Panduan Tips Pergi Liburan Ke Dabo

Dabo adalah sebuah kelurahan yang berada di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Propinsi Kepulauan Riau. Dabo yang merupakan kota terbesar di Singkep terletak di kaki bukit yang terjal, dengan suasana alam yang masih asri, dan pantainya yang berpasir putih menyimpan berbagai keunikan tersendiri.

Dabo Singkep merupakan pulau paling selatan di dalam rangkaian Kepulauan Riau. Pulau ini terbagi menjadi dua kecamatan yaitu Kecamatan Singkep dan Kecamatan Singkep Barat. Dabo Singkep juga dikenal sebagai pulau penghasil timah dengan reputasi penambangan selama hampir dua abad (1812-1992), dan merupakan salah satu pulau penghasil timah terbesar di Indonesia.

Lokasi-lokasi objek wisata yang masih berada di Kabupaten Lingga ini berdekatan dengan Batam dan Singapura. Beberapa fasilitas wisata seperti resort di tepi pantai sudah tersedia di sini, dan dikelola secara profesional.

Dabo yang merupakan kota terbesar di Singkep dengan suasana alam yang masih asri, dan pantainya yang berpasir putih! via @exploresingkep
Dabo yang merupakan kota terbesar di Singkep dengan suasana alam yang masih asri, dan pantainya yang berpasir putih! via @exploresingkep

Wilayah Utama Dabo

Batas-batas wilayah Kelurahan Dabo yaitu,

  • Sebelah Utara: Desa Berindat
  • Sebelah Selatan: Kelurahan Dabo Lama
  • Sebelah Barat: Desa Batu Kacang
  • Sebelah Timur: Desa Tanjung Harapan

Sejarah Dabo

Dabo Singkep sebagai Ibukota Kecamatan Singkep pernah dikenal sebagai “kota timah” selain Pangkal Pinang (Bangka) dan Tanjung Pandan (Belitung). Masuknya perusahaan penambang timah pada tahun 1812 hingga tahun 1992, telah mendukung infrastruktur pembangunan fasilitas daerah seperti bandar udara, pelabuhan laut, jalan raya, listrik, air bersih, telekomunikasi, rumah sakit, bank, perkantoran, dan perumahan.

Cara Pergi ke Dabo

Ada beberapa cara untuk pergi ke Dabo Singkep. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut!

Anda bisa pergi ke Dabo Singkep dengan menggunakan kapal laut. via @ardhiblake
Anda bisa pergi ke Dabo Singkep dengan menggunakan kapal laut. via @ardhiblake

Pergi ke Dabo Lewat Udara

Bandar Udara Dabo adalah bandar udara yang terletak di Singkep, Kabupaten Lingga, Propinsi Kepulauan Riau. Jarak dari pusat kota sekitar 3 km. Maskapai Susi Air melayani penerbangan rute Batam, Jambi, Kerinci, Pekanbaru, Tanjungpinang, Pangkal Pinang, Karimun. Penerbangan Batam – Dabo Singkep dan sebaliknya hanya beroperasi pada hari-hari tertentu saja. Pesawat yang diijinkan mendarat di bandara ini adalah tipe Fokker 27.

Pergi ke Dabo Lewat Laut

Pelabuhan Laut yaitu Pelabuhan Jagoh dapat disinggahi oleh kapal-kapal ukuran sedang yang berangkat dari Jakarta, Bangka, menuju Batam, atau Tanjung Pinang.

Dari Batam, Anda bisa naik taksi atau satu-satunya angkot tujuan Pelabuhan Tanjung Punggur, Batam, lalu lanjut naik kapal feri dari Pelabuhan Tanjung Punggur menuju Pelabuhan Jagoh, Dabo, dengan tarif tiket Rp. 200.000 per penumpang. Jika naik kapal feri dari Tanjung Pinang menuju Dabo Singkep, akan memakan waktu sekitar 5 jam.

Transportasi Umum di Dabo

Anda bisa menggunakan mobil sewa atau motor sewa, karena tidak banyak tersedia angkutan umum. Ada angkutan kapal Feri, perahu Boat, dan perahu Koro yang melayani transportasi antar pulau.

Hotel di Dabo

Di Dabo terdapat beberapa hotel dan penginapan yang cukup nyaman. Lokasi wisata di tempat ini setidaknya dilengkapi AC dan fasilitas yang cukup baik. Harga kamar rata-rata Rp. 250.000 per malam, sudah mendapat minuman, snack, dan buah. Selain itu, tersedia juga penginapan hotel dan wisma yang memasang tarif mulai sekitar Rp. 80.000 – Rp. 300.000 per malam.

Beberapa hotel di Dabo Singkep tersebut adalah sebagai berikut:

  • Hotel Sri Indah, Alamat Jalan Perusahaan Marok Kecil No. 10, Dabo Pulau Singkep. Telepon: +62-776-21099
  • Hotel Timah Wisma Alamat, Jalan Pemuda No. 32, Dabo Pulau Singkep. Telepon: +62-776-21854
  • One Hotel, Alamat : Dabo Pulau Singkep Indonesia. Telepon: +62 821-7317-2362
  • Hotel Sampurna Jaya, Alamat Jalan Pelabuhan No. 168, Dabo Pulau Singkep. Telepon: +62-776-322158
  • Hotel Prima, Inn Alamat Jalan Merdeka, Dabo Pulau Singkep. Telepon: +62-776-322543
  • Hotel Endi Alamat, Jalan Bukit Abun RT 002 RW 05 Kel. Dabo Lama Pulau Singkep. Telepon: +62-85278993590
  • Hotel Armanda, Alamat Jalan Pelabuhan, Dabo Pulau Singkep. Telepon: +62-776-322608 ext. 322531
  • Hotel Gapura, Alamat Jalan Perusahaan No. 14, Dabo Pulau Singkep. Telepon: +62-776-21136

Iklim di Dabo

Kota Dabo memiliki iklim tropis, sebagaimana tempat-tempat lainnya di Kepulauan Riau. Curah hujan di sini tidak terlalu banyak. Suhu rata-rata di Dabo tercatat 24.8 derajat Celsius.

