Panduan Tips Pergi Liburan Ke Merek

Merek adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Lokasinya dekat Danau Toba, dan merupakan penghasil kopi arabika kualitas terbaik yang ada di Kabupaten Karo. Ibukota Kecamatan Merek adalah Desa Merek yang mempunyai topografi perbukitan. Sebagian besar penduduk Merek adalah Suku Simalungun dan Suku Karo, sebab berbatasan langsung dengan Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Dairi.

Sarana akomodasi dapat Anda temukan di Desa Tongging, ada sebuah resort terkenal di puncak bukit Desa Tongging, di Kota Kabanjahe, Ibukota Kabupaten Karo. Pamandangan Danau Toba dari puncak ini sangat jelas dan utuh. Ada pedagang-pedagang yang menjual aneka souvenir di sini.

Selain menikmati pemandangan Danau Toba sekaligus berburu foto sunrise dan sunset, Anda juga bisa berwisata ke air terjun tertinggi di Indonesia, serta menjelajahi hamparan perkebunan yang indah. Banyak para wisatawan yang kembali berkunjung dan menginap di resort ini, membuktikan pesona alam di kawasan kabupaten ini memang layak untuk dikagumi.

 

Wilayah Utama Merek

Batas-batas wilayah Desa Merek yaitu,

Sebelah Timur: Kabupaten Simalungun

Sebelah Selatan: Kabupaten Dairi

Sebelah Barat: Kecamatan Juhar

Sebelah Utara: Kecamatan Tigapanah

 

Sejarah Merek

Desa Merek adalah salah satu desa yang bernanung di Kecamatan Tigapanah. Dulu tahun 1927, desa ini belum memiliki nama tapi sudah berpenghuni sekitar 4 kelapa keluarga. Mereka mengumpulkan kayu dari jalan raya arah Dairi untuk dijual. Usaha berdagang kayu ini lantas menjadi aktivitas utama di wilayah ini. Beberapa penjual membuat merek dagangnya sendiri-sendiri.

Kayu-kayu yang mereka jual umumnya kayu papan, bloti (broti), dan lain-lain. Orang-orang membelinya untuk membangun rumah panggung karena semen masih langka pada masa itu. Nah, karena bermunculan nama merek-merek dari para pengusaha kayu, maka lahirlah nama Desa Merek. Ada dugaan bahwa penduduk yang memberikan nama ini adalah warga Munthe, yaitu penduduk Desa Merek yang datang pertama kali, dan berasal dari Situnggaling, sebuah desa di sekitarnya.

 

Cara ke Merek

Darat

Anda bisa mencapai Merek dengan menggunakan bus umum dari Medan. Di Medan ada Terminal Amplas dan Terminal Pinang Baris yang melayani rute antar kota dan antar propinsi. Terminal ini terletak di Kecamatan Medan Amplas yang merupakan pintu gerbang Kota Medan bagian selatan.

Anda bisa naik bus dari Terminal Amplas Medan menuju Merek dengan tarif Rp. 25.000 per orang, selama dua jam perjalanan. Atau, dari Medan Anda naik Bus Sutra/Borneo ke Kabanjahe, lalu naik Angkot Bintang Karo ke Merek. Selain itu, tersedia bus bandara Damri dengan tujuan-tujuan utama di Medan termasuk ke Terminal Amplas.

Anda juga bisa menyewa mobil sekaligus pengemudinya dengan tarif sewa Rp. 400.000 – Rp. 500.000 per hari. Pilihan lainnya Anda bisa menggunakan jasa taksi.

Laut

Pelabuhan Belawan berada dalam wilayah Medan, dan melayani rute pelayaran dengan banyak pilihan kapal laut. Contohnya KM Kelud, melayani rute pelayaran Jakarta ke Medan, harga tiketnya antara Rp. 335.000 hingga Rp. 1.323.000, tergantung pada kelas penumpangnya.

Udara

Tersedia banyak maskapai penerbangan yang melayani rute ke Medan. Anda bisa terbang dari kota asal Anda menuju Bandara Internasional Kualanamu Medan. Bandara ini terletak di Kabupaten Deli, Provinsi Sumatera Utara, yang konon menjadi bandara tercanggih di Indonesia yang dapat disejajarkan dengan Bandara Changi, Singapura dan Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia. Kelebihan bandara ini adalah bisa langsung terhubung dengan kereta api yang menuju kota Medan, juga terhubung dengan Bus Damri yang melayani rute-rute ke beberapa tempat di Medan termasuk ke Kabanjahe. Khusus di lantai dua terminal, terdapat hotel transit, area penjualan tiket, restoran, dan toko fashion.

 

Transportasi di Merek

 

Anda bisa menggunakan bus, angkutan kota, atau Angkutan Keprintisan Damri Kabanjahe – Siosar dengan tarif Rp. 3.000 per orang. Selain itu Anda juga bisa menggunakan jasa becak motor dengan menawar harga terlebih dulu.

 

Di Simpang Pos, Jalan Jamin Ginting Medan banyak terdapat angkutan umum menuju Kota Kabanjahe dan Brastagi di Tanah Karo. Bentuk angkutannya mirip Kopaja atau Bus ¾.

 

Di sini Anda juga bisa menemukan becak sebagai alternatif kendaraan yang bisa meneruskan perjalanan Anda ke beberapa tempat tujuan wisata.

 

Hotel di Merek

  • Taman Simalem Resort

Jalan Raya Merek – Sidikalang Km. 9, Sidikalang, Dairi, Sumatera Utara

Telepon 061 4577616

Tarif kamar Rp. 1.900.000 per malam

 

  • Sinabung Hills Berastagi

Jl. Kolam Renang, Gundaling I, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara

Telepon 0628 91400

Tarif kamar Rp. 500.000 per malam

 

  • Hotel Sibayak Internasional

Jalan Merdeka, Berastagi, Sumatera Utara

Telepon 0628 91301

Tarif kamar Rp. 4.000.000 per malam

 

 

Iklim di Merek

Iklim di Kecamatan Merek sebagaimana di Kabupaten Karo adalah tropis, dengan dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan pertama terjadi di Bulan Agustus hingga Januari, sedangkan musim hujan kedua pada Bulan Maret hingga Bulan Mei. Musim kemarau biasanya terjadi pada BUlan Februari, Juni, dan Juli.

Curah hujan tertinggi tercatat di Bulan April, dan terendah di Bulan Juli. Suhu udara rata-rata berkisar antara 15.6 – 23.0 derajat Celsius, dengan kelembaban udara rata-rata sekitar 89.12 persen.

 

Bahasa Daerah di Merek

Bahasa Batak Karo. Anda bisa berkata “Mauliate” untuk mengucapkan terima kasih, lalu mereka akan membalasnya dengan ucapan yang sama.

 

Objek Wisata di Merek

  • Air Terjun Si Piso Piso

Berlokasi di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian mencapai 120 meter. Objek wisata yang menjadi keajaiban Tanah Karo ini banyak menarik minat para wisatawan lokal maupun dunia.

 

  • Danau Toba

Danau terbesar kedua di dunia yang berlokasi di dataran tinggi sekitar 800 m dari permukaan laut. Terdapat Pulau Samosir di tengah-tengah danaunya, dan Anda bisa mencapainya mengunjunginya dengan naik speedboat atau perahu besar.

 

  • Desa Tongging (Desa Tembusan)

Lokasinya berupa hamparan perbukitan yang sejuk berpadu dengan panorama Danau Toba. Desa ini berada di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

 

  • Deleng Sibuaten (Kampung Naga Lingga Desa Merek)

Merupakan gunung tertinggi di Sumatera Utara yang sepanjang perjalanan menuju puncaknya dihiasi oleh hutan lumut. Ketinggian gunung ini sekitar 2.500 mdpl dan lebih tinggi dari Gunung Sinabung.

 

  • Bukit Botak

Bukit Botak adalah salah satu bukit di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Pemandangan Danau Toba terlihat jelas dan utuh dari sini. Di puncak bukitnya, Anda bisa memandang beberapa gunung tinggi di Sumut, seperti Gunung Sibuaten, Gunung Pusuk Buhit di Samosir, dan gunung lainnya.

 

 

Museum di Merek

  • Museum Pusaka Karo

Museum ini berisikan sejarah peradaban masyarakat Karo. Museum yang menempati bekas Gereja Katolik St. Maria ini beralamat di Jl. Perwira No. 3, sekitar 50 meter dari Tugu Brastagi, Karo.

 

Koleksi museumnya berjumlah ratusan, yang terdiri dari peralatan dapur, peralatan bertani, peralatan makan, perhiasan kuno, senjata khas Karo, baju adat, ulos, alat musik, alat kesenian, hingga kitab pusaka yang disebut Lak Lak. Rumah adat Karo yang memiliki empat tungku di dalamnya juga diambil dari Desa Dokan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Jam buka setiap hari kecuali Hari Rabu, mulai pukkul 08.00 hingga 16.30. Saat ini pengunjung masih dibebaskan biaya masuk.

  • Rumah Cagar Budaya Tjong A Fie

Jl. Jend. Ahmad Yani 105, Medan, Sumatera Utara 20111

Jam Buka Hari Senin hingga Minggu pukul 09.00 – 17.00

Telepon 081361203998

Tiket masuk Rp. 35.000 per pengunjung

 

Hiburan Malam di Merek

  • Samosir Cottages. Menampilkan pertunjukan Suku Batak yang memadukan tarian tradisional dengan lagu-lagu perayaan minum-minum.
  • Ada beberapa titik menarik di sekitar area Tuk Tuk di mana Anda bisa menikmati sunset sambil menikmati minuman.
  • Reggae Bar
  • Hibiscus Bar
  • Roy’s Pub (di ujung utara Semenanjung Tuk Tuk)

 

Tempat Makan Rekomendasi di Merek

  • RM Tip Top

Jl. Ahmad Yani (daerah Kesawan dan berhadapan dengan Hotel Kesawan).

 

  • Kodon Café

Taman Simalem Resort

Jalan Raya Merek – Sidikalang Km. 9, Sidikalang, Dairi, Sumatera Utara

Jam buka 09.30 – 20.00

 

Tips Wisata di Merek

  • Sempatkan bertandang ke Gardu Menara Pandang di puncak bukit, pada saat mengunjungi Air Terjun Si Piso Piso, Anda bisa memperoleh view yang utuh serta mengambil foto Danau Toba, Pulau Samosir, dan Air Terjun, sekaligus dari satu titik pandang.
  • Jangan lupa menikmati dan membeli oleh-oleh makanan khas Medan. Namun jangan sekali-kali membawa durian di dalam penerbangan pesawat, karena selain dilarang oleh peraturan, dapat membahayakan jiwa penumpang pesawat.

 

Perlu Kamu Tahu di Merek

Puskesmas Merek

Jl. Merek – Sidikalang No. 137, Kecamatan Merek, Kabupaten karo, Sumatera Utara

Telepon 0811627144

 

 

 

Leave a Reply