Panduan Tips Pergi Liburan Ke Jambi

Jambi merupakan sebuah propinsi Indonesia yang letaknya di pesisir timur bagian tengah Pulau Sumatera. Jambi termasuk salah satu dari tiga propinsi di Indonesia yang namanya sama dengan ibu kotanya, dan berdiri pada tanggal 25 Juni 1958.
Jambi juga merupakan tempat berasalnya Bangsa Melayu yaitu dari Kerajaan Melayu di Batang Hari Jambi. Dan jumlah penduduknya lebih dari 3 juta jiwa, yang masyarakatnya berasal dari suku bangsa yang beragam, suku Melayu sebagai mayoritas.
Agama yang ada di kota Jambi beragam, ada Islam, Kristen, Buddha sampai Hindu. Dan jumlah masyarakat muslimnya mencapai 96,5%. Untuk tempat wisata, Jambi lebih banyak berkaitan dengan alam, tapi ada juga yang berhubungan dengan sejarah,seni dan budaya.
Wilayah Utama Jambi
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Jambi
Kerinci adalah wilayah yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan domestik dan internasional, dikarenakan Kerinci terkenal dengan danau terbesar kedua setelah Danau Toba yaitu Danau Kerinci.
Sarolangun, pertumbuhan perekonomian yang ada di kawasan ini banyak yang tumbuh di bidang pertanian dan sumber daya alam, yaitu minyak bumi, batu bara dan emas. Dan dikarenakan letak lokasinya di Jalan Lintas Sumatera menjadikannya strategis untuk membuka usaha.
Batanghari,  merupakan salah satu kabupaten di bagian timur Propinsi Jambi. Daerah ini menyimpan beberapa sejarah yang sangat penting untuk perkembangan Jambi, yaitu sejarah Kerajaan Melayu.

Sejarah Jambi          

Jambi merupakan daerah pemukiman atau pemusatan penduduk dan sebagai pusat kedudukan pemerintahan telah berjalan dari masa ke masa. Pada saat zaman penjajahan, Sultan Thaha Syaifuddin adalah tokoh terkuat di Jambi. Dan pada saat ia meninggal di tanggal 27 April 1904, pemerintah Belanda menguasai seluruh wilayahnya dan masuk ke dalam daftar wilayah Nederlandsch Indie.
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Jambi
Belanda menguasai wilayah – wilayah Jambi sekitar 36 tahun dan akhirnya jatuh ke tangan Jepang pada tanggal 9 Maret 1942. Dan Indonesia berhasil menguasai sepenuhnya pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada akhirnya wilayah – wilayah Jambi menjadi satu bagian di Propinsi Sumatera, setelah Indonesia Merdeka.
Komite Nasional Indonesia fokus pada Propinsi Sumatera melakukan sidang di Bukit Tinggi pada tanggal 18 April 1948. Tujuan sidang ini diadakan untuk menentukan tiga sub propinsi di Sumatera, yaitu Sumatera Utara, Tengah dan Selatan. Dan untuk Jambi masuk dalam sub Propinsi Sumatera Tengah.

Cara Pergi ke Jambi

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Jambi

Pergi ke Jambi Naik Pesawat

Pesawat terbang, semua penerbangan yang menuju Jambi akan mendarat di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (DJB) dan nama bandara tersebut berasal dari nama Pahlawan Nasional Indonesia asal Jambi. Perjalanan Jakarta ke Jambi sekitar 1 jam 15 menit. Maskapai yang beroperasi dari Jakarta ke Jambi, antara lain : Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air dan Citilink.
Passenger Service Charge ( PSC ) atau airport tax : Penerbangan domestik : Rp. 25.000

Transportasi dari dan ke bandara,

Bandara Sultan Thaha Syaifuddin ke Kota Jambi berjarak membutuhkan jarak sekitar 7 km atau dengan waktu 15-20 menit dengan kendaraan mobil.
Angkutan Kota ( Angkot ), untuk angkot biasanya ada di kawasan pinggir jalan raya luar area bandara, sekitar 10-15 menit dengan jalan kaki. Dan untuk tarif angkotnya sekitar Rp. 2.500 – Rp. 3.000
Taksi, jenis transportasi ini mudah untuk ditemukan di dalam kawasan bandara. Tarif taksi Bandara ke kota Jambi sekitar Rp. 60.000 – Rp. 80,000.

Pergi ke Jambi Melalui darat

Bus, ke Jambi bisa di tempuh dengan menggunakan bus antar kota antar propinsi ( AKAP ). Tarif bus AKAP Jakarta – Jambi sekitar antara Rp. 270.000- Rp. 300.000 dan untuk perjalanannya menghabiskan waktu sekitar 24 jam.

Pergi ke Jambi Melalui Laut

Kapal Laut, perjalanan Jakarta ke Jambi, berangkat dari Pelabuhan Merak, Banten dan akan berhenti di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Dan dari Lampung, bisa menggunakan kereta api menuju kereta api menuju Palembang dan disambung dengan bus AKAP menuju kota Jambi atau langsung naik bus AKAP dari Lampung menuju kota Jambi.
Berikut untuk tarif :
     Pelabuhan Merak – Pelabuhan Bakauheni sekitar Rp. 13.000 – Rp. 17.000
     Kereta api Lampung – Palembang mulai dari Rp. 110.000 – Rp. 130.000
     Bus AKAP Lampung – Jambi Rp. 225.000
     Tarif bus AKAP Palembang – Jambi Rp. 110.000

Transportasi Umum  di Jambi

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Jambi

Angkutan Kota ( Angkot )

Di Jambi sangat mudah untuk menemukan transportasi berjenis angkutan kota dan tarifnya mulai dari Rp. 2.000 per orang.
Ini untuk daftar jenis angkot di kota Jambi :
  • Angkutan Kota 1A – Jurusan Mayang
  • Angkutan Kota 1B – Jurusan Simpang Ribo
  • Angkutan Kota 2A – Jurusan Kasang
  • Angkutan Kota 2B – Jurusan Tanjung Pinang
  • Angkutan Kota 3A – Jurusan Sipin – Telanaipura
  • Angkutan Kota 3B – Jurusan Broni – Telanaipura
  • Angkutan Kota 3C – Jurusan Broni – Telanaipura – Seberang
  • Angkutan Kota 4A – Jurusan Jelutung – Kenali Asam
  • Angkutan Kota 4B – Jurusan Jelutung – Kebun Handil
  • Angkutan Kota 4C – Jurusan Jelutung – Perumnas
  • Angkutan Kota 5A – Jurusan Talang Banjar – Silincah
  • Angkutan Kota 5B – Jurusan Telehok – Beringin
  • Angkutan Kota 5C – Jurusan Talang Banjar – Talang Bakung
  • Angkutan Kota 5D – Jurusan Thehok – Lrg Chandra – Silincah

Taksi Di Jambi

Di Jambi terdapat beberapa jenis taksi, diantaranya :
  •  Koperasi Taxi Jambi ST, Jalan Gg. Diamon, Telp : 0741-65904
  • Promosi Taxi, Jalan Lawet Raya 53, Telp : 0741-42988
  • Ceria Taxi, Jalan Husni Thamrin Komp. Ceria Hotel RT 03 Kel. Payo Lebar Beringin
  • Trio Utama Pariaman, Jalan Prof M Yamin SH RT. 54 Kel Payo Lebar Jelutung
  • PT Aroma Cempaka, Jalan Jend. Basuki Rahmat No 68 Kota Baru Jambi

Sepeda Motor Ojek Di Jambi

Ojek di kota Jambi tergolong banyak dan mudah untuk menemukannya, tarifnya tergantung tujuan dan kesepakatan antara tukang ojek dan penumpang. Dan tarif 1 km biasanya dikenakan antara Rp. 10.000 – Rp. 15.000 per penumpang

Sewa Mobil

Di kota Jambi juga terdapat sewa mobil yang bisa Anda pilih disaat berlibur dengan keluarga. Dan biasanya tarif sewanya sekitar Rp. 500.000 per hari ( sudah termasuk dengan BBM, sopir, biaya tol dan parkir )
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Jambi

Hotel di Jambi

Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas da pelayanan yang memuaskan. Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3. Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

  • Odua Weston Jambi, Jalan Gatot Subroto RT 17 , Pasar Jambi, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • Infinity Hotel Jambi By Tritama Hospitality, Jalan Sultan Thaha No. 60, Pasar Jambi, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • Wiltop Hotel, JL. Sultan Thaha No. 17, Pasar Jambi, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • Aston Jambi Hotel & Conference Center, Jalan Sultan Agung No. 99 Kel. Murni Telanai Pura, Telanaipura, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • Raja Residence Jambi, Jalan Sentot Ali Basa No.96, Selincah, Jambi Timur, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • Luminor Hotel Jambi Kebun Jeruk, Jl. Mpu Gandring No.72, Kebun Jeruk, Telanaipura, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • Abadi Suite Tower Jambi By Tritama Hospitality, Jln. HMO Bafadhal No 111, Pasar Jambi, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • Grand Hotel Jambi, Jalan Patimura No. 28 Kel. Simpang IV Sipin Kec. Telanaipura, Kota Baru, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • BW Luxury Hotel Jambi, Jalan Soekarno Hatta No. 40 , Jambi Selatan, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • Rumah Kito Resort Hotel Jambi, Komplek Perumahan Puri Mayang RT. 26, Mayang Mangurai – Kota Baru, JAMBI, Kota Baru, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • Grand Malioboro Hotel, Jl. Iskandar Muda No. 168 Pasar – Jambi, Pasar Jambi, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • T-One Hotel, Jalan Sultan Thaha No 194, Pasar Jambi, Telanaipura, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • Hotel Ratu Residence, Jalan Soekarno Hatta No. 3 , Jambi Selatan, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • Abadi Hotel Convention Center Jambi, Jl. Jend.Gatot Subroto No.92-98, Pasar Jambi, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • Shang Ratu Hotel, Jl. Slamet Riyadi No.24 Sungai Puteri, Broni, Jambi, Telanaipura, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • Evan Hotel, Jalan Orang Kayo Hitam No. 07, Jambi Timur, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • Swiss-Belhotel Jambi, Jalan Soemantri Brojonegoro No. 1, Telanaipura, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • Hotel Yuli, Jalan Pangeran Diponegoro No. 67 Jambi, Jelutung, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • Ratu Hotel & Resort, Jalan Slamet Riyadi No.24, Telanaipura, Jambi, Jambi Province, Indonesia.
  • Graha Syariah Samudra, Jalan Sunan Gunung Jati No. 14 B, Kota Baru, Jambi, Jambi Province, Indonesia.

