Panduan Tips Pergi Liburan Ke Bekasi

Bekasi merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jawa Barat. Kota ini juga berada dalam kawasan metropolitan Jabodetabek dan berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban, sentra industri dan perdagangan jasa. Pemerintah setempat terus mengembangkan fasilitas-fasilitas pendukung masyarakat, misalnya pasar tradisional dan modern, perumahan, tempat ibadah, sarana pendidikan dan kesehatan.

Kota yang dijuluki sebagai Kota Patriot dan Kota Pejuang tersebut dapat diakses dari berbagai penjuru melalui jalur bebas hambatan pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur melintasi Jakarta dan sebaliknya, serta ketersediaan jalur kereta api. Posisinya juga semakin penting berada di jalur tol Jakarta Cikampek setelah dibangunnya jalan tol Cipularang yang menghubungkan Bandung dengan Jakarta secara cepat.

Sektor industri dan perdagangan menjadi sektor yang diunggulkan dan berkembang sangat pesat. Tak hanya industri besar yang memberikan keuntungan bagi pengusaha lokal maupun internasional dan menjadikan Bekasi sebagai kawasan industri, tetapi juga industri kecil yang berkembang dan telah membuka pasar internasional.bahkan, perdagangan ikan hias di Bekasi merupakan komoditi terbesar di Asia Tenggara dan diekspor ke berbagai negara seperti Australia,Belanda dan Selandia Baru.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan olahraga, Pemerintah Kota Bekasi membangun stadion baru bertaraf internasional berkapasitas sekitar 30.000 tempat duduk. Stadion ini menjadi kandang klub sepak bola Persipasi. Lalu, lapangan olahraga di GOR Bekasi juga ditata kembali dan mempercantik taman kota.

Senja di Danau Cibereum Bekasi! via @infotambun
Senja di Danau Cibereum Bekasi! via @infotambun

Perkembangan yang terjadi di Bekasi tidak terlepas dari fasilitas akomodasi, seperti perhotelan. Dinas Perindustrian dan Perdagangan selalu menyiapkan fasilitas jika investor akan masuk ke Bekasi, termasuk di dalamnya fasilitas perbankan dan perumahan.

Wilayah Utama Bekasi

Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 210,49 km2 yang terdiri dari beberapa wilayah, diantaranya :

  • Bantar Gebang, sebagai kawasan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang yang sampahnya dimanfaatkan untuk pembangkit listrik dan kompos.
  • Bekasi Barat, terdapat berbagai perumahan seperti Perumahan Harapan Baru, Perumahan Mas Naga, Pondok Cipta, serta perumahan besar Kota Harapan Indah. Adapula Stasiun Kranji dan beberapa pasar seperti Pasar Sumber Arta di Bintara Jaya dan Pasar Modern di Perumahan Kota Harapan Indah.
  • Bekasi Selatan
  • Bekasi Timur, terbentang mulai Pintu Gerbang Tol Timur sampai dengan Kantor Kecamatan Bekasi Timur yang berdekatan dengan Rumah Sakit Umum Mekar Sari. Ada juga terminal bus antarkota.
  • Bekasi Utara, terdapat proyek pembangunan Kota Summarecon Bekasi, beberapa pasar dan rumah sakit.
  • Jatiasih
  • Jatisampurna
  • Medan Satria, terdapat Perumahan Kota Harapan Indah yang dikenal elit. Letaknya dekat dengan JORR, sehingga memudahkan akses ke Jakarta Timur, Jagorawi, Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta Selatan. Anda dapat menggunakan pintu entrance dan exit tol Cakung Selatan sebagai jalan masuk dan keluar JORR yang terdekat dari Harapan Indah.
  • Mustika Jaya, termasuk kawasan pemukiman dengan berbagai perumahan, misalnya Graha Harapan, Bumiyagara dan Mutiara Gading Timur. Bahkan, Mutiara Gading Timur adalah Perumahan terluas dan terbaru di wilayah ini, mulai dibangun tahun 2003, dengan dibangunnya perumahan ini membuka akses jalan baru yang dapat mengakses dari dukuh Zamrud sampai ke Jati Mulya dan menembus ke Pintu Gerbang Tol Timur Bekasi.
  • Pondok Melati, terdapat daerah kampung sawah yang cukup dikenal dengan kerukunan umat beragamanya. Adanya gereja katolik, gereja kristen pasundan, dan masjid yang letaknya saling berdekatan, serta didukung dengan warga yang mampu menjaga toleransi. Akses menuju wilayah ini melalui tol lingkar luar jakarta, yakni gerbang tol Jatiwarna.
  • Rawalumbu

