Panduan Tips Pergi Liburan Ke Banyuglugur, Situbondo

Kecamatan Banyuglugur adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Indonesia.

Wilayah Utama Banyuglugur

Kelurahan atau Desa:

  1. Banyuglugur
  2. Selobanteng
  3. Telempong
  4. Kalisari
  5. Tepos
  6. Kalianget
  7. Lubawang

Sejarah Banyuglugur

Ada sebuah desa di Kecamatan Banyuglugur yang bernama Selobanteng, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Indonesia.
Selobanteng yang juga dikenal dengan nama Loros dan berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo, memiliki sebuah peninggalan sejarah yaitu sebuah batu yang berbentuk Banteng, konon merupakan sisa peninggalan Kerajaan Majapahit.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Banyuglugur, Situbondo

Cara Pergi ke Banyuglugur

Banyuglugur akan dilewati dalam perjalanan darat menyusuri jalur Pantura di Situbondo menuju Banyuwangi. Jalur di Desa Banyuglugur ini, tepatnya kilometer 159 dari arah Surabaya, merupakan titik rawan dalam berkendara di Pantura. Di mana kondisi jalan sempit, banyak tikungan, berbatasan dengan tepi pantai disertai tanjakan dan turunan.

Hotel di Banyuglugur

  • Hotel Marisa, Hotel melati terletak di Jl. Raya Banyuglugur Km. 146, Situbondo, Jawa Timur 68359
  • Rest Area Utama Raya, Area Istirahat Banyuglugur, Utama Raya (Jl. Raya Probolinggo – Situbondo), Situbondo, Jawa Timur 68359. Tempat istrahat yg nyaman dan bersih, dilengkapi fasilitas SPBU, hotel, villa, supermarket, food court, ATM, serta area parkir yang luas. Bahkan di rest area ini terdapat dua tipe toilet, VIP dan Umum.
  • Utama Raya Villa dan Hotel, Harga mulai dari Rp. 225.000 / malam

Iklim di Banyuglugur

Iklim Banyuglugur adalah diklasifikasikan sebagai tropis. Saat dibandingkan dengan musim dingin, musim panas memiliki lebih banyak curah hujan.

Bahasa Daerah di Banyuglugur

Banyuglugur merupakan bagian dari Situbondo, dan karena mayoritas warga Situbondo adalah suku Madura, makanya bahasa yang digunakan di daerah kabupaten Situbondo adalah bahasa Madura. Tapi ada juga yang memakai bahasa Jawa, sekitar 20% warga Situbondo menggunakan bahasa Jawa. Nah warga yang menggunakan bahasa Jawa umumnya adalah pendatang.

Tempat Wisata di Banyuglugur

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Banyuglugur, Situbondo

1. Pantai Tampora

Pantai Tampora terletak di Desa Banyuglugur Kecamatan Banyuglugur. Tepatnya ± 3 km di sebelah barat pusat kota Besuki. Jarak tempuh 5 menit dari jalan raya menggunakan sepeda motor. Suasananya cukup tenang, pantai ini memiliki pasir putih dan ombak yang relatif tenang.
Harga tiket masuk pantai Rp. 3.000, berdua Rp. 5.000

2. Air Terjun Talempong

Air Terjun Talempong berada di Desa Talempong Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Air Terjun Talempong berjarak kurang lebih 5 km dari pinggir jalan raya, dan untuk menuju obyek ini pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 2 km. Obek wisata ini sangat alami belum ada pengembangan. Debit air terjun sangat tinggi meskiun pada musim kemarau.

Hiburan Malam di Banyuglugur

Hotel Graha Nirwana

Bar Karaoke, Area istirahat, dan Sanggraloka
Jl. Raya Banyuglugur (1 km dari proyek PLTU Paiton), Besuki Situbondo, Jawa Timur 68356, Indonesia
Telepon +62 338 891290

Rekomendasi Tempat Makan di Banyuglugur

Rumah Makan Setia
Restoran Indonesia · Banyuglugur
Jl. Raya Kalianget, Situbondo, Jawa Timur 68359, Indonesia

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Banyuglugur, Situbondo

Tips Wisata di Banyuglugur

  • Bawalah makanan, camilan serta minuman sendiri ke lokasi Pantai Tampora karena di pantai ini belum tersedia restoran atau warung.
  • Sempatkan beristirahat di Rest Area Utama Raya, Banyuglugur, dan alami bersantai sejenak sambil menikmati kuliner khas yang dijajakan.
  • Pemandangan lampu PLTU Paiton di malam hari juga sangat indah dan memberi kesan kemagahan tersendiri, jangan lewatkan pengalaman ini apabila perjalanan Anda melewatinya, Anda bahkan bisa berhenti sejenak di pinggir jalan dan menaiki tangga di seberangnya untuk menikmati PLTU Paiton dari ketinggian. Namun berhati-hatilah.

Perlu Kamu Tahu di Banyuglugur

Puskesmas Banyuglugur
Rumah Sakit
Jl. Raya Banyuglugur No. 352, Kecamatan Banyuglugur, Situbondo, Jawa Timur, Indonesia

Leave a Reply