PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

10 Gambar Pulau Barrang Lompo Makassar, Lokasi Alamat, Keindahan Wisata, Luar Area + Akses Jalan Menuju ke Sana

Blog

Lokasi Pulau Barrang Lompo

Pulau Barrang Lompo terletak di sisi barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jarak yang ditempuh untuk sampai ke pulau ini adalah 13 kilometer. Pulau Barrang Lompo merupakan sebuah kelurahan di Kecamatan Ujung Tanah. Pulau ini berada di sebelah utara Pulau Barrang Caddi dengan jarak tempuh kurang lebih 11 kilometer dari Makassar.

Secara geografis, posisi Pulau Barrang Lompo terletak di 119˚19˚48” Bujur Timur dan 05˚02˚48” Lintang Selatan. Pulau ini memiliki luas wilayah yang mencapai 20,38 hektar yang terbagi menjadi 4 RW secara administratif. Setiap RW memiliki luas wilayah yang berbeda, yaitu 3,73 hektar untuk RW I, 5,33 hektar untuk RW II, 6,5 hektar untuk RW III, dan 20,38 hektar untuk RW IV.

Pada tahun 2010, jumlah penduduk di Pulau Barrang Lompo mencapai 4.209 jiwa menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS). Pulau ini termasuk dalam kepulauan Spermonde yang terkenal dengan terumbu karangnya yang terhampar luas. Terumbu karang di pulau ini mencapai kurang lebih 71.72 hektar dan jenis terumbu karang yang ada di sini adalah terumbu karang tepi (fringing reef).

Potensi Wisata di Pulau Barrang Lompo

Pulau Barrang Lompo menawarkan potensi wisata bahari yang luar biasa. Pulau ini memiliki panorama yang indah dan banyak menawarkan kegiatan yang menarik bagi para wisatawan. Saat Anda sampai di pulau ini, Anda akan disambut dengan pemandangan aktivitas warga setempat yang menjadikan pulau ini cukup padat penduduk.

BACA JUGA :  10 Toko Elektronik di Depok Yang Bisa Jadi Pilihan Bagus Untuk Belanja

Meskipun padat penduduk, masyarakat yang mendiami pulau ini memiliki kehidupan yang layak bahkan sebagian rumah nampak cukup mewah. Pulau ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum seperti sekolah dasar, taman kanak-kanak, puskesmas, dan puskesmas pembantu yang dilengkapi dengan beberapa tenaga medis.

Transportasi menuju pulau ini juga sangat mudah. Anda dapat menggunakan kapal dengan biaya sekitar 10 ribu rupiah per orang per jalan. Transportasi ini merupakan transportasi reguler Makassar yang mengantar Anda baik dari maupun ke Makassar. Pulau Barrang Lompo memiliki dua dermaga, yaitu dermaga tradisional dan dermaga semi permanen.

Keindahan Terumbu Karang dan Pantai Pulau Barrang Lompo

Salah satu daya tarik utama Pulau Barrang Lompo adalah keindahan terumbu karangnya. Anda dapat menikmati keindahan terumbu karang di beberapa titik lokasi di pulau ini. Terumbu karang di sini memiliki berbagai macam spesies ikan warna-warni yang menambah keindahan bawah laut.

Anda juga dapat bersantai di pantai pulau ini. Menikmati semilir angin dan udara pantai serta melepas penat dari rutinitas harian. Di sini, Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan seperti bersefi ria, mengambil gambar dan foto dengan latar belakang pemandangan yang indah.

Kegiatan Diving di Pulau Barrang Lompo

Bagi Anda yang menyukai kegiatan diving, Pulau Barrang Lompo juga menawarkan spot diving yang menarik. Ada beberapa spot diving yang telah disediakan seperti Spot Karang Tepi yang berlokasi di bagian timur pulau. Spot ini memiliki hamparan terumbu karang yang indah dengan kedalaman antara 3 hingga 6 meter.

Spot diving selanjutnya adalah Spot Karang Tengah yang memiliki kedalaman mencapai 10 meter. Anda dapat mengeksplorasi keindahan bawah laut di kedua spot diving tersebut dan menikmati pengalaman diving yang tak terlupakan.

Kerajinan Perak dan Souvenir di Pulau Barrang Lompo

Tidak hanya sebagai destinasi wisata, Pulau Barrang Lompo juga terkenal dengan kerajinan peraknya. Anda dapat berbelanja berbagai macam souvenir sebagai oleh-oleh. Terdapat kerajinan miniatur kuda, kapal pinisi, mobil, gantungan kunci, dan kaligrafi berbahan kulit kerang.

Souvenir-souvenir ini memiliki harga yang bervariasi mulai dari 10 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah. Dengan membeli souvenir ini, Anda dapat membawa sedikit bagian dari keindahan dan keunikan Pulau Barrang Lompo pulang sebagai kenang-kenangan.

Dengan segala potensi wisata yang dimiliki, Pulau Barrang Lompo merupakan destinasi wisata yang menarik di Kota Makassar. Anda dapat menikmati keindahan terumbu karang, bersantai di pantai, melakukan diving, dan berinteraksi dengan masyarakat setempat. Pulau ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, membuat kunjungan Anda semakin nyaman.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *