PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Menara Pandang Tele Samosir

Blog

Lokasi dan Keindahan Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Provinsi Sumatra Utara. Terletak di Turpuk Limbong, Kabupaten Samosir, danau ini adalah danau terbesar di Asia Tenggara. Keindahan danau ini telah menarik perhatian banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Banyak orang yang sengaja datang ke Pulau Sumatra Utara hanya untuk melihat keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir.

Danau Toba memiliki luas yang sangat besar, dan keindahannya dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk melihat keindahan Danau Toba adalah Parapat. Dari Parapat, para pengunjung dapat melihat pemandangan yang menakjubkan dengan latar belakang Danau Toba yang luas dan indah.

Namun, ada tempat lain yang juga menawarkan pengalaman yang unik dalam melihat keindahan Danau Toba. Tempat tersebut adalah Menara Pandang Tele. Menara ini terletak di sisi jalan yang menghubungkan antara bukit Barisan dengan Pulau Samosir. Dari puncak menara ini, para pengunjung dapat melihat keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir dengan lebih jelas. Menara Pandang Tele memiliki empat lantai, dan lantai paling atasnya ditutupi oleh kaca sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan tanpa halangan.

Dari Menara Pandang Tele, pengunjung dapat melihat pemandangan yang spektakuler. Di sebelah kanan menara, terdapat perbukitan yang berbaris dan menjulang tinggi, serta pemukiman warga di kaki gunung dan persawahan yang menambah keindahan alam yang ada. Di balik perbukitan tersebut, terlihat beberapa air terjun yang tampak mengalir indah. Di sebelah kiri Menara Pandang Tele, terdapat Gunung Pusuk Buhit yang terkenal sejak lama. Keindahan alam yang disajikan oleh Menara Pandang Tele membuat tempat ini sangat cocok bagi para pecinta fotografi.

BACA JUGA :  10 Gambar Pantai Alam Indah Tegal, Harga Tiket Masuk, Jalur Menuju Ke Lokasi + Jam Buka Tutup

Sejarah dan Letusan Gunung Berapi

Danau Toba memiliki sejarah yang sangat menarik. Menurut catatan sejarah, danau ini terbentuk dari letusan gunung berapi yang terjadi sekitar 70.000 tahun silam. Letusan ini mengakibatkan perubahan iklim di beberapa negara selama beberapa tahun. Di tengah-tengah Danau Toba terdapat Pulau Samosir, yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai anak dari gunung api Toba yang meletus.

Gunung Pusuk Buhit yang terletak di Pulau Samosir juga memiliki sejarah yang menarik. Gunung ini dipercaya sebagai tempat pertama kali nenek moyang suku Batak berasal. Keberadaan Gunung Pusuk Buhit menambah daya tarik wisata Pulau Samosir.

Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju ke Menara Pandang Tele, Anda dapat menggunakan jalur darat. Jika Anda berada di Medan, Anda harus melalui Kabupaten Karo, Sidikalang, Dairi, dan Hasundutan. Perjalanan dari Medan ke Pulau Samosir membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Dari Pulau Samosir, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Menara Pandang Tele dengan waktu tempuh kurang dari 20 menit.

Saat menuju Menara Pandang Tele, Anda akan melewati Jalan Tele yang terkenal dengan kondisi jalan yang menanjak dan berkelok-kelok. Jalan ini memiliki lebar hanya 3 meter. Beberapa tahun yang lalu, Jalan Tele masih dalam kondisi yang kurang baik dan rawan longsor saat musim hujan. Namun, sekarang jalan ini sudah diperbaiki dan dapat dilalui dengan baik.

Untuk mencapai Menara Pandang Tele, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak terdapat transportasi umum yang tersedia. Waktu tempuh dari Pangururan ke Menara Pandang Tele adalah sekitar 1 jam. Menara Pandang Tele terletak di sebelah kiri Jalan Tele dan cukup mudah ditemukan.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Resort di Daerah Jakarta Dengan Fasilitas Nyaman dan Pelayanan Yang Ramah Mulai Rp.370.566

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki Menara Pandang Tele, Anda hanya perlu membayar tiket masuk yang sangat terjangkau. Harga tiket masuk untuk orang dewasa adalah 2.000 rupiah, sedangkan anak-anak hanya perlu membayar 1.000 rupiah. Dengan harga tiket yang murah, Anda dapat menikmati keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir dari ketinggian Menara Pandang Tele.

Akomodasi

Jika Anda ingin bermalam di sekitar area Menara Pandang Tele, Anda tidak perlu khawatir. Di daerah Pangururan, terdapat berbagai hotel kelas melati dengan harga terjangkau. Anda juga dapat memilih resort yang berada di tepi danau atau di sekitar daerah wisata Tuktuk. Tempat wisata Tuktuk sangat dekat dengan Pelabuhan Tomok, sehingga memudahkan Anda untuk pulang setelah mengunjungi Menara Pandang Tele.

Kesimpulan

Menara Pandang Tele adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir. Dengan ketinggian menara dan lantai teratas yang ditutupi oleh kaca, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang spektakuler. Keindahan alam yang disajikan oleh Menara Pandang Tele, seperti perbukitan, air terjun, dan Gunung Pusuk Buhit, membuat tempat ini sangat cocok bagi para pecinta fotografi. Jika Anda ingin mengunjungi Menara Pandang Tele, Anda dapat menggunakan jalur darat melalui Jalan Tele. Harga tiket masuk yang terjangkau membuat tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Provinsi Sumatra Utara.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *