Peta Jalur MRT Jakarta, Jadwal MRT Jakarta! Catat Ya!

Rate this post

Jakarta bakal punya moda transportasi baru nih! Setelah Transjakarta atau  Busway, Jakarta bakalan punya yang namanya MRT dan LRT. Jadi kamu bakalan perlu Peta Jalur MRT Jakarta,  dan Jadwal MRT Jakarta selain Peta rute Transjakarta! Untuk moda transportasi MRT ini sendiri diberitakan bakal beroperasi penuh secara komersial pada pertengahan maret 2019.

Jadi kalau semua berlangsung dengan lancara, mulai Maret 2019 penduduk Jakarta sudah bisa bepergian dengan menggunakan moda transportasi MRT. Untuk Jadwal MRT Jakarta sendiri kabarnya bakal beroperasi mulai dari jam 5 Pagi sampai jam 12 malam. Agak mirip seperti jam operasi Transjakarta pada waktu awal dulu.

Sekarang sih Transjakarta sudah beroperasi 24 jam pada rute-rute tertentu. Mungkin kedepannya kalau transportasi kereta MRT ini ramai penggunanya bakalan beroperasi 24 jam penuh juga kali. Namun sebelum itu, semoga kereta MRT ini segera beroperasi. Untuk itu akan lebih baik kalau kamu memiliki Peta Jalur MRT Jakarta, dan Jadwal MRT Jakarta terlebih dahulu.

Selain punya memiliki Peta Jalur MRT Jakarta, dan Jadwal MRT Jakarta, sebaiknya kamu harus tahu Fakta MRT Jakarta ini. Seperti tarif MRT Jakarta, hingga cara bayar tiket MRT Jakarta!
Selain punya memiliki Peta Jalur MRT Jakarta, dan Jadwal MRT Jakarta, sebaiknya kamu harus tahu Fakta MRT ini. Seperti tarif MRT Jakarta, hingga cara bayar tiket MRT Jakarta!

MRT yang beroperasi di Jakarta nanti menggunakan platform screen door (PSD). Ini berarti Kereta akan berhenti di titik yang sudah ditentukan, baru kemudian pintu kereta MRT akan bisa terbuka.

Dengan cara ini para penumpang yang akan menunggu kereta di stasiun MRT harus berdiri dengan tertib di garis yang sudah dibuat. Dengan adanya sistem ini, diharap akan menciptakan keteraturan penumpang yang akan masuk dan keluarn kereta MRT Jakarta.

Berikut ini Peta Jalur MRT Jakarta, Jadwal MRT Jakarta! Catat Ya!

Seperti yang disebutkan diatas, Jadwal MRT Jakarta sudah ditentukan beroperasi mulai dari Jam 05.00-24.00 WIB setiap harinya. Sementara itu jarak antar kereta MRT Jakarta adalah 5 menit pada jam sibuk, dan 10 menit pada waktu diluar jam sibuk. Tentu saja, kalau pakai MRT ini gak bakalan telat karena macet.

Bisa dibilang Jadwal MRT Jakarta ini cukup sering, mengingat akan ada kereta tiap 5-10 menit sekali. Terus karena kereta akan memiliki perlintasan sendiri, tidak seperti Commuter Line Jabodetabek, tentu MRT akan jauh lebih tepat waktu. Gak ada ceritanya bakal berhenti karena menunggu kereta api jarak jauh lewat.

Lebih detail mengenai Jadwal MRT Jakarta

Keberangkatan pertama kereta MRT dimulai dari jam 05.00 WIB. Kereta MRT akan berangkat setiap 10 menit sampai pukul 06.00 WIB. Baru kemudian, ketika sudah masuk jam sibuk pada pukul 06.00 WIB-09.00 WIB, kereta MRT akan berangkat setiap lima menit sekali hingga waktu jam sibuk habis.

Baru setelah itu jadwal berangkat MRT kembali setiap 10 menit sekali sampai jam 16.00 WIB sore. Setelah jam tersebut akan memasuki peak hour, jadi mulai jam 16.00 WIB-19.00 WIB kereta MRT akan berangkat setiap lima menit sekali.

Baru setelah jam 19.00 – 24.00 WIB jadwal keberangkatan kereta MRT akan kembali setiap 10 menit sekali. Crowd management juga akan digunakan untuk mengatasi lonjakan jumlah penumpang MRT.

Peta Jalur MRT Jakarta

Peta Jalur MRT Jakarta
Peta Jalur MRT Jakarta

Untuk peta jalur MRT Jakarta yang lengkap, kira-kira akan seperti gambar dibawah ini. Namun untuk sekarang, baru rute Bundaran HI – Lebak Bulus saja yang sudah jadi. Untuk Rute MRT Jakarta yang lainnya baru akan dibuat lagi nanti. Untuk rute Bundaran HI – Lebak Bulus akan melewat 13 stasiun pemberhentian.

Stasiun MRT tersebut adalah : Bundaran HI – Dukuh Atas – Setiabudi – Benhil – Istora – Senayan – Sisingamaraja – Blok M – Blok A – Haji Nawi – Cipete Raya – Fatmawati – Lebak Bulus.

Leave a Reply