Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sentul City, Bogor

Sentul City adalah sebuah kota satelit berkonsep pegunungan seluas 3000 hektar, yang berlokasi di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Letaknya di sisi timur Kota Bogor, dengan ketinggian 215 – 500 meter di atas permukaan laut, kawasan ini dibangun sebagai tempat hunian sekaligus pariwisata. Dulu, kawasan ini lebih dikenal dengan Bukit Sentul.

Pada akhir pekan, banyak pengunjung yang datang ke kawasan Sentul Bogor. Berbagai tempat wisata seperti taman hiburan Jungle Land, Pasar Apung, wisata alam Gunung Pancar dan beberapa air terjun, salah satunya Air Terjun Bidadari, dapat Anda temukan di sini.

Sebuah sirkuit bernama Sirkuit International Sentul juga dibangun di kawasan ini. Sirkuit balap yang kerap dijadikan lokasi ajang balap motor Asian F3 dan tuan rumah MotoGP ini terletak di Desa Sentul.

Ada juga sebuah gedung pertunjukan Sentul International Convention Centre (SICC) yang didirikan di kawasan Sentul City. Gedung ini telah digunakan beberapa kali untuk menyelenggarakan konser musik artis Internasional.

Jungle land ini identik dengan kota satelit Sentul City by IG @indahlestariani
Jungle land ini identik dengan kota satelit Sentul City by IG @indahlestariani

Tersedia akses tol antar Jakarta – Sentul City dan sebaliknya, yang membuat jarak tempuh keduanya dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit. Anda pun dapat keluar melalui pintu exit tol Sentul City.

Sejarah Sentul City

Suasana di Sentul City
Suasana di Sentul City

Ketika kawasan ini masih di bawah pengembang PT. Bukit Sentul, pernah mendapat gugatan pailit dari salah satu konsumen yang telah membeli rumah bertahun-tahun lamanya namun tidak kunjung dibangun oleh pengembang. Perseteruan hukum di antara kedua belah pihak tidak juga mencapai hasil sepakat, sampai akhirnya MA memutuskan pailit.

Baru setelah itu terjadi kesepakatan damai antara konsumen dan pengembang. Lalu perubahan nama Bukit Sentul menjadi Sentul City menyusul kemudian. Proyek lantas dilanjutkan untk pembangunan kawasan hunian dan sarana umum lainnya.

Cara pergi ke Sentul City

Jika Anda berkendara dari Jakarta dengan mobil, Anda bisa melintasi jalur Tol Jagorawi dan keluar di pintu keluar tol Sentul Selatan atau Sentul City. Tidak susah untuk pegi ke Sentul City dengan kendaraan pribadi

Sedangkan bila Anda memilih memakai kendaraan umum, ada banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan. Antara lain:

Bus APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway)

Anda bisa pergi ke Sentul City menggunakan bus APTB dari Jakarta via @pt_transjakarta
Anda bisa pergi ke Sentul City menggunakan bus APTB dari Jakarta via @pt_transjakarta

Ada beberapa rute bus APTB ke Sentul City dari Jakarta, beberapa rute tersebut sebagai berikut:

  • Blok M – Sentul City
  • Grogol – Sentul City
  • Senen – Bogor (Bubulak)
  • Tanjung Priok – Bogor (Bubulak)

Sementara itu berikut jadwal operasional bus APTB dengan rute Sentul City – Jakarta:

  • 5:00 – 7:30 Sentul City – Blok M (PP)
  • 5:20 – 7:50 Sentul City – Grogol (PP)
  • 5:40 – 8:10 Sentul City – Rawamangun (PP)
  • 6:00 – 8:30 Sentul City – Blok M (PP)
  • 15:30 – 18:00 Sentul City – Blok M (PP)
  • 16:00 – 18:30 Sentul City – Grogol (PP)
  • 17:00 – 19:30 Sentul City – Rawamangun (PP)
  • 18:00 – 20:30 Sentul City – Blok M (PP)

Bus APTB hanya berhenti di shelter busway. Setiap hari bus akan berangkat dari Sentul City mulai jam 5 pagi, dan bus terakhir dari Jakarta menuju Sentul City berangkat pada jam 8.30 malam.

Kereta Api

Anda bisa naik kereta api menuju Stasiun Bogor, lalu turun di stasiun dan menyambung metromini nomor 03 atau angkot hijau bernomor 03, ke arah Botani Square, dari sini Anda lanjut naik Trans Pakuan, dan turun di Mall Bellanova Sentul City.