Bahasa Daerah di Dabo

Umumnya Bahasa yang digunakan masyarakat Dabo Singkep adalah Bahasa Melayu, sebab mayoritas penduduk adalah Suku Melayu. Para pendatang yang berasal dari berbagai suku dan bangsa pun turut menggunakan Bahasa Melayu saat mendiami wilayah ini. Namun, Bahasa Indonesia juga dapat dijumpai dalam pemakaian bahasa resmi.

Tempat Wisata di Dabo

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Dabo yang bisa anda kunjungi:

Suasana senja yang menawan di Dabo Singkep! via @this_is_raja
Suasana senja yang menawan di Dabo Singkep! via @this_is_raja
  • Batu Ampar. Objek wisata air terjun yang cukup digemari masyarakat Dabo dan sekitarnya.
  • Batu Berdaun. Objek wisata pantai berpasir putih dengan keunikan sebuah batu yang ditumbuhi pohon.
  • Pemandian Air Panas. Terdapat 3 buah kolam air panas dengan suhu yang berbeda-beda. Suasana di tempat ini sangat tenang karena jauh dari keramaian.
  • Pulau Serak. Sebuah pulau kecil di Desa Marok Tua, Singkep Barat, yang dihiasi bebatuan besar di sudut-sudut bibir pantai, pepohonan kelapa, air laut jernih dan terumbu karang yang mempesona. Pulau ini masih sangat alami dan hanya masyarakat Pulau Serak saja yang mengetahuinya. Pulau ini cocok untuk wisata memancing dan surfing di kala gelombang tinggi. Untuk mencapainya dibutuhkan waktu satu jam perjalanan mobil atau sepeda motor ke Desa Marok Tua, lalu menyambung Speedboat atau kapal angkut Pompong selama satu setengah jam untuk mencapai pulau tersebut.
  • Pantai Nusantara. Pantai ini terletak kurang lebih 2 kilometer dari pusat kota Dabo Singkep. Pantai Nusantara selalu tampak bersih oleh hamparan pasir putih. Ada tiga buah unit vila dan pondok yang disediakan untuk beristirahat. Anda bisa bersantai menikmati berbagai makanan dan minuman yang disediakan pengelola pantai.
  • Pagoda Dabo Singkep. Pagoda yang merupakan cagar budaya ini adalah sebuah peninggalan sejarah atas kehadiran perusahaan penambangan timah sejak tahun 1812-1992 lalu, ketika menggali timah di Pulau Dabo. Pagoda ini adalah warisan PT. Timah Singkep yang dibangun pada sekitar Tahun 1970.

Tempat Belanja di Dabo

  • Pasar Baru Dabo, Kecamatan Singkep
  • Toko Lucky Star, Jl. Kartini, Dabo Singkep
  • Toko Victory, Jl. Gergas No. 251, Dabo Singkep

Museum di Dabo

Museum Mini Linggam Cahaya di Lingga didirikan pada Bulan Agustus 2002 dan selesai dibangun pada Tanggal 7 Mei 2003. Koleksinya berupa benda-benda peninggalan budaya dari kuningan, senjata berburu, alat kesenian tradisional, koleksi uang logam dan kertas, corak ragi tenun Melayu, alat kerja, tempayan, foto-foto tempo dulu, dan lainnya. Museum ini menggambarkan kejayaan Kerajaan Melayu di masa lalu.

Rekomendasi Tempat Makan Di Dabo

Makanan khas daerah Dabo Singkep antara lain Dodol, Nasi Lemak, Laksa/Lakse, dan Kepurun. Beberapa tempat yang dapat Anda coba yaitu,

  • Kedai Kopi Inal-Dabo Singkep
  • Piss Burger & Coffee Kedai Kopi
  • Kedai Kopi Atoi, Coffee Shop, Jalan Pasar Lama, Dabo Singkep, Kepulauan Riau

Tips Wisata di Dabo

Pulau Resang, salah satu pulau di Dabo yang belum dijamah orang banyak! via @exploresingkep
Pulau Resang, salah satu pulau di Dabo yang belum dijamah orang banyak! via @exploresingkep

Sebaiknya Anda segera menyewa kendaraan pribadi baik mobil atau motor setibanya di Dabo, karena tidak banyak angkutan umum yang tersedia di tempat ini. Dengan sewa mobil atau motor, Anda akan lebih mudah menjangkau tempat-tempat tujuan wisata di wilayah Dabo dan sekitarnya.

Perlu Kamu Tahu di Dabo

RSUD Dabo, Jalan Kesehatan No. 1, Dabo, Singkep, Lingga, Kepulauan Riau, Telepon 0776 322605


Leave a Reply