Iklim di Jambi

Iklim Jambi diklasifikasikan sebagai iklim tropis. Jambi merupakan kota dengan curah hujan yang signifikan, bahkan pada bulan kering terdapat banyak hujan.

Bahasa Daerah di Jambi

Jambi adalah tempat berasalnya bangsa Melayu yaitu dari Kerajaan Melayu di Batang Hari Jambi. Bahasa Melayu Jambi sama seperti Melayu Palembang dan Melayu Bengkulu, yaitu berdialek “ o “ .

Tempat Wisata di Jambi

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Jambi

  • Candi Muaro Jambi, tempat wisata di Jambi ini disebut juga sebagai kompleks candi terluas di Indonesia. Di tahun 2009, UNESCO menetapkan candi yang berupa susunan batu bata merah ini sebagai salah satu situs warisan dunia yang wajib dilindungi. Hingga sekarang, terhitung ada 61 buah candi yang sebagian besar masih tertutup tanah. Letak taman wisata ini berada di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, atau sekitar 26 km dari pusat kota Jambi.
  • Tanggo Rajo, tempat wisata ini tak beda jauh dengan Taman Alun – Alun Kapuas atau Pantai Losari yang menawarkan wisata kuliner di tepi perairan. Biasanya tempat wisata ini dikunjungi pada sore dan malam hari, karena tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan Sungai Batanghari yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera. Letak Tanggo Rajo ini berada di Jalan Sultan Thaha, Pasar Jambi.
  • Monas Jambi, bukan kota Jakarta saja yang memiliki monas tetapi kota Jambi pun memiliki monas, meskipun hanya replikanya saja, dan berada di bundaran kompleks pemerintah kota. Dan monas ini menjaso salah satu tempat wisata di Jambi yang banyak dikunjungi untuk melihat kemiripan monas Jambi dengan monas Jakarta. Bentuknya memang mirip tetapi ukurannya lebih kecil, dan ada empat buah jam dinding di setiap sisinya dan empat buah ukiran berbentuk angsa di bawahnya.
  • Taman Mini dan Taman Rimba Jambi, di tempat wisata ini menawarkan sarana olahraga, taman rekreasi dan wisata budaya. Dan tempat wisata ini dibagi menjadi 2 bagian, Taman Mini dan Taman Rimba. Letak taman wisata ini berada di Jalan Sunaryo atau hanya sekitar 500 meter dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin.
  • Kolam Renang Tepian Rajo, letaknya berada di Jalan Kapten Sujono, kecamatan Kota Baru, sekitar 6 km dari pusat kota Jambi.
  • Danau Sipin, tempat wisata ini biasanya dikenal juga dengan Solok Sipin oleh warga setempat. Kata ‘ solok ‘ memiliki arti danau. Dan danau ini berada di Simpang Baluran Kenali, Kecamatan Telanaipura, merupakan tempat budidaya ikan air tawar seperti ikan mujair dan nila.
  • Masjid Agung Al Falah, biasanya disebut dengan Masjid Seribu Tiang dikarenakan keunikan bangunan masjid ini. Masjid ini dipenuhi dengan tiang penyangga tanpa dinding sehingga sirkulasi udara dan cahaya bisa berjalan lancar. Walaupun masjid ini disebut Masjid Seribu Tiang, namun jumlah tiangnya hanya berjumlah 256 buah saja. Masjid ini di bangun dalam waktu sembilan tahun dari tahun 1971 sampai tahun 1980, letaknya berada di Jalan Sultan Thaha No 60, Legok, kecamatan Telanaipura.
  • Pasar Keramik Sitimang, di tempat ini Anda bisa menemukan keramik dalam berbagai bentuk seperti  toples, guci, peralatan makan sampai hiasan rumah.
  • Taman Anggrek Sri Soedewi, letaknya berada di Jalan Ahmad Yani atau di depan kantor gubernur Jambi. Di tempat wisata ini tersedia informasi mengenai cara perawatan anggrek yang baik dan tepat sesuai dengan jenisnya.