Kalau Anda dari Bandara Soekarno Hatta, Anda bisa naik bus Damri dan turun di Mall Bellanova. Dan bila Anda berangkat dari beberapa daerah lainnya, seperti Bekasi, Bandung, BSD, Depok, tersedia angkutan umum dengan rute Sentul City, dan berhenti di Bellanova, Sentul City.

Tersedia akses jalan Bogor Ring Road, yaitu jalan tol yang menghubungkan kawasan Kedung Halang ke Tol Jagorawi, melalui simpang Sentul City. Setibanya Anda di Sentul City, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Desa Citaringgul dengan menggunakan

Transportasi di Sentul City

Untuk angkutan umum di kawasan Sentul City sendiri, tersedia bus shuttle yang melayani perjalanan Mall Bellanova – Jungle Land Theme Park dengan gratis. Selain itu, Anda bisa menggunakan jasa ojek atau taksi motor yang banyak terdapat di sekitar Mall Bellanova.

Informasi Bus Shuttle Bellanova – Jungle Land
Waktu Operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 16.00 WIB
Call Center 021 – 293 311 313

Hotel di Sentul City

Hotel-hotel murah di kawasan Sentul City mematok harga kamar mulai dari Rp. 300.000 per malam. Sedangkan hotel lainnya menawarkan harga kamar Rp. 400.000 hingga di atas Rp. 500.000 per malam.

Untuk hotel berbintang empat yang berlokasi dekat dengan Sentul International Convention Centre (SICC), memasang tarif kamar sekitar Rp. 500.000 per malam. Hotel ini terletak persis di depan SICC.

Iklim di Sentul City

Kawasan Sentul berhawa sejuk, layaknya kawasan yang berada di dataran tinggi. Iklim di Sentul adalah tropis dengan curah hujan yang signifikan dalam setahun. Temperatur udara rata-rata adalah 27 derajat Celsius.

Bahasa Daerah di Sentul City

Keberadaan Sentul di kawasan Bogor yang masih termasuk ke dalam Jawa Barat, menjadikan masyarakat di Sentul masih banyak yang menggunakan Bahasa Sunda dalam kesehariannya. Namun, pendatang yang menghuni kawasan ini terdiri dari latar belakang suku yang berbeda-beda, sehingga penuturan Bahasa Indonesia juga digunakan oleh mayoritas penghuninya.

Beberapa masyarakat Tiong Hoa juga turut menghuni kawasan ini, maka Anda mungkin akan mendapati penggunaan Bahasa Mandarin di Sentul City.

Tempat Wisata di Sentul City

Ada beberapa tempat wisata keluarga di Sentul City yang menarik untuk acara liburan keluarga. Lokasinya yang berada tak jauh dari Jakarta, dan bisa ditempuh dengan kendaraan umum menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata populer masyarakat Bakarta. Beberapa tempat wisata di Sentul City yang bisa anda kunjungi adalah sebagai berikut:

1. Jungle Land

Salah satu atraksi di Jungleland via @jungleland_indo
Salah satu atraksi di Jungleland via @jungleland_indo

Taman Hiburan dengan lebih dari 40 wahana permainan. Tersedia fasilitas restoran dan toko souvenir.

Alamat Jungle Land:
Jl. Jungle Land Boulevard
Kawasan Sentul Nirwana, Bogor 16810
Telepon 021 29311 313, Fax 021 29311 311

Jam Buka:
Senin –Jumat, pukul 10.00 – 17.00 WIB
Sabtu – Minggu, pukul 09.00 – 17.00 WIB
Email: [email protected]

2. Air Terjun Bidadari

Air Terjun bidadari adalah salah satu tempat wisata alam populer di Sentul City via @curug_bidadari
Air Terjun bidadari adalah salah satu tempat wisata alam populer di Sentul City via @curug_bidadari

Berada di Sentul Paradise Park. Air terjunnya berasal dari kumpulan sumber mata air di hutan lindung Sentul, dan tingginya sekitar 40 meter. Taman bermain air ini memiliki pasir putih yang didatangkan dari Bangka, sehingga membuat pengunjung seolah berada di Pantai.

Alamat Air Terjun Bidadari:
Jl. Bojong Koneng, Desa Bojong Koneng, Gunung Geulis, Sentul City, Jawa Barat
Telepon 021 29232155

3. Pasar Ah Poong

Anda bisa bersantap sambil bersantai di pasar apung Ah Poong via @ahpoongfoodmarket
Anda bisa bersantap sambil bersantai di pasar apung Ah Poong via @ahpoongfoodmarket

Merupakan sebuah Pujasera tempat wisata kuliner yang unik, sebab semua aktivitas para penjual makanan dan para pembelinya dilakukan di atas perahu yang mengapung di atas Sungai Cikeas. Ada taman bermain anak, naik perahu sampan, dan jembatan gantung, di area Pujasera ini.

Alamat:
Sentul City, Jawa Barat
Telepon 08129565168
Website: www.ah-poong.com

Jam Buka:
Senin – Jumat, pukul 10.00 – 22.00 WIB
Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional, pukul 07.00 – 22.00 WIB

4. Taman Patung dan Taman Bambu Ecoartpark

Merupakan sebuah taman yang menjadi pusat kesenian dengan koleksi patung karya seniman lokal dan seniman dunia, seperti patung karya Botaro dari Korea, Salvador Dali dari Spanyol, dan lainnya. Lokasi taman ini bersebelahan dengan Pasar Ah Poong.

5. Hutan Pinus Gunung Pancar

Tempat wisata hutan pinus gunung pancar ini cocok untuk anda yang suka dengan alam via @egiatarigan
Tempat wisata hutan pinus gunung pancar ini cocok untuk anda yang suka dengan alam via @egiatarigan

Hutan ini berada di dataran tinggi Sentul City, hanya 15 menit berkendara menanjak dan Anda sudah bisa sampai di wisata alam Gunung Pancar. Pemandangan alam nan hijau dihiasi deretan pohon pinus, ditambah aroma pohon pinus bercampur udara segar pegunungan, mengundang para pengunjung yang berwisata ke Sentul untuk singgah sejenak.

Akses jalannya sangat dekat dengan tempat wisata Jungle Land. Di tempat ini pun terdapat perkemahan dan pemandian mata air Gunung Pancar. Tempat pemandian sumber air panas ini memiliki tiga kolam dan buka 24 jam, dengan harga tiket pemandian Rp. 10.000 per orang.

6. Alam Fantasia

Taman hiburan dan outbond anak. Terdapat beberapa wahana permainan anak dan galeri seni.

Alamat:
Jl. Siliwangi No. 1, Sentul City, Bogor, Jawa Barat 16810
Telepon 021 87961580
Harga tiket masuk Rp. 10.000

7. Taman Budaya Sentul City

Merupakan spot popular untuk tempat hiburan bagi dewasa dan meeting point di kawasan Sentul City. Ada permainan ATV, flying fox, paintball, high rope, trekking, camping, trampolin, berkuda, dan melukis. Lokasinya berseberangan dengan Alam Fantasia.

Alamat:
Jl. Siliwangi No. 1, Sentul City, Jawa Barat
Telepon 021 87961579
Jam buka pukul 09.00 – 16.30 WIB

Mal dan pusat belanja oleh-oleh di Sentul City

Bellanova Country Mall
Jl. MH. Thamrin No. 8, Cijayanti, Babakan, Madang, Jawa Barat
Telepon 021 87923888
Jam operasional pukul 10.00 – 22.00 WIB

Museum di Sentul City

Ada beberapa museum menarik di Sentul City untuk bisa anda kunjungi bersama keluarga. Jadi selain berlibur menikmati alam dan taman hiburan, Sentul City ini juga memiliki beberapa museum nan menarik dan unik.

1. Museum Mobil Sentul

Di Museum Mobil Sentul ini terdapat koleksi mobil antik, motor antik, dan keramik antik. Ada mobil antik bermerek Dodge Fargo 1956, Chevi Bel-Air 1957, Plymouth Deluxe 1950, dan Pacard Custom 2206 buatan Amerika pada Tahun 1948, yang pernah digunakan Presiden RI Ir. Soekarno. Serta koleksi mobil tertua Austin Seven Tourer buatan Inggris pada Tahun 1933.

Alamat Sirkuit Sentul:
Km. 42, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat
Telepon 021 87951107
Harga tiket masuk Rp. 6.000, dan Rp. 7.000 untuk hari libur
Jam buka Hari Selasa – Minggu, pukul 09.00 – 17.00 WIB

2. Museum Astra

Menyimpan catatan sejarah merek-merek mobil terbesar di Indonesia.
Waktu operasional pukul 08.00 – 16.00 WIB
Tiket masuk gratis

Hiburan Malam di Sentul City

Untuk penyuka aktivitas malam hari, ada beberapa pusat hiburan malam di Sentul City yang bisa dikunjungi sebagai berikut:

1. Star Deli

Ruko Plaza Amsterdam, Sentul City
Jl. MH. Thamrin, Sentul City, Bogor
Jam buka: Hari Senin – Kamis dan Minggu, pukul 10.30 – 01.00 WIB
Hari Jumat dan Sabtu pukul 10.30 – 02.00 WIB
Harga makanan untuk dua orang sekitar Rp. 300.000

2. The Hoolie Bogor Utara

Jl. Bangbarung Raya No. 62, Bogor Utara, Bogor
Jam buka: Hari Senin – Kamis dan Minggu, pukul 18.00 – 24.00 WIB
Hari Jumat dan Sabtu pukul 18.00 – 03.00 WIB
Harga makanan untuk dua orang sekitar Rp. 200.000

3. Pasar Ah Poong

Jl. Ir. H. Djuanda, Sentul City, Bogor, Jawa Barat 16810
Jam buka sampai pukul 22.00 WIB

4. Hiburan Karaoke di Mall Bellanova

Jl. MH. Thamrin No. 8, Cijayanti, Babakan, Madang, Jawa Barat
Telepon 021 87923888

Tempat Makan Rekomendasi di Sentul City

Buat anda penyuka kuliner, ada banyak tempat makan enak di Sentul City yang layak dicoba. Mulai dari salah satu sate unik yaitu Rumah Makan PSK hingga beberapa lainnya. Silahkan dicoba sesuai selera.

1. Pasar Ah Poong

Jl. Ir. H. Djuanda, Bogor, Jawa Barat 16810
Telepon 021 87926555
Jam buka hingga pukul 22.00 WIB

2. Rumah Makan PSK (Penggemar Sate Kiloan

Di sini bisa pesan kambing guling seberat 10 kilogram dengan harga Rp. 1.200.000
Jl. Raya Babakan Madang No. 2, Bukit Sentul, Babakan Madang, Jawa Barat
Telepon 021 87951444
Jam buka pukul 09.00 – 22.00 WIB

3. Kopitiam Oey Sentul City

Jl. Siliwangi No. 1, Taman Budaya Sentul City, Sentul City, Bogor, Jawa Barat

4. Mang Kabayan Sentul City

Jl. Ir. Hj. Djuanda No. 78, Sentul City, Jawa Barat
Telepon 021 87962047
Jam buka pukul 10.00 – 22.00 WIB

5. Rumah Makan Karimata

Jl. Raya Pasir Maung, Sentul Selatan, Jawa Barat
Telepon 021 3686976

6. Tumbar Jinten

Perum Grand Sentul City, Blok C 4, No. 31
Jl. MH. Thamrin, Desa Cadas, Ngampar, Sukaraja, Jawa Barat
Telepon 021 29099060
Jam buka pukul 10.00 – 22.00 WIB

7. Bakmi Golek

Plaza Niaga No. 1, Blok. A 35
Jl. MH. Thamrin, Sentul City, Babakan Madang, Jawa Barat
Telepon 021 87960257
Jam buka pukul 09.00 – 21.00 WIB

8. The Pot

Ruko Plaza Niaga 1, Blok C
Jl. MH. Thamrin, Sentul City, Bogor, Jawa Barat

Tips Berwisata di Sentul City

Datanglah pagi-pagi, karena panorama Sentul City di pagi hari lebih indah, udaranya juga lebih sejuk. Waktu Anda untuk berwisata bersama keluarga juga lebih banyak. Misalkan ke JungleLand, Anda dapat bermain lebih banyak permainan dibandingkan jika Anda baru datang siang, karena tempat wisata umumnya tutup sore hari. Akses jalan tol ke kawasan Sentul bila sudah siang sering macet, belum lagi jika hari libur.

Tempat penting di di Sentul City

Ada beberapa tempat pentingn di Sentul City yang mungkin berguna buat anda seperti beberapa sebagai berikut

  • RS Pertamedika Sentul
    Jl. MH. Thamrin Kav. 57, Sentul City, Jawa Barat
    Telepon 021 29672977
  • Sirkuit Internasional Sentul
    Jl. Sentul International Circuit Km. 42, Desa Kadumangu, Kecamatan Citeureup, Jawa Barat
    Telepon 021 87951080
    Pernah menjadi tuan rumah ajang GP2 Asia Series dan Grand Prix Motorcycle Racing.
  • Sentul International Convention Centre (SICC)
    Jl. Jenderal Sudirman, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
    Phone:(021) 87950658
    Pernah menjadi tempat penyelenggara konser musik Internasional artis Jamiroquai, Justin Bieber, Kylie Minogue, Katty Perry, Shahrukh Khan.
1 Response
  1. Gina Putri

    haloo mau tanya, kalo saya ingin ke hutan pinus gunung pancar, dan naik kendaraan umum, setelah turun di mall belanova sentul city, saya naik apa lagi ya agar akses ke hutan pinusnya??

Leave a Reply