Informasi Rute KRL Jakarta Jabodetabek Lengkap

Informasi Rute KRL Jakarta Jabodetabek Lengkap
4.9 (98.89%) 18 votes

Kamu cari peta rute KRL Jakarta Jabodetabek Lengkap? Berarti kamu mampir ke website yang tepat! Pernah dikenal sebagai KRL Jakarta, KRL Jabotabek, KRL Jabodetabek, atau KAI Commuter Jabodetabek. Sekarang lebih banyak di kenal dengan KRL Commuter Line. Ini adalah transportasi umum kereta api listrik di Jakarta yang dioperasikan PT Kereta Commuter Line Indonesia.

Sesuai namanya KRL Jabodetabek ini melayani transportasi dari Jakarta ke beberapa kota di sekitarnya seperti ke daerah Bekasi, Bogor, Tangerang dan beberapa area lainnya.

KRL Jakarta atau KRL Jabodetabek ini adalah moda transportasi yang paling populer untuk para penggunanya di beberapa kota terseut. Terutama bagi warga sekitar Jakarta yang setiap hari harus bekerja di Jakarta.

Bisa dibilang KRL Jakarta atau KRL Jabodetabek ini adalah salah satu transportasi utama anti macet buat mereka yang bekerja di Jakarta dan sekitarnya. Selain KRL, sekarang ini juga ada transportasi umum terbaru di Jakarta yaitu MRT. Untuk Peta Rute MRT Jakarta bisa dilihat disini, sementara itu berapa harga tiket MRT Jakarta juga bisa ditemukan disini.

Informasi Rute KRL Jakarta Jabodetabek Lengkap

Ada Berapa Rute KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta yang beroperasi?

Sampai sekarang ini ada 6 rute KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta yang dioperasikan. Rute tersebut disimbolkan dengan mengunakan beberapa warna berbeda seperti warna cokelat, hijau, pink, merah, biru dan kuning. Untuk download peta rute KRL Jabodetabek dibawah silahkan klik (download disini).

Peta Rute KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta Terbaru. ( Sumber : catperku.com - Peta Commuter Line Jakarta )
Peta Rute KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta Terbaru.

Untuk rute yang dilayani berdasarkan warna adalah sebagai berikut :

  • Warna Merah Untuk Rute Jakarta Kota – Bogor
  • Warna Biru Untuk Rute Jakarta Kota – Cikarang
  • Warna Pink Untuk Rute Jakarta Kota – Tanjung Priok
  • Warna Kuning Untuk Rute Jatinegara – Bogor
  • Warna Hijau Untuk Rute Tanah Abang – Rangkasbitung
  • Warna Cokelat Untuk Rute Duri – Tangerang

1. Rute KRL Jabodetabek Jakarta Kota – Bogor ( Warna Merah )

Rute KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta yang diberi simbol warna merah ini melayani rute dari Stasiun Jakarta Kota ke Bogor. untuk rutenya ada dibawah ini. Sementara itu Jadwal KRL Jakarta Kota – Bogor ( Warna Merah ) klik disini ya.

Jakarta Kota ↔ Jayakarta ↔ Mangga Besar ↔ Sawah Besar ↔ Juanda ↔ Gondangdia ↔ Cikini ↔ Manggarai ↔ Tebet ↔ Cawang ↔ Duren Kalibata ↔ Pasar Minggu Baru ↔ Pasar Minggu ↔ Tanjung Barat ↔ Lenteng Agung ↔ Universitas Pancasila ↔ Universitas Indonesia ↔ Pondok Cina ↔ Depok Baru ↔ Depok ↔ Citayam ↔ Bojong Gede ↔ Cilebut ↔ Bogor.

Info Stasiun Keterangan Lokasi
Jakarta Kota Stasiun akhir dan stasiun transit menuju Kampungbandan, Ancol, dan Tanjung Priok (Pink Line) Jakarta Barat DKI Jakarta
Jayakarta
Mangga Besar
Sawah Besar Jakarta Pusat
Juanda Jika Anda ingin menuju Stasiun Gambir, Anda dapat turun di sini dan melanjutkan perjalanan menggunakan moda transportasi lain.
Gambir Stasiun transit KA Jarak Jauh, Semua perjalanan KRL tidak berhenti di stasiun ini, Kecuali KRL Mengalami BLB (Berhenti Luar Biasa)
Gondangdia Jika Anda ingin menuju Stasiun Gambir, Anda dapat turun di sini dan melanjutkan perjalanan menggunakan moda transportasi lain.
Cikini
Manggarai Stasiun transit menuju Jatinegara dan Bekasi (Blue Line) dan menuju Tanah Abang, Duri dan Angke (Yellow Line) Jakarta Selatan
Tebet
Cawang
Duren Kalibata
Pasar Minggu Baru
Pasar Minggu
Tanjung Barat
Lenteng Agung
Universitas Pancasila
Universitas Indonesia Kota Depok Jawa Barat
Pondok Cina
Depok Baru
Depok Sebagian perjalanan mengakhiri perjalanan di stasiun ini
Citayam Stasiun transit menuju Cibinong dan Nambo (Yellow Line Cabang Nambo)
Bojonggede Kabupaten Bogor
Cilebut
Bogor Stasiun akhir dan terminus KA Pangrango Kota Bogor

2. Rute KRL Jabodetabek Jakarta Kota – Cikarang ( Warna Biru )

Rute KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta yang diberi simbol warna biru ini melayani rute dari Stasiun Jakarta Kota ke Cikarang. untuk rutenya ada dibawah ini. Sementara itu Jadwal KRL Jakarta Kota – Cikarang ( Warna Biru ) klik disini ya.

Jakarta Kota ↔ Jayakarta ↔ Mangga Besar ↔ Sawah Besar ↔ Juanda ↔ Gondangdia ↔ Cikini ↔ Manggarai ↔ Jatinegara ↔ Klender ↔ Buaran ↔ Klender Baru ↔ Cakung ↔ Kranji ↔ Bekasi ↔ Bekasi Timur ↔ Tambun ↔ Cibitung ↔ Cikarang.

Pada rute ini terdapat KRL yang hanya melayani sampai Stasiun Bekasi. Jadi ada juga rute KRL Jakarta – Bekasi. Untuk jadwal KRL Bekasi – Jakarta Kota bisa dilihat disini.

Stasiun Keterangan Lokasi
Jakarta Kota Stasiun akhir dan Stasiun transit menuju Kampungbandan, Ancol, dan Tanjung Priok (Pink Line) Jakarta Barat DKI Jakarta
Via PSE Keterangan Lokasi Via MRI Keterangan Lokasi
Kampungbandan Stasiun transit menuju Angke, Duri dan Tanahabang(Yellow Line), dan menuju Ancol dan Tanjung Priok(Pink Line) Jakarta Utara Jayakarta Jakarta Barat DKI Jakarta
Rajawali Jakarta Pusat Mangga Besar
Kemayoran Stasiun transit KA Lokal Cikampek Sawah Besar Jakarta Pusat
Pasar Senen Stasiun transit KA Jarak Jauh. Arah Cikarang melintas langsung. Juanda Jika Anda ingin menuju Stasiun Gambir, Anda dapat turun di sini dan melanjutkan perjalanan menggunakan moda transportasi lain.
Gang Sentiong Gambir Stasiun transit KA Jarak Jauh, Semua perjalanan KRL tidak berhenti di stasiun ini, Kecuali KRL Mengalami BLB (Berhenti Luar Biasa)
Kramat Gondangdia Jika Anda ingin menuju Stasiun Gambir, Anda dapat turun di sini dan melanjutkan perjalanan menggunakan moda transportasi lain.
Pondok Jati Jakarta Timur Cikini
Manggarai Stasiun transit menuju Depok dan Bogor (Red Line), dan menuju Tanahabang, Duri dan Angke (Yellow Line) Jakarta Selatan
Stasiun Keterangan Lokasi
Jatinegara Stasiun transit menuju Pondok Jati, Pasar Senen, dan Kampungbandan (Yellow Line) Jakarta Timur DKI Jakarta
Cipinang Tidak melayani KRL, hanya melayani persilangan dengan KAJJ
Klender
Buaran
Klender Baru
Cakung
Kranji Kota Bekasi Jawa Barat
Bekasi Sebagian perjalanan berakhir di stasiun ini.
Bekasi Timur
Tambun Stasiun transit KA Lokal Cikampek Kabupaten Bekasi
Cibitung
Cikarang Stasiun akhir. Stasiun transit KA Lokal Cikampek.

3. Rute KRL Jabodetabek Jakarta Kota – Tanjung Priok ( Warna Pink )

Rute KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta yang diberi simbol warna pink ini melayani rute dari Stasiun Jakarta Kota ke Tanjung Priok. untuk rutenya ada dibawah ini. Sementara itu Jadwal KRL Jakarta Kota – Tanjung Priok ( Warna Pink ) klik disini ya.

Jakarta Kota ↔ Kampung Bandan ↔ Ancol ↔ Tanjung Priok.

Stasiun Keterangan
Jakarta Kota Ini adalah Stasiun akhir dan stasiun transit menuju Depok, Bogor (Jalur Merah), Bekasi & Cikarang (Jalur Biru)
Kampungbandan Ini adalah stasiun transit menuju Kemayoran, Pasar Senen, Jatinegara, Duri, dan Tanahabang (Jalur Kuning)
Ancol
Tanjung Priuk Tanjung Priuk ini merupakan stasiun akhir dan juga terminus KA Cilamaya & Walahar maupun Jatiluhur Ekspres dan KA Kontainer 30 GD

 

Informasi Rute KRL Jakarta Jabodetabek Lengkap

4. Rute KRL Jabodetabek Jatinegara – Bogor ( Warna Kuning )

Rute KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta yang diberi simbol warna kuning ini melayani rute dari Stasiun Jatinegara ke Bogor. untuk rutenya ada dibawah ini. Sementara itu Jadwal KRL Bogor – Jatinegara ( Warna Kuning ) klik disini ya.

Jatinegara ↔ Pondok Jati ↔ Kramat ↔ Gang Sentiong ↔ Pasar Senen ↔ Kemayoran ↔ Rajawali ↔ Kampung Bandan ↔ Angke ↔ Duri ↔ Tanah Abang ↔ Karet ↔ Sudirman ↔ Manggarai ↔ Tebet ↔ Cawang ↔ Duren Kalibata ↔ Pasar Minggu Baru ↔ Pasar Minggu ↔ Tanjung Barat ↔ Lenteng Agung ↔ Universitas Pancasila ↔ Universitas Indonesia ↔ Pondok Cina ↔ Depok Baru ↔ Depok ↔ Citayam ↔ Bojong Gede ↔ Cilebut ↔ Bogor.

KRL Icon Yellow.svg Stasiun Keterangan Lokasi
Jatinegara Stasiun akhir dan stasiun transit menuju Stasiun Klender, Cakung, dan Bekasi (Jalur Biru) Jakarta Timur DKI Jakarta
Pondok Jati
Kramat Jakarta Pusat
Gang Sentiong
Pasar Senen Stasiun transit KA Jarak Jauh, rangkaian KRL dari arah Stasiun Jatinegara berhenti di sini. Arah sebaliknya berjalan langsung.
Kemayoran
Rajawali
Kampung Bandan Stasiun transit menuju Stasiun Jakarta Kota, Ancol, dan Tanjung Priok (Jalur Pink) Jakarta Utara
Angke Sebagian perjalanan berakhir di stasiun ini Jakarta Barat
Duri ARS Stasiun transit menuju Stasiun Grogol, Poris, dan Tangerang (Jalur Cokelat)
Tanah Abang Stasiun transit menuju Stasiun Serpong, Parungpanjang, Maja, dan Rangkasbitung (Jalur Hijau) Jakarta Pusat
Karet
Sudirman  M1  Tram interchange (LRT Jabodebek)
Manggarai Stasiun transit menuju Stasiun Cikini, Juanda, dan Jakarta Kota (Jalur Merah dan Jalur Biru) Jakarta Selatan
Tebet
Cawang  Tram interchange (LRT Jabodebek)
Duren Kalibata
Pasar Minggu Baru
Pasar Minggu
Tanjung Barat
Lenteng Agung
Universitas Pancasila
Universitas Indonesia Kota Depok Jawa Barat
Pondok Cina
Depok Baru
Depok Sebagian perjalanan berakhir di stasiun ini.
Citayam Stasiun transit menuju Stasiun Cibinong dan Nambo.
Stasiun (ke BOO) Keterangan Lokasi Stasiun (ke NMO) Keterangan Lokasi
Bojonggede Kabupaten Bogor Jawa Barat Stasiun Cibinong Kabupaten Bogor Jawa Barat
Cilebut Stasiun Nambo Stasiun akhir
Bogor Stasiun akhir Kota Bogor

