Panduan Tips Pergi Liburan Ke Paiton

Paiton merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur yang terkenal dengan kehadiran Kompleks Pembangkit Listriknya. Sejarah asal kota Paiton, berawal dari terdapatnya sisa – sisa jalur transportasi kereta api yang berupa pondasi jembatan dan rangkanya.

Dan untuk bekas Stasiun Paiton dibongkar tahun 1985 yang digunakan sebagai Koramil dan studio foto, kemudian sebagian lahan milik PT KAI ini juga dijadikan untuk rumah hunian oleh warga dengan status sewa.

Dahulu terdapat juga pabrik gula yang sudah hancur di masa penjajahan Jepang antara tahun 1942 – 1943 yang sekarang menjadi lapangan bola, kantor pos, diknas Paiton, SMP, BP, Kantor Pengairan dan Polsek Paiton. Dan sejarah menempatkan Paiton menjadi tempat penting, dengan ditemukannya peninggalan purbakala Candi Jabung.

Cara Pergi ke Paiton

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Paiton

  • Bus Kota, Kota ini berjarak sekitar 903 km dari Jakarta bila Anda menggunakan bus dari Jakarta akan tiba di Terminal Bus Probolinggo. Tersedia untuk bus antar kota, jika Anda memilih tiba di Surabaya terlebih dahulu, jurusan Surabaya – Probolinggo – Situbondo – Banyuwangi dengan bus jurusan ini Anda bisa langsung tiba di Paiton tanpa perlu ganti bus.
  • Mobil Pribadi, Anda bisa menggunakan mobil pribadi menuju ke Paiton untuk kenyamanan dalam perjalanan. Dan untuk jarak hampir sama dengan bus, hanya saja biasanya jika menggunakan mobil pribadi kita bisa istirahat dan singgah kapan saja jadi akan lebih lama untuk sampai di kota Paiton.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Paiton

Hotel di Paiton

Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan. Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3. Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

  • Cottage Wisata Paiton, Jl. Raya Paiton, Karanganyar, Paiton, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia.
  • Paiton Resort Hotel 1, Jalan Raya Surabaya-Situbondo, KM. 140, Paiton, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia.
  • Paiton Resort Hotel 2, JL. Raya Sb-Sit, Km 140, Bhinor, Paiton,, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia.

Iklim di Paiton

Kota Paiton memiliki iklim tropis. Dan Paiton memiliki curah hujan yang signifikan di hampir sebagian besar bulan, dengan musim kemarau yang singkat.

Bahasa Daerah di Paiton

Bahasa daerah yang digunakan di Paiton adalah bahasa Madura. Bahasa Madura juga banyak dituturkan di Surabaya dan sekitarnya.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Paiton

Tempat Wisata di Paiton

  • Candi Jabung, merupakan candi hindu peninggalan kerajaan Majapahit. Letaknya di Desa Jabung, kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Walaupun hanya dari bata merah, candi jabung ini terbukti mampu bertahan selama ratusan tahun.

Tempat Makan Rekomendasi di Paiton

  • Rumah Makan Sari Laut Paiton, letaknya di seberang Jalan proyek PLTU Paiton, mudah untuk ditemukan dan pasti akan melewatinya jika Anda berlibur ke Bali lewat pantura. Selain menyediakan menu ikan segar pemandangan yang ada disini juga sangat bagus.

Tips Wisata di Paiton

  • Jangan lupa untuk membawa cemilan saat berlibur ke daerah Paiton, karena mengingat perjalanannya yang sangat jauh.

Perlu Kamu Tahu di Paiton

  • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo, Pabean, Dringu, Probolinggo, Jawa Timur, Telp : 0335 – 428367
  • Rumah Sakit Rizani, Paiton, Jalan Raya Surabaya – Situbondo km 139, Telp : 0335 – 773444
  • Polsek PAITON, Jalan Raya Paiton, Telp : 0335 – 771110

Leave a Reply