Panduan Tips Pergi Liburan Ke Longapung

Longapung merupakan sebuah desa yang ada di Kecamatan Kayan Selatan, Kabupaten Malinau, Kalimantan Timur. Di kota ini terdapat sebuah bandara perintis yang melayani rute ibukota propinsi maupun daerah pedalaman lain, yaitu Bandara Long Apung.

Cara Pergi ke Longapung

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Longapung! via @d_opatduanol
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Longapung! via @d_opatduanol

Pergi ke Longapung Melalui Udara: Untuk mencapai desa Longapung, harus menggunakan pesawat terbang. Dan dari Jakarta, diperlukan ganti pesawat terbang, yaitu menuju Balikpapan kemudian ke Samarinda atau Tarakan dan dilanjutkan ke desa tersebut.

Bisa juga melalui Malinau dengan menggunakan pesawat terbang. Di Longapung terdapat bandara udara perintis yang bisa di darati oleh pesawat kecil jenis ATR atau Cessna. Dan ada tiga maskapai yang elayani rute menuju Longapung antara lain, Susi Air, MAV, Aviastar.

Transportasi  Umum di Longapung

Akses yang bisa digunakan untuk mencapai kota yaitu, Angkutan Kabupaten Manilau dan Bus Santika, Bus Harapan Jaya dan Bus Damri, namun ada juga mobil travel atau ojek.

Hotel di Longapung

  • Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.
  • Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3.
  • Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

Iklim di Longapung

Iklim yang ada di Longapung sama dengan iklim yang ada di Malinau yaitu iklim tropis, dan banyak curah hujan meskipun di bulan kemarau.

Bahasa Daerah di Longapung

Bahasa daerah yang digunakan di Longapung sama dengan yang di gunakan di Kalimantan Utara yaitu, Bahasa Indonesia, Bahasa Bulungan, Bahasa Dayak, dan Bahasa Tidung.

Tempat Wisata di Longapung

  • Batu Irang Dau, di tahun 1900 pada saat kepercayaan penduduk setempat ialah Malang Ta’u ( Animisme ), dan batu keramat Lepo jalan ini dipercayakan bisa melindungi masyarakat dari segala bencana. Dan di tahun 1902, penduduk setempat kemudian membawa batu Irang Dau tersebut ke sebuah gunung ( sekarang disebut gunung Irang Dau ). Sebuah tunggul didirikan beberapa meter di tempat tersebut, lalu Batu Irang Dau diletakkan diatasnya.
  • Kuburan Tua, letaknya tidak jauh dari monumen perjuangan Apau Kayan, tepatnya di dekat bandara Long Nawang terdapat kuburan Lencau Ingan, seorang tokoh adat Apau Kayan yang telah menyatukan penduduk setempat untuk melawan penjajahan Belanda di wilayah ini. Jika dilihat bentuk makamnya sangat unik dan menarik, tetapi belum dikelola secara maksimal untuk dijadikan destinasi wisata.
  • Monumen Perjuangan Apau Kayan, sebuah monumen perjuangan yang menggambarkan kegigihan masyarakat Apau Kayan dalam mengusir penjajah Belanda. Dan monumen ini berdiri kokoh di desa Nawang Baru kecamatan Kayan Hulu. Di monumen tersebut terdapat nama – nama pejuang Apau Kayan yang ikut berjuang pada saat itu.
  • Sungai Kayan, jika Anda pecinta petualangan terutama penikmat olahraga arung jeram, dan sungai kayan adalah tempatnya. Sungai ini mempunyai lintasan yang panjang dan berkelok kelok seperti ular. Dan sepanjang sungai kayan, akan terlihat di sisi kiri kanannya terdapat hutan hujan tropis dataran tinggi.

Kuliner khas Longapung

  • Gogos dan Buras, merupakan sejenis makanan khas tradisional dari Kalimantan Timur, Kabupaten Malinau yang biasanya dihidangkan untuk para tamu. Makanan ini sejenis dengan lemper dan lontong yang keduanya di bungkus dari daun pisang, yang terbuat dari beras dan santan kelapa. Perbedaan dari keduanya yaitu gogos dari lontong tanpa ada isi, dan disajikan dengan sambal bumbu kacang. Jika Buras dibuat dari beras ketan yang dicampur santan kelapa dan dibungkus daun pisang serta direbus, dan buras tidak ada isinya.
  • Sayur asam ikan patin, jenis makanan ini sangat favorit di kabupaten Malinau dan mudah ditemukan dimana saja. Dan masakan ini rasanya gurih asam, sangat enak disajikan ketika masih panas.
  • Daun Ubi Tumbuk, merupakan makanan khas Malinau, dan hampir seluruh penduduk sering mengkonsumsi sayur ini. Dan untuk pembuatannya sangat simpel yaitu dengan menumbuk haus daun singkong atau ubi sampai halus dan di campur dengan bumbu lalu dimasak sesuai selera, seperti santan, tumis , dan lain lain.

Tips Wisata di Longapung

  • Gunakanlah pelembab pelindung matahari atau sunblock selama berlibur di sana, karena cuaca di kota tersebut cenderung panas.
  • Jangan lupa selalu membawa air mineral saat bepergian keliling Longapung, karena teriknya matahari.
  • Bawalah uang tunai secukupnya, karena masih jarang ATM di Longapung.

Perlu Kamu Tahu di Longapung

  • Dinas Pariwisita Provinsi Kalimantan Timur, Jalan Jenderal Sudirman No 22 Samarinda, Kalimantan Timur, Telp : 0541 – 736850, 0541 – 747241
  • RSUD Malinau, Jalan Raya Respen Tubu Kecamatan Malinau Utara, Telp : 0553 – 2022220
  • Polsek Malinau, Jalan Panembahan RT 06 Komp. Polsek Malinau, Kalimantan Timur

Leave a Reply