5. Rute KRL Jabodetabek Tanah Abang – Rangkasbitung ( Warna Hijau )

Rute KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta yang diberi simbol warna hijau ini melayani rute dari Stasiun Tanah Abang ke Rangkasbitung. untuk rutenya ada dibawah ini. Sementara itu Jadwal KRL Tanah Abang – Rangkasbitung ( Warna Hijau ) klik disini ya.

Tanah Abang ↔ Palmerah ↔ Kebayoran ↔ Pondok Ranji ↔ Jurang Mangu ↔ Sudimara ↔ Rawa Buntu ↔ Serpong ↔ Cisauk ↔ Cicayur ↔ Parung Panjang ↔ Cilejit ↔ Daru ↔ Tenjo ↔ Tigaraksa ↔ Cikoya ↔ Maja ↔ Citeras ↔ Rangkasbitung.

Stasiun Keterangan Lokasi
Tanahabang Stasiun akhir dan stasiun transit menuju Stasiun Duri, Stasiun Angke, Stasiun Kampungbandan,Stasiun Sudirman, dan Stasiun Manggarai(Warna Kuning) Jakarta Pusat DKI Jakarta
Palmerah
Kebayoran Jakarta Selatan
Pondok Ranji Kota Tangerang Selatan Banten
Jurangmangu
Sudimara
Rawabuntu
Serpong Sebagian perjalanan kereta akan berakhir di stasiun ini.
Cisauk Kabupaten Tangerang
Cicayur
Parung Panjang Sebagian perjalanan kereta akan berakhir di stasiun ini. Kabupaten Bogor Jawa Barat
Cilejit
Daru Kabupaten Tangerang Banten
Tenjo Kabupaten Bogor Jawa Barat
Tigaraksa Kabupaten Tangerang Banten
Cikoya
Maja Sebagian perjalanan kereta akan berakhir di stasiun ini. Kabupaten Lebak
Citeras
Rangkasbitung Stasiun Rangkasbitung adalah stasiun akhir dan stasiun transit untuk KA Lokal Merak

6. Rute KRL Jabodetabek Duri – Tangerang ( Warna Cokelat )

Rute KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta yang diberi simbol warna cokelat ini melayani rute dari Stasiun Duri ke Tangerang. untuk rutenya ada dibawah ini. Sementara itu jadwal KRL Duri – Tangerang ( Warna Cokelat ) klik disini ya.

Duri ↔ Grogol ↔ Pesing ↔ Taman Kota ↔ Bojong Indah ↔ Rawa Buaya ↔ Kali Deres ↔ Poris ↔ Batu Ceper ↔ Tanah Tinggi ↔ Tangerang.

Stasiun Keterangan Lokasi
Duri  ARS Stasiun akhir dan stasiun transit menuju Kampungbandan, Jatinegara, Tanahabang, Manggarai, Depok, Bogor, dan Nambo (Yellow Line) Jakarta Barat DKI Jakarta
Grogol
Pesing
Taman Kota
Bojong Indah
Rawa Buaya
Kalideres
Poris Kota Tangerang Banten
Batuceper ARS Stasiun Duri memiliki percabangan menuju Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta. Stasiun ini dilewati oleh Kereta Api Bandara
Tanah Tinggi
Tangerang Stasiun akhir dari rute KRL Tangerang Duri

Bagaimana Cara Naik KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta Ini?

Informasi Rute KRL Jakarta Jabodetabek Lengkap

Buat kamu yang baru pertama kali datang ke Jakarta, biasanya bakal bingung dengan cara naik KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta ini. Meski jalurnya nggak sebanyak jalur kereta api di negara maju, tapi tetap saja untuk yang baru datang ke Jakarta pasti menjadi sebuah hal yang cukup rumit.

Karena itu pergimulu.com akan berbagi cara naik KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta untuk yang baru pertama kali naik kereta comuterline di Jakarta ini.