Mall di Jambi

  • Enha Supermarket, Jalan Kol. Abunjani, Jambi
  • Jambi Town Square, Jalan Kapten A. Bakaruddin No. 8 Simpang Mayang Sipin, Jambi
  • Jambi Prima Mall, Jalan Jend. Sudirman No.90, Jambi
  • Mall Ramayana Jambi, Jalan  Sultan Thaha, Jambi
  •  Mall WTC Batanghari, Jalan Sultan Thaha No. 17, Jambi
  • Mandala Supermarket, Jalan Mr Assat Blok A no. 10-12, Jambi
  • Meranti Swalayan, Jalan GR. Djamin Datuk St. Bagindo No. 52, Jambi
  • Plaza Angsa Duo, Jalan DI. Panjaitan No. 17C, Kebun Handil, Jambi

Museum di Jambi

Museum negeri Siginjei, letaknya di persimpangan jalan Prof Soedewi Sofwan dan dulu lebih dikenal dengan Museum Negeri Jambi kemudian di ganti menjadi Siginjai. Kata ‘ Siginjai ‘ merupakan nama keris kebanggaan masyarakat Jambi yang muncul di lambang propinsi Jambi. Museum ini berbentuk rumah adat Jambi, dengan Rumah Kajang Lako dengan 2 buah patung menjaga di kiri dan kanan pintu masuk. Tempat wisata ini di buka setiap hari Senin – Kamis jam 08.00-15.00 dan jumat jam 07.15-11.00. Dan di hari Sabtu,Minggu dan hari libur nasional museum ini tutup. Tiket masuknya Rp. 3000 untuk dewasa dan Rp. 1000 untuk anak – anak.

Rekomendasi Tempat Makan di Jambi

  • Tempoyak Jambi, merupakan salah satu makanan yang diolah dari buah – buahan. Tempoyak berasal dari buah durian yang sudah difermentasi. Anda bisa berkunjung ke warung makan Bu Salma yag lokasinya di Jalan Singedekane, Telanaipura Jambi. Harga per porsinya sekitar Rp. 32.000.
  • Nasi Gemuk, adalah salah satu makanan khas yang ada di Jambi juga. Tampilan nasi gemuk seperti nasi uduk karena disajikan dengan irisan telur dadar yang memanjang dan irisan mentimun serta bawang goreng. Harganya sekitar Rp. 4.000 sampai Rp. 6.000. Anda bisa berkunjung ke warung sederhana ‘ SR ‘ yang letaknya di pasar Jambi.
  • Pempek Jambi, kuliner Jambi beberapa mirip dengan kuliner yang ada di Palembang, diantaranya adalah pempek. Dan pempek yang terkenal di Jambi adalah pempek Asiong, yang letaknya di Jalan orang kayo hitam, Talang Banjar Jambi.
  • Mie Celor Jambi, merupakan kuliner yang enak dan populer di Jambi. Dan jika Anda ingin mencicipi bisa datang di Jalan Sultan Agung No 56 Jambi. Harga per porsinya Rp. 13.000.
  • Nasi Minyak, nasi ini mirip dengan nasi kuning namun diolah dengan bumbu khas India. Biasanya nasi ini disajikan dengan menu tambahannya seperti ayam kampung,kari daging, atau kari kambing. Jika ingin mencoba nasi minyak ini bisa datang ke kedai milik Pak Latif Khan yang lokasinya di Jalan DI Panjaitan Kebun Handil. Harga nasi minya per porsinya Rp. 13.000

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Jambi

Tips Wisata di Jambi

  • JIka Anda datang ke Jambi, kuliner yang wajib dicoba adalah tempoyak Jambi. Makanan ini merupakan khas dari Jambi, harga per porsinya Rp 13.000.
  • Perhatikan marka jalan dan rambu lalu lintas,agar tidak kesasar selama liburan di Jambi.

Perlu Kamu Tahu di Jambi

  • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Propinsi Jambi, Jalan KH Agus Salim, Kota Baru, Jambi, Indonesia, Telp : 0741- 445054
  • RS Raden Mattaher Jambi, Jalan Letjen Suprapto 31, Jambi, Telp : 0741-61692
  • Siloam Hospital Jambi, Jalan Soekarno Hatta Palmerah, Jambi, Telp : 0741 – 573333
  • Polda Jambi, Jalan Bayangkara, Kota Jambi, Telp : 0741 – 27067

Leave a Reply