Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pulau Sawu

Sawu merupakan nama suatu pulau yang letaknya ada di sebelah selatan perairan Laut Sawu di sebelah timur Pulau Sumba dan sebelah barat Pulau Rote. Dan secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Sabu Raijua, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Sawu memiliki luas sebesar 414 km. Dan nama lain dari Pulau Sawu adalah Pulau Sabu, tetapi penduduk setempat menyebut pulau ini dengan Rai Hwu ( Pulau Hawu ).

Wilayah Utama Sawu

Pulau Sawu ( Sabu ) di bagi atas 5 kecamatan, antara lain :

  • Kecamatan Hawu Mehara
  • Kecamatan Sabu Liae
  • Kecamatan Sabu Timur
  • Kecamatan Sabu Barat
  • Kecamatan Sabu Tengah
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pulau Sawu @adhytcross
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pulau Sawu @adhytcross

Cara Pergi ke Sawu

Ada beberapa cara untuk pergi ke Sawu. Cara termudah pergi ke Sawu adalah dengan naik pesawat udara. Selain itu bisa juga pergi ke Sawu dengan kapal laut.

Pergi ke Sawu Melalui Udara

Pesawat Terbang, untuk menuju ke Pulau Sawu atau Sabu menggunakan pesawat terbang harus terbang dulu ke kota Kupang di Nusa Tenggara Timur. Dan sampai di Bandara El Tari Kupang, langsung ganti pesawat untuk menuju pulau Sabu dan akan mendarat di Bandar Udara Tardamu. Maskapai yang melayani penerbangan ke Kupang yaitu, Susi Air ( Bandara El – Tari ) – Sabu ( Bandar Udara Tardamu ) dengan jadwal penerbangan 1 – 3 kali penerbangan dalam sehari.

 

Pergi ke Sawu Melalui Laut

Kapal laut, alternatif transportasi yang bisa digunakan untuk menuju Pulau Sawu bisa menggunakan kapal fery. Perjalanan dengan kapal fery dari dermaga Bolog Kupang akan menempuh perjalanan kurang lebih 13 jam. Tapi jika ditempuh dari kota Waingapu ( Kabupaten Sumba Barat ) menghabiskan waktu sekitar 12 jam dan jika ditempuh dari Kota Ende menghabiskan waktu sekitar 13 jam perjalanan.

Transportasi Umum Di Sawu

Ojek Sepeda Motor, jika Anda memilih ojek sepeda motor sebagai transportasi maka Anda harus berjalan keluar area bandara terlebih dahulu.

Angkutan Kota atau Bemo, jenis angkutan kota di wilayah Nusa Tenggara Timur sedikit unik dengan angkutan kota di kota besar. Karena selama perjalanan Anda akan disuguhi musik ( biasanya house music ) dengan volume yang besar.

  • Tarif bemo : Rp. 3.000 – Rp. 6.000 per orang sekali jalan.
  • Tarif ojek sepeda motor : mulai dari Rp. 15.000 sekali jalan

Hotel di Sawu

  • Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.
  • Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3.
  • Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

Iklim di Sawu

Iklim di Sawu adalah iklim tropika. Dan musim panas di sini mengalami lebih banyak hujan, di saat musim hujan hanya akan mengalami sedikit hujan.

Bahasa Daerah di Sawu

Bahasa daerah yang digunakan di Sawu adalah bahasa Sabu atau bahasa Hawu dan bahasa ini termasuk dalam rumpun bahasa Austronesia.

Tempat Wisata di Sawu

Ada beberapa tempat wisata di Sawu yang bisa anda kunjungi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gua Liemadira, adalah objek wisata yang sangat menarik untuk pecinta petualang, karena objek tersebut berada di Kecamatan Hawu Mehara, sekitar 10 km dari Kota Seba. Lie Madira adalah gua alam di dalam gua tersebut terdapat kolam air. Bangunan gua berbentuk lekak kekuk dan air yang jernih menjadikan tempat pemandian yang menyenangkan.
  • BentengEge dan Batu Gong, merupakan tujuan wisata yang letaknya di Kecamatan Liae. Dan lokasi kedua objek wisata tersebut berdekatan, sehingga pada saat wisatawan mengunjungi Benteng Ege bisa juga melihat Batu Gong. Benteng Ege ialah merupakan pertahanan dari susunan batu karang berlapis – lapis didirikan untuk menahan serangan musuh, sedangkan Batu Gong merupakan batu karang yang ada di daerah pesisir yang bisa mengeluarkan suara gong pada saat di pukul.
  • Pantai Napae, letaknya ada di Kecamatan Sabu Barat tidak jauh dari pelabuhan laut Seba dan Bandara Udara Tardamu. Dan pasir putih sepanjang bibir pantai menjadi daya tarik untuk wisatawan. Pantai ini dilengkapi fasilitas seperti Lopo atau Gazebo yang dibangun khas Sabu dengan atap dari daun lontar dan alang – alang.

Makanan khas Sawu

Gula Sabu adalah makanan khas yang digemari dan terkenal oleh orang diluar daerah tersebut. Bentuk dari gula Sabu berupa cairan yang sangat kental dan lengket berwarna kehitaman dan dicampur dari pohon lontar. Dan gula Sabu ini adalah hasil olahan pertanian mayoritas penduduk pulau Sabu dan Raijua.

Tips Wisata di Sawu

  • Gunakan selalu krim pelindung matahari atau sunblock
  • Jangan lupa selalu membawa air mineral saat bepergian keliling Sawu, karena teriknya matahari.
  • Siapkan uang tunai dalam jumlah banyak karena ATM jarang ditemukan di Sawu.

Perlu Kamu Tahu di Sawu

  • Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Jalan Frans Seda No 72 Kupang, Telp : 0380 – 826384
  • Polda Nusa Tenggara Timur, Jalan Soeharto No 3 Kupang, Telp : 0380 – 833132
  • RSUD Sabu Raijua, Jalan Trans Seba Bollou km 7, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur

Leave a Reply