Panduan Tips Pergi Liburan Ke Ponorogo

Ponorogo merupakan sebuah Kecamatan yang juga menjadi pusat pemerintahan ( ibu kota ) Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Ponorogo terletak di sebelah barat dari propinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Propinsi Jawa Tengah atau lebih tepatnya 200 km arah barat daya dari ibu kota propinsi Jawa Timur, Surabaya. Ponorogo terkenal dengan julukan Kota Reog atau Bumi Reog karena daerah ini merupakan daerah asal dari kesenian Reog.

Selain Kota Reog, Ponorogo dikenal dengan Kota Santri karena memiliki banyak pondok pesantren, terkenal dengan Pondok Modern Darussalam Gontor yang letaknya di desa Gontor. Dan setiap tahun di bulan Suro ( Muharram ), di Ponorogo mengadakan suatu rangkaian acara berupa pesta rakyat yaitu Grebeg Suro.

Wilayah Utama Ponorogo

Berikut pembagian wilayah Ponorogo, sebagai berikut :

  • Utara : Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Nganjuk
  • Selatan : Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Trenggalek
  • Barat : Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Wonogiri ( Jawa Tengah )
  • Timur : Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Trenggalek

Sejarah Ponorogo

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Ponorogo

Menurut Babad Ponorogo, sejarah berdirinya Kabupaten Ponorogo dimulai setelah Raden Katong sampai di wilayah Wengker. Dimana saat itu Wengker dipimpin oleh Suryo Ngalam dikenal sebagai Ki Ageng Kutu. Dengan situasi dan kondisi yang penuh dengan hambatan, tantangan, Raden Katong, Selo Aji, dan Ki Ageng Mirah beserta pengikutnya terus berusaha mendirikan pemukiman.

Tahun 1482 – 1486 M , untuk mencapai tujuan menegakkan perjuangan dengan menyusun kekuatan, sedikit demi sedikit kesulitan dapat teratasi, pendekatan kekeluargaan dengan Ki Ageng Kutu dan seluruh pendukungnya pada saat mulai membuahkan hasil. Dengan persiapan dalam rangka merintis Kadipaten Ponorogo pada akhir abad XV, dan ia menjadi adipati yang pertama.

Kadipaten Ponorogo berdiri tanggal 11 Agustus 1496 dan di tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi kota Ponorogo. Sejak berdirinya Kadipaten Ponorogo dibawah pimpinan Raden Katong, tata pemerintahan menjadi stabil dan pada tahun 1837 Kadipaten Ponorogo berpindah dari kota lama ke Kota Tengah menjadi Kabupaten Ponorogo sampai sekarang.

Cara Pergi ke Ponorogo

Transportasi yang bisa Anda gunakan dari Jakarta ke Ponorogo, yaitu :

  • Pesawat, jika Anda memilih transportasi ini semua akan mendarat di Bandara Adi Sumarmo Solo, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan taksi ke Ponorogo. Pilihan lainnya Anda menggunakan pesawat, dan tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya, dilanjutkan dengan bis menuju Terminal Purbaya, Surabaya dan kemudian naik bus tujuan Ponorogo.
  • Kereta Api, pilihlah kereta api yang lewat Solo ( Balapan ) atau Madiun ( Kota ). Jika Anda turun di di Madiun kota melanjutkan ke Ponorogo bisa dengan bis atau taksi. Namun jika Anda turun di Solo, bisa naik bis ke arah Ponorogo atau dengan yang lewat Madiun.
  • Bus, terdapat beberapa jenis bis dengan tujuan Ponorogo, diantarnya ada ekonomi, bisnis, dan eksekutif.

Transportasi Umum di Ponorogo

Berikut transportasi umum yang ada di Ponorogo, yaitu :

Kendaraan Tradisional ( dokar )

merupakan moda transportasi yang digunakan sebagai alat transportasi utama yang biasanya digunakan di daerah pedesaan, terutama untuk mengangkut pedagang yang hendakmenuju pasar tradisional.

Bus dalam kota

adalah moda transportasi yang menghubungkan pusat kabupaten dengan kecamatan – kecamatan di pinggiran dan tersedia juga bus mini yang relatif ekonomis. Terdapat 3 trayek utama bus mini di Ponorogo, yaitu :

  • Terminal Seloaji – Dengok – Jetis – Sambit – Sawoo
  • Terminal Seloaji – Dengok – Balong – Slahung / Bungkal
  • Terminal Seloaji – Tambak Bayan – Badegan – Purwantoro

Angkodes

adalah salah satu moda transportasi umum di Kabupaten Ponorogo yang diperuntukkan khusus daerah – daerah yang tidak dilewati jalur bus seperti, Mlarak, Pulung, Sooko atau Sumoroto.

Bus antar kota

moda transportasi ini berpusat di Terminal Seloaji, bus antar kota yang menghubungkan Ponorogo dengan kota – kota di Jawa Timur. Berikut daftar bus antar kota yang cukup dikenal di Ponorogo, yaitu :
  • Ponorogo – Surabaya : Bus Restu Jaya, Mandala, dan beberapa bus antar kota lainnya.
  • Ponorogo – Trenggalek – Tulungagung – Blitar : Bus Jaya
  • Ponorogo – Madiun : Bus Cendana
  • Ponorogo – Pacitan : Bus Aneka

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Ponorogo

Hotel di Ponorogo

Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan. Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3. Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

  • Amaris Hotel Ponorogo, Mall Ponorogo City center (PCC) Lantai 1, Jl. Ir. H. Juanda No 19, Ponorogo City Center, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.
  • Gajah Mada Hotel Hall & Restaurant, Jalan Gajah Mada No.56, Kecamatan Ponorogo, Ponorogo City Center, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.
  • Juanda Hotel, Jalan Ir. H Juanda 13, Ponorogo City Center, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.
  • Hotel Galaksi Ponorogo, Jalan Arif Rahman Hakim 27 (Selatan Terminal Seloaji), Babadan, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.
  • La Tiban Guesthouse, Jalan Kyai Ahmad Dahlan No 62, Ponorogo City Center, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.
  • Maesa Hotel, Jl. Kh. Ahmad Dahlan 82A, Ponorogo City Center, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.
  • Hotel Aman Family, Jalan Soekarno Hatta No.14, Ponorogo City Center, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.
  • Hotel Sankita Syariah Ponorogo, Jalan Raya Ponorogo – Pacitan no 9 Madusari Siman, Siman, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.
  • Kencana Dewi Hotel, Jalan Diponegoro No.40, Ponorogo City Center, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.
  • Ndalem Katong Guest House, Jalan Batoro Katong 134 Kertosari Babadan, Ponorogo City Center, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.
  • Mutiara Hotel & Cafe Ponorogo, Jalan MT Haryono (Utara Pom Bensin Jingglong), Ponorogo City Center, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.

Iklim di Ponorogo

Ponorogo memiliki iklim tropis yang mengalami dua musim, yaitu kemarau dan penghujan. Suhu di Ponorogo sepanjang tahun relatif sama dengan suhu rata – rata tertinggi 32.2 C dan suhu rata – rata terendah 23.9 C

Bahasa Daerah di Ponorogo

Bahasa yang digunakan masyarakat Ponorogo adalah bahasa Indonesia, dan bahasa Jawa Madiun sebagai bahasa percakapan sehari – hari.

Tempat Wisata di Ponorogo

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Ponorogo

Berikut daftar objek wisata yang ada di Ponorogo, yaitu :

  • Telaga Ngebel, merupakan sebuah danau alami yang letaknya sekitar 30 km dari pusat kota Ponorogo dengan ketinggian 734 meter di atas permukaan laut.
  • Taman Wisata Ngembag, merupakan tempat wisata yang letaknya di Kelurahan Ronowijayan Kecamatan Siman sekitar 3 km di sebelah timur dari pusat kota Ponorogo. Tempat wisata ini terdiri dari berbagai sumber air yang dilengkapi dengan taman bermain dan kolam renang anak. Dahulunya Ngembag dikenal sebagai mata air yang tak terawat yang kemudian oleh Pemkab Ponorogo dirubah menjadi taman kota dengan fasilitas kolam renang anak dan beberapa permainan anak.
  • Air Terjun Pletuk atau yang juga dikenal dengan nama Coban Temu merupakan air terjun yang terletak di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 m dan berada di atas ketinggian 450 m di atas laut.
  • Gunung Bayangkaki, merupakan gunung yang tidak aktif yang letaknya di Ponorogo Jawa Timur, tepatnya di Desa Temon, Kecamatan Sawoo. Gunung Bayangkaki memiliki empat puncak, yaitu : Puncak Ijo ( Gunung Ijo ), Puncak Tuo ( Gunung Tuo ), Puncak Tumpak ( Puncak Bayangkaki ) dan Puncak Gentong ( Gunung Gentong ). Bayangkaki memiliki keunikan dan mitos yang berkembang di masyarakat sampai sekarang. Salah satu mitos yang berkembang di masyarakat yaitu ketika Puncak Gentong sudah terbakar tanpa sebab berarti musim penghujan akan segera tiba.
  • Air Terjun Klenteng, lokasi air terjun ini di perbatasan Ponorogo dan Trenggalek dinamakan air terjun klenteng dikarenakan tempatnya yang menjorok ke dalam dan di himpit dua tebing gunung bebatuan. Air terjun memiliki ketinggian sekitar 45 meter, di bawah ujung bawah air terjun terdapat sendang yang airnya nampak hijau yang disebut kedung. Dimana menurut mitos, kedung atau lubuk tersebut adalah tembusan ke laut selatan.
  • Gua Lowo, air terjun ini dinamakan Gua Lowo karena dihuni oleh banyaknya kelelawar. Kelelawar yang ada di gua ini hidup bebas dan tidak mengganggu masyarakat setempat. Di dalam gua ini juga ditemukan situs arkeologi yang memiliki nilai arkeologis tinggi. Gua Lowo ini terletak di Kecamatan Sampung, sekitar 20 km dari pusat kota Ponorogo.
  • Hutan Wisata Kucur, merupakan hutan wisata yang terletak di Kecamatan Badegan, sekitar 20 km ke arah Barat.
  • Air Terjun Toyomerto, biasanya dikenal juga dengan sebutan air terjun Selorejo yang terletak di Dusun Toyomerto, Desa Pupus sekitar 35 km dari pusat kota. Air terjun ini terdiri dari 2 tingkat air dalam satu aliran yang jatuh dari tebing batu. Masing – masing tingkatan air terjunnya memiliki ketinggian 25 sampai 30 meter.

Mal di Ponorogo

  • Ponorogo City Center, Jalan Ir H Juanda Ponorogo Jawa Timur
  • Keraton Mall, Jalan Jenderal Sudirman Pakunden Ponorogo

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Ponorogo

Rekomendasi Tempat Makan di Ponorogo

  • Sate Ayam H Turki Sobikun, Jalan Lawu 1/43 K Ponorogo ( gang sate ) No 1 Ponorogo, Harga : Rp. 15.000, Telp : 0352 – 482362
  • Nasi Pecel Pak Boiran, Sebelah Utara Terminal Ponorogo, Harga : Rp. 5.000 – Rp. 7.000
  • Rumah Makan Iga Gledek, Jalan Jenderal Sudirman No 5 Ponorogo, Harga : Rp. 15.000 – Rp. 70.000, Telp : 0352 – 48838
  • Dawet Jabung, Lokasinya dekat dengan Pondok Modern Darussalam, Gontor, Ponorogo, Harga : Rp. 2.000

Tips Wisata di Ponorogo

  • Jika Anda berkunjung ke Ponorogo, gunakan pakaian yang sopan karena Ponorogo dikenal dengan Kota Pesantren.
  • Siapkan rute wisata yang akan Anda kunjungi selama berlibur ke Ponorogo.

Perlu Kamu Tahu di Ponorogo

  • RSU Muslimat Ponorogo, Jalan Jenderal Ahmad Yani No 155, Telp : 0352 – 488933
  • RS Aisyiah, Jalan Dr Sutomo No 18 – 24 Bangunsari, Telp : 0352 – 481320
  • Polres Ponorogo, Jalan Bhayangkara No 60 Kec Ponorogo

Leave a Reply