Sejarah Bekasi

Nama “Bekasi” berasal dari kata “bagasasi” yang artinya sama dengan candrabaga dalam Prasasti Tugu pada masa Kerajaan Tarumanegara, yakni nama sungai yang melewati kota ini. Dulunya kota ini bernama Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri sebagai ibukota Kerajaan Tarumanegara yang mencakup wilayah Bekasi, Sunda Kelapa, Depok, Cibinong, Bogor hingga Sungai Cimanuk di Indramayu. Wilayah Bekasi tercatat sebagai daerah yang banyak memberikan informasi tentang Tatar Sunda pada masa lampau. Faktanya dengan ditemukannya empat prasasti dikenal dengan nama Prasasti Kebantenan dan tertulis dalam lima lembar lempeng tembaga.

Sejarah panjang dan dinamik dimiliki Bekasi yang dibuktikan dari zaman ke zaman sejak Pemerintahan HIndia Belanda, pendudukan militer Jepang, perang kemerdekaan dan setelah merdeka menjadi Republik Indonesia. Kini, kehidupan masyarakat dikuasai oleh tuan tanah keturunan Cina, hingga akhirnya menjadi Kota Administrasi Bekasi meliputi empat kecamatan, yaitu Bekasi Timur, Bekasi Selatan, Bekasi Barat dan Bekasi Utara. Selanjutnya pertumbuhan penduduk cukup tinggi dan perekonomian semakin gairah, sehingga statusnya berubah menjadi Kotamadya pada tahun 1996.

Cara Pergi ke Bekasi

Letaknya di kawasan ramai pemukiman dan industri, tentu akses menuju Bekasi atau sebaliknya terbilang mudah dan banyak. Beberapa cara tersebut dapat melalui jalur darat, laut dan udara.

Pesawat

Memang Bekasi tidak memiliki bandara di wilayahnya, tetapi lokasinya mudah dijangkau dari Jakarta melalui Bandara Soekarno Hatta atau Halim Perdana Kusuma. Dari bandara tersebut, terdapat bus DAMRI jurusan Bekasi, taksi dan rental mobil yang siap mengantarkan Anda ke tempat tujuan.

Kapal

Pelabuhan juga berada di Jakarta Utara, yakni Pelabuhan Tanjung Priok. Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab ada banyak bus antarkota yang melayani tujuan Bekasi yang melalui jalan tol. Ongkosnya juga relatif terjangkau.

Kereta Commuter

Kereta Commuter Kereta Rel Listrik (KRL) termasuk transportasi favorit masyarakat urban di Jabodetabek. Pasalnya, rute yang dilaluinya terkoneksi ke berbagai wilayah, termasuk Bekasi. Jika Anda menggunakan rute Jakarta Kota-Bekasi, tentu akan lebih mudah sampai ke Bekasi. Namun, untuk rute lainnya dapat melakukan transit atau pindah kereta di Stasiun Manggarai lalu mengambil kereta jalur Bekasi. Saat ini tarifnya ditentukan oleh jarak stasiun yang Anda tempuh.

Bus Antarkota dan Bus Pengumpan Transjakarta

Untuk melayani warga Bekasi, tersedia bus antarkota dari kota-kota di sekitarnya atau juga di luar Jabodetabek dan bus dalam kota yang juga dapat mengangkut penumpang ke berbagai jurusan. Sementara itu, tersedia pula bus pengumpan Transjakarta dari Jakarta menuju Kemang Pratama, Galaxi City dan Harapan Indah. Pemerintah juga merencanakan pembangunan monorel yang menghubungkan Bekasi Timur dengan Cawang dan Kuningan, sehingga nantinya mempermudah akses warga ke Bekasi.

Kota satelit ini dilintasi oleh jalan tol Jakarta-Cikampek dengan empat gerbang tol akses, yakni Pondok Gede Barat, Pondok Gede Timur, Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Selain itu, didukung juga jalan tol Lingkar Luar Jakarta dengan empat gerbang tol akses, seperti Jati Warna, Jati Asih, Kalimalang dan Bintara. Sementara itu, untuk mengatasi kemacetan lalu lintas antara Pusat Kota dengan Bekasi Utara, pemerintah setempat bersama pengembang Summarecon Agung akan membangun jalan layang Bulak Kapal di Jalan Joyomartono, Bekasi Timur.

Transportasi Umum di Bekasi

Untuk cakupan dalam kota, banyak angkutan kota (angkot) berupa minibus berpenumpang maksimal 12 orang yang disebut KOASI (Koperasi Angkutan Bekasi). Angkot ini melayani rute Terminal Bekasi ke berbagai perumahan di wilayah Bekasi. Tarif angkot masih tergolong terjangkau untuk pelajar Rp2.500 per orang dan untuk umum dan mahasiswa Rp3.000 per orang.

Transportasi lain yang dapat digunakan adalah becak, khususnya sarana angkutan dalam perumahan atau tujuan dengan jarak dua sampai lima kilometer. Jumlah ojek meningkat secara signifikan seiring dengan jumlah kendaraan bermotor roda dua. Selain itu, taksi juga banyak ditemukan di Bekasi dngan tarif buka pintu atau 0 kilometer adalah Rp7.000.

Hotel di Bekasi

  • Red Planet Bekasi, BluPlaza, Jl. Chairil Anwar 27 – 36, Bekasi, Bekasi Timur, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 57139
  • Horison Ultima Bekasi Hotel, Jl. KH. Noer Alie, Po Box 223, Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17148
  • Odua Bekasi, Jalan Pramuka no. 23, Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17141
  • Favehotel Ahmad Yani Bekasi, Jalan Raya Pekayon No. 1 Bekasi Barat, Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17148
  • FASTROOMS BEKASI, Apartement Grand Center Point Tower C Unit CGF 02 Jalan Jend. Ahmad Yani No. 20, Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17144
  • HARRIS Hotel & Conventions Bekasi, Jalan Raya Bulevard Ahmad Yani Blok M, Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17142
  • Primebiz Hotel Cikarang, Jalan Raya Cikarang Cibarusah No.18, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17530
  • Favehotel Jababeka, Kawasan Industri Jababeka 2, Jalan Niaga Raya Lot Cc3B, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17530
  • @HOM Hotel Tambun, Komp. Metland Tambun Jl. Sultan Hasanudin, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17510
  • Amaris Hotel Bekasi Barat, Jalan Ahmad Yani No. 99, Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17141
  • Grand Zuri Hotel Cikarang Jababeka, Jl. Niaga Raya Kav. AA-2, Kawasan Industri Jababeka II Cikarang, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17530
  • Hotel Santika Premiere Harapan Indah Bekasi, Jalan Harapan Indah Bulevar No. 10-12 Medan Satria, Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17131
  • Amaroossa Grande Bekasi, Jl. Jend. Ahmad Yani No. 88, Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17133
  • BATIQA Hotel Jababeka, Jalan Niaga Raya Kawasan Industri Jababeka II ,Blok CC 3 A Cikarang, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17530
  • The Green Hotel Bekasi Barat, Mutiara Bekasi Center (Sentra Niaga Kalimalang) Jl. Jend. A. Yani, Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17141
  • Citismart Hotel Cikarang, Jalan Raya Cikarang cibarusah Ruko CBC Blok D – E5 Cikarang Selatan, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17530
  • Hotel Santika Mega City Bekasi, Mega Bekasi Hypermall – Jalan. Jend Ahmad Yani No.1, Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17144
  • The Celecton Cikarang Jababeka, Jalan Cipto Mangunkusumo Blok A II, Kav. Medical City, Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17530
  • Grand Cikarang Hotel, Jalan Jababeka Raya Cikarang Industrial Estate 1, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17530
  • Aston Imperial Bekasi, Jalan KH. Noer Ali No. 177, Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 17148

Iklim di Bekasi

Bekasi memiliki iklim tropis dengan curah hujan rata-rata 1915 mm dan musim kemarau singkat. Suhu rata-rata 27,1 derajat Celcius.

Bahasa Daerah di Bekasi

Sulit menetapkan bahasa daerah yang digunakan sebab adanya percampuran budaya Sunda dengan Betawi akibat banyaknya pendatang. Jika diperhatikan orang asli atau sudah lama di Bekasi akan berbicara dengan bahasa Sunda. Namun, Bekasi yang notabene adalah kota urban, terimbas budaya Betawi termasuk bahsanya. Sering kali warga Bekasi dikenali dengan logat dan nada Sunda tetapi diksi dan kata-kata yang dipilih lebih mengarah ke bahasa Betawi, sehingga terkesan unik dan menarik.

Tempat Wisata di Bekasi

Siapa sangka kalau Bekasi juga punya pantai. Namanya pantai Muara Beting! via @bekasi.update
Siapa sangka kalau Bekasi juga punya pantai. Namanya pantai Muara Beting! via @bekasi.update
  • Taman Buaya Indonesia Jaya
  • Wisata Rumah Pohon
  • Waterboom Lippo Cikarang
  • Klenteng Hok Lay Kiong
  • Saung Ranggon
  • Danau cibeureum
  • Pantai Muara Beting
  • Hutan Kota
  • Danau Maracas
  • Taman Kemang Pratama
  • Bumi Perkemahan Karang Kitri Bekasi

Mal di Bekasi

  • Mal Metropolitan
  • Summarecon Mal Bekasi
  • Grand Metropolitan Mall
  • Ciputra Mall Cibubur
  • Grand Galaxy Park
  • Blu Plaza
  • Mega Bekasi Hypermal
  • Bekasi Square
  • Bekasi Junction
  • Plaza Pondok Gede
  • Grand Mal Bekasi
  • Bekasi Cyber Park
  • Bekasi Trade Centre
  • Bekasi Town Square

Museum di Bekasi

  • Gedung Juang 45

Rekomendasi Tempat Makan di Bekasi

  • Ayam Lepaas, Bekasi Selatan
  • RM Bang H. Didi, Bekasi Timur
  • Bakmi Kali Malang, Bekasi Barat
  • Restoran Empal Gentong Putra Mang Dharma, Bekasi Timur
  • Bakso Mas Tri, Kalibaru Timur, Bekasi Barat
  • Sentra Wisata Kuliner Ekonomis, Bekasi Barat
  • Happy Pancake’s Pondok Ungu Permai, Bekasi Utara
  • Serabi Hijau, Teluk Buyung

Tips Wisata di Bekasi

  • Perhitungkan Waktu Wisata, Sebaiknya berangkatlah lebih awal khususnya saat akhir pecan sebab kondisi jalan di Bekasi cukup padat. Jangan sampai waktu liburan Anda habis dengan kemacetan. Begitu pula untuk pulangnya, sebaiknya belakangan agar tidak terlalu lama di jalan.
  • Ketahui Informasi Jalan, Informasi jalan raya sangat diperlukan ketika Anda berpergian di Bekasi, misalnya informasi terkait pengalihan jalan, kemacetan atau kecelakaan. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengantisipasi rute perjalanan. Pengecekan dapat dilihat melalui akun Twitter @TMCPoldaMetro, pasangmata.com atau lewatmana.com. Untuk informasi langsung (realtime), dapat mengakses Gmaps atau Waze, sehingga terlihat kondisi jalanan.
  • Persiapkan Air Minum Yang Cukup, Cuaca di Bekasi cenderung panas dan membuat kegerahan. Jadi, sebaiknya siapkan air minum yang cukup untuk mengimbangi udara panas dan tidak dehidrasi.
  • Bawalah Pelindung Matahari, Persiapkan diri dengan membawa pelindung matahari seperti topi dan payung apalagi saat kemarau. Lalu, gunakanlah sunblock sebelum liburan agar kulit tidak terbakar ketika liburan.

Perlu Kamu Tahu di Bekasi

Meski banyak akses yang dapat ditempuh menuju Bekasi, tetapi kota ini termasuk rawan kemacetan, terutama di akhir pekan. Kadangkala kemacetan terjadi bukan hanya banyaknya kendaraan yang masuk dan keluar Bekasi, tetapi juga demo yang dilakukan oleh sekelompok orang yang memblokade jalan raya atau jalan tol. Jadi, Anda perlu memperhatikan waktu tempuh dan rute yang akan dilalui.

Leave a Reply