Panduan Tips Pergi Liburan Ke Palangkaraya

Palangkaraya merupakan sebuah kota yang sekaligus ibu kota Propinsi Kalimantan Tengah. Dan kota ini didirikan pada tahun 1957, dan merupakan kota yang luas wilayahnya terbesar di Indonesia. Karena sebagian wilayahnya masih berupa hutan, termasuk juga hutan lindung, konservasi alam, dan hutan lindung Tangkiling.

Palangkaraya terdiri dari kombinasi dua kata yang berasal dari Bahasa Dayak Ngaju dan sebuah kata bahasa Sanskerta. Palangka (Ngaju) berarti situs suci dan raya (Sansekerta) sangat luas, jadi Palangkaraya berarti tempat suci yang luas.

Presiden Pertama Indonesia, Soekarno, memulai pembangunan kota Palangkaraya, ibu kota provinsi baru tersebut. Awalnya, Palangkaraya dipersiapkan sebagai ibukota baru Indonesia untuk menggantikan Jakarta; sebuah proposal yang telah dibahas hingga saat ini.

Untuk mendukung proses ini, banyak bangunan ikonik dibangun untuk mencerminkan gagasan Indonesia Hebat. Sebagai contoh, Bundaran Besar (Bundaran Besar) di pusat kota Palangkaraya terdiri dari sebuah pertemuan delapan jalan yang melambangkan delapan pulau besar di Indonesia (Jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Kepulauan Nusa Tenggara, dan Papua). Palangkaraya juga dianggap sebagai salah satu kota terencana di Indonesia.

Pilar pertama pembangunan Kota Palangkaraya dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Soekarno pada tanggal 17 Juli 1957 menandai peresmian monumen tersebut ke ibukota provinsi Kalimantan Tengah di Pahandut. Kemudian, Pahandut diganti namanya menjadi Palangkaraya.

Dalam penataan kota Palangkaraya menawarkan tiga jenis kawasan yang berbeda diantaranya, perkotaan, pedesaan, dan hutan, dan oleh karena itu Palangkaraya mendapat julukan ‘ Kota Cantik ‘.

Julukan Kota Palangkaraya adalah Kota Cantik via @irnekbk
Julukan Kota Palangkaraya adalah Kota Cantik via @irnekbk

Wilayah Utama Palangkaraya

Kota Palangkaraya terbagi atas lima kecamatan, yaitu :

  • Pahandut
  • Jekan Raya
  • Bukit Batu
  • Sebangau
  • Rakumpit

Sejarah Palangkaraya

Terbentuknya Propinsi Kalimantan Tengah melalui proses yang cukup panjang sehingga mencapai puncaknya di tanggal 23 Mei 1957 dan dikuatkan dengan Undang – Undang Darurat No 10 tahun 1957, mengenai Pembentukan Daerah Swatantra Tingkat I Kalimantan Tengah. Dan sejak saat itu Propinsi Kalimantan Tengah resmi sebagai daerah otonom, sekaligus sebagai hari jadi Propinsi Kalimantan Tengah.

Festival Budaya Isen Mulang Perahu Hias Di Palangkaraya via @rrasano
Festival Budaya Isen Mulang Perahu Hias Di Palangkaraya via @rrasano

Pada tiang pertama pembanguna Kota Palangka Raya dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia di waktu itu. Dan Soekarno di tanggal 17 Juli 1957 dengan ditandai peresmian Monumen atau Tugu Ibu Kota Propinsi Kalimantan Tengah di Pahandut yang bermakna :

  • Angka 17 melambangkan hikmah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
  • Tugu Api berarti api tak kunjung padam, semangat kemerdekaan dan membangun
  • Pilar yang berjumlah 17 berarti senjata untuk berperang
  • Segi Lima Bentuk Tugu melambangkan Pancasila mengandung makna Ketuhanan Yang Maha Esa.

Dan kemudian berdasarkan Undang – Undang No 21 Tahun 1958 Ibu Kota Propinsi yang dulunya Pahandut berganti nama dengan Palangka Raya.

Cara Pergi ke Palangkaraya

Pergi Ke Palangkaraya Dengan Pesawat

Semua penerbangan menuju ke Kota Palu akan mendarat di Bandar Udara Tjilik Riwut ( dulu bernama Panarung). Beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta – Palangkaraya, yaitu :

  • Sriwijaya Airlines : Palangkaraya – Jakarta
  • Garuda Indonesia Airlines : Palangkaraya – Jakarta
  • Lion Air Airlines : Palangkaraya – Jakarta
  • Susi Airlines : Palangkaraya – Murat, Barut dan sekitarnya
  • Citilink Indonesia : Palangkaraya – Surabaya

Passenger Service Charge ( PSC ) atau airport tax  untuk Penerbangan domestik adalah : Rp. 20.000 – Rp. 40.000

Transportasi dari dan ke bandara

Jarak antara Bandara Tjilik Riwut sekitar 9 km dari pusat kota , dan bisa menggunakan beberapa jenis transportasi umum yang tersedia, yaitu :

Taksi Bandara 

Merupakan transportasi utama yang bisa Anda pilih ketika mendarat di Bandara Tjilik Riwut bila membawa banyak barang bawaan dan tidak dijemput oleh keluarga atau teman. Dan tarif taksinya berkisar sekitar Rp. 50.000 – Rp. 80.000 per penumpang dengan tujuan Palangkaraya.

Angkot Taksi Palangkaraya

Angkutan kota atau angkot di kota Palangkaraya di sebut juga dengan taksi. Dan untuk taksi yang beneran hanya melayani rute dari dan ke Bandara saja tidak melayani keliling dalam kota. Anda bisa menemukan taksi angkot ini harus berjalan terlebih dahulu ke luar area Bandara, tarifnya sekitar Rp. 3.000 per penumpang.

Ojek Sepeda Motor 

Jika Anda bepergian sendiri dan tidak membawa barang bawaan banyak, bisa memilih trasportasi ini. Tapi Anda harus berjalan dahulu ke arah belakang Bandara. Tarifnya sesuai dengan kesepakatan antara penumpang dan tukang ojek sekitar Rp.10.000 untuk jarak tempuh sekitar 1 – 2 kilometer.

Mobil Sewa / Travel

Untuk memudahkan Anda yang berlibur dengan keluarga dapat menyewa mobil dengan berbagai pilihan mobil seperti mobil keluarga sejenis Innova, Avanza sampai minibus dan armada bus. Tarif sewa mobil keluarga sekitar antara Rp. 60.000 – Rp. 75.000 per jam termasuk sopir dan BBM.

Pergi Ke Palangkaraya Lewat Jalur Darat

Utuk perjalanan menggunakan bus dari Banjarmasin – Palangkaraya akan melewati Jalan Trans Kalimantan ditempuh dengan waktu 3-5 jam. Tarifnya per penumpang mulai dari Rp. 70.000 – Rp. 80.000 tergantung dengan tipe busnya.

Hotel di Palangkaraya

Sebelum memilih penginapan, ada baiknya memperhatikan tipe hotel berikut:

  • Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.
  • Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3.
  • Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

Sementara itu hotel dan penginapan di Palangkaraya yang bisa digunakan untuk menginap adalah sebagai berikut:

  • Rungan Sari Meeting Center & Resort – hotel bintang 3, 24 kamar. Hotel, resort dan meeting center terletak tepat di luar kota Palangka Raya, di Kalimantan Tengah, Indonesia. Suasana hotel tenang, sepi dan santai, untuk liburan bebas stres. WIFI gratis. Alamatnya di Jl. Tjilik Riwut Km 36, Sei Gohong, Kalimantan Tengah, 73225. Kontak: [email protected]; http://www.rungansariresort.com; Telepon: +62 811 520 8801
  • Hotel Dandang Tingang, +62 536 21805. Hotel bintang satu di pusat Kota Palangkaraya.
  • Hotel Neo Palma Palangkaraya, Jalan Tjilik Riwut Km. 1 No. 1, Bundaran Besar, Palangkaraya, Indonesia, 73111
  • Fovere Hotel Palangkaraya, Jalan G. Obos No. 97, Menteng, Jekan Raya, Palangkaraya, Indonesia, 73112
  • Aquarius Boutique Hotel, Jl. Imam Bonjol No. 5, Palangkaraya, Indonesia, 73111
  • Luwansa Hotel Palangkaraya, Jalan G. Obos No. 102 , Palangkaraya, Indonesia, 73112
  • Swiss-BelHotel Danum, Jalan Tjiuk Riwut Km 5, Palangkaraya, Indonesia, 73112
  • Hotel Global Express, Jalan Ahmad Yani No.51, Palangkaraya, Indonesia, 73111
  • Amaris Hotel Palangkaraya, Jln. S Parman No. 60A, Palangkaraya, Indonesia, 73112
  • Grand Global Hotel, Jalan Cilik Riwut No. 10 – 12, Palangkaraya, Indonesia, 73111
  • Airy Eco Kahayan Hausman Baboe 12 Palangkaraya, Jalan Hausman Baboe No.12, Palangkaraya, Indonesia, 74874
  • Royal Global Hotel, Jalan Cilik Riwut No.89 Km.2, Palangkaraya, Indonesia, 73113
  • Hotel Batu Suli International, Jalan Raden Saleh No.4, Palangkaraya, Indonesia, 73111
  • Airy Bandara Tjilik Riwut Seth Adji 31 Palangkaraya, Jl.Seth Adji no 31 Kel Langkai, Palangkaraya, Indonesia, 73111
  • Avicenna Hotel, Jalan Merak No. 1, Palangkaraya, Indonesia, 74874
  • Airy Palangka Antang Palangkaraya, Jl Antang Palangka, Palangkaraya, Indonesia, 74874
  • Hotel Fairuz, Jalan Demang Leman No.9, Palangkaraya, Indonesia, 73111
  • Airy Langkai Ahmad Yani 51 Palangkaraya, Jl. Jend. Ahmad Yani, Langkai, Pahandut, Palangkaraya, Indonesia, 74874
  • Hotel Surya Kahayan, Jalan Diponegoro No.35, Palangkaraya, Indonesia, 74874
  • Artz Hotel, Jl. Seth Adji No.31, Palangkaraya, Indonesia, 73111
  • Obelix Hotel Syariah, Jl. Rajawali Km.2 No.37, Palangkaraya, Indonesia
  • Airy Eco UPR ,Jalan Raya Galaxy 9A Palangkaraya

Iklim di Palangkaraya

Kota Palangkaraya memiliki iklim yang tropis, dan Palangkaraya merupakan kota dengan curah hujan yang signifikan. Bahkan di musim kemarau terdapat hujan juga.

Bahasa Daerah di Palangkaraya

Bahasa daerah yang digunakan di Palangkaraya adalah Bahasa Banjar dan bahasa Indonesia.

Tempat Wisata di Palangkaraya

1. Danau Merah Tahai

Danau ini adalah danau yang konon terbentuk dari bekas galian pasir yang digenangi air sungai yang alur jalannya mengikuti sifatnya yang mengalir ke daratan paling rendah. Yang unik dari air danau ini berwarna merah karena dampak terendam dalam tanah gambut yang bersenyawa dengan akar – akaran pohon di lahan gambut tersebut. Di sekitar kota Palangkaraya banyak sekali Tahai, tetapi yang paling terkenal adalah Tahai yang ada di Jalan kearah kota Sampit, 30 km dari kota Palangkaraya.

2. Bukit Batu

Bukit Batu ini merupakan tempat wisata di Palangkaraya yang kental dengan mistis lokasinya berjarak sekitar 45 km dari pusat kota.Untuk menuju lokasinya membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan berkendara. Dan Anda akan memasuki areal bukit batu yang populer bagi masyarakat Palangkaraya dan akan disambut sebuah batu besar yang bernama batu Banama tempat bertapa Tjilik Riwut.

Di area bukit batu tersebut terdapat beberapa batu yang dipercaya oleh masyarakat setempat karena memiliki kekuatan ghaib.Contohnya, batu sial yang dipercaya bisa membuang sial, Batu Raja yang dipercaya masyarakat setempat sebagai batu jodoh.Di dalam kawasan ini juga terdapat sebuah kolam yang dikeramatkan warga disana yang bernama kolam Kameloh. Air kolam ini sangat dipercaya bisa membuat awet muda jika membasuhkan airnya pada muka.

3. Susur Sungai

Jelajah sungai di Palangkaraya dengan perahu. bentuk perahu yang dipergunakan untuk susur sungai sangat antik karena dirancang dengan konsep tradisional modern. Jika Anda mengunjungi Palangkaraya wajib menikmati sensasi wisata susur sungai ini. Ada beberapa rute pilihan yang bisa dicoba. Contohnya seperti rute favorit wisata susur sungai pilihan dengan susur Bukit Rawi – Sandung Tmg. Surapati Pulau Monyet.

4. Jembatan Kahayan

Merupakan sungai yang memiliki panjang 250 km yang membelah kota Palangkaraya. Untuk menghubungkan transportasi dari kota Palangkaraya menuju kabupaten disekitar terdapat sebuah bangunan jembatan yang bernama jembatan Kahayan.

5. Tugu Soekarno Palangkaraya

Monumen tugu Palangkaraya biasanya lebih dikenal dengan nama Taman Monumen Tugu Soekarno Kota Palangkaraya dan terletak di pusat kota. Lokasinya ada di daerah Jekan, sekitar berjarak 3 km dari kelurahan Pahandut, pusat kota Palangkaraya.

Mal di Palangkaraya

  • Palangkaraya Mall, Jalan Cilik Riwut km 1, Telp : 0536-3234577

Museum di Palangkaraya

Museum Balanga merupakan museum yang lokasinya di Kota Palangkaraya, propinsi Kalimantan Tengah. Letaknya di Jalan Tjilik Riwut, sekitar 2,5 km dari Bunderan Besar. Museum ini memiliki berbagai jenis koleksi hasil kebudayaan material ( benda budaya ) yang dikelompokan menjadi koleksi ethnografi, historika, arkeologi, keramologika, numismatika, dan heraldika . Jam operasional museum balanga ini yaitu :

  • Senin – Kamis : 07.00 – 14.00
  • Jumat : 07.00 – 10.30
  • Sabtu : 07.00 – 14.30

Tiket Rp. 2.500 mahasiswa dan dewasa, Tiket Rp. 1.000 pelajar

Rekomendasi Tempat Makan di Palangkaraya

  • RM. Kampung Lauk, jl. Trans Kalimantan arah Gunung Mas di Pahandut Seberang
  • Kum-Kum, Jl, Tran Kalimantan arah Gunung mas di Pahandut Seberang
  • RM. Pelangi jl. Dr murjani palangkaraya
  • Pak Ndut Palangka Raya, Jalan Katingan, Palangka, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah
  • KAMPUNG LAUK Restoran, Jl. Bukit Rawi Km.2, Pahandut Seberang, Pahandut
  • Rm. Alan jl. Dr Murjani Palangkaraya
  • RM Fadli jl. Yos Soedarso Palangkaraya
  • RM makan AA, jl. Yos soedarso Palangkaraya

Tips  Liburan di Palangkaraya

  • Jika Anda penggemar tas, belilah tas unik khas buatan dari kota Palangkaraya seperti tas gendong rotan, harganya berkisar antara Rp. 90.000
  • Jangan lupa untuk mencoba jenis – jenis kuliner yang ada di kota Palangkaraya, yang harus Anda datangi adalah Kampung Lauk, di tempat ini Anda bisa mencoba jenis masakan ikan yang langsung dipancing dari Sungai Kahayan.

Tempat Penting Perlu Anda Ketahui di Palangkaraya

  • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Jalan Tjilik Riwut km 2,5 – Palangkaraya, Telp : 0536 – 3239523
  • RSUD Dr. Doris Sylvanus, Jalan Tambun Bungai No 4 Palangkaraya, Telp : 0536-3308671
  • RS Bayangkara, Jalan A Yani No 2, Telp : 0536 – 3221520
  • POLDA Kalimantan Tengah, Jalan Tjilik Riwut Km 1 Palangkaraya, Telp : 0536 – 3221720

Leave a Reply