Panduan Tips Pergi Liburan Ke Kalipuro

Kalipuro merupakan sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Di Kalipuro juga terdapat pelabuhan penyeberangan antara pulau Jawa dan Bali, di daerah Ketapang. Dahulunya Kalipuro adalah bagian dari Kecamatan Giri, yang pada akhirnya berpisah berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 37 Tahun 1995 tentang Pembentukan enam kecamatan di Wilayah Kabupaten Tingkat II Ponorogo, Banyuwangi dan Jember dalam wilayah Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Timur.

Wilayah Kalipuro

Di Kalipuro terdapat 5 desa dan 4 kelurahan, antara lain :

  • Desa Bulusari
  • Desa Kelir
  • Desa Ketapang
  • Desa Pesucen
  • Desa Telemung
  • Kelurahan Bulusan
  • Kelurahan Gombengsari
  • Kelurahan Kalipuro
  • Kelurahan Klatak

Cara ke Pergi Ke Kalipuro

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Kalipuro

Pesawat Terbang. jika Anda menggunakan pesawat akan mendarat di Bandara Blimbingsari, letaknya di Kecamatan Rogojampi, 20 km dari kota Banyuwangi. Ada dua maskapai penerbangan nasional yang beroperasi di Bandara Blimbingsari, yaitu : Wings Air dan Garuda Indonesia. Dengan tiga rute penerbangan setiap hari dengan Denpasar – Banyuwangi – Surabaya PP.

Untuk menuju ke kota Kalipura, harus di lanjutan dengan angkutan kota dari Terminal Blambangan ( Lin 12 dari Terminal Blambangan ) dengan rute :

Terminal Blambangan – Jl. Argopuro – Kalipuro – Jl Denpasar – RSS Griya Prasaja Mulia – terminal Brawijaya.

Melalui Darat

Bus. jenis transportasi ini bisa berangkat kapan saja, karena tersedia bis dengan rute Banyuwangi selama 24 jam. Sama halnya dengan menggunakan pesawat, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan angkutan kota ke Kalipuro. Jarak antara Jakarta – Kalipuro sekitar 1079 km dengan waktu 21 jam tergantung dengan kondisi jalanan.

Kereta Api. Anda bisa menggunakan kereta api untuk menghemat waktu dan akan tiba di Stasiun Banyuwangi Baru.Setelah itu dilanjutkan dengan angkutan kota ke Kalipura.

Mobil Pribadi. jika Anda ingin lebih nyaman dalam perjalanan bisa menggunakan mobil pribadi, tetapi disarankan untuk memilih jalur selatan agar lebih aman di saat membutuhkan bantuan. Jarak dan waktu yang di tempuh sama dengan bus untuk menuju kota Kalipura. Tapi dengan mobil pribadi Anda bisa mengatur jam keberangkatan dan waktu istirahat di perjalanan.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Kalipuro

Hotel di Kalipuro

  • Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.
  • Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3.
  • Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

Iklim di Kalipuro

Kota Kalipuro memiliki iklim yang hangat dan sedang. Karena Kalipuro adalah kota dengan curah hujan yang signifikan. Bahkan di bulan kemarau terdapat banyak hujan.

Bahasa Daerah di Kalipuro

Bahasa daerah yang digunakan di Kalipura adalah bahasa Jawa Osing. Ada dua jenis gaya bahasa Osing yaitu : Cara Osing ialah gaya bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari – hari. Dan Cara Besiki ialah bentuk ” Jawa Halus ” yang dipakai sebagai bentuk wicara ideal.

Tempat Wisata di Kalipuro

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Kalipuro

  • Air Terjun Kali Selogiri, objek wisata ini belum terdapat fasilitas dan akomodasi untuk menunjang kegiatan wisatanya. Tetapi keindahan air terjun ini terlihat dari tempatnya yang alami, air yang mengucur dari atas tebing dan jatuh di antara pepohonan. Letak objek wisata ini di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro dan berjarak sekitar 13 km ke arah utara Kota Banyuwangi. Dianjurkan untuk para wisatawan sebaiknya menggunakan kendaraan roda empat jangan tipe sedan.
  • Taman Nasional Alas Purwo, adalah kawasan hutan hujan dataran rendah dan berada di Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Di tempat wisata ini bisa melihat berbagai macam hewan liar di Sadengan, berselancar di Pantai Plengkung atau G-Land, dan melihat penyu bertelur di Pantai Trianggulasi.

Tempat Makan Rekomendasi di Kalipuro

Untuk tempat makan rekomendasi di Kalipuro belum ada yang menonjol untuk di rekomendasikan. Karena Kalipuro bukan daerah yang terkenal, hanya sebuah dari kecamatan dari Banyuwangi.

Tips Wisata ke Kalipuro

  • Usahakan Anda berangkat pagi hari jika akan melakukan perjalanan ke Kalipuro, dan pilihlah jalur selatan karena jalur ini lebih padat penduduknya, sehingga apabila mengalami masalah di perjalanan mudah untuk mendapatkan bantuan.
  • Jaga kondisi badan Anda jika hendak bepergian dengan mobil pribadi, karena jarak perjalanan yang sangat jauh, beristirahatlah di tempat peristirahatan yang telah disediakan, agar Anda merasa fresh lagi.

Perlu Kamu Tahu di Kalipuro

  • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Jalan Jenderal A. Yani 74, Telp : 0333 – 424172
  • Puskesmas Kelir, Jalan Pesucen No 27 Kecamatan Kalipuro
  • Polsek Kalipuro, Jalan Raya Ketapang, Telp : 0333 – 424210

Leave a Reply