Rute Bus Trans Pakuan Bogor

Rate this post

Bus Trans Pakuan adalah Bus rapid transit yang mirip seperti Trans Jakarta, Trans Jogja dan Trans Semarang. Bus ini dioperasikan di Kota Bogor yang Dikelola oleh PDJT. Pertama kali diresmikan pada tanggal 3 Juni 2007 dengan rute awal Bubulak – Br.siang. Totalnya terdapat sekitar 16 halte di jalur itu.

Tarif Bus Trans Pakuan Bogor awalnya adalah IDR 1500 saja. Bus kota ini sangat mirip dengan Trans Jakarta, hanya berhenti di halte-halte saja. Yang membedakan hanyalah bus ini tidak menggunakan jalur khusus dan menggunakan Bus jenis 3/4.

Bus Trans Pakuan Bogor ini juga diharapkan akan mengurangi jumlah angkot dan solusi kemacetan di Kota Bogor. Sampai sekarang jalur trayek Trans Pakuan ini juga sudah diperpanjang hingga ciawi dan Bellanova Sentul City.

Kedepannya kembali direncanakan juga pembuatan koridor baru yaitu Terminal Bubulak-Terminal Tanah Baru(sedang direncanakan) Dan Rute Bubulak-Cidangiang via Stasiun Bogor halte utama nya terdapat di jalan Cidangiang,sekitar 50 meter dari terminal bus Baranangsiang.

Rute Bus Trans Pakuan Bogor

Rute Bus Trans Pakuan Bogor Tahun 2019

Sampai sekarang terdapat 3 koridor atau 3 rute Bus Trans Pakuan. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Rute Trans Pakuan Koridor 1 : Terminal Bubulak – Cidangiang

Rute Koridor 1 Trans Pakuan melewati rute : Terminal Bubulak – Jalan Abdullah bin Nuh – Jalan Soleh Iskandar – Warung Jambu- Jalan Pajajaran – Jalan Cidangiang.

2. Rute Trans Pakuan Koridor 2 : Cidangiang – Ciawi Harjasari

Rute Koridor 2 Trans Pakuan melewati rute : Jalan Cidangiang – Jalan Pajajaran – Tajur – Ciawi – Rancamaya – Harjasari/wr.nangka.

3. Rute Trans Pakuan Koridor 2 : Cidangiang – mall Bellanova

Rute Koridor 3 Trans Pakuan melewati rute : Jalan Cidangiang – Jalan Pajajaran (rencana) – Warung Jambu(rencana) – Toll Lingkar Luar Bogor(rencana) – Mall Bellanova.

4. Rute Trans Pakuan Koridor 3A : Cidangiang – Sentul City

Rute Koridor 3A Trans Pakuan melewati rute : Jalan Cidangiang – Jalan Pajajaran (rencana) – Warung Jambu(rencana) – Toll Lingkar Luar Bogor(rencana) – Jl Bellanova – SICC -Jl M.H. Thamrin – Terminal Sentul- Jl. Siliwangi – Masjid Al-Munawaroh Sentul City.

Tarif Trans Pakuan

Tarif Trans Pakuan ini berbeda beda tergantung rutenya. Untuk koridor 1 dan 2 Trans Pakuan tarifnya IDR 5000. Sementara itu untuk rute koridor 3 Trans Pakuan tarifnya IDR 6000. Rute Trans Pakuan Koridor 3A memiliki tarif paling mahal, yaitu IDR 9000. Ketika transit pada koridor 1 dan dua penumpang tidak perlu membayar lagi. Sistem pembayaran langsung di dalam bus atau bisa juga di loket Trans Pakuan untuk penumpang yang naik dari halte Cidangiang, Harjasari, Pool Bubulak. Namun mulai Maret 2017 TransPakuan berhenti beroperasi di karenakan bangkrut.

Leave a Reply