Untuk langkah-langkah cara naik KRL Jabodetabek adalah sebagai berikut.

1. Kamu harus tahu dulu rute KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta dan stasiun yang akan kamu tuju

Iya, tentunya sebelum naik kereta kamu harus tahu dulu mau kemana, dan rute mana yang akan kamu ambil. Paling gampang bisa dengan melihat peta rute KRL Commuter Line yang ada diatas sih.

Peta Rute Commuterline Jakarta diatas sudah lumayan jelas kok untuk membantu mengetahui rute mana yang harus kamu ambil. Untuk jadwal KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta, kamu juga bisa melihatnya di website ini. Atau bisa juga dengan menggunakan bantuan aplikasi Google Maps.

2. Pergi Ke Stasiun Keberangkatan, Beli Tiket KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta

Tentunya setelah tahu rute, stasiun tujuan dan dari stasiun mana kamu berangkat, kamu bisa beli tiketnya. Tanpa tiket ini kamu tak akan bisa naik loh. Untuk jenis tiket KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta ini ada beberapa. Pertama adalah “Tiket Harian Berjamin”, kedua adalah Kartu Multi Trip, ketiga adalah E-money dari beberapa bank. Untuk penjelasan detailnya adalah sebagai berikut :

Tiket Harian Berjamin

Tiket Harian Berjamin KRL Jabodetabek Atau rute KRL Jakarta ini adalah jenis tiket yang bisa kamu beli untuk melakukan perjalanan kereta di hari yang sama. Untuk lebih mudahnya, Tiket Harian Berjamin akan disingkat sebagai THB.

Untuk tarif dari THB ini adalah harga dasar kartu IDR 10.000, ditambah dengan tarif perjalanan sesuai dengan rute KRL yang akan kamu pilih. Nantinya THB ini bisa direfund lagi, jadi kalau kartu THB dikembalikan, kamu akan mendapatkan lagi uang IDR 10.000.

THB ini bisa dibeli di vending machine yang ada di stasiun KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta. Agar lebih mudah dan tidak perlu bolak balik antri, kamu bisa beli THB langsung untuk pulang pergi.

Kartu Multi Trip

KMT atau Kartu Multi Trip ini adalah tiket KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta yang bisa diisi ulang. Ini cocok buat kamu yang akan sering bepergian dengan KRL Commuterline Jakarta. Karena kalau saldonya habis, kamu tinggal isi ulang lagi untuk naik kereta.

Saldo minimal dari KMT adalah IDR 5000, sementara untuk beli Kartu Multi Trip KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta untuk pertama kali harganya adalah IDR 50.000 dengan isi saldo IDR 30.000.

E Money dan Kartu Uang Elektronik Bank

Ya, untuk naik rute KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta kamu bisa membayarnya dengan E Money dan Kartu Uang Elektronik Bank. Jadi kalau kamu punya BCA Flazz, Brizzi, BNI TapCash, atau Mandiri E-Money bisa kamu gunakan untuk naik KRL ya.

Informasi Rute KRL Jakarta Jabodetabek Lengkap

3. Masuk ke Peron

Karena tiketnya berupa tiket elektronik, kamu tinggal tap di gerbang masuk tiket yang sudah kamu punyai

4. Perhatikan Gerbong Sebelum Naik

Meski kamu bisa bebas masuk ke gerbong mana saja, namun kamu harus memperhatikan dulu gerbong KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta yang akan kamu naiki. Karena ada gerbong yang khusus wanita saja. Jangan sampai kamu salah masuk ya! Selain itu, kursi prioritas di KRL sebaiknya diberikan kepada mereka yang lebih berhak.

5. Keluar Dari Stasiun Setelah Sampai Tujuan

Ketika keluar dari stasiun tujuan, jangan lupa untuk “tap out” tiket elektronikmu. Sementara itu untuk kamu yang menggunakan Tiket Harian Berjamin bisa melakukan refund.

***

Nah, kira-kira begitu informasi lengkap mengenai Jadwal rute KRL Jabodetabek Atau KRL Jakarta. Semoga bisa berguna untuk kamu yang ingin bepergian dengan menggunakan KRL Commuter Line Jakarta ini!

Leave a Reply