popular untuk tempat hiburan bagi dewasa dan meeting point di kawasan Sentul City. Ada permainan ATV, flying fox, paintball, high rope, trekking, camping, trampolin, berkuda, dan melukis. Lokasinya berseberangan dengan Alam Fantasia.

Jl. Siliwangi No. 1, Sentul City, Jawa Barat

Telepon 021 87961579

Jam buka pukul 09.00 – 16.30 WIB

11. Sirkuit Sentul

Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat

Telepon 021 87951080/82 Fax. 87951142

Mal di Sukaraja

Bellanova Country Mall, Jl. MH. Thamrin No. 8, Cijayanti, Babakan Madang, Jawa Barat, Telepon 021 87923888, Jam buka pukul 10.00 – 22.00 Wib.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sukaraja

Museum di Sukaraja

1. Museum Mobil Motor dan Keramik

JL. Citeureup Km. 42, Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat

Harga tiket masuk Rp. 6.000 – Rp. 7.000

2. Museum Mobil Sentul

Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat

Telepon 021 87951130/ 87951112

Hiburan Malam di Sukaraja

M-one Hotel dan Bar

Jalan Raya Jakarta – Bogor Km 49.5, Jembatan Hitam (Exit Sirkuit Sentul),

Cimandala, Sukaraja, Bogor 16710.

Telepon 0251 8650202

Buka 24 Jam

Rekomendasi Tempat Makan di Sukaraja

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sukaraja

1. Pasar Ah Poong

Merupakan sebuah Pujasera tempat wisata kuliner yang unik, sebab semua aktivitas para penjual makanan dan para pembelinya dilakukan di atas perahu yang mengapung di atas Sungai Cikeas. Ada taman bermain anak, naik perahu sampan, dan jembatan gantung, di area Pujasera ini.

Alamat Sentul City, Jawa Barat

Telepon 08129565168

Website: www.ah-poong.com

Jam Buka:

Senin – Jumat, pukul 10.00 – 22.00 WIB

Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional, pukul 07.00 – 22.00 WIB

Tips Wisata di Sentul City

Datanglah pagi-pagi, karena panorama Sentul City di pagi hari lebih indah, udaranya juga lebih sejuk. Waktu Anda untuk berwisata bersama keluarga juga lebih banyak. Misalkan ke JungleLand, Anda dapat bermain lebih banyak permainan dibandingkan jika Anda baru datang siang, karena tempat wisata umumnya tutup sore hari. Akses jalan tol ke kawasan Sentul bila sudah siang sering macet, belum lagi jika hari libur.

Perlu Kamu Tahu di Sukaraja

  • Rumah Sakit Family Medical Center, Jalan Raya Bogor, Sukaraja, Jawa Barat 16157
  • Lingkungan Yayasan Dharmais Cimandala Sukaraja Bogor, Jl. Dharmais RT. 06 RW. 01, Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16710, Telepon 0251 651253
  • Rumah Sakit Bogor Medical Center, Jl. Pajajaran Indah V No. 97, Katulampa, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat, Telepon 0251 8346002
  • Dhamma Java – Vipassana Meditation Center, Jl. H. Ahmad No. 99, Kampung Bojong, Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Bogor, Jawa Barat

Leave